cara membuat layout potrait dan lanscape di word

Biasanya pada saat kita membuka aplikasi microsoft word secara otomatis halaman yang terbuka berorientasi potrait atau berdiri (atas-bawah) tetapi pada artikel kali ini saya akan membuat page layout atau halaman pada microsoft word akan berorientasi menjadi menyamping (kiri-kanan) dalam satu file atau dokumen.

Misalnya anda mendapatkan tugas kuliah untuk membuat tabel transaksi penjualan beserta penjelasannya kurang lebih 5 lembar, 4 lembar untuk penjelasannya dan 1 lembar untuk tabelnya. Karena untuk membuat transaksi penjualan anda membutuhkan banyak tabel anda bisa menggunakan page layout potrait agar tabel tersebut bisa dilihat secara jelas.

Cara tersebut bisa anda gunakan juga untuk tugas-tugas yang lainnya yang diatas hanyalah contoh atau gambaran saja, selain itu anda juga bisa menyatukan halaman potrait dan landscape dalam satu file word tanpa memisahkan file-filenya tentunya ini akan memudahkan anda dalam mengerjakan tugas tanpa ribet membuat file baru dan juga memudahkan pembaca.

Terus bagaimana cara membuatnya? caranya sangat mudah sekalipun di praktekan, orang awan pasti dia bisa melakukannya, ini hanya membutuhkan beberapa langkah saja dan tidak memerlukan waktu yang lama, tetapi jangan khawatir jika anda orang yang sulit memahami tulisan saya juga akan menambahkan gambar sebagai petunjuk bantuan. Langsung saja simak caranya dibawah ini.

Cara Membuat Page Layout Potrait dan Landscape dalam Satu File Dokumen

Sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah silahkan buka aplikasi microsoft office word yang anda miliki, lalu ikuti petunjuk dibawah ini.

1. Langkah pertama kita akan membuat halaman baru agar tidak bercampur dengan halaman sebelumnya, caranya pilih menu Page Layout pada form page setup pilih Breaks  kemudian pilih Nect Page.

page break

2. Nah pada langkah ini baru kita membuat orientasi potrait menjadi landscpae, caranya silahkan pilih menu Page Layout kemudian pilih Orientation terakhir pilih Landscape, lihat hasilnya.

page layout

Sampai disini halaman landscape sudah jadi dalam satu file. Bagaimana mudah bukan?

Jika anda ingin menambahkan lebih banyak halaman landscape silahkan ulangi lagi cara diatas berkali-kali sesuai dengan jumlah yang anda inginkan. Demikian artikel kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here