Tips & Trik

Cara Share Koneksi SSH dari PC ke Android Melalui Wifi Hotspot

cara share ssh

Bagi sobat gretongers mungkin sudah tidak asing lagi menggunakan SSH untuk mengakses internet secara gratis sepuasnya di komputer, tetapi apakah bisa koneksi SSH dari PC yang kita gunakan di share melalui wifi ke Android atau dijadikan hotspot?

Tentu saja bisa, sebetulnya cara ini tidak hanya bisa di share ke Android saja tetapi Sobat juga bisa membagi koneksi dari komputer ke komputer atau ke perangkat lain yang terpenting perangkat tersebut tersedia fitur wifi. Saya sendiri sering menggunakan cara ini apabila kuota di ponsel saya habis.

Sebelum mengikuti cara ini pastikan terlebih dahulu apakah driver wifi pada komputer yang sobat gunakan sudah dipasang dengan baik atau belum, jika belum silahkan pasang terlebih dahulu karena disini kita akan menggunakan jaringan wifi.

Untuk menggunakan cara ini kita membutuhkan beberapa aplikasi pendukung, silahkan sobat cari aplikasi yang saya sertakan dibawah dan instal pada komputer yang digunakan untuk cara instalasi tidak ada pengaturan khusus instal saja seperti aplikasi biasa sampai selesai.

  • MMD (Mini Mobile Data): aplikasi ini merupakan aplikasi dialer pengganti modem pada aplikasi tersebut tersedia berbagai fitur yang dapat mempermudah kita untuk mengakses internet gratis.
  • Bitvise: aplikasi ini merupakan aplikasi untuk tempat akun SSH yang akan kita gunakan. Pilihlah SSH yang support protokol UDP karena kita memerlukan protokol tersebut untuk membagikan koneksi ke perangkat lain.
  • Socks to Tap: ini merupakan aplikasi pengganti proxifier.
  • Injek: Untuk injek silahkan cari yang sesuai dengan Sim Card yang digunakan pada modem pastikan injek tersebut dapat berjalan dengan baik.
  • mHotSpot: nah aplikasi ini lah yang akan kita gunakan supaya komputer kita dapat dijadikan sebagai hotspot, silahkan download aplikasi ini di website resminya http://www.mhotspot.com/download/ .
  • .NET Framework 3.5: aplikasi mHotSpot membutuhkan framework jika belum terpasang pada komputer sobat silahkan download dulu.

Cara Share Koneksi SSH Melalui Wifi dari Wifi ke Android

Apabila aplikasi pendukung yang saya sebutkan diatas sudah dipasang pada komputer yang Anda gunakan selanjutnya kita akan membahas cara menggunakannya supaya aplikasi tersebut dapat bekerja dengan baik, silahkan keluarkan dulu semua aplikasi yang berjalan supaya tidak mengganggu dan pastikan modem sudah terpasang. Perhatikan panah pada gambar!

1. Buka MMD pilih COM yang sesuai dengan Modem Anda silahkan coba satu persatu karena tiap komputer berbeda-beda (panah no.1) jika sudah ketemu maka sinyal bar akan muncul, isi APN dan centang Auto Route kemudian sesuaikan dengan proxy operator sim card yang sobat gunakan pada modem (panah no.2).

Selanjutnya pilih Properties hilangkan centang pada Use Default Gateway dan Centang Use Manual DNS seperti gambar dibawah (panah no.3), terakhir pilih Dial untuk menghubungkan ke internet (panah no.4).

MMD

2. Buka Injek dan Bitvise pada menu Login silahkan masukan akun SSH yang support protokol UDP (panah no.1), jika sudah pilih Proxy Setting (panah no.2) kemudian sesuaikan seperti gambar dibawah (panah no.3).
User Proxy: centang
Server: 127.0.0.1
Port: (sesuaikan dengan port injek yang digunakan)
Proxy Type: HTTP

Jika sudah pilih OK (panah no.4), silahkan Start injek kemudian klik Login pada Bitvise (panah no.6). Jika sukses dan terhubung maka ikon bitvise pada system tray akan menyala berwarna putih.

pengaturan bitvise

3. Masih di Bitvise silahkan pilih tab Services (panah no.1), pada bagian SOCKS/HTTP Proxy Forwading sesuaikan seperti gambar dibawah atau seperti ini (panah no.2).
Enable: centang
Listen Interface: 127.0.0.1
Listen Port: 6001
Jika sudah klik Apply (panah no.3).

pengaturan bitvise

4. Buka Aplikasi Socks to Tap dengan cara Klik Kanan kemudian pilih Run as Administrator kemudian isi Socks Port sesuai dengan Listen Port pada Bitvise (panah no.1)

Kemudian pilih Route proxy sesuai dengan sim card yang Anda gunakan (panah no.2), jika sudah pilih START (panah no.3) tunggu sebentar apabila aplikasi ini meminimize sendiri berarti sudah terhubung atau jika Anda buka lagi Socks to Tap nya akan tampil tulisan TAP Adapter sukses Tersambung.

pengaturan socks to tap

5. Buka aplikasi mHotSpot isi Hotspot Name dan Password sesuai keinginan pada kolom Internet Source pilih Local Area Connection (panah no.1), jika sudah pilih Start Hotspot (panah no.2) apabila hotspot sudah hidup maka akan bertanda ON (panah no.3).

pengaturan mHotspot

Silahkan nyalakan wifi pada Android atau perangkat lain yang akan dihubungkan kemudian masuk ke wifi hotspot yang telah dibuat, silahkan buka internet dan selamat berselancar 😀 .

Sebetulnya selain mHotspot masih banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menjadikan komputer sebagai hotspot tetapi menurut saya mHotspot yang paling mudah dan tidak ribet oleh karena itu saya sarankan lebih baik menggunakan mHotSpot.

Demikian artikel kali ini, apabila ada masalah atau Ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top