Tips & Trik

Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa Dicopy dan Diedit

cara mengunci file word agar tidak bisa dicopy

Halo sob, kembali lagi dengan pembahasan tutorial Microsoft Word. Pada artikel sebelumnya saya telah membagikan tentang cara mengunci file microsoft word agar tidak bisa dibuka sama sekali jika tidak mengetahui password yang telah diterapkan pada saat penguncian sebelumnya. Cara ini hampir sama dengan cara yang itu, tetapi ada perbedaan nya juga loh.

Apa perbedaannya dengan cara sebelumnya? Jika anda menggunakan cara yang telah saya bagikan pada artikel sebelumnya maka file microsoft word tidak bisa dibaca, diedit, dan dicopy. Nah jika anda menggunakan cara yang akan saya bahas ini maka dokumen microsoft word anda bisa dibaca tetapi tidak bisa diedit, dan dicopy. Paham kan?

Apakah cara ini memerlukan bantuan aplikasi lain? Tidak, fitur ini sudah disediakan oleh microsoft word hanya saja sangat jarang orang yang menggunakan fasilitas ini. Cara ini sangat cocok bagi anda yang suka menyimpan dokumen word secara online agar tidak sembarang orang yang dapat mengedit dan mengcopynya sesuka hati.

Atau jika anda seorang pelajar (anak sekolah) pernah kah merasakan kejahilan teman sekolah? ketika kita membuat tugas sekolah di word puluhan lembar cape-cape, eh malah di jahilin dengan cara mengganti kata-katanya dengan kata-kata kotor misalnya, tentu saja itu sangat menjengkelkan sekali. Sekarang anda tidak perlu khawatir, terapkan saja cara ini dijamin tugas bakal aman dari tangan jahil.

Yuk ah.. langsung saja simak caranya dibawah ini…

Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopy

Sebelum mengikuti cara ini silahkan buka dokumen yang ingin anda lindungi dengan cara ini, atau anda bisa membuat dokumen baru sebagai latihan dan mengetes cara ini.

1. Langkah pertama, silahkan pilih menu Review (panah no.1), pilih Protect Document (panah no.2), pilih Restrict Formatting and Editing (panah no.3), pada bagian Editing restrictions centang Allow only this type of editing in document (panah no.4), lalu pilih Filling in forms (panah no.5), pilih Yes, Start Enforcing Protection (panah no.6), nah selanjutnya masukkan password yang ingin anda terapkan (panah no.7), jika sudah pilih OK (panah no.8).

2. Langkah ke dua, setelah anda melakukan langkah-langkah pertama tadi maka dokumen anda tidak bisa diedit maupun dicopy. Silahkan save dokumen anda.

Untuk mengetesnya silahkan buka dokumen yang tadi di save lalu edit dan copy, jika tidak bisa berarti anda sukses menggunakan cara ini, atau untuk memastikan cara ini telah sukses atau tidaknya lihat menu-menu microsoft word jika sukses menu tersebut tidak bisa di klik.

Bagaimana mengembalikan agar dokumen bisa di edit kembali? Caranya lebih mudah dibandingkan dengan menguncinya asalkan anda tahu passwordnya, awas jangan sampai lupa karena kalau lupa dokumen tersebut tidak akan kembali normal seperti biasa.

Yuk… ¬†Simak caranya dibawah ini.

Cara Mengembalikan File Word agar Bisa Diedit dan Dicopy

1. Langkah pertama, pilih menu Review (panah no.1), pilih Protect Document (panah no.2), pilih Restrict Formatting and Editing (panah no.3), pilih Stop Protection (panah no.4), lalu masukkan password yang telah dibuat pada saat penguncian sebelumnya, jika sudah pilih OK.

kunci word

Apabila password yang anda masukkan benar maka dokumen anda akan kembali normal dan bisa diedit maupun dicopy. Jangan lupa save.

Nah sekarang anda tidak perlu khawatir dokumen anda di jahili teman anda, dengan cara ini dokumen word pun akan aman dari Copaser atau sejenis tangan-tangan jahil lainnya, demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi semua orang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top