Tips & Trik

Cara Mengganti Warna Background Pas Foto dengan Photoshop

cara mengganti warna background foto di photoshop

Bicara tentang Cara Mengganti Warna Background pada Pas Foto pasti cara ini tidak asing lagi bagi sobat yang memiliki warung foto copy atau cetak foto, bagi mereka mungkin ini santapan sehari-hari yang selalu datang menghadang.

Biasanya pemilik warung foto copy atau cetak foto memiliki komputer yang sudah dilengkapi dengan aplikasi edit foto salah satunya adalah photoshop yang akan kita bahas sekarang ini. Mengganti warna Background foto dengan menggunakan aplikasi photoshop sangatlah mudah, asalkan sobat pahami langkah-langkah yang akan saya bagikan dibawah ini dengan baik dan teliti.

Kegunaan nya buat apa?

Sobat bisa menggunakan cara ini untuk mengganti warna background untuk foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun pas foto untuk melamar kerja. Karena warna background KTP seseorang itu berbeda dan tergantung pada tahun lahirnya maka, jika seseorang lahir di tahun ganjil warna background Merah jika lahir di tahun genap maka background berwarna Biru.

Untuk mengambil foto, sobat tidak harus menggunakan kamera khusus. Bisa juga menggunakan kamera ponsel sobat asalkan kamera tersebut memiliki kualitas yang dihasilkan cukup bagus, karena jika kualitas yang dihasilkan kurang bagus maka foto sobat tidak akan terlihat jelas.

Pastikan pada saat pengambilan gambar sobat memilih background yang datar dan seragam warnanya, seperti tembok dan lainnya agar proses mengedit bisa berjalan dengan mudah.

Jika sudah bisa menggunakan cara ini sendiri sobat bisa mengedit nya dahulu dirumah sebelum menuju warung cetak foto, tanpa menunggu lama-lama di warung tersebut jangan lupa foto yang telah sobat edit masukkan ke dalam memory hp dan kirimkan ke tukang cetak foto. Silahkan simak tutorial lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengganti Warna Background Foto dengan Photoshop

Siapkan foto yang ingin sobat ganti warna background nya, dan buka menggunakan Photoshop,  caranya pada menu photoshop klik menu File, pilih Open dan cari lokasi foto yang akan sobat edit. Kemudian ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Duplikat layer background terlebih dahulu caranya pilih layer Background lalu tekan Ctrl + J pada keyboard maka akan muncul layer baru hasil duplikat layer background.

duplikat layer

2. Kemudian pilih Layer 1 dan hilangkan gambar mata pada layer Background, lalu pilih Magic Eraser Tools dan klik pada bagian background foto, lihat gambar dibawah.

magic eraser tool

3. Silahkan pilih warna yang sesuai dengan yang diinginkan disini saya menggunakan warna merah, kemudian pilih Paint Bucket Tool, langsung klik di bagian background foto. Lihat gambar dibawah.

paint bucket tool

4. Maka Background photo akan berubah menjadi warna merah, seperti gambar dibawah. Selanjutnya pilih layer Background, lalu pilih Ikon Tong Sampah untuk menghapus layer background yang tidak terpakai.

hapus background

Untuk menyimpannya silahkan klik menu File, lalu Klik Save As atau bisa juga dengan menekan Ctrl + Shift + S pada keyboard lalu pilih di lokasi mana foto anda akan disimpan. Sampai di sini foto sudah siap untuk dicetak.

Bagaimana mudah bukan?

Selain mengganti background nya dengan warna merah dan biru sobat juga bisa mengganti nya dengan berbagai macam warna. Untuk selebihnya silahkan kreasikan sendiri. Sobat masih bingung? atau ingin menyampaikan sesuatu tentang artikel ini? Silahkan tulis di kolom komentar dibawah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top