Tips & Trik

Cara Mengunci File Dokumen Microsoft Word Agar Tidak Bisa di Buka

cara mengunci file word agar tidak bisa dibuka

Halo sob, pernahkah anda menulis catatan pribadi di Microsoft Word? Jika pernah, tentunya catatan tersebut bersifat pribadi dan rahasia, tidak sembarang orang yang dapat mengetahui catatan tersebut yang tahu hanyalah pribadi dan mungkin hanya orang-orang tertentu saja.

Tetapi apakah anda tahu cara mengunci File Dokumen Microsoft Word nya? Nah tepat pada artikel ini saya akan membagikan tutorial tersebut secara lengkap agar orang lain tidak bisa membuka catatan anda yang bersifat pribadi tersebut.

Sebenarnya fitur ini sudah tersedia di Microsoft Word tetapi sangat jarang sekali orang yang menggunakan fitur tersebut karena kebanyakan orang menggunakan Microsoft Word untuk menulis dokumen-dokumen yang bersifat publik atau umum yang bisa dibaca oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Jika cara ini diterapkan pada dokumen atau file word anda, pada saat seseorang membuka dokumen yang telah dikunci tadi maka dokumen tersebut akan meminta password yang telah anda berikan pada saat pemasangan password sebelumnya.

Jika seseorang membuka file word anda maka mau tidak mau orang tersebut harus memasukkan passwordnya sampai benar, jika password tersebut benar maka file tersebut akan terbuka dan bisa dibaca maupun di edit, dan jika salah jangankan di edit dibaca pun tidak bisa.

Yuk ah.. langsung saja simak caranya dibawah ini dengan teliti jangan sampai ada langkah-langkah yang terlewatkan.

Cara Mengunci File Microsoft Word Agar Tidak Bisa di Edit

Silahkan persiapkan dokumen atau file yang ingin anda kunci, atau anda bisa juga membuat dokumen baru untuk latihan dan mengetes cara ini.

1. Langkah pertama, pilih Office Button letaknya di bagian pojok kiri atas (panah no.1), pilih Prepare (panah no.2), pilih Encrypt Document (panah no.3) maka akan muncul tab Encrypt Document, silahkan masukan Password sesuai keinginan anda (panah no.4).

Jika sudah pilih OK (panah no.5) maka akan muncul lagi tab Confirm Password, masukkan lagi Password yang sama (panah no.6), jika sudah pilih OK (panah no.7).

encrypt document

2. Langkah ke dua, silahkan Save Dokumen dan close. Lalu buka kembali file yang telah di save tadi jika berhasil maka ketika dibuka file tersebut akan muncul tab untuk memasukkan password seperti pada gambar dibawah ini.

berhasil dikunci

Nah  sekarang catatan pribadi atau dokumen rahasia anda tidak bisa dibuka oleh sembarang orang yang tidak mengetahui password dokumen tersebut, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

1 Comment

1 Comment

  1. Juniadi Azha

    23 Desember 2017 at 09:51

    sangat membantu gan, makasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top