Tips & Trik

Cara Membuat Tulisan 3D di Photoshop dengan Efek Retro

cara membuat tulisan 3d di photoshop

Banyak sekali efek-efek tulisan yang bertebaran di internet mengenai efek tulisan 3D (tiga dimensi) tidak heran jika efek ini sangat banyak artikel yang mengulas karena dengan efek ini tulisan atau teks akan lebih nyata. Karena semakin banyak dan semakin membosankan kali ini saya akan membuat tulisan 3D dengan gaya retro yang agak berbeda dengan efek tulisan yang lain, tentunya ini tidak kalah keren dengan efek yang sudah banyak bertebaran di internet.

Anda bisa menggunakan cara ini untuk membuat cover majalah, buku, brosur, dan lain sebagainya agar tampilannya lebih unik dan menarik. Sebelum anda mengikuti tutorial ini silahkan persiapkan dulu software photoshopnya, disini saya menggunakan Photshop CS6 (apapun versi nya sebenarnya caranya tidak beda jauh).

Kemudian cari Font Freshman Normal font jenis apa saja juga bisa anda gunakan tetapi jika anda menginginkan hasil yang seperti gambar dibawah mau tidak mau anda harus mencari dan memasangnya font tersebut, kemudian cari juga Simple Pattern ini akan kita gunakan agar tekstur teks yang dibuat nanti lebih nyata.

Ribet amet sih? Tenang! Itu semua akan terbayarkan dengan hasil yang anda buat nanti, karena kebanyakan hasil yang bagus dibuat dengan cara yang tidak gampang. begitu kan? saya bisa mengapa anda tidak?

Jika bahan-bahan tersebut sudah anda siapkan silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini dengan teliti.

Cara Membuat Tulisan 3D Efek Retro di Photoshop

Saya akan mengelompokkannya menjadi 2 bagian agar anda tidak kebingungan pada saat mempraktekkannya, bagian pertama membuat Background dan bagian kedua membuat teks 3D.

1. Membuat Background

Sebetulnya anda juga bisa membuat background sesuai selera anda sendiri tetapi jika anda ingin membuat background yang sama seperti saya silahkan ikuti caranya dibawah ini.

# Langkah Pertama

Buat lembar kerja baru dengan ukuran 800 x 600 pixel, caranya pilih menu File (panah no.1), pilih New (panah no.2) atau anda juga bisa menekan Ctrl+N pada keyboard, maka akan muncul tab pengaturan lembar kerja baru silahkan sesuaikan dengan gambar dibawah atau anda atur sendiri sesuai selera (panah no.3), jika sudah pilih OK (panah no.4).

buat lembar kerja baru

# Langkah ke Dua

kita akan menduplikat layer background, caranya kilk kanan pada layer background (panah no.1), pilih Duplicate Layer (panah no.2), pilih OK (panah no.3), maka akan muncul layer baru yang bernama background copy (panah no.4).

duplikat layer

# Langkah ke Tiga

Kita akan membuat gradient overlay pada layer background copy, caranya pilih layer Background copy (panah no.1), pilih Add a layer style atau ikon fx (panah no.2), pilih Gradient Overlay… (panah no.3) maka akan muncul tab pengaturan layer style.

Atur parameter gradient menjadi Dither: centang, Style: Radial, Scale: 150%, dan sesuaikan parameter lainnya seperti gambar dibawah (panah no.4).

Pilih Gradient (panah no.5) maka akan muncul pengaturan Gradient editor, warna sebelah kiri atur menjadi #c8c5b8 dan sebelah kanan menjadi #aaa593 (panah no.6), jika sudah pilih OK pada tab Gradient editor (panah no.7), dan pilih OK lagi pada tab Layer Style (panah no.8).

pilih warna

# Langkah ke Empat

kita akan menduplikat layer yang telah di beri efek gradient overlay tadi yaitu layer background copy, caranya klik kanan pada layer Background copy (panah no.1), kemudian pilih Duplicate Layer… (panah no.2) lalu akan muncul tab Duplicate Layer, pilih OK (panah no.3). Setelah langkah tersebut anda lakukan maka akan ada layer baru dengan nama Background copy 2.

duplikat layer

# Langkah ke Lima

Pilih layer Background copy 2 (panah no.1), pilih Rasterize Layer Style (panah no.2), maka layer akan berubah menjadi seperti pada gambar dibawah (panah no.3).

retrize layer style

# Langkah ke Enam

pada langkah ini kita akan mengatur warna Foreground dan Background, caranya pilih Set Foreground Color (panah no.1) maka akan muncul Color Picker Foreground Color, atur warnanya menjadi #c8c45b8 (panah no.2), jika sudah pilih OK (panah no.3).

Untuk warna Backround, pilih Set Background Color (panah no.4) maka akan muncul Color Picker Background Color, atur warnanya menjadi #aaa593 (panah no.5), jika sudah pilih OK (panah no.6).

atur warna background

# Langkah ke Tujuh

Pada langkah ini kita akan memberi efek noise ke layer Bacground copy 2, caranya pilih layer Background copy 2 (panah no.1), pilih menu Filter (panah no.2), pilih Noise (panah no.3), pilih Add Noise… (panah no.4), lalu atur parameternya seperti gambar dibawah yaitu Amount: 5% Distribution: Uniform Monochromatic: centang (panah no.5), jika sudah pilih OK (panah no.6).

atur filter

# Langkah ke Delapan

Ubah mode Background copy 2 menjadi Darken, caranya pilih layer Background Copy 2 (panah no.1), lalu ubah modenya menjadi Darken (panah no.2).

ubah menjadi darken

# Langkah ke Sembilan

Pada langkah ini kita akan menambahkan levels, caranya pilih Creat a new fill or adjustment layer yang ikonnya berbentuk bulat (panah no.1), pilih Levels… (panah no.2), lalu atur parameter bagian kiri atau shadow: 72 parameter tengah atau midtone: 1,05 dan bagian kanan atau highlight: 236 (panah no.6), lalu sembunyikan tab pengaturan levels agar tidak menghalangi pengerjaan (panah no.4).

atur adjustment

2. Membuat Teks 3D

# Langkah Pertama

Membuat teks atau tulisan sesuai dengan keinginan anda, caranya pilih Horizontal Type Tool (panah no.1) kemudian pilih jenis font menjadi Freshman Normal ukurannya 130pt dan warnanya #4369a9 atau anda juga bisa menyesuaikan sendiri sesuai selera (panah no.2).

Pilih pengaturan Character atau ikon A| (panah no.3), silahkan atur kerning atau ikon V/A menjadi Optical (panah no.4), hidupkan Caps Lock pada keyboard lalu tulis teks sesuai selera anda (panah no.5).

buat teks

# Langkah ke Dua

Kita akan menduplikat layer teks, caranya pilih layer teks (panah no.1) kemudian tekan Ctrl+J pada keyboard, maka akan muncul layer teks copy silahkan pindahkan kebawa layer teks asli (panah no.2).

pindahkan posisi layer

# Langkah ke Tiga

Pilih layer teks copy (panah no.1) lalu tekan Ctrl+T pada keyboard, kemudian tekan arah kanan 1 kali dan bawah 1 kali pada keyboard. Jika sudah tekan Enter.

atur ukuran teks

# Langkah ke Empat

Pilih layer teks copy lalu tekan Shift+Ctlr+Alt+T sepuluh kali, maka akan muncul layer-layer teks copy sampai teks copy 11 (panah no.1). Ini akan kita gunakan untuk membuat bayangan teksnya.

copy teks

# Langkah ke Lima

Kita akan memberi warna pada layer yang telah di copy tadi, caranya pilih Horizontal Type Tool (panah no.1), pilih layer teks copy 11 tekan dan tahan tombol Shift lalu pilih layer teks copy lalu lepaskan tombol Shift maka hasilnya layer akan terseleksi semua seperti pada gambar dibawah (panah no.2), pilih set text color (panah no.4) atur warna teks menjadi #c7b299 (panah no.3), lalu pilih OK (panah no.5).

beri warna

# Langkah ke Enam

Pada saat posisi layer copy masih terseleksi semua (panah no.1) pilih menu Filter (panah no.2), pilih Convert for Smart Filters (panah no.3), jika muncul dialog pilih OK (panah no.4). Maka hasil nya layer akan seperti gambar dibawah (panah no.5).

convert for smart filter

# Langkah ke Tujuh

Ubah nama layer menjadi 3D (panah no.1), kemudian tekan Ctrl+J pada keyboard maka akan muncul layer 3D copy (panah no.2).

ubah nama layer

# Langkah ke Delapan

Pindahkan layer 3D copy ke bawah layer 3D lalu ubah nama layernya menjadi bayangan (panah no.1).

atur posisi layer

# Langkah ke Sembilan

Pilih layer teks asli atau paling atas (panah no.1), pilih Add a Layer Style atau ikon fx (panah no.2), pilih Stoke (panah no.3) maka akan muncul tab Layer Style, lalu atur parameter structure menjadi Size: 2 dan Position: Inside seperti pada gambar dibawah (panah no.4), pilih Color (panah no.5), lalu atur warna nya menjadi #f2eee1 (panah no.6).

atur warna

# Langkah ke Sepuluh

Masih pada tab Layer Style, Pilih Inner Shadow (panah no.1), lalu atur parameter Structure menjadi seperti pada gambar dibawah (panah no.2):

Warna: #464646
Opacity: 100%
Use Global Light: hilangkan centang
Angle: 129
Distance: 5
Choke: 50
Size: 2

Pilih Pattern Overlay (panah no.3), lalu atur parameter Pattern menjadi seperti pada gambar dibawah (panah no.4):
Blend Mode: Soft Light
Pattern: (pilih pattern yang telah anda download sebelumnya seperti gambar dibawah)

Jika sudah pilih OK (panah no.5).

patern overlay

# Langkah ke Sebelas

Pilih layer 3D (panah no.1), pilih Add a layer style atau ikon fx (panah no.2), pilih Blending Options… (panah no.3) maka akan muncul tab layer style, pilih Bevel & Emboss (panah no.4) atur para meter nya menjadi Technique: Chisel Hard Size: 13  Use Global Light: hilangkan centang Angle: 82 Altitude: 11 Anti Alised: centang Opacity: 0 seperti pada gambar dibawah (panah no.5), jika sudah pilih OK (panah no.6).

atur layer style

# Langkah ke Dua belas

Masih pada tab Layer Style, pilih Contour (panah no.1), Anti-aliased: centang (panah no.2). Pilih Color Overlay (panah no.3), lalu atur warnanya menjadi #264059 (panah no.4), jika sudah pilih OK (panah no.5).

anti aliased

# Langkah ke Tiga belas

Kita akan mengatur layer Bayangan menjadi blur, caranya pilih layer Bayangan (panah no.1), pilih menu Filter (panah no.2), pilih Blur (panah no.3), pilih Motion Blur (panah no.4), lalu atur Angle:-50 dan Distance:20 (panah no.5), jika sudah pilih OK (panah no.6).

layer bayangan

# Langkah ke Empat belas

Mengubah mode layer bayangan menjadi multiply, caranya pilih layer bayangan (panah no.1), kemudian ganti modenya menjadi Multiply (panah no.2).

multiply

# Langkah ke Lima belas

Memunculkan bayangan, caranya pilih layer Bayangan (panah no.1), kemudian tekan tombol kanan dan bawah pada keyboard secara bergantian sampai bayangan muncul seperti pada gambar dibawah (panah no.2).

atur layer bayangan

# Langkah ke Enam belas

Pilih creat new fill or adjustment layer atau ikon yang bulat (panah no.1), pilih Hue/Saturation… (panah no.2), atur Saturation: -65 (panah no.3), kemudian hilangkan tanda silang pada ikon yang ditunjuk panah (panah no.4), lalu sembunyikan tab parameter pengaturan (panah no.5).

hue

# Langkah terakhir…….

Save dan lihat hasilnya….!

Bagaimana sob mudahkan?

Selamat anda sekarang sudah bisa membuat efek teks 3D sendiri, selebihnya silahkan dikreasikan sendiri pasti jauh lebih bagus dari saya. Cukup sampai disini artikel kali ini semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top