Tips & Trik

Cara Menghilangkan Garis Bawah Merah dan Hijau di Microsoft Word

cara menghilangkan garis bawah merah hijau di word

Banyak pengguna aplikasi Microsoft Word mengeluhkan dengan kehadiran garis merah dan hijau yang sering tampil pada saat menulis teks karena merasa terganggu dengan kehadirannya.

Garis tersebut otomatis akan tampil di bawah tulisan dokumen yang kita buat meskipun garis tersebut tidak ikut tercetak ketika dokumen di print tetapi ada beberapa orang yang merasa terganggu bahkan merasa jengkel.

Sebetulnya fitur tersebut bisa membantu pekerjaan lho, dengan fitur tersebut kita dapat mengetahui kesalahan ejaan kata dan susunan kata.

Lantas, apa sih fungsi dari garis merah dan hijau yang sering tampil di bawah tulisan dokumen Microsoft Word?

Garis merah itu menandakan bahwa ada kesalahan ejaan (spelling) kata yang sobat ketik jadi jika sobat mengetik kata yang tidak sesuai ejaan maka akan otomatis tampil tepat di bawah kata tersebut.

Sedangkan untuk garis hijau itu menandakan bahwa ada kesalahan tata bahasa (grammar) yang sobat ketik jadi apabila sobat mengetik tulisan tidak sesuai dengan tata bahasa maka akan secara otomatis garis hijau tampil tepat di bawah kata tersebut, pada tampilan versi 2013 garis ini berubah menjadi biru.

Tentu fitur ini akan mempermudah kita dalam membuat dokumen dong?

Namun perlu diketahui biasanya secara default atau bawaan bahasa yang digunakan pada Microsoft Word adalah bahasa Inggris, oleh karena itu meskipun sobat mengetik tulisan sesuai dengan ejaan atau tata bahasa Indonesia selalu dianggap salah karena memang itu disesuaikan dengan ejaan dan tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Sebetulnya sobat juga bisa mengubah pemeriksa ejaan dan tata bahasa tersebut menjadi sesuai dengan aturan penulisan dalam bahasa Indonesia, namun ini memerlukan koneksi internet sehingga percuma jika sobat tidak menggunakan akses internet karena garis tersebut akan tetap muncul.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan cara yang paling mudah untuk menghilangkan garis tersebut tanpa memerlukan koneksi internet.

Cara Menghilangkan Garis Merah dan Hijau di Microsoft Word

Silahkan buka terlebih dahulu aplikasinya, perlu diketahui disini saya menggunakan Microsoft Word 2013 namun jika sobat menggunakan versi yang berbeda seperti 2007 atau yang paling baru 2016 tidak perlu khawatir karena caranya tidak jauh beda dengan yang saya bagikan ini.

1. Langkah pertama: pada tampilan awal lembar kerja silahkan pilih menu FILE maka akan muncul beberapa menu pilihan silahkan pilih Options. Untuk pengguna Microsot Word 2007 pilih ikon Office Button kemudian pilih Word Options.

options word

2. Langkah kedua: setelah sobat selesai melakukan langkah pertama maka akan muncul pengaturan Word Options silahkan pilih menu Proofing.

Kemudian cari ke bawah nanti ada bagian When Correcting spelling and grammar in Word ada lima opsi yang tercantum hilangkan centang pada Check spelling as you type yaitu menu untuk menghilangkan garis merah dan Mark grammar errors as you type untuk menghilangkan garis hijau jika sudah pilih OK.

word options

Terakhir silahkan lihat tulis apa saja di lembar kerja microsoft word untuk memastikannya. Apabila garisnya masih muncul hilangkan semua centang pada bagian yang telah diberi kotak merah pada gambar diatas.

Demikian artikel tentang cara menghilangkan garis merah dan hijau pada Microsoft Word ini semoga bisa membantu sobat yang sedang kebingungan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top