Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk cek jenis dan kapasitas VGA laptop maupun komputer, namun tidak bisa dipungkiri masih banyak pengguna yang belum mengetahui caranya. Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan beberapa metode yang bisa Anda gunakan.

Mengecek jenis dan kapasitas VGA laptop atau komputer biasanya dilakukan ketika kita ingin menginstal sebuah aplikasi atau game, pasalnya setiap game membutuhkan jenis VGA yang berbeda-beda.

Jika Anda memainkan VGA yang tidak sesuai dengan yang disarankan pengembangnya biasanya game tidak bisa berjalan dengan baik.

Metode ini juga cocok untuk Anda yang ingin mengganti VGA, sehingga Anda bisa menggantinya dengan VGA yang kompatibel dengan laptop yang Anda gunakan.

Di sini saya menggunakan Windows 10, jika Anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8 silahkan menyesuaikan karena caranya sama saja. Metode ini juga bisa digunakan untuk melihat VGA laptop maupun PC.

Cara Cek VGA Laptop

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk cek VGA laptop, Anda bisa melihatnya menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi dengan memanfaatkan fitur pengecekan VGA yang disediakan di Windows.

1. GPU-Z

Banyak pengguna laptop atau PC yang lebih memilih menggunakan aplikasi GPU-Z ketika ingin mengecek spesifikasi komputer mereka.

Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengetahui jenis dan kapasitas VGA dengan mudah, cukup jalankan aplikasi dan spesifikasi VGA akan langsung ditampilkan.

Selain itu, aplikasi ini juga mampu menampilkan informasi VGA secara lengkap, mulai dari nama GPU, versi BIOS, tipe memori, ukuran memori, GPU Clock dan sebagainya.

Cara cek VGA laptop menggunakan aplikasi GPU-Z:

  1. Silahkan unduh aplikasi GPU-Z di situs resminya di sini.
  2. Setelah diunduh, instal seperti biasa.
  3. Buka aplikasi GPU-Z.
    Cek VGA GPU-Z
  4. Anda dapat mengetahui informasi VGA di tab Graphics Card dan Sensors.

2. DirectX Diagnostic Tools

Jika Anda malas memasang aplikasi, Anda juga bisa mengeceknya melalui fitur DirectX Diagnostic Tool yang telah disediakan di Windows. Dengan menggunakan metode ini Anda bisa mengetahui nama VGA, manufaktur, tipe chip dan DAC, memori dan sebagainya.

Cara cek VGA laptop:

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka Run.
  2. Ketik dxdiag lalu tekan Enter.
    DirectX Diagnostic Tool Display
  3. Pada DirectX Diagnostic Tool pilih tab Display.

Informasi mengenai spesifikasi VGA yang Anda gunakan ditampilkan pada tab Display di bagian Device.

3. Display Adapter

Selain bisa dilihat melalui dxdiag, Anda juga bisa mengecek VGA laptop tanpa aplikasi melalui Display Adapter. Selain bisa melihat spesifikasi VGA, dengan menggunakan metode ini Anda juga bisa melihat spesifikasi monitor yang digunakan.

Cara cek VGA laptop melalui Display Adapter:

  1. Ketik View Advanced Display Info di kolom pencarian Windows yang ada di sudut kiri bawah layar, lalu tekan Enter.
  2. Setelah itu, klik tulisan Display adapter properties for Display 1.
    Display Adapter Information
  3. Cek spesifikasi VGA Anda di bagian Adapter Information.

4. Device Manager

Jika Anda hanya ingin mengetahui nama VGA saja, maka metode ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, tidak seperti metode sebelumnya, dengan menggunakan metode ini Anda hanya bisa melihat nama VGA saja.

Cara cek VGA melalui Device Manager:

  1. Ketik Device Manager di kolom pencarian Windows di sudut kiri bawah layar, lalu Enter.
  2. Klik dua kali pada Display adapters.
    Device Manager Display Adapters
  3. Maka akan muncul nama VGA laptop yang Anda gunakan.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk cek spesifikasi VGA termasuk jenis dan kapasitas memori yang digunakan. Setelah mengetahui spesifikasi VGA kini Anda bisa memilih game yang sesuai dengan spesifikasi laptop Anda.

Jadi, apakah Anda berhasil mengecek spesifikasi VGA? Metode mana yang Anda gunakan?. Apabila mengalami masalah atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here