Tips & Trik

Cara Mudah Mengatur Jarak Spasi antar Paragraf di Microsoft Word

cara mengatur jarak spasi antar paragraf

Pada saat membuat dokumen di Microsoft Word tentunya kita harus menyusunnya dengan benar dan rapi supaya dokumen tersebut mudah dibaca salah satunya adalah dengan mengatur jarak spasi antar paragraf atau baris dokumen, dengan menggunakan Microsoft Word anda bisa mengatur kerapatan masing-masing paragraf yang satu dengan paragraf yang lain.

Dulu ketika ibu saya mau lulus kuliah dia disuruh membuat skripsi oleh dosennya dengan format penulisan yang telah ditentukan mulai dari jenis huruf, ukuran huruf, begitu pula dengan jarak spasi antar paragraf, hal ini mungkin bertujuan supaya skripsi tersebut terlihat rapi, memang benar setelah skripsi itu selesai paragraf demi paragraf tertata dengan rapi.

Nah mungkin bagi sebagian orang mengatur jarak antar paragraf (Line Spacing) sudah tidak asing lagi apa lagi jika pekerjaan tersebut berkaitan dengan ketik-mengetik menggunakan komputer, tetapi lain halnya jika anda yang baru bersentuhan dengan komputer apalagi soal ketik-mengetik hal ini tentunya akan membuat anda bingung ketika ingin mengatur jarak antar paragraf sesuai keinginan.

Oleh karena itu, tepat pada artikel ini saya akan menjelaskannya secara lengkap beserta dengan gambar petunjuk agar anda dapat memahaminya dengan baik. Yukk langsung saja simak dan ikuti langkah-langkahnya dengan benar jangan sampai ada yang terlewatkan satu langkah pun.

Cara Mengatur Jarak Spasi antar Paragraf

Sebelum mengikuti langkah demi langkahnya silahkan dipersiapkan dahulu dokumen yang ingin anda atur atau anda juga bisa membuatnya dokumen baru untuk mencoba cara ini agar ketika terjadi kegagalan dokumen anda yang utama tidak berantakan.

Oh iya.. disini saya menggunakan Miscrosoft Word 2007 tetapi jangan khawatir jika versi Word yang anda miliki tidak sama karena caranya tidak beda jauh dengan yang akan saya jelaskan, silahkan buka dokumen menggunakan Microsoft Word lalu ikuti langkah-langkah berikut ini.

atur jarak

1. Langkah pertama, blok semua paragraf yang ingin anda atur jaraknya. Caranya tekan Ctrl + A pada keyboard atau anda juga bisa blok manual menggunakan mouse (panah no.1).

2. Langkah ke dua, pilih menu Home (panah no.2).

3. Langkah ke tiga, pilih menu Line Spacing yaitu menu yang memiliki ikon panah atas bawah (panah no.3)

4. Langkah ke empat, nah barulah disini kita akan menentukan jaraknya silahkan disesuaikan dengan keinginan anda sebagai contoh disini saya memilih 2,0 (panah no.4).

Nah setelah anda lakukan ke empat langkah diatas maka jarak paragraf akan menjadi berubah sesuai dengan jarak yang telah ditentukan pada langkah ke empat diatas. Sebetulnya sampai dengan langkah ini anda sudah berhasil mengatur paragraf.

Pada opsi Line Spacing jarak yang tersedia hanya sampai 3,0 apabila anda ingin lebih dari itu, anda bisa mengaturnya secara manual, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini, langkah pertama sampai langkah ke tiga sama seperti cara diatas, untuk langkah ke empat dan seterusnya silahkan ikuti cara berikut.

mengatur jarak spasi paragraf

5. Langkah ke lima, pilih Line Spacing Options… (panah no.4) maka akan muncul tab paragraf, isi kolom At: sesuai dengan jarak yang diinginkan (panah no.5). Untuk meninjau secara langsung perubahannya silahkan lihat di kolom Preview (panah no.6), jika dirasa sudah sesuai silahkan pilih OK (panah no.7).

Nah.. bagaimana mudahkan? sekarang anda tidak akan kebingungan lagi untuk mengatur jarak paragraf ketika membuat dokumen. Jika masih kebingungan dan belum berhasil silahkan tulis pertanyaan anda dikolom komentar dibawah, pasti akan saya bantu semaksimal mungkin.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top