Tips & Trik

Cara Praktis Memasukkan Ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word

cara memasukkan ayat al quran ke microsoft word

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Microsoft Word merupakan aplikasi canggih yang dapat kita gunakan untuk mengolah kata atau membuat dokumen, namun apakah pernah terpikirkan di benak Anda apakah kita bisa memasukkan ayat Al-Qur’an ke dalam lembar kerja Microsoft Word?

Tentu saja bisa, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memasukkan ayat Al-Qur’an ke dalam Microsoft Word mulai dari menggunakan bantuan Add-ins ataupun tanpa bantuan aplikasi tambahan dimana kita bisa memasukkan ayat Al-Qur’an tanpa perlu mengunduh berbagai macam aplikasi bantuan lainnya.

Tetapi masih ada beberapa orang yang masih belum mengetahui caranya apalagi jika Anda jarang bekerja menggunakan Microsoft Word tentu saja itu menjadi hal yang wajar meskipun caranya sangat mudah kita juga perlu melakukan beberapa langkah agar ayat Al-Qur’an yang ingin kita masukkan bisa terpampang rapi di lembar kerja.

Bagi Anda yang berprofesi sebagai guru pengajar di sekolah terutama sekolah madrasah tentu saja ini akan sangat membantu misalnya untuk membuat soal ujian dimana soal-soal tersebut terdiri dari beberapa ayat Al-Qur’an.

Atau Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk membuat buku yasin untuk keperluan bacaan setelah salat atau acara-acara tertentu seperti pengajian rutin malam jum’at.

Cara Memasukkan Ayat Al-Quran ke Microsoft Word

Saya akan membagikan dua cara yang paling mudah digunakan yaitu menggunakan Add-ins dan menggunakan situs Al-Qur’an online yang bisa kita copy paste.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft Office 2013 apabila Anda menggunakan versi yang berbeda silahkan menyesuaikan saja karena caranya sama saja.

1. Menggunakan Add-Ins Quran in Word

Cara pertama kita akan menggunakan bantuan Add-ins Quran in Word yang dibuat oleh Mohamad Taufiq, Add-ins ini bisa berjalan pada semua versi Word. Silahkan download yang sesuai dengan versi Windows yang Anda gunakan agar aplikasinya berjalan dengan lancar.

Jika sudah di download kemudian instal seperti biasa, lalu silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Microsoft Word kemudian pilih menu ADD-INS maka akan muncul Add-ins yang telah di instal tadi, pilih Al-Quran kemudian muncul beberapa pilihan silahkan pilih Get Arabic or Translation of Al-Quran.

add ins

2. Selanjutnya maka akan muncul dialog Select Surah and Ayah, berikut ini merupakan penjelasan dari beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan.

  • Al-Quran: untuk memasukkan ayat Al-Quran
  • Translation: untuk memasukkan terjemahan
  • Surah: pilih surah yang ingin dimasukkan
  • Ayat: masukkan ayat dari ayat berapa sampai berapa
  • New Line: satu ayat satu baris
  • Verse Address: untuk menampilkan nama surat di akhir ayat

Apabila Anda ingin menampilkan terjemahannya ada beberapa pilihan bahasa terjemahan centang Indonesian-Bahasa-Indonesia-68.TXT, jika semuanya sudah diatur dengan sesuai pilih OK.

pilih ayat al quran

3. Gambar dibawah ini merupakan hasil yang telah saya buat menggunakan cara diatas, saya memilih surat Al-Fatihah dari ayat 1 sampai 7.

ayat berhasil dimasukkan

Sampai disini Anda sudah berhasil memasukkan ayat Al-Qur’an, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Menggunakan Situs Al-Qur’an Online

Cara kedua kita tidak perlu mengunduh aplikasi bantuan tetapi tentu saja membutuhkan akses internet karena kita akan mengcopy dari situs Al-Qur’an online kemudian mempaste ke lembar kerja Microsoft Word.

Ada banyak sekali situs online Al-Qur’an tetapi yang paling mudah untuk disalin adalah quranexplorer.com dan tafsirq.com.

Apabila Anda ingin menyalin per ayat gunakan tafsirq.com karena pada situs tersebut memang ditampilkan per ayat, namun apabila ingin memasukkan per surat gunakan quranexplorer.com karena di situs ini disajikan per surat. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Sebagai contoh disini saya menggunakan situs quranexplore.com, silahkan buka situs tersebut kemudian pada bagian atas halaman ada beberapa menu yang bisa Anda sesuaikan mulai dari surat hingga bahasa terjemahan. Blok ayat yang ingin di copy kemudian tekan Ctrl + C atau klik kanan pilih Copy.

quranexplorer

2. Buka Microsoft Word kemudian tekan Ctrl + V atau klik kanan pilih Paste, kurang lebih hasilnya tampak seperti gambar dibawah ini.

paste ayat

Itulah dua cara yang bisa Anda gunakan untuk memasukkan ayat Al-Qur’an ke dalam lembar kerja Microsoft Word.

Silahkan pilih salah satu cara diatas yang menurut Anda mudah dan sesuai dengan kebutuhan, apabila perangkat yang Anda gunakan tidak memiliki akses internet lebih baik gunakan Add-ins karena apabila aplikasi tersebut sudah di unduh dan dipasang aplikasi ini bisa berjalan tanpa internet.

Tetapi bagi Anda yang memiliki akses internet dan tidak mau ribet bisa menggunakan situs Al-Qur’an online karena kita hanya menyalin kemudian menempelkan ayat tersebut ke dalam lembar kerja. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu.

6 Comments

6 Comments

  1. Unknown

    13 Januari 2018 at 03:30

    Makasih. .. manfaat banget

  2. Kang Rezot

    13 Januari 2018 at 03:33

    Sama-sama kak,

  3. Cahaya Kedua

    10 Februari 2018 at 04:49

    itu pake ms word versi berapa ya ?
    punya saya 2010 tapi gak ada add ins nya..

  4. Kang Rezot

    11 Februari 2018 at 04:09

    Saya menggunakan Microsoft Word 2013,

    Kalau Tab Add-ins belum tampil silahkan tampilkan terlebih dahulu.

    Caranya pilih menu File > Options > Customize Ribbon.

    Setelah itu pada bagian Main Tabs centang bagian Add-Ins

  5. fauziah nur

    4 Juni 2018 at 06:29

    kang mau tanya saya pake word 2013 juga tapi begitu di install selalu gagal net framework 2.0 tidak tersedia. itu gmna yah??

  6. Kang Rezot

    4 Juni 2018 at 06:36

    Itu karena komputer yang mas gunakan belum terpasang .Net Framework 2.0. Silahkan coba download .Net Framework 2.0 di situs resmi Microsoft setelah itu instal Framework, kemudian coba install lagi Add Ins-nya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top