Tips & Trik

5 Cara Screenshot HP Xiaomi untuk Semua Seri dan Tipe

cara screenshot xiaomi

Screenshot merupakan aktivitas mengambil tangkapan layar ponsel menjadi sebuah gambar atau foto, dulu fitur ini hanya tersedia di perangkat komputer saja tetapi kini sudah banyak ponsel yang mengembangkan salah satu fitur ini terutama pada ponsel yang menggunakan sistem operasi Android.

Masing-masing ponsel punya cara tersendiri untuk mengambil tangkapan layar umumnya menggunakan kombinasi tombol-tombol tertentu seperti ponsel Xiaomi.

Bagi pengguna Xiaomi yang baru pertama kali menggunakan mungkin akan merasa kesulitan untuk mengambil tangkapan layar, oleh karena itu kali ini saya akan berbagi mengenai cara screenshot layar xiaomi yang bisa digunakan untuk semua seri dan tipe.

Fitur screenshot ini sangat mempermudah kita untuk menunjukkan sesuatu yang kita lihat dilayar ponsel yang kita gunakan kepada orang lain.

Misalnya Anda ingin memperlihatkan percakapan WhatsApp dari seseorang kepada teman Anda tentu saja percakapan tersebut tidak mungkin kita copy paste, meskipun bisa ini kurang efektif dan menyita banyak waktu.

Tetapi jika kita memanfaatkan fitur screenshoot kita hanya melakukan beberapa langkah saja untuk mengubah tampilan layar menjadi gambar tentunya gambar tersebut bisa langsung kita kirim kepada orang lain tanpa ribet mengcopy paste pesan teks.

Salah satu keunikan fitur screenshot yang ada di Xiaomi adalah kita bisa screenshot secara memanjang, fitur ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan screenshot di halaman web.

Cara Screenshot Xiaomi untuk Semua Seri dan Tipe

Saya akan membagikan lima cara yang bisa Anda gunakan untuk menangkap layar ponsel Xiaomi, dari kelima cara ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tetapi tentu saja Anda tidak perlu menggunakan semuanya, pilih saja yang menurut Anda mudah dan nyaman untuk digunakan.

Pada panduan kali ini saya melakukan percobaan menggunakan Xiaomi Redmi 4X jika Anda menggunakan seri atau tipe yang lain seperti Xiaomi note atau Redmi 3 jangan khawatir karena caranya sama saja.

1. Usap Layar dengan 3 Jari

Cara pertama ini masih jarang orang yang tau, jika Anda pengguna ponsel Xiaomi baru pasti belum tau dengan adanya fitur ini. Tidak heran jika Anda mengalami hal tersebut karena masih jarang smartphone yang menerapkan fitur screenshot layar dengan 3 jari.

Secara default fitur ini tidak aktif otomatis oleh karena itu Anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu melalui pengaturan karena jika tidak diaktifkan meskipun kita mengusap layar menggunakan 3 jari layar tidak akan tertangkap karena belum diaktifkan.

Untuk mengaktifkan fitur ini silahkan masuk ke pengaturan atau Setelan (Setting) kemudian pilih menu Setelah tambahan (Aditional Settings) lalu pilih pengaturan Screenshot maka akan tampil pengaturan screenshot 3 jari beserta efek suaranya silahkan nyalakan.

pengaturan screenshot tiga jari

Untuk cara menggunakannya Anda hanya tinggal meletakkan tiga jari diatas layar kemudian usapkan ke bagian bawah layar secara perlahan pastikan pada saat meletakkan tiga jari Anda harus meletakkannya secara berbarengan, nanti secara otomatis ponsel akan melakukan screenshot layar dengan sendirinya.

2. Menggunakan Tombol Power dan Volume

Cara ini mungkin sudah tidak asing lagi karena hampir semua ponsel Android untuk mengambil tangkapan layar bisa dengan menekan tombol Power dan Volume (-) . Tetapi cara ini terbilang agak sulit, karena jika kita tidak menekannya secara berbarengan malah bisa membuat ponsel terkunci bahkan masuk ke pengaturan untuk mematikan smartphone.

screenshot xiaomi

Untuk mengantisipasti hal tersebut Anda bisa menekan tombol Volume (-) terlebih dahulu sebelum menekan tombol Power tetapi ini juga harus dilakukan dengan cepat karena bisa jadi malah memperkecil volume ponsel, akan lebih baik lagi jika Anda menekannya secara serentak.

3. Menggunakan Tombol Menu dan Volume

Nah cara ketiga ini juga masih jarang diketahui oleh para pengguna Xiaomi yaitu menggunakan tombol Volume dan tombol menu, hampir sama seperti cara kedua tetapi pada cara ini kita menggunakan tombol Menu.

kombinasi tombol screenshot

Cara ini juga harus menekan tombol menu dan volume (-) secara serentak nanti ponsel Xiaomi yang Anda gunakan secara otomatis menangkap layar dengan sendirinya.

4. Melalui Toogle Notifikasi

Cara ke empat ini tidak kalah praktis dengan cara sebelumnya Anda bisa memanfaatkan toogle notifikasi dimana dalam toogle tersebut ada banyak pilihan menu yang tersedia salah satunya adalah menu Screenshot.

screenshot toogle

Cara menggunakannya sangat mudah sekali, Anda hanya tinggal menuju tampilan layar yang ingin di screenshot misalnya pesan chat WhatsApp kemudian gulirkan toogle notifikasi lalu pilih Screenshot.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak ke Tiga

Cara terakhir Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ke tiga ada banyak sekali aplikasi screenshot yang bisa di unduh melalui Play Store secara gratis, namun saya akan mengulas salah satu aplikasi yang cukup bagus yaitu Screenshot Easy.

easytouch

Dengan menggunakan aplikasi Screenshot Easy Anda bisa mengambil tangkapan layar dengan berbagai cara mulai dari menekan kombinasi tombol tertentu hingga yang paling mudah yaitu dengan cara menggoyangkan smartphone maka secara otomatis aplikasi ini akan melakukan proses screenshot.

Silahkan unduh Screenshot Easy di playstore hingga aplikasi selesai di pasang, nanti Anda akan dihadapkan pada beberapa pengaturan untuk menentukan cara yang bisa Anda gunakan untuk menangkap layar ponsel silahkan pilih salah satu cara yang Anda sukai.

Kesimpulan

Dari kelima cara diatas tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, silahkan pilih saja salah satu cara diatas yang menurut Anda mudah dan nyaman untuk di praktikkan.

Jika Anda ingin menangkap layar tanpa aplikasi saya sarankan menggunakan 3 jari saja karena kita tidak perlu ribet mendownload aplikasi tambahan hanya mengaktifkan pengaturannya saja.

Tetapi jika Anda malas dan tidak ingin menggunakan langkah-langkah yang ribet bisa menggunakan bantuan aplikasi Screenshot Easy karena Anda hanya perlu menggoyangkan ponsel saja untuk mengambil screenshot cara ini juga sangat cocok jika tombol kombinasi screenshot di HP mengalami kerusakan, tetapi tentu saja Anda harus mengeunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Sebetulnya cara kelima bisa Anda gunakan pada semua ponsel Android tidak hanya Xiaomi saja. Nah dari kelima cara diatas yang manakah yang akan Anda gunakan? Atau jika Anda punya cara lain yang lebih mudah silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih 😀 .

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top