Tips & Trik

Cara Membuat Efek Sensor pada Foto dengan Photoshop Dalam 3 Langkah

cara membuat efek sensor foto di photoshop

Efek sensor biasanya digunakan untuk menutupi bagian gambar atau foto yang membuat orang yang melihatnya merasa terganggu alias tidak nyaman seperti foto-foto sensitif atau foto yang menampilkan perilaku tidak sopan.

Tentu Anda sudah pernah melihat tayangan televisi yang seringkali menggunakan efek sensor untuk menutupi bagian tersebut misalnya pada sebuah acara berita investigasi, tidak usah jauh-jauh cari saja salah satu artikel situs berita di internet pasti kalau artikelnya membahas hal sensitif mereka tidak akan menggunakan foto sensitif meskipun ada biasanya di edit terlebih dahulu diberi efek sensor.

Selain itu cara ini bisa Anda gunakan untuk menyensor wajah teman, misalnya Anda di foto dengan salah seorang teman tetapi foto yang didapat hasilnya ekspresi teman Anda sedang jelek otomatis si teman itu tidak mau dong dilihat oleh orang apalagi di unggah ke sosial media, nah gunakan saja cara ini apalagi kalau foto Anda kebetulan sedang bagus, sayangkan kalau dibuang?

Sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan untuk menyensor bagian tertentu pada foto yang Anda miliki, namun kali ini saya akan membagikan panduannya menggunakan aplikasi photoshop saja. Langsung saja simak…

Cara Membuat Efek Sensor di Photoshop

Silahkan buka aplikasi photoshop di komputer Anda kemudian buka foto yang ingin diberi efek sensor, kemudian ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Gunakan fitur Lasso Tool untuk menyeleksi bagian yang ingin di sensor sebagai contoh disini saya akan menyensor wajah bayi, caranya klik kiri tahan lalu ikuti pola bagian yang ingin disensor maka akan muncul garis seleksi.

seleksi bagian

2. Setelah diseleksi barulah kita mulai membuat kotak-kota blur pada bagian yang telah diseleksi, pilih menu Filter lalu pilih Pixelate pilih Mosaic…

mosaic

3. Maka akan muncul pengaturan Mosaic silahkan atur parameter square sesuai dengan keinginan semakin besar nilai yang diberikan maka akan semakin sedikit pula pixel atau kotak-kota blur yang muncul dibagian yang telah diseleksi, jika sudah pilih OK.

ukuran cell mosaic

4. Untuk menghilangkan garis seleksi tekan Ctrl + D, silahkan lihat hasilnya.

Bagaimana mudah bukan? Dengan menggunakan cara ini, wajah yang tadinya terlihat jelas akan menjadi samar-samar dan tentunya susah ditebak. Selebihnya silahkan dikreasikan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top