Cara mengatasi whatsapp kadaluarsa

Sekarang ini sebagian besar pengguna smartphone Android lebih banyak menggunakan aplikasi pesan instan daripada menggunakan SMS ketika mereka ingin berkomunikasi dengan teman atau saudara yang terhalang oleh jarak.

Memang ada banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan jika menggunakan aplikasi pesan instan selain biaya yang lebih murah aplikasi pesan instan juga dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang membuat komunikasi menjadi lebih asik.

Salah satunya adalah WhatsApp, zaman sekarang mustahil rasanya jika pengguna Android tidak memiliki aplikasi pesan instan yang satu ini karena memang WhatsApp memiliki fitur yang sangat membantu pengguna untuk berkomunikasi.

Akan tetapi ada beberapa masalah yang seringkali muncul ketika menggunakan WhatsApp dan mungkin saja saat ini sedang Anda alami.

Salah satu masalah yang paling sering ditemui oleh para pengguna WhatsApp adalah munculnya notifikasi WhatsApp Kadaluarsa yang membuat pengguna tidak bisa menggunakan WhatsApp seperti biasanya karena setiap kali membuka WhatsApp mereka akan diarahkan secara otomatis ke halaman yang berisi notifikasi tersebut.

Tentu saja ini sangat mengganggu bukan?

Jangankan untuk membalas pesan WhatsApp yang masuk untuk membaca pesan masuk saja tidak bisa.

Biasanya masalah ini muncul karena Anda tidak pernah memperbarui WhatsApp ke versi terbaru. Seperti informasi yang Sipitek dapatkan dari halaman FAQ situs resminya, WhatsApp tidak mengizinkan penggunanya untuk menggunakan WhatsApp versi lama.

Jadi ketika ada pengguna yang tetap menggunakan versi WhatsApp yang lama mereka akan mengalami masalah WhatsApp Kadaluarsa.

Akan tetapi dalam beberapa kasus ada juga pengguna yang sudah menggunakan versi terbaru tapi masih muncul notifikasi WhatsApp Kadaluwarsa biasanya ini disebabkan karena tanggal yang ada di smartphone tidak akurat.

Apapun penyebabnya di sini Sipitek akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah WhatsApp Kadaluarsa atau Expired di Android sampai aplikasi tersebut bisa digunakan kembali seperti biasa.

Bagaimana Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa?

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, akan tetapi setiap cara punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing oleh karena itu silahkan simak semuanya supaya Anda bisa memilih cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Mari kita mulai…

1. Sesuaikan Tanggal dan Waktu Agar Akurat

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah sesuai dengan anjuran yang ada di notifikasi tersebut yang berada tepat di bagian atas tombol UNDUH yang bisa di lihat pada gambar di atas.

Munculnya notifikasi WhatsApp Kadaluwarsa bisa disebabkan karena tanggal dan waktu di smartphone Anda tidak akurat atau tidak sesuai dengan waktu saat ini.

Silahkan periksa terlebih dahulu apakah tanggal dan waktu smartphone Anda sudah sesuai atau belum.

Untuk menyesuaikan agar waktu dan tanggal akurat sesuai dengan waktu penyedia jaringan, begini caranya:

  • Silahkan masuk ke Setelan.
  • Kemudian pilih bagian Setelan Tambahan.
  • Lalu pilih opsi Tanggal & Waktu.
  • Terakhir silahkan centang pada bagian Tangga & waktu otomatis.
atur waktu dan tanggal agar akurat

Dengan menyesuaikannya seperti ini tanggal dan waktu akan akurat dengan sendirinya meskipun Anda tidak mengaturnya secara manual karena smartphone akan menyesuaikan sendiri sesuai dengan waktu yang disediakan oleh operator seluler yang Anda gunakan.

Akan tetapi jika waktu dan tanggal di smartphone Anda sudah di sesuaikan seperti ini dan sudah akurat namun masih tetap muncul notifikasi WhatsApp kadaluarsa gunakan cara selanjutnya.

CATATAN: di sini saya menggunakan smartphone Xiaomi Redmi 4X apabila Anda menggunakan smartphone yang berbeda kemungkinan langkah-langkahnya juga berbeda. Silahkan menyesuaikan saja, karena semua smartphone sudah pasti punya pengaturan tanggal dan waktu.

2. Ubah Tanggal dan Waktu Menjadi Sebelum Tanggal Kadaluwarsa

Cara lain untuk mengatasi WhatsApp kadaluarsa agar bisa di pakai lagi seperti biasa adalah mengubah tanggal dan waktu menjadi sebelum tanggal kadaluarsa WhatsApp sesuai dengan yang tampil pada notifikasi WhatsApp.

Cara ini bisa Anda gunakan ketika tidak punya kuota untuk memperbarui ke WhatsApp versi terbaru tetapi Anda sangat membutuhkan WhatsApp untuk berbagai keperluan.

Misalnya seperti pada gambar paling atas WhatsApp saya kadaluarsa mulai tanggal 25 Mei 2018.

Nah kita tinggal mengubah saja tanggalnya menjadi tanggal sebelum kadaluarsa misalnya 20 Mei 2018. Anda bisa menyesuiakan di pengaturan tanggal dan waktu di smartphone.

Begini caranya:

  • Masuk ke Setelan.
  • Kemudian pilih Setelan Tambahan.
  • Lalu pilih bagian Tanggal & Waktu.
  • Setelah itu matikan fitur Tanggal & waktu otomatis kemudian sesuaikan tanggal secara manual menjadi sebelum tanggal kadaluarsa.
  • Tutup WhatsApp kemudian buka kembali.
Ubah tanggal dan waktu

Sampai di sini seharusnya WhatsApp Anda sudah bisa digunakan kembali, akan tetapi cara ini memiliki kekurangan karena waktu dan tanggal Anda tidak akurat sehingga ketika ada SMS ataupun telpon masuk tanggalnya juga ikut berubah.

Namun jika kebetulan Anda sedang membutuhkan akses WhatsApp tapi tidak punya kuota internet cara ini akan sangat membantu, karena kita tidak perlu memperbaruainya ke versi terbaru.

3. Update WhatsApp Melalui Situs Resmi WhatsApp

Cara ini sangat cocok untuk Anda yang punya paket internet yang hanya bisa digunakan untuk mengakses WhatsApp saja, pasti pernah dong daftar paket internet khusus aplikasi pesan instan?

Karena paket internet tersebut tidak bisa kita gunakan untuk mengakses aplikasi lain bahkan untuk berselancar di internet saja biasanya paket tersebut tidak bisa digunakan.

Namun jika Anda memiliki paket internet khusus untuk mengakses WhatsApp saja biasanya operator seluler juga mengizinkan penggunanya untuk mengkases situs web resmi dari WhatsApp.

Nah Anda bisa mendownload file .apk WhatsApp versi terbaru terbaru langsung melalui situs web resmi WhatsApp.

update whatsapp melalui situs resmi

Begini caranya:

  • Buka halaman unduh WhatsApp untuk Android menggunakan browser di smartphone Anda.
  • Maka akan tampak tampilan halamannya seperti gambar di atas, silahkan pilih tombol UNDUH SEKARANG untuk mengunduh WhatsApp versi terbaru.
  • Tunggu sampai proses download selesai.

Apabila file .apk WhatsApp sudah berhasil di download silahkan pasang seperti memasang aplikasi melalui file .apk seperti biasanya.

Tunggu sampai proses pemasangan selesai, apabila sudah selesai maka aplikasi WhatsApp Anda sudah menggunakan versi terbaru dan bisa digunakan lagi seperti biasanya.

4. Update WhatsApp Melalui Play Store

Jika Anda punya kuota internet yang bisa mengakses aplikasi apa saja lebih baik gunakan cara yang ini yaitu dengan memperbarui WhatsApp ke versi terbaru melalui Play Store.

Sesuai dengan pesan yang tampil pada halaman WhatsApp yang kadaluarsa cara ini juga lebih di anjurkan oleh WhatsApp.

update whatsapp melalui play store

Caranya:

  • Buka Play Store.
  • Kemudian cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu akan tampak tampilannya seperti gambar di atas, silahkan pilih tombol UPDATE.
  • Tunggu sampai proses pembaruan selesai.

Sampai di sini WhatsApp sudah bisa digunakan kembali dan sudah menggunakan versi terbaru.

Penutup

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi WhatsApp kadaluwarsa di smartphone Android agar bisa digunakan kembali seperti biasa, silahkan pilih salah satu cara yang paling sesuai dengan kondisi smartphone Anda.

Bingung mau pilih cara yang mana? saya akan menjelaskannya supaya Anda bisa memilihnya dengan mudah.

Coba terlebih dahulu cara pertama apabila masih mengalami kadaluarsa gunakan salah satu dari ketiga cara selanjutnya.

Gunakan cara kedua kalau:

Anda tidak punya kuota internet untuk memperbarui WhatsApp ke versi terbaru akan tetapi Anda sangat membutuhkan akses WhatsApp untuk berbagai keperluan.

Karena di sini kita mengubah tanggal ke tanggal sebelum WhatsApp kadaluarsa tentunya tanggal nelpon, SMS masuk, dan aktivitas lainnya yang memerlukan tanggal akan berantakan waktunya alias tidak akurat.

Gunakan cara ketiga kalau:

Anda punya kuota internet yang hanya bisa digunakan untuk mengakses WhatsApp saja, ini juga merupakan cara alternatif dari cara kedua.

Gunakan cara keempat kalau:

Anda punya kuota internet yang bisa mengakses semua aplikasi atau situs web.

Jadi yang mana nih yang akan Anda gunakan?

7 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here