Tips & Trik

Cara Tethering HTTP Injector ke HP Android dan PC Tanpa Root

cara tethering HTTP injector

Bagi para penikmat internet gratis di ponsel Android pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi HTTP Injector, ya aplikasi ini memang hadir pertama kali di Android untuk para penikmat internet gratis sebelum aplikasi sejenisnya muncul.

HTTP Injector di kenal memiliki beragam fitur yang cukup berguna yang bisa dijadikan sebagai alat untuk berselancar di internet tanpa pulsa maupun kuota internet namun dengan aplikasi ini kita bisa mengakses internet secara gratis tanpa batasan kuota alias unlimited.

Bahkan karena kita bisa mengakses internet secara gratis menggunakan aplikasi ini terkadang adakalanya kita juga ingin berbagi koneksi internet gratis dengan teman sebaya yang kebetulan tidak memiliki kuota internet dan mereka ingin juga merasakan sensasi berselancar di internet tanpa kuota dan pulsa.

Bagi sebagian orang untuk mengaktifkan tethering di aplikasi HTTP Injector mungkin sangat mudah akan tetapi bagi Kamu yang mungkin masih pemula pasti akan kesulitan apalagi jika ponsel Android yang di gunakan belum memiliki akses root.

Sebetulnya di aplikasi HTTP Injector sendiri juga sudah dilengkapi dengan fitur tethering akan tetapi fitur tersebut tidak bisa Kamu gunakan apabila ponsel yang Kamu pakai belum di root alias fitur ini hanya bisa digunakan pada ponsel Android yang sudah di root.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan memberikan panduan kepada Kamu mengenai cara tethering HTTP Injector entah itu untuk ke perangkat ponsel lagi ataupun bisa juga ke perangkat komputer PC dan laptop.

Apabila ponsel yang Kamu gunakan belum di root, tenang saja Kamu masih bisa menggunakan menjalankan tethering dengan HTTP Injector karena memang cara ini dikhususkan bagi ponsel Android yang belum di root. Akan tetapi bagi Kamu yang ponselnya sudah di root Kamu juga bisa mengikuti cara ini.

Bagaimana Cara Tethering HTTP Injector Tanpa Root?

Sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa Kamu gunakan akan tetapi kali ini Sipitek hanya akan membagikan cara yang paling mudah saja namun hasilnya juga sama saja dengan cara yang susah.

Sebelumnya pastikan terlebih dahulu HTTP Inector yang Kamu gunakan sudah di lakukan konfigurasi sampai terhubung sesuai dengan operator seluler yang Kamu gunakan, karena di sini Sipitek hanya akan berfokus pada panduan untuk tethering saja.

Oh iya cara ini juga bisa Kamu gunakan di aplikasi internet gratis yang lain seperti KPNTunnel Ultimate, KPNTunnel Rev, Eproxy ataupun yang lainnya. Namun pada tutorial kali ini Sipitek hanya menggunakan HTTP Injector.

Sekilas, ini merupakan beberapa panduan yang akan Sipitek bahas:

Kamu bisa langsung loncat ke bagian tertentu melalui tautan di atas supaya tidak kebingungan, namun Sipitek lebih menyarankan Kamu untuk membaca semuanya agar ketika dibutuhkan Kamu bisa dengan mudah mengaktifkannya.

1. Tethering HTTP Injector ke Android dan PC

Cara pertama adalah kita akan mengaktifkan tethering dari ponsel Android yang sudah dilengkapi dengan HTTP Injector ke ponsel Android lagi atau ponsel lain yang sudah dilengkapi dengan koneksi wifi dan tidak hanya itu saja dengan cara ini Kamu juga bisa menghubungkannya ke perangkat komputer PC ataupun laptop tanpa memerlukan akses root.

Selain HTTP Injector di sini kita membutuhkan satu aplikasi lagi yaitu aplikasi Proxy Server, silahkan unduh terlebih dahulu Proxy Server di Apk Pure setelah itu pasang di ponsel yang Kamu gunakan.

Jika semuanya sudah terpasang dengan baik mari kita mulai untuk mengaktifkan Tethering di HTTP Injector.

1. Silahkan hubungkan terlebih dahulu HTTP Injector di ponsel yang Kamu gunakan, jika sudah terhubung tandanya pada bagian LOG akan muncul tulisan Terhubung seperti pada gambar di bawah.

Http Injector terhubung

2. Selanjutnya silahkan buka aplikasi Proxy Server yang telah Anda pasang tadi, nanti akan muncul tampilan aplikasinya akan tampak seperti pada gambar di bawah.

Pada tampilan awal aplikasi Proxy Server silahkan pilih ikon + atau Add kemudian nanti akan muncul dua opsi silahkan pilih Proxy Server.

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Settings seperti pada gambar di bawah sebelah kanan, silahkan atur bagian Server name sesuai keinginan dan Run on Port isi dengan 2222.

Contohnya seperti pada gambar di bawah Anda juga bisa menyamakannya seperti pengaturan yang telah Sipitek buat agar bisa berjalan dengan baik.

Proxy Server

3. Setelah itu pilih bagian Rules yang ada di pojok kanan atas layar lalu pilih ikon + atau Add.

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman yang tampak seperti pada gambar di bawah sebelah kanan. Silahkan isi seperti pada gambar.

Host: 192.168.43.1
Forward to Host: 127.0.0.1
Forward to Port: 1080

Untuk Host dan Forward to Host silahkan di samakan saja, sedangkan untuk Forward to Port Anda bisa melihatnya di aplikasi HTTP Injector ataupun KPNTunnel di pengaturan SSH apabila belum di ubah biasanya berisi port 1080.

pengaturan Host

4. Jika sudah selesai silahkan tekan tombol fisik kembali sebanyak dua kali pada ponsel Kamu untuk menyimpan pengaturan yang telah di buat karena di aplikasi ini memang tidak ada tombol untuk menyimpan.

Apabila muncul persetujuan untuk menyimpan seperti pada gambar di bawah silahkan pilih saja Yes.

simpan pengaturan

5. Jika semua pengaturan sudah di simpan silahkan pilih tombol Start yang ada di halaman awal aplikasi Proxy Server apabila muncul persetujuan pilihan saja Yes.

Apabila Proxy Server sudah berjalan dengan baik tandanya akan muncul di notifikasi bar Proxy Server Running seperti pada gambar di bawah sebelah kanan.

Start Proxy Server

6. Selanjutnya Kamu tinggal mengaktifkan fitur Hotspot atau Tethering Wifi di ponsel Android yang Kamu gunakan, pada langkah ini Sipitek tidak perlu menjelaskannya karena tidak ada pengaturan khusus yang perlu di terapkan.

Jadi aktifkan saja fitur hotspot portabel di ponsel Kamu seperti biasa.

aktifkan hotspot

Sampai di sini sebetulnya Kamu sudah berhasil mengaktifkan tethering HTTP Injector. Akan tetapi kita tidak bisa langsung menggunakannya karena kita perlu melakukan beberapa pengaturan di ponsel Android ataupun PC penerima hotspot.

…Mari kita bahas satu per satu dimulai dari Android terlebih dahulu.

Mengatur Ponsel Penerima Hotspot HTTP Injector

Ingat langkah ini perlu dilakukan oleh ponsel yang menerima hotspot.

Silahkan nyalakan Wifi kemudian nanti ponsel penerima akan mendeteksi Wifi yang menggunakan koneksi internet menggunakan HTTP Injector yang telah Kamu buat sebelumnya, sebagai contoh di sini Sipitek menamai hotspot dengan nama REDMI 4X.

Setelah di pilih nanti Kamu akan diarahkan terlebih dahulu ke pengaturan wifi seperti pada gambar di bawah yang tengah. Apabila hotspot menggunakan kata sandi masukkan terlebih dahulu kata sandinya, selanjutnya centang Opsi Lanjutan kemudian atur bagian Proxy menjadi Manual.

Nanti akan muncul kolom yang perlu Anda isi:

Nama host proksi: 192.168.43.1
Porta proxy: 2222

Jika sudah pilih tombol SAMBUNGKAN, jika sudah Terhubung seperti pada gambar di bawah sebelah kanan silahkan berselancar di internet.

Pengaturan penerima hostpot

Selesai!

Apabila ada ponsel lain yang ingin terhubung dengan koneksi tethering HTTP Injector mereka juga perlu melakukan pengaturan proxy dan port wifi seperti di atas.

Mengatur Komputer PC atau Laptop penerima Hotspot HTTP Injector

Tidak hanya di Android saja apabila Tethering HTTP Injector di Android ingin di hubungkan ke perangkat komputer PC atau laptop Kamu juga tidak bisa menggunakannya langsung alias perlu melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu.

Pada tutorial kali ini Sipitek menggunakan Windows 8.1 apabila Kamu menggunakan versi Windows yang berbeda silahkan menyesuaikan saja.

Silahkan nyalakan terlebih dahulu Wifi di PC atau laptop yang ingin di hubungkan dengan hotspot HTTP Injector.

Jika kita menggunakan jaringan Wifi Hotspot biasa sampai di sini juga kita langsung bisa menggunakannya, akan tetapi jika kita menggunakan koneksi dari tethering HTTP Inector kita perlu melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu.

Silahkan klik kanan pada ikon jaringan yang ada di bagian pojok kanan bawah kemudian pilih opsi Open Network and Sharing Center lalu pilih Internet Opstions.

pengaturan PC penerima hotspot

Selanjutnya akan muncul dialog Internet Properties seperti pada gambar di bawah, silahkan pilih bagian Connections lalu pilih LAN settings.

Setelah itu Kamu akan diarahkan ke Local Area Network (LAN) Settings, silahkan centang bagian Use a proxy server for your LAN (These settings will not apply to dial-up or VPN connections) lalu pilih Advance.

Kemudian akan muncul dialog Proxy Settings, silahkan isi seperti berikut ini:

HTTP: 192 168.43.1
Port: 2222

Jangan lupa centang juga bagian Use the same proxy server for all protocols agar proxy dan port yang telah di atur bisa digunakan untuk berbagai protokol.

Jika sudah pilih OK, OK, OK.

pengaturan Proxy PC

Selesai!

Sampai di sini seharusnya komputer sudah bisa digunakan untuk berselancar di internet menggunakan koneksi dari HTTP Injector yang telah dibuat.

Apabila ada komputer lain yang ingin menggunakan koneksi hotspot dari HTTP Injector harus dilakukan pengaturan terlebih dahulu seperti tadi.

2. Tethering HTTP Injector ke PC Menggunakan Proxifier

Berbeda dengan sebelumnya, apabila Kamu ingin menjalankan tethering dari HTTP Injector ke perangkat komputer PC atau Laptop Kamu tidak perlu memasang aplikasi Proxy Server di Android akan tetapi Kamu perlu memasang aplikasi Proxifier di perangkat komputer yang ingin di hubungkan dengan koneksi tethering HTTP Injector Android.

Silahkan download Proxifier di situs resminya, kemudian lakukan instalasi di perangkat komputer yang Kamu gunakan seperti menginstal aplikasi lain.

Jika sudah berhasil di pasang, silahkan simak langkah-langkah berikut ini untuk menghubungkan tethering HTTP Injetor ke perangkat komputer dengan menggunakan Proxifier.

1. Langkah pertama silahkan hubungkan terlebih dahulu HTTP Injector sampai terhubung, kemudian nyalakan fitur tethering atau hotspot di ponsel Android yang Kamu gunakan.

Nyalakan hotspot

2. Selanjutnya nyalakan wifi di PC lalu hubungkan dengan hotspot Android, sebagai contoh hotspot di Android yang menggunakan HTTP Injector yang Sipitek gunakan bernama REDMI 4X.

pilih hotspot

3. Selanjtunya silahkan buka Proxifier pilih menu Profile lalu pilih Proxy Servers…

Setelah itu Anda akan diarahkan ke pengaturan Proxy Servers pilih tombol Add.. Isi bagian Address dan Port.

Address: 192.168.43.1
Port: 1080

Pada bagian protocol centang bagian SOCK5 Version 5, jika sudah pilih OK. Apabila muncul dialog pilih saja OK kemudian OK lagi.

Proxy Server di Proxyfier

Selesai!

Sampai di sini seharusnya Kamu sudah bisa mengakses internet.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa Kamu gunakan untuk menjalankan Tethering HTTP Injector di Android ke Android lain ataupun ke PC tanpa akses root.

Sipitek lebih menyarankan Kamu untuk menggunakan cara yang pertama jika memang penerima hotspot ditujukan untuk ponsel.

Akan tetapi jika hotspot dari HTTP Injector di tujukan ke perangkat komputer lebih baik gunakan cara yang kedua yang itu menggunakan Proxifier karena lebih mudah daripada cara yang pertama.

Sebetulnya ada cara lain yang bisa Kamu gunakan akan tetapi sejauh ini cara inilah yang menurut Sipitek lebih mudah, karena Sipitek juga sering menggunakan cara ini dan tentunya cara ini sudah dicoba berkali-kali dan sudah terbukti berhasil.

Akan tetapi jika Kamu mengalami masalah atau yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Demikian artikel kali ini, selamat mencoba semoga berhasil.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top