Tips & Trik

Lupa Kata Sandi BBM? Atasi dengan 2 Metode Berikut Ini

lupa kata sandi BBM

Lupa merupakan salah satu masalah yang seringkali membuat kita jengkel, masalah ini tidak hanya bisa menghantui orang tua saja akan tetapi siapapun pasti pernah mengalami lupa tak terkecuali anak-anak ataupun kaum muda.

Salah satunya adalah lupa dengan kata sandi akun media sosial atau aplikasi pesan instan di ponsel seperti BlackBerry Messenger alias BBM padahal akun tersebut sering digunakan.

Meskipun sering digunakan nyatanya banyak orang yang tidak pernah mengeluarkan akun BBM yang ada di ponsel dengan tujuan supaya ketika ingin menggunakannya kembali mereka bisa menggunakannya langsung tanpa ribet memasukkan email dan kata sandi lagi.

Ya memang sebagian besar pengguna BBM tidak pernah mengeluarkan akunnya dari perangkat yang mereka gunakan selain ribet tentu saja ini juga dapat menguras kuota karena data-data yang ada harus dimuat kembali setiap kali masuk menggunakan akun tersebut.

Akan tetapi mungkin ini menjadi salah satu penyebab Anda lupa akun BBM karena mungkin Anda tidak pernah menggunakan kata sandi tersebut apalagi jika Anda tidak mencatat informasi akun BBM yang Anda gunakan.

Jika di bandingkan dengan akun media sosial lain seperti Facebook kemungkinan lupa mungkin lebih sedikit karena memang untuk masuk dan mengeluarkan akun cukup mudah dan tidak ribet sehingga jika akun sering digunakan untuk masuk tentu saja kemungkinan lupa menjadi sedikit.

Tentu saja ini akan sangat disayangkan jika di dalam daftar kontak pada akun tersebut terdapat kontak-kontak yang cukup penting misalnya saja rekan kerja atau rekan bisnis.

Akan tetapi jika Anda sedang mengalami lupa kata sandi BBM Anda tidak perlu khawatir karena sebagian besar penyedia layanan media sosial ataupun aplikasi pesan instan yang mengharuskan penggunanya memiliki akun dapat dipastikan mereka menyediakan pengaturan untuk menyetel ulang kata sandi akun Anda.

Bagaimana Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi BBM?

Sama seperti penyedia layanan media sosial ataupun pesan instan BBM juga menyediakan dua pilihan yang bisa digunakan untuk para penggunanya yang mengalami lupa kata sandi atau password.

Yaitu mengatur ulang kata sandi melalui email dan melalui nomor HP yang telah didaftarkan pada saat pendaftaran akun.

Pada artikel kali ini Sipitek akan menjelaskan kedua cara tersebut secara lengkap sesuai dengan kondisi Anda.

Sebelum mengikuti panduan ini ada baiknya perbarui terlebih dahulu BBM di ponsel Anda supaya tampilannya sama seperti dengan tampilan BBM yang saya gunakan, di sini saya menggunakan BBM versi 3.3.8.74 untuk Android.

Jika Anda menggunakan ponsel yang memiliki sistem operasi yang berbeda seperti iOS atau Windows Phone tidak perlu khawatir karena caranya sama saja akan tetapi mungkin letak beberapa tombol pengaturannya agak sedikit berbeda, silahkan menyesuaikan saja.

Apabila sebelumnya aplikasi BBM Anda sudah ada akun BBM yang digunakan silahkan keluarkan terlebih dahulu.

…Mari kita mulai.

1. Atur Ulang Kata Sandi melalui Nomor HP

Jika Anda menggunakan cara ini pastikan terlebih dahulu apakah pada saat pendaftaran Anda menggunakan nomor HP atau menggunakan email, atau bahkan pada saat membuat akun Anda menggunakan email tapi pernah menambahkan nomor HP ke informasi akun BBM Anda.

…Jika iya berarti Anda bisa mengikuti cara ini.

Tapi pastikan juga bahwa nomor HP tersebut masih aktif dan masih bisa Anda lihat jika ada SMS yang masuk ke nomor tersebut karena nantinya BBM akan mengirim kode verifikasi melalui SMS ke nomor tersebut.

Jika semuanya sudah siap silakan simak langkah-langkahnya berikut ini…

1. Silahkan buka aplikasi BlackBerry Messenger di ponsel Anda, pada tampilan awal halaman silahkan pilih SIGN-IN setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman login menggunakan nomor HP silahkan pilih tombol Lupa kata sandi? yang berada di bagian bawah halaman.

Kemudian Anda akan diarahkan kembali ke halaman setel ulang kata sandi seperti gambar di bawah paling kanan, silahkan sesuaikan negara menjadi Indonesia kemudian masukkan nomor HP yang telah di daftarkan ke akun BBM sebelumnya atau nomor HP yang sudah dikaitkan dengan akun BBM tapi Anda lupa informasi akunnya.

Penulisan nomor ponsel tidak perlu diawali dengan angka nol “0” karena sudah ada kode negara Indonesia (+62) misalnya seperti ini 85812345678. Jika sudah masukkan kode captcha sesuai dengan yang tampil pada halaman tersebut, kemudian pilih ATUR ULANG.

atur ulang

2. Selanjutnya Anda akan dihadapkan pada halaman kode verifikasi, tidak lama BBM akan mengirim kode verifikasi ke nomor HP yang telah Anda masukkan tadi melalui SMS silahkan masukkan kode tersebut ke halaman kode verifikasi di aplikasi BBM.

Jika Anda melakukan cara ini pada ponsel yang menggunakan nomor HP tersebut secara otomatis BBM akan mendeteksi kode tersebut, tetapi jika tidak silahkan masukkan saja secara manual.

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan kata sandi baru, silahkan masukkan kata sandi baru yang ingin Anda gunakan kata sandi minimal terdiri dari 6 karakter. Jangan lupa catat supaya tidak lupa, jika sudah pilih KIRIM.

atur sandi baru

3. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman ulasan beberapa fitur andalan dari BBM tunggu sampai muncul pemberitahuan Cari Teman seperti gambar di bawah sebelah kiri, silahkan pilih LOMPATI saja agar semua kontak yang ada di buku telepon Anda tidak ikut masuk ke aplikasi BBM.

Jika muncul lagi pemberitahuan tidak disarankan seperti gambar di bawah sebelah kanan pilih saja LEWATI.

lewati

4. Apabila Anda diarahkan ke halaman untuk menghidupkan pemberitahuan BBM silahkan pilih Lanjutkan saja, setelah itu jika muncul lagi pemberitahuan untuk mengoptimalkan pengalaman pesan Anda silahkan pilih Jangan perlihatkan pesan ini lagi.

lanjutkan

Selesai… Sampai di sini Anda sudah berhasil mengubah kata sandi dengan yang baru.

Pada langkah ke tiga dan ke empat mungkin ada sedikit perbedaan jika Anda menggunakan ponsel yang berbeda dengan yang saya gunakan akan tetapi perubahan kata sandi dengan yang baru sebetulnya sudah berhasil diganti sejak pada langkah ke dua juga.

Apabila setelah mengikuti langkah terakhir masih ada beberapa pop up yang muncul pada tampilan aplikasi BBM Anda silahkan setujui saja sampai selesai.

Gagal mengatur ulang dengan nomor HP? Coba cara kedua dengan menggunakan email.

2. Atur Ulang Kata Sandi melalui Email

Sama halnya dengan menggunakan nomor HP, coba ingat-ingat terlebih dahulu email yang Anda gunakan pada saat pendaftaran akun BBM apakah Anda menggunakan email pada saat pendaftaran atau Anda mendaftar dengan nomor HP tapi pernah memasukkan email ke akun tersebut.

Pastikan juga bahwa email tersebut masih bisa Anda buka karena jika email tidak bisa dibuka cara ini akan percuma Anda ikuti. Sama seperti melalui nomor HP, BBM akan mengirim tautan pengaturan ulang kata sandi ke email tersebut, jadi pastikan bahwa Anda bisa membuka email tersebut.

Jika sudah siap silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini…

1. Silahkan buka aplikasi BlackBerry Messenger di ponsel Anda kemudian pada halaman awal aplikasi pilih SIGN-IN kemudian Anda akan diarahkan ke halaman login menggunakan nomor HP silahkan tepat pada bagian bawah tombol SIGN-IN pilih opsi Masuk dengan alamat email.

Setelah tampil halaman login menggunakan email silahkan pilih tombol Lupa kata sandi? yang berada di bagian bawah halaman.

masuk dengan email

2. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman untuk menyetel ulang kata sandi silahkan masukkan email akun BBM Anda yang lupa kata sandinya kemudian masukkan kode captcha sesuai dengan yang tampil pada halaman tersebut, jika sudah pilih ATUR ULANG.

Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi langkah-langkah untuk membuka tautan yang dikirim ke email Anda, silahkan pilih OK saja karena akan saya jelaskan pada langkah selanjutnya.

atur ulang

3. Setelah Anda memilih tombol OK maka Anda akan diarahkan ke halaman login menggunakan email, silahkan abaikan terlebih dahulu aplikasi BBM.

Buka email Anda menggunakan browser atau jika Anda menggunakan email Gmail buka dengan aplikasi Gmail yang ada pada ponsel Anda, lalu buka email dari BBM yang berisi tautan untuk mengganti kata sandi isi emailnya tampak seperti gambar di bawah.

Setelah email di buka tap pada tautan Ganti kata sandi Blackberry® ID Anda.

ganti kata sandi

4. Setelah Anda memilih tautan tersebut Anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat kata sandi BBM ID baru seperti gambar di bawah sebelah kiri, silahkan masukkan kata sandi baru sesuai keinginan pada kolom Kata Sandi Baru dan Konfirmasi Kata Sandi pastikan kata sandi tidak kurang dari 6 karakter.

…Jangan lupa catat supaya Anda tidak lupa lagi.

Jika sudah pilih tombol Kirim yang berada di bagian pojok kanan bawah halaman, apabila berhasil maka akan muncul pemberitahuan pada halaman tersebut bahwa kata sandi Anda telah berhasil diubah tampak seperti pada gambar di bawah sebelah kanan.

kata sandi baru

5. Silahkan buka kembali aplikasi BBM di ponsel Anda pada halaman login menggunakan email silahkan masukkan email dan kata sandi baru pada halaman tersebut kemudian pilih SIGN-IN.

sign in

Untuk langkah selanjutnya silahkan ikuti saja yang telah saya jelaskan pada cara pertama yaitu menggunakan nomor HP mulai dari langkah ketiga sampai selesai karena langkah-langkah selanjutnya sama saja.

…Selesai.

Kesimpulan

Silahkan pilih salah satu cara di atas yang sesuai dengan kondisi Anda.

Jadi jika Anda menggunakan nomor HP Anda harus bisa membuka SMS dari nomor HP tersebut karena BBM akan mengirim kode verifikasi untuk mengatur ulang kata sandi pada akun Anda, begitu juga dengan menggunakan email.

Bagi Anda yang memiliki akun BBM sudah sejak lama ketika aplikasi ini belum bisa digunakan untuk Android biasanya akan muncul pertanyaan keamanan pemulihan kata sandi. Tapi untuk akun baru sudah saya coba tidak ada pertanyaan keamanan yang muncul.

Bagaimana jika saya lupa kata sandi dan tidak tau email ataupun nomor HP-nya?

Akun Anda tidak bisa dikembalikan lagi karena bagaimana bisa BBM mengembalikannya jika Anda sendiri tidak tau informasi akunnya. Mereka juga khawatir bahwa itu bukan akun milik Anda.

Tapi saya ingat PIN BBM-nya?

Siapapun bisa melihat PIN BBM Anda terutama teman-teman Anda yang telah masuk ke daftar kontak BBM, jika memang bisa mengganti kata sandi akun BBM hanya dengan mengetahui PIN saja mungkin banyak akun BBM yang hilang.

Jika kedua cara di atas masih belum berhasil mengembalikan akun Anda tidak ada cara lain selain membuat akun baru.

Silakan baca panduan membuat akun BBM baru yang sudah saya jelaskan secara lengkap, di sana Anda tidak hanya diajarkan cara membuat akun BBM saja tetapi ada beberapa tips yang saya tulis supaya Anda tidak lupa lagi.

Itulah dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lupa kata sandi BBM dengan mengatur ulang kata sandi menggunakan nomor HP dan email. Jangan lupa kasih tau Sipitek jika Anda berhasil menggunakan cara ini melalui kolom komentar di bawah.

Atau jika ada yang ingin ditanyakan jangan ragu untuk menanyakannya melalui kolom komentar. Selamat mencoba, semoga berhasil 😊 .

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top