Tips & Trik

Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Laptop Windows 7

cara mengatur jam di laptop

Pernahkah anda mendapati komputer atau laptop yang memiliki jam dan tanggal tidak sesuai dengan yang sebenarnya? Biasanya hal ini sering terjadi pada komputer yang baru di instal ulang dan komputer yang tidak pernah di urus. Pada Windows 7 jam dan tanggal terletak dibagian pojok kanan bawah desktop atau dibagian task bar sebelah kanan.

Masalah yang sering terjadi apabila jam dan tanggal tidak sesuai dengan waktu sebenarnya diantaranya apabila komputer dinyalakan sering muncul “date and time not set“, browser tidak dapat digunakan untuk berselancar di internet jika anda menggunakan Google Chrome pesan yang muncul yaitu “Your Connection is Not Private“.

Berbeda dengan browser Mozila Firefox biasanya pada browser ini pesan yang muncul yaitu “This Connection is Untrused“, tidak hanya itu program aplikasi yang telah anda instal pun sering mengalami masalah.

Singkat cerita dulu saya juga pernah mengalami hal itu ketika browsing menggunakan Google Chrome saya mengira bahwa hal itu masalah koneksi internet jika hal ini terjadi pada anda bukan tidak mungkin anda juga pasti mengira seperti itu, setelah saya cari tahu ternyata jam dan tanggal tidak sesuai dengan waktu itu, akhirnya saya rubah dengan waktu yang sebenarnya dan internet pun langsung berjalan dengan lancar.

Selain itu penunjuk waktu yang salah juga bisa membuat aktivitas anda menjadi tidak tepat waktu. Oleh karena itu sangat penting bagi anda terutama yang setiap hari berhadapan dengan komputer. Bagi anda yang belum tau cara mengatur jam dan tanggal yang salah silakan simak langkah-langkah untuk mengaturnya berikut ini.

Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Windows 7

Apabila anda menggunakan jenis windows yang berbeda misalnya windows 8 atau 10 silahkan menyesuaikan saja karena cara tidak jauh beda kok.

cara mengatur jam di laptop

Pertama-tama silahkan klik bagian jam dan tanggal (panah no.1), pilih Change date and time settings… (panah no.2) maka akan muncul tab Date and Time.

Pilih Change date and time… (panah no.3) maka akan muncul tab pengaturan jam dan tanggal, kemudian pilih tanggal yang sesuai (panah no.4), atur juga Bulan dan Tahunnya dengan cara mengklik bagian bulan dan tahun (panah no.5).

Kemudian sesuaikan juga jamnya, caranya tinggal diatur dibagian jam supaya jam menunjukkan waktu yang sebenarnya (panah no.6).

Yang terakhir pilih OK pada tab Date and Time Settings (panah no.7), kemudian pilih OK lagi pada tab Date and Time (panah no.8).

Selesai, dan lihat hasilnya.

Catatan:

Apabila laptop dimatikan jam dan tanggal berubah lagi seperti semula kemungkinan baterai CMOS laptop anda sudah mati atau mengalami masalah silahkan ganti saja dengan baterai yang baru, anda bisa membelinya di toko jam atau komputer harganya pun tidak mahal tidak lebih dari 10 ribu rupiah.

Biasanya CMOS akan mengalami masalah jika telah berusia 5 tahun.

Apa itu CMOS? CMOS yaitu baterai yang digunakan untuk menyimpan pengaturan BIOS dan pengaturan jam dan tanggal ketika laptop mati. Oleh sebab itu waktu pada komputer tetap benar meskipun laptop dimatikan, fungsinya hampir sama dengan baterai jam tangan.

Demikian artikel mengenai cara mengatur waktu di Windows 7 ini, semoga artikel ini bisa membantu anda. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mengalami kendala pada saat mengikuti cara diatas silahkan tulis dikolom komentar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top