Tips & Trik

Cara Menambahkan Teman di WhatsApp Dalam 2 Langkah Mudah

cara menambahkan teman di whatsapp

Salah satu syarat agar kita bisa melakukan komunikasi dengan teman atau orang lain di WhatsApp adalah Kamu harus menambahkan mereka terlebih dahulu ke dalam daftar kontak WhatsApp yang Kamu gunakan, jika tidak tentu saja Kamu tidak bisa melakukan percakapan dengan mereka.

Di aplikasi pesan instan BBM kita bisa mengundang teman melalui PIN unik yang berbeda-beda pada setiap pengguna, tetapi berbeda jika kita menggunakan WhatsApp kita tidak bisa menggunakan PIN tertentu karena aplikasi ini tidak menyediakan nomor PIN sebagai identitas masing-masing pengguna

Tetapi WhatsApp menggunakan nomor HP sebagai identitas unik yang bisa Kamu gunakan untuk mengundang ataupun menambahkan teman baru ke dalam daftar kontak WhatsApp yang Kamu gunakan.

Oleh karena itu mungkin Kamu merasa kesulitan untuk menambahkan kontak teman di WhatsApp terutama yang terbiasa menggunakan BBM, tetapi jangan khawatir kali ini saya akan membagikan beberapa cara yang bisa Kamu gunakan untuk menambahkan kontak baru ke WhatsApp.

Cara Menambahkan Kontak Teman di WhatsApp

Ada beberapa cara yang bisa Kamu gunakan tetapi kali ini saya akan membagikan cara yang paling mudah saja yaitu menambahkan melalui nomor HP dan melalui undangan yang dikirim lewat SMS.

1. Cara Menambahkan Teman Melalui Nomor HP

Ini merupakan cara yang paling mudah yang bisa Kamu gunakan karena Kamu hanya tinggal menambahkan nomor HP temanmu ke daftar kontak HP secara otomatis mereka akan muncul di daftar kontak WhatsApp yang Kamu gunakan. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Kamu kemudian pilih tombol pesan di pojok kanan bawah, kemudian pilih ikon tambah kontak yang terletak di bagian atas sebelah kanan.

Secara otomatis Kamu akan diarahkan ke fitur kontak ponsel yang Kamu gunakan, silahkan masukkan nama dan nomor HP teman Kamu yang ingin ditambahkan kemudian simpan.

pilih kontak

Catatan: 

Jika Kamu ingin menambahkan kontak teman yang ada di luar negeri pastikan Kamu menulis nomornya diawali dengan kode negara. Sebagai contoh untuk negara Saudi Arabia penulisannya seperti ini +96632888989 perhatikan pada bagian depan nomor disana terdapat kode negara Arab Saudi yaitu (966).

Tetapi jika Kamu hanya ingin menambahkan teman yang berada di Indonesia atau negara yang sama masukkan nomor HP seperti biasa.

2. Jika kontak teman sudah ditambahkan ke daftar kontak di HP silahkan buka kembali WhatsApp kemudian pilih lagi ikon pesan yang terletak di bawah sebelah kiri layar, kemudian pilih menu pengaturan atau ikon titik tiga disebelah kanan atas layar.

Maka akan muncul beberapa menu silahkan pilih Perbarui agar kontak yang telah di tambahkan ke daftar kontak HP masuk ke kontak Whatsapp.

perbarui kontak

Tunggu beberapa saat sampai proses perbarui selesai. Sampai disini seharusnya kontak yang telah ditambahkan ke dalam daftar kontak HP sudah muncul di kontak WhatsApp silahkan cari dan periksa apakah sudah ada atau belum.

Pastikan juga nomor kontak yang Kamu undang menggunakan WhatsApp di ponselnya karena jika tidak mereka tidak akan muncul di kontak WhatsApp kamu. Silahkan suruh temanmu untuk menginstal WhatsApp terlebih dahulu.

Baca  juga: Cara menambahkan teman ke grup WhatsApp

2. Melalui Pesan Undangan

Cara yang kedua adalah melalui pesan undangan yang bisa Kamu kirim melalui SMS ataupun sosial media seperti Facebook atau yang lainnya. Sebetulnya cara ini mengajak teman Kamu yang sudah ada di daftar kontak HP untuk menginstal WhatsApp saja, jadi pastikan Kamu mengundang teman yang belum memiliki aplikasi WhatsApp di ponselnya. Silahkan simak caranya berikut ini.

1. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone Kamu kemudian pilih ikon pesan yang berada di pojok kanan bawah, lalu pilih ikon pengaturan titik tiga kemudian pilih opsi Undang teman.

undang teman

2. Maka akan muncul beberapa pilih cara untuk mengundang sebagai contoh disini saya memilih menggunakan SMS maka nanti akan muncul teks yang mengajak untuk mengajak untuk menginstal WhatsApp silahkan kirim pesan tersebut ke teman Kamu yang ingin ditambahkan kedalam daftar kontak.

pesan undangan

Apabila teman Kamu menginstal WhatsApp maka secara otomatis kontak teman Kamu akan muncul di daftar kontak WhatsApp yang Kamu gunakan.

Itulah dua cara yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan kontak teman ke WhatsApp, silahkan pilih salah satu cara yang sesuai dengan kondisi temanmu.

Apabila teman Kamu sudah memasang WhatsApp di ponselnya gunakan cara pertama yaitu melalui nomor HP, tetapi apabila teman Kamu belum memasang WhatsApp gunakan cara yang kedua untuk mengirim pesan ajakan memasang WhatsApp, jika teman Kamu sudah memasang WhatsApp secara otomatis teman Kamu akan masuk ke dalam daftar kontak WhatsApp yang Kamu gunakan.

Cara ini juga tidak hanya bisa digunakan di Android saja tetapi bisa juga digunakan di IPhone (IOS), Windows Phone, ataupun Blackberry.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top