Game mobile mengalami perkembangan yang cukup pesat, para pengembang game terus-menerus berinovasi membuat game baru dengan konsep permainan yang berbeda-beda. Tak heran jika saat ini ada banyak sekali jenis game yang bisa kita mainkan di smartphone, salah satunya adalah game musik.

Kalau dulu untuk memutar musik kita hanya bisa mendengarkan suaranya saja, akan tetapi saat ini dengan memainkan game musik yang tersedia untuk smartphone Android, Anda bisa menyelesaikan tantangan sesuai dengan irama musik tersebut.

Tentunya setiap game punya konsep permainan yang berbeda-beda, akan tetapi sebagian besar game yang akan Sipitek ulas ini memiliki kesamaan, dimana pemain akan ditugaskan untuk menekan tombol tertentu yang muncul sesuai dengan irama musik yang dipilih.

Tak hanya seru, dengan memainkan game jenis ini Anda juga bisa menghibur diri dengan cara yang lebih asyik sambil mendengarkan beragam musik yang dapat membuat pikiran menjadi lebih bergairah.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa game musik terbaik yang bisa Anda mainkan secara offline maupun online di smartphone Android. Nah supaya Anda bisa memilih game yang tepat dan sesuai dengan selera musik Anda, yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih.

20 Game Musik Terbaik di Android

1. Piano Tiles 2

piano tiles 2

Piano Tiles 2 merupakan game pertama yang Sipitek rekomendasikan, di dalam game ini tugas Anda adalah menekan tuts yang tampil di layar smartphone. Tuts tersebut akan muncul sesuai dengan irama lagu yang dipilih.

Di dalam game ini Anda juga akan ditantang untuk meningkatkan konsentrasi dan daya tanggap yang cepat, pasalnya apabila ada satu tuts yang tidak tersentuh maka lagu tersebut akan ikut berhenti.

Game piano yang membutuhkan kecepatan tangan ini juga punya ribuan lagu yang yang rutin diperbarui, mulai dari lagu klasik, instrumen, pop, dan lain sebagainya. Jika Anda pecinta alat musik piano, game besutan Cheetah Games ini wajib Anda coba.

2. Dancing Line

Dancing Line

Dancing Line merupakan game musik yang memiliki konsep permainan yang cukup unik, di dalam game ini tugas Anda hanya menyentuh layar smartphone saja.

Akan tetapi sentuhan Anda harus sesuai dengan irama musik yang ada di dalam permainan, sehingga garis yang berjalan di layar juga akan berjalan di jalur yang benar, tidak keluar dari jalur.

Apabila sentuhan Anda tidak sesuai dengan irama musik maka garis yang berjalan tersebut akan keluar dari jalur dan musik akan berhenti. Kedengarannya memang cukup mudah, bahkan Anda juga bisa memainkannya hanya dengan satu jari saja, namun untuk menguasai game yang telah diunduh lebih dari 50 juta kali ini bukanlah perkara mudah.

Pasalnya, semakin tinggi level permainan maka akan semakin berliku pula jalur garis yang harus dilalui. Kunci utama untuk menyelesaikan permainan ini, Anda harus bisa menyentuh layar sesuai dengan irama musik, selain itu perhatikan juga jalur garis yang berjalan supaya tidak keluar dari jalurnya.

3. Tiles Hop: EDM Rush!

Tiles Hop EDM Rush

Suka dengan musik EDM? Tiles Hop merupakan game yang wajib Anda coba. Berbeda dengan game sebelumnya, di dalam game ini Anda akan di tantang untuk mengarahkan bola yang berjalan dari ubin yang satu ke ubin yang lain yang ada di depannya.

Bola tersebut akan melompat sesuai dengan irama lagu yang ada di dalam permainan, semakin banyak ubin yang berhasil Anda lewati, maka tempo lagunya juga akan semakin cepat.

Tak hanya menyuguhkan konsep permainan yang cukup menantang, game besutan AMANOTES ini juga hadir dengan beragam efek visual yang menakjubkan. Selain itu, Tiles Hop juga menyediakan lebih dari 30 lagu dan 8 bola yang bisa Anda pilih sendiri sesuai keinginan.

4. SongPop

songpop

SongPop merupakan game yang cocok untuk Anda yang punya banyak pengetahuan tentang musik dan artis. Pasalnya, di dalam game ini Anda akan ditantang untuk menebak nama artis atau lagu yang di putar di dalam permainan, semakin cepat Anda menjawab semakin banyak pula poin yang Anda raih.

Tidak hanya itu saja, game yang telah menyabet penghargaan Webby Award 2013 ini juga dilengkapi dengan ribuan musik dari berbagai ganre, mulai dari pop, hip-hop, hingga lagu-lagu lawas. Menariknya lagi, Anda juga bisa beradu kecepatan untuk menebak lagu atau artis dengan pemain lain di seluruh dunia.

5. Tap Tap Music – Pop Songs

Tap Tap Music Pop Songs

Kalau Anda pernah memainkan konsol game Playstation 2 pasti tak asing lagi dengan game guitar hero. Yap, Tap Tap Music memiliki konsep permainan yang sama dengan game tersebut, akan tetapi game ini menawarkan grafis yang cukup memanjakan mata, dimana ketika menekan tombol tertentu akan muncul efek-efek visual yang menakjubkan.

Selain itu, Tap Tap Music juga mengizinkan para penggunanya untuk memilih sendiri musik yang ingin dimainkan, hampir semua musik yang ada di YouTube bisa Anda mainkan di dalam game ini, karena memang sumber musik di dalam game ini sebagian besar berasal dari YouTube.

6. Cytus

Cytus

Cytus merupakan game musik yang cocok untuk Anda yang menyukai tantangan. Pasalnya, di dalam game ini Anda akan ditugaskan untuk menekan lingkaran yang muncul di layar sesuai dengan irama musik yang berjalan dengan kecepatan tinggi. Ada 9 tingkat kesulitan yang bisa dipilih, semakin tinggi tingkatannya maka semakin tinggi pula kecepatan jari yang dibutuhkan.

Lagu-lagu yang dihadirkan di dalam game Cytus juga cukup beragam, ada lebih dari 200 lagu dan 400 variasi yang bisa Anda mainkan, termasuk musik pop, jazz, hingga hardcore dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Cytus juga didesain dengan efek visual yang menakjubkan, ketika Anda menekan lingkaran tertentu maka secara otomatis efek-efek tersebut akan muncul menghiasi layar smartphone.

7. DEEMO

DEEMO

DEEMO merupakan game musik yang dikembangkan oleh pengembang yang sama dengan game sebelumnya yaitu Rayark International Limited. Konsep permainan yang ada di dalam game mirip dengan guitar hero, hanya saja game ini dilengkapi dengan kisah fantasi yang cukup seru yang menceritakan karakter mistis.

DEEMO menyediakan lebih dari 60 lagu gratis yang bisa dimainkan di dalam mode cerita, selain itu game ini juga punya lebih dari 220 lagu dari berbagai genre musik yang dibuat oleh komposer terkenal.

8. MELOBEAT

MELOBEAT

MELOBEAT merupakan game yang memiliki konsep permainan yang sama dengan guitar hero, dimana tugas pemain adalah menekan blok-blok yang muncul sesuai dengan irama lagu di atas layar.

Akan tetapi, game besutan Float32 Inc ini berbeda dengan game yang lainnya, dimana dengan memainkan game ini pemain bisa menggunakan lagu apapun sesuai dengan keinginannya, bahkan Anda juga bisa memilih lagu yang sudah ada di smartphone lho.

Tidak hanya itu saja, meskipun lagunya ditentukan sendiri oleh pemain, blok-blok yang muncul di dalam permainan juga akan secara otomatis menyesuaikannya dengan irama lagu tersebut. Tidak seperti game-game yang lainnya, dimana blok yang ditampilkan tidak sesuai dengan irama lagunya.

9. Arcaea

Arcaea

Lagi nyari game musik yang bisa dimainkan secara offline? Arcaea merupakan game yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, semua lagu yang ada di dalam game ini bisa Anda mainkan tanpa harus terhubung ke internet.

Di dalam game ini tugas Anda adalah menekan blok yang muncul sesuai dengan irama lagu yang sedang diputar, akan tetapi Arcaea punya beragam variasi blok, mulai dari blok yang panjang hingga blok rapat yang membutuhkan kecepatan tangan.

Game yang dikembangkan oleh Lowiro ini juga menyediakan lebih dari 90 lagu yang dibuat oleh 50 seniman terkenal. Menariknya lagi, Anda juga bisa memilih tingkat kesulitan sendiri sesuai keinginan, ada 3 tingkatan yang bisa Anda pilih.

10. BanG Dream! Girls Band Party!

BandG Dream Girls Band Party

Anda pecinta musik anime? BanG Dream merupakan game musik yang wajib Anda coba. Pasalnya, semua lagu yang ada di dalam game ini memang hanya menyediakan lagu-lagu anime populer saja, seperti Butter-Fly, Guren no Yumiya, Refrain Soul, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, game yang pernah dinobatkan sebagai game musik terbaik ini juga memiliki antarmuka yang cukup interaktif dan punya efek visual yang cukup menakjubkan. Di dalam game ini Anda akan ditugaskan untuk mengontrol 5 karakter anime dalam satu grup band.

Supaya pada saat perform semua karakter tersebut bisa memainkan alat musik dengan lancar, Anda harus bisa menekan semua blok yang muncul dari atas layar smartphone dengan tepat.

Tentu saja selain bisa menikmati tantangan dengan alunan musik anime yang khas, Anda juga bisa melihat semua karakter tersebut secara real-time saat melakukan perform, bahkan saking menikmati permainan musiknya, karakter tersebut bisa lompat-lompat lho.

11. Avicii | Gravity HD

avicii gravity hd

Kalau Anda suka mendengarkan musik DJ pasti sudah tak asing lagi dengan nama Avicii. Yap, sesuai dengan namanya, Avicii Gravity HD merupakan game musik yang hadir dengan lagu-lagu karya DJ Avicii.

Di dalam game ini tugas Anda adalah menabrakkan kapal yang Anda kendalikan ke benda-benda yang ada di depannya, supaya lagu tetap bisa berjalan sampai selesai. Akan tetapi tidak semua benda bisa ditabrak, Anda harus bisa menghindari benda-benda berbahaya yang dapat membuat kapal meledak dan membuat musik menjadi berhenti.

Tidak hanya menawarkan efek visual yang cukup menakjubkan, Avicii Gravity HD juga menyediakan beragam koleksi lagu yang asyik untuk didengarkan yang dapat membuat pikiran menjadi lebih segar.

12. Lost in Harmony

lost in harmony

Lost in Harmony merupakan game musik dengan alur cerita yang romantis dan mendebarkan. Di dalam game ini Anda akan berperan sebagai seorang pria yang telah memiliki kekasih, namun kisah cintanya itu tak direstui oleh orang tuanya.

Nah tugas Anda adalah melarikan diri bersama wanita tersebut supaya kisah cinta mereka bisa berjalan dengan baik. Namun hal itu tidaklah mudah, Anda harus menggendong wanita tersebut dan melewati berbagai macam rintangan yang datang sesuai dengan irama musik yang mendebarkan.

Ada banyak sekali rintangan yang harus Anda lalui mulai dari kendaraan bermotor, hewan, buas, dan lain sebagainya. Tugas Anda hanyalah menghindari rintangan tersebut dengan cara berpindah jalur dari kiri ke kanan atau sebaliknya supaya Anda tetap bisa berlari menggendong wanita tersebut sampai ke tempat yang aman.

13. VOEZ

VOEZ

VOEZ merupakan game musik yang dilengkapi dengan alur cerita yang cukup menarik. Cara memainkan game ini hampir sama seperti guitar hero, dimana pemain harus menekan tombol yang berjalan dari atas ke bawah layar secara tepat supaya lagu bisa tetap berjalan.

Akan tetapi, game yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini menawarkan efek visual yang cukup indah dan menakjubkan, jadi ketika Anda menekan tombol-tombol tersebut akan muncul efek tersebut. Selain itu, VOEZ juga bisa Anda mainkan secara online untuk berkompetisi dengan para pemain lain dari seluruh dunia.

14. Dynamix

Dynamix

Dynamix merupakan game yang hadir dengan konsep permainan yang memadukan antar unsur musik dan arkade. Game besutan C4Cat Enternaintment Limited ini sangat cocok untuk pemain yang suka tantangan dan kecepatan.

Pasalnya, Anda tidak hanya ditantang untuk menekan blok yang berjalan dari atas ke bawah saja, namun akan ada blok yang berjalan menyamping yang juga harus Anda tekan dengan tepat.

Namun tak perlu khawatir jika Anda merasa kesulitan, karena Dynamix juga menyediakan 5 tingkat kesulitan yang bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan keinginan. Selain itu, Dynamix juga menyediakan berbagai macam jenis lagu dalam berbagai genre, mulai dari J-pop, hardcore, trancecore, oriental, dan lain sebagainya.

15. Lanota

lanota

Berbeda dengan game musik pada umumnya, di dalam game Lanota Anda harus menekan blok yang muncul dari berbagai arah yang ada di dalam sebuah lingkaran, tidak hanya datang dari atas ke bawah saja.

Game ini bisa dibilang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, karena blok akan datang dari berbagai arah sesuai dengan irama lagu yang ada di dalam permainan.

Tidak hanya itu saja, game yang pernah dinobatkan sebagai game terbaik ini juga menawarkan animasi yang unik, sehingga meskipun game ini sangat sulit ditaklukkan Anda tetap bisa memainkannya dengan nyaman.

16. SuperStar BTS

SuperStar BTS

Sesuai dengan namanya, SuperStar BTS merupakan game yang menghadirkan beragam musik karya Kpop terkenal asal Korea, yaitu BTS. Tidak ada lagu yang lain di dalam game ini, yang bisa Anda mainkan hanyalah lagu-lagu dari BTS saja.

Cara memainkannya sama seperti game musik pada umumnya, dimana Anda harus menekan tombol-tombol dengan tepat yang muncul sesuai dengan irama lagu, jangan sampai ada yang lolos satupun supaya mendapatkan skor yang tinggi.

Menariknya, game besutan Dalcomsoft Inc ini juga menyediakan beragam misi harian yang perlu Anda selesaikan untuk menaikkan level permainan. Jika Anda pecinta musik Kpop khususnya BTS, Anda wajib mencoba game yang satu ini.

17. Beat EVO YG

beatevo yg

Jika Anda ingin memainkan game musik yang menyediakan banyak lagu dari musisi Korea, Beat EVO YG merupakan game yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, hampir semua lagu dari grup musik terkenal seperti BLACKPINK, BIGBANG, PSY, dan lain sebagainya bisa Anda mainkan melalui game ini.

Cara bermainnya sama seperti game musik pada umumnya, dimana Anda harus menekan tombol yang muncul di atas layar dengan tepat untuk mendapatkan skor yang tinggi. Menariknya, semua lagu yang ada di game ini juga disuguhkan dengan kualitas tinggi sehingga suara musiknya juga akan terdengar lebih jelas.

18. Just Dance Now

Just Dance Now

Just Dance Now merupakan game yang cocok untuk Anda yang suka nge-dance, berbeda dengan game musik yang lainnya, di dalam game ini Anda harus bisa nge-dance untuk menyelesaikan tantangan-tantangan yang telah disediakan.

Tidak hanya itu saja, Just Dance Now juga menyediakan lebih dari 400 lagu yang siap mengiringi tarian Anda, termasuk musik BLACKPINK. Anda juga bisa menari secara bersamaan dengan pemain lain yang ada di seluruh dunia.

19. Music Hero

8 music hero

Tidak bisa dipungkiri, kadangkala ada beberapa game musik yang bisa dimainkan dengan lagu yang bisa kita pilih sendiri sesuai dengan keinginan menggunakan lagu yang ada di smartphone, tapi tak jarang irama yang disajikan di dalam game tersebut tak sesuai dengan irama lagunya.

Nah dengan Music Hero, Anda tak perlu khawatir hal itu terjadi, karena game besutan Words Mobile ini memang mampu menampilkan irama secara tepat sesuai dengan irama musik yang dipilih.

Selain itu, game yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini juga memiliki efek visual dan pernak-pernik animasi yang cukup menarik dan dapat membuat pemain lebih nyaman saat memainkannya.

20. Rock Hero

rock hero

Rock Hero merupakan game yang tepat untuk Anda yang ingin bernostalgia memainkan game guitar hero seperti yang ada di dalam game konsol Playstation 2. Pasalnya, Rock Hero memang memiliki konsep yang sama dengan game tersebut.

Akan tetapi efek visual yang ada di dalam game ini lebih banyak daripada guitar hero. Game besutan Play365 ini juga menyediakan lebih dari 9 lagu dengan 3 jenis musik yang berbeda-beda. Anda juga bisa beradu mendapatkan skor tertinggi dengan para pemain dari seluruh dunia.

Itulah deretan game musik terbaik yang berhasil Sipitek rangkum, ada yang bisa dimainkan secara offline ada juga yang online.

Hampir semua game yang ada di atas memiliki konsep permainan yang sama, dimana tugas Anda adalah menyentuh blok tertentu yang muncul sesuai dengan irama lagu. Jadi game mana yang akan Anda mainkan?

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here