Suka di telpon oleh orang asing yang tidak dikenal? Mulai sekarang Anda tak perlu khawatir, karena kali ini Sipitek akan membagikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui pemilik nomor HP yang tidak dikenal secara akurat.

Dengan menggunakan salah satu cara yang akan Sipitek ulas kali ini, Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai pemilik nomor tersebut, bahkan beberapa cara yang kami ulas juga dapat menunjukkan alamat lengkap orang tersebut lho.

Cara ini tentunya bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan entah itu untuk mengecek nomor yang suka neror ataupun melacak nomor yang digunakan untuk melancarkan aksi penipuan.

Di sini kita akan mengeceknya dengan beberapa cara, entah itu melalui aplikasi maupun situs web pengecekan indentitas pemilik nomor HP yang ada di internet. Tidak hanya nomor HP saja, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengecek pemilik nomor telepon kantor maupun rumah.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, nah supaya Anda bisa memilih cara yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya.

7 Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP yang Tidak Dikenal

Meskipun ada banyak cara yang bisa dilakukan, Anda tidak perlu menggunakan semua cara yang ada di sini kalau memang informasi yang telah Anda dapatkan sudah cukup jelas. Akan tetapi jika Anda dirasa informasi yang Anda dapatkan kurang lengkap, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba cara yang lain.

Di sini kita akan menggunakan situs web pengecekan identitas nomor yang ada di internet dan menggunakan aplikasi Android. Mari kita mulai dari yang paling mudah terlebih dahulu!

1. Cara Mengetahui Pemilik Nomor melalui Internet

Jika Anda tidak mau ribet dan ingin mengetahui identitas pemilik nomor misterius tersebut dengan mudah dan cepat, Anda bisa menggunakan cara yang satu ini, karena kita bisa melakukan pencarian secara langsung tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Di sini kita akan memanfaatkan mesin pencari Google untuk mengeceknya, karena kalau nomor HP atau telepon tersebut sudah meneror atau mengganggu banyak orang, biasanya akan ada orang yang membahasnya, terutama nomor yang digunakan untuk menipu dan neror.

cara mencari pemilik nomor HP lewat internet

Untuk mengetahui pemilik nomor nomor HP atau telepon melalui internet, begini caranya:

  1. Buka mesin pencari Google.com menggunakan browser favorit Anda.
  2. Kemudian masukkan nomor yang ingin dicari pemiliknya.
  3. Buka salah satu situs yang membahas mengenai nomor tersebut.
  4. Di sana Anda akan mendapatkan informasi lengkap seputar nomor tersebut.

Apabila Anda kurang puas dengan informasi yang ditampilkan di halaman situs yang Anda pilih, Anda bisa membuka satu per satu situs lain untuk mendapatkan informasi yang lebih terperinci.

2. Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP yang Tidak Dikenal melalui Website Tellow

Tellows merupakan situs web komunitas yang menyediakan informasi seputar nomor telepon dan nomor-nomor berbahaya, melalui situs ini Anda bisa mendapatkan informasi yang cukup lengkap.

Mulai dari nama atau perusahaan, lokasi, tingkat kepercayaan, hingga jenis panggilan, seperti panggilan telemarketing, penipuan, survei, iklan, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengetahui kronologi saat nomor tersebut menelpon seseorang, karena sebagian besar orang-orang yang melaporkan juga seringkali berbagi kronologinya.

cara mengetahui pemilik nomor HP yang tidak dikenal

Begini cara mengetahui pemilik nomor HP yang tidak dikenal melalui situs web Tellows:

  1. Buka situs web Tellows yang beralamat di id.tellows.net.
  2. Masukkan nomor HP atau telepon pada kolom yang telah disediakan.
  3. Pilih tombol “mencari”.
  4. Terakhir, Anda akan dihadapkan pada halaman yang berisi informasi mengenai nomor tersebut.

Jika Anda ingin melihat kronologi atau keluhan dari orang-orang yang juga menjadi korban, gulir ke bagian bawah halaman nanti di sana akan tampil keluhan-keluhan dari orang lain.

Apabila nomor yang Anda cari tidak ada, Anda juga bisa melakukan penilaian dan melengkapi informasi nomor tersebut beserta kronologinya.

3. Cara Mengatahui Pemilik Nomor HP menggunakan Aplikasi Truecaller

Truecaller merupakan aplikasi Android yang telah digunakan oleh lebih dari 250 juta orang di seluruh dunia, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak hanya bisa mendapatkan informasi mengenai pemilik nomor saja.

Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP melalui Truecaller

Akan tetapi aplikasi yang dikembangkan True Software Scandinavia AB ini juga bisa digunakan untuk memblokir panggilan dan SMS yang mengganggu.

Kalau Anda ingin mengetahui tutorial lengkapnya, silahkan baca di artikel yang membahas tentang cara menggunakan Truecaller, di sana saya sudah membahas lengkap mulai dari daftar akun hingga aplikasi siap digunakan. Akan tetapi singkatnya, begini cara menggunakannya:

  1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasi Truecaller di Google Play Store.
  2. Ikuti proses pendaftaran akun sampai selesai.
  3. Kalau sudah, masukkan nomor HP yang ingin dicari pada kolom yang telah disediakan.
  4. Setelah itu akan muncul nama dari pemilik nomor tersebut.

Aplikasi ini memang tidak menampilkan informasi yang lengkap, Anda hanya bisa mengetahui nama dan lokasinya saja. Akan tetapi salah satu keunggulannya, ketika Anda menerima telepon atau SMS dari nomor yang tidak dikenal, aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan nama pemiliknya (bukan nomor).

Dengan adanya fitur tersebut, tentunya Anda bisa mengetahuinya sebelum Anda mengangkat telepon dari nomor tersebut, bahkan bila perlu Anda juga bisa langsung memblokirnya.

4. Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP Menggunakan Showcaller

Mirip seperti aplikasi sebelumnya, dengan menggunakan Showcaller, Anda juga tidak hanya bisa mencari pemilik nomor HP yang tidak dikenal saja, akan tetapi Anda juga bisa memblokir nomor tersebut untuk menghindari penipuan dan lain sebagainya.

Akan tetapi Showcaller menyediakan fitur yang lebih lengkap, Anda dapat mengetahui nama, alamat, beserta komentar mengenai nomor tersebut dari orang lain yang juga menjadi korban.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Showcaller Caller ID Studio ini juga sangat cocok untuk Anda yang menggunakan smartphone low-end, karena selain ringan ukurannya juga sangat kecil, yaitu hanya sekitar 5 MB saja.

Cara Mengetahui Pemilik Nomor yang Tidak Dikenal dengan Showcaller

Selain itu, fitur pendeteksi identitas pemilik nomor yang disematkan di dalam aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline, sehingga Anda juga bisa menggunakannya di mana saja dan kapan saja, tanpa hawatir kuota rontok. Begini cara menggunakannya:

  1. Download aplikasi Show Caller di Google Play Store.
  2. Sesuaikan pengaturan sesuai dengan petunjuk yang tampil.
  3. Pilih menu “CARI”.
  4. Kemudian masukkan nomor HP yang ingin dicari.
  5. Pilih nama yang muncul untuk mengetahui informasi secara detail.
  6. Jika Anda ingin mengetaui komentar dari orang lain mengenai nomor tersebut, pilih menu “Komentar”.

Melalui Showcaller, Anda juga bisa ikut melaporkan maupun memberikan komentar, supaya orang lain juga bisa mengetahuinya informasi mengenai nomor tersebut.

5. Cara Mengetahui Nama Pemilik Nomor HP Menggunakan Whoscall

Whoscall dipercaya oleh lebih dari 70 pengguna di seluruh dunia, aplikasi besutan Gogolook ini juga memiliki basis data nomor telepon yang cukup besar, tercatat ada lebih dari 1 miliar nomor yang bisa Anda temukan di aplikasi ini.

Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP melalui Aplikasi Whoscall

Aplikasi yang perah menyabet penghargaan sebagai aplikasi terbaik ini juga menyediakan fitur yang cukup lengkap, selain bisa digunakan secara offline, Anda juga dapat mencari identitas pemilik nomor HP secara akurat. Cara penggunaannya juga cukup mudah, begini caranya:

  1. Download aplikasi Whoscall di Google Play Store.
  2. Sesuaikan pengaturan sesuai dengan petunjuk yang tampil di layar.
  3. Lakukan pendaftaran sampai selesai, atau bisa juga dilewati.
  4. Pilih tombol pencarian.
  5. Masukkan nomor telepon yang ingin dicari.
  6. Pilih nama yang muncul untuk mengetahui informasi secara lengkap.

Dengan menggunakan aplikasi ini, ketika Anda menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal Anda juga dapat mengetahui secara cepat, karena nantinya aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan nama pemilik nomor tersebut, bahkan jika dirasa mengganggu Anda juga bisa langsung memblokirnya.

6. Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP Menggunakan Aplikasi Caller ID

Caller ID merupakan aplikasi yang cocok untuk Anda yang sering menerima panggilan dari penipu. Pasalnya, selain bisa digunakan untuk mengetahui nama pemilik nomor HP, aplikasi yang dikembangkan oleh CallApp Caller ID Software ini juga dibekali dengan fitur perekam panggilan otomatis.

Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP Menggunakan Aplikasi Caller ID

Dengan adanya fitur ini, ketika ada panggilan masuk maka percakapan Anda akan langsung direkam secara otomatis. Kualitas rekaman yang dihasilkan oleh aplikasi ini juga sangat jelas. Untuk melakukan pencarian identitas melalui nomor HP menggunakan Caller ID, begini caranya:

  1. Silahkan download aplikasi Caller ID di Google Play Store.
  2. Lakukan pendaftaran akun sampai selesai.
  3. Pilih ikon pencarian yang ada di bagian atas layar.
  4. Masukkan nomor HP atau telepon yang ingin dicari.
  5. Pilih opsi “Cari (nomor hp)”.
  6. Maka secara otomatis akan tampil nama dari pemilik nomor tersebut.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah kemampuannya yang dapat menampilkan profil Facebook, sehingga jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lengkap mengenai nomor tersebut Anda juga bisa menunjungi profil Facebook-nya.

7. Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP melalui Aplikasi Tellows

Tellows juga menyediakan aplikasi Android yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui pemilik nomor HP misterius. Aplikasi ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda mencari aplikasi yang ringan, pasalnya ukuran aplikasi ini memang sangat kecil, tidak lebih dari 5 MB saja.

Cara mengetahui nama pemilik nomor HP dengan Tellows

Meskipun demikian aplikasi ini juga dapat membantu Anda dalam mendeteksi pemilik nomor HP atau telepon misterius. Selain itu, Anda juga bisa melihat komentar orang lain yang juga pernah dihubungi oleh nomor tersebut. Begini cara menggunakannya:

  1. Silahkan download aplikasi Tellows di Google Play Store.
  2. Masukkan nomor yang ingin dicari pada kolom yang telah disediakan.
  3. Pilih ikon pencarian.
  4. Maka akan tampil nama, lokasi, beserta komentar dari orang lain yang juga pernah dihubungi oleh nomor tersebut.

Jika Anda ingin mengetahui pemilik nomor misterius dari komentar orang lain yang juga pernah dihubungi nomor tersebut, maka aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Cara Melacak HP yang Hilang Dengan Email Gmail (100% Akurat)

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui pemilik nomor HP yang tidak dikenal secara akurat. Jadi aplikasi mana yang akan Anda gunakan? Siapa nomor misterius yang sering menghubungi Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here