Secara default Photoshop hanya menyediakan beberapa pilihan font saja, biasanya font yang telah diinstal di Windows juga akan muncul di aplikasi besutan Adobe ini.

Namun sebagian besar font yang disediakan memiliki desain yang kurang menarik, oleh karena itu kali ini saya akan membagikan cara menambahkan font baru ke Photoshop CC 2019 seperti yang saya gunakan, atau versi yang lain seperti CS6, CS3, CC dan lainnya.

Anda dapat mengunduh ribuan font secara gratis di internet melalui situs Google Font, Font Squirel, DaFont atau situs lainnya. Namun tidak semua font bisa ditambahkan, Photoshop hanya mendukung font dengan ekstensi .ttf, .otf, .pfm, dan .pbf.

Saya lebih menyarankan Anda untuk mengunduh font baru di Google Font, selain bisa diunduh secara gratis dan punya banyak jenis font, sebagian besar juga menggunakan ekstensi .ttf sehingga Anda bisa menambahkannya ke Photoshop.

Namun jika Anda ingin menggunakan font yang sama dengan yang ada pada sebuah gambar tapi tidak tau namanya, Anda juga bisa mengetahui jenis font pada gambar tersebut menggunakan aplikasi pendeteksi font berbasis situs.

Cara Menambahkan Font di Photoshop

Sebelum memulai silahkan unduh terlebih dahulu font yang ingin ditambahkan, pastikan font memiliki ekstensi yang didukung Photoshop. Apabila file font yang diunduh memiliki format RAR atau ZIP silahkan ekstrak terlebih dahulu.

Apabila Anda menjalankan Photoshop, silahkan tutup terlebih dahulu agar proses instalasi dapat berjalan dengan lancar.

Install Font Photoshop

Cara menambahkan font di Photoshop:

  1. Klik dua kali pada file font yang ingin ditambahkan.
  2. Klik Install untuk melakukan instalasi font.
  3. Tunggu proses instalasi sampai selesai.
  4. Buka Photoshop, kemudian cari dan pilih font yang telah ditambahkan.

Sampai di sini Anda seharusnya sudah berhasil menambahkan font baru ke Photoshop. Metode ini hanya bisa digunakan pada Windows 7, 8, dan 10. Jika Anda menggunakan Windows XP, silahkan salin file font ke folder C://Windws/Font agar font tersebut muncul di Photoshop.

Kini Anda bisa mengunduh dan menggunakan beragam jenis font dengan desain yang berbeda-beda. Apakah Anda berhasil menambahkan font baru ke Photoshop? Apabila mengalami masalah, tulis di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here