Tips & Trik

Cara Membuat Efek Fokus pada Foto Menggunakan Photoshop

cara membuat efek fokus di photoshop

Halo sob pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara membuat efek fokus atau blur pada foto menggunakan software photoshop, efek fokus biasanya digunakan untuk memfokuskan suatu objek sehingga objek yang lain menjadi blur, yang terlihat jelas hanya objek yang di fokuskan saja.

Untuk memberikan efek fokus pada foto sobat bisa menggunakan kamera khusus yang harganya lumayan mahal, tetapi jika sobat tidak mempunyai kamera khusus tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan software photoshop ini sobat bisa memberikan efek fokus sesuka hati tergantung keinginan sobat mana yang akan di blurkan dan mana yang ingin di fokuskan.

Yang harus dipersiapkan sebelum memulai silahkan siapkan foto yang memiliki kualitas atau resolusi yang bagus agar hasil yang di dapatkan juga bagus, tidak perlu foto hasil potretan kamera khusus, sobat juga bisa menggunakan potretan kamera handphone yang sama sekali belum di beri efek foto apapun agar hasilnya bisa dilihat dengan jelas. Pada tutorial kali ini saya menggunakan foto hasil potretan handphone samsung dengan ukuran foto kurang lebih 2MB kualitasnya pun lumayan bagus.

Silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini dengan teliti, jangan sampai ada langkah-langkah yang terlewatkan.

Cara Membuat Efek Fokus pada Foto di Photoshop

Silahkan buka aplikasi photoshop sobat, lalu buka foto yang ingin sobat beri efek. selanjutnya ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Langkah pertama silahkan buat layer baru, caranya pilih Creat a new layer (panah 1) maka akan muncul layer baru atau sobat juga bisa menekan Ctrl + Shift + N pada keyboard, lalu atur Opacity menjadi 25% (panah 2).

atur opacity

2. Langkah kedua kita akan memilih objek yang di fokuskan saya akan memilih orang yang berdiri pada foto untuk di fokuskan, caranya silahkan sobat pilih Brush tool (panah 1) kemudian pilih warna merah agar pada saat menyeleksi terlihat jelas (panah 2) lalu atur Mode: Normal, Opacity: 100%, dan Flow: 100% (panah 3).

Kemudian oleskan objek yang ingin di fokuskan sampai terlihat merah semua seperti gambar dibawah (panah 4) warna merah jangan sampai keluar dari objek agar hasilnya terlihat rapi.

brush tool

3. Langkah ke tiga tekan Ctrl lalu klik layer 1 (panah 1), perhatikan pada saat mengklik pastikan sobat klik pada bagian tengah gambar layer yang ditunjuk panah merah pada gambar dibawah. Jika berhasil maka bagian objek yang telah di olessi brush tool tadi akan muncul garis putus-putus bagian luarnya.

clipping mask

4. Langkah ke empat, pilih menu Select (panah 1) pilih Inverse (panah 2) maka akan muncul garis putus-putus yang mengelilingi foto.

inverse

5. Langkah ke lima pilih layer backgroud (panah 0) pilih menu Filter (panah 1) pilih Blur (panah 2) pilih Gaussian Blur.. (panah 3) atur ketebalan blur (panah 4) jika dirasa sudah pas silahkan pilih OK (panah 5).

gausian blur

6. Selanjutnya tekan Ctrl + D pada keyboard untuk menghilangkan garis putus-putus, lalu pilih layer 1 (panah 1) lalu Delete layer (panah 2).

hilangkan seleksi

Langkah terakhir menyimpan foto yang telah di edit, caranya tekan Ctrl + Shift + S pada keyboard lalu klik save.

Lihat hasilnya!!!

Berikut ini hasil sebelum dan sesudah di edit.!!!

Bagaimana sob mudah kan?

Hasilnya pun menjadi blur tidak jauh seperti menggunakan kamera khusus yang memiliki fitur auto focus, Demikian artikel kali ini semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua orang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top