Secara default Facebook menyetel privasi daftar teman ke publik sehingga orang lain dapat mengetahui semua teman yang Anda miliki. Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan beberapa cara untuk menyembunyikan daftar teman di Facebook.

Dengan menyembunyikan daftar teman, semua teman yang Anda miliki di FB tidak bisa dilihat orang lain sehingga hanya Anda saja yang dapat mengetahuinya.

Menyembunyikan daftar teman juga merupakan salah satu langkah untuk mengamankan privasi karena orang lain tidak bisa mengetahui orang-orang yang ada di lingkaran Anda.

Bagi sebagian orang, daftar teman mungkin tidak begitu penting, namun jika Anda ingin melindungi privasi dengan ketat maka daftar teman perlu Anda sembunyikan.

Cara Menyembunyikan Teman di Facebook

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan daftar teman di Facebook agar tidak bisa dilihat orang lain. Silahkan pilih salah satu metode yang sesuai dengan perangkat dan aplikasi yang Anda gunakan.

Di sini saya akan menjelaskan untuk pengguna komputer atau laptop dan HP Android, jika Anda menggunakan iPhone silahkan menyesuaikan karena caranya sama saja.

1. Aplikasi Facebook Android

Jika Anda ingin menyembunyikan daftar teman melalui aplikasi Facebook Android, Anda mungkin kesulitan menemukan letak pengaturannya karena opsi untuk mengatur privasi daftar teman memang agak tersembunyi.

Sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah pastikan Anda sudah masuk ke aplikasi Facebook Android yang ingin disembunyikan daftar pertemanannya.

Cara menyembunyikan teman lewat aplikasi Facebook Android:

  1. Buka aplikasi Facebook Android.
  2. Ketuk garis tiga di pojok kanan atas layar.
  3. Pilih menu Settings & Privacy lalu pilih Settings.
  4. Gulir ke bawah, pada bagian Privacy pilih Privacy Settings.
    Sembunyikan Teman Aplikasi Facebook
  5. Ketuk opsi Who can see your friends list?.
  6. Setelah itu, pilih Only Me.

2. Aplikasi Facebook Lite Android

Facebook Lite merupakan aplikasi favorit bagi orang yang menggunakan HP Android dengan spesifikasi terbatas, karena memang aplikasi ini lebih ringan dari aplikasi utama Facebook.

Meskipun hadir dengan tampilan dan fitur yang lebih sederhana, Anda juga bisa menyembunyikan daftar teman melalui aplikasi Facebook Lite.

Cara menyembunyikan teman lewat Facebook Lite Android:

  1. Buka aplikasi Facebook Lite.
  2. Ketuk garis tiga di pojok kanan atas layar.
  3. Ketuk menu Pengaturan.
  4. Pada bagian Privasi ketuk Pengaturan Privasi.
    Menyembunyikan Teman Facebook Lite
  5. Ketuk opsi Siapa yang bisa melihat daftar teman Anda?.
  6. Kemudian pilih Hanya saya.

3. Browser Android

Jika Anda sering berselancar di Facebook melalui browser, tak perlu beralih aplikasi karena Anda bisa mengaturnya secara langsung melalui Facebook versi web.

Metode ini juga bisa diterapkan di HP Android maupun iOS, entah itu menggunakan browser Google Chrome, Firefox, UC Browser atau yang lainnya.

Cara menyembunyikan teman di Facebook lewat browser Android.

  1. Buka Facebook menggunakan browser HP.
  2. Ketuk garis tiga di pojok kanan atas layar.
  3. Setelah itu, pilih menu Pengaturan.
  4. Ketuk Pengaturan Privasi yang ada dibagian Privasi.
    Menyembunyikan Teman Facebook Browser Android
  5. Ketuk opsi Siapa yang bisa melihat daftar teman Anda.
    Privasi Daftar Teman Facebook
  6. Setelah itu, pilih Hanya saya.

4. Browser Komputer

Jika Anda suka membuka Facebook melalui browser komputer atau laptop, Anda juga bisa langsung menyembunyikannya tanpa ribet beralih ke aplikasi Facebook Android.

Di sini saya menggunakan browser Google Chrome, jika Anda menggunakan browser lain seperti Mozilla Firefox, UC Browser, Opera atau yang lainnya, silahkan menyesuaikan karena caranya sama saja.

Cara menyembunyikan daftar teman di Facebook lewat browser komputer.

  1. Buka Facebook menggunakan browser komputer atau laptop Anda.
  2. Buka halaman profil Facebook Anda.
  3. Klik menu Teman.
  4. Setelah itu, klik ikon pensil lalu pilih Edit Privasi.
    Edit Privasi Teman Facebook Web
  5. Pada bagian Daftar Teman atur menjadi Hanya saya.
    Daftar Teman Facebook Hanya Saya
  6. Setelah itu, klik Selesai.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan daftar teman di Facebook lewat aplikasi Android maupun komputer agar tidak bisa dilihat orang lain. Kini Anda tak perlu khawatir lagi daftar pertemanan diketahui orang lain.

Jadi, apakah Anda berhasil menyembunyika daftar teman di Facebook? Metode mana yang Anda gunakan?. Apabila mengalami masalah atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here