Keamanan Privasi Google

Google telah merilis fitur baru untuk menjaga privasi dan keamanan pengguna dengan harapan pengguna bisa merasa nyaman ketika menggunakan layanan mereka. Fitur privasi ini hadir di beberapa layanan termasuk Google Maps, YouTube dan Google Assistant.

Minggu lalu beredar kabar bahwa Google sedang menguji mode penyamaran untuk Google Maps. Dilansir Sipitek dari Google Blog, fitur tersebut akan dirilis dan bisa dinikmati oleh semua pengguna Android bulan ini .

Saat fitur mode penyamaran pada Google Maps di aktifkan, aktivitas yang Anda lakukan dengan Goolge Maps tidak akan disimpan ke akun Google. Pengguna dapat mengaktifkan mode penyamaraman dengan cara mengetuk foto profil dan memilih opsi Turn on Incognition Mode.

Beberapa bulan yang lalu Google juga telah merilis fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus riwayat lokasi dan aktivitas web secara otomatis. Saat ini, Google menambahkan fitur tersebut ke YouTube.

Dengan hadirnya fitu rini, Anda dapat menghapus riwayat YouTube Anda secara otomatis, termasuk riwayat pencarian maupun video yang telah ditonton. Anda dapat memilih periode waktu riwayat YouTube yang ingin dihapus antara 3 bulan atau 18 bulan.

Google Assistan akan merilis pembaruan minggu depan yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa pengaturan privasi dengan perintah suara dalam bahasa Inggris AS, sedangkan untuk bahasa lain akan meluncur bulan depan.

Misalnya, Anda dapat mengatakan “Hai Google, hapus semua yang saya katakan minggu lalu” atau “Hai Google, hapus hal terakhir yang saya katakan kepada Anda”.

Jika Anda meminta Google Assistan untuk menghapus data yang tersimpan lebih dari seminggu, Anda akan langsung diarahkan ke halaman pengaturan akun untuk menyelesaikan langkah penghapusan.

Selain itu, layanan pengelolaan kata sandi juga mendapatkan pembaruan yang berfokus pada privasi. Melalui layanan ini sekarang Anda bisa mengetahui kekuatan kata sandi akun dari berbagai layanan yang Anda gunakan di internet. Anda bisa memeriksanya di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here