Tips & Trik

Cara Membuat Kaligrafi Arab dengan Photoshop

cara membuat kaligrafi di photoshop

Halo sob, setelah beberapa hari saya tidak menulis artikel karena kesibukan dunia maya kali ini saya akan membuat artikel tentang tutorial photoshop yaitu cara membuat kaligrafi arab dengan menggunakan photoshop. Apa itu kaligrafi? Kaligrafi merupakan seni tulisan yang dibuat menggunakan huruf arab.

Emang bisa dibuat menggunakan photoshop? Bisa banget, bisa secara manual atau bisa dengan otomatis menggunakan fitur yang terdapat pada software tersebut, yaitu fitur brush. Bagi anda yang masih awam dengan photoshop anda bisa menggunakan fitur brush untuk membuatnya agar lebih mudah, tetapi dengan menggunakan brush khusus kita tidak bisa mengkreasikan seluk beluk tulisannya.

Tetapi jika anda membuatnya secara manual menggunakan pen tool dan brush anda bisa mengkreasikan sendiri dengan bebas sesuai keinginan seperti yang akan saya buat pada artikel ini. Persiapkan dulu tulisan arab apa yang ingin anda buat, anda juga bisa melihatnya di Al-Qura’an atau kaligrafi orang lain yang sudah jadi.

Yuk, langsung saja simak langkah-langkahnya dibawah ini, dengan teliti jangan sampai ada langkah yang terlewatkan.

Cara Membuat Kaligrafi Arab di Photoshop

1. Langkah pertama, jalankan software photoshop yang anda punya lalu buat lembar kerja baru, caranya lihat gambar dibawah ini silahkan pilih menu File pilih New lalu atur ukuran lembar kerja anda sesuai keinginan atau seperti gambar dibawah jika sudah pilih OK.

buat lembar kerja

2. Langkah ke dua silahkan buat layer baru, caranya pilih menu Layer pilih New pilih Layer… jika ingin lebih cepat anda bisa menekan Shift + Ctrl + N pada keyboard, maka akan muncul tab New Layer silahkan pilih OK dan lihat layer baru pun akan muncul.

buat layer baru

3. Langkah ke tiga kita akan mengatur brush nya, caranya pilih warna brush ini akan menjadi warna tulisan kaligrafi anda pilih Brush Tool pilih Toggle the Brush Pannel maka akan muncul tab pengaturan brush, lalu pilih Brush Tip Shape silahkan atur parameternya seperti gambar dibawah atau anda bisa mengaturnya sesuai selera jika sudah Close tab dengan cara menekan ikon dipojok kanan atas.

pilih brush

4. Langkah ke empat silahkan tuliskan kaligrafi secara langsung jika anda sudah tesbiasa membuatnya secara langsung, tetapi jika anda ingin lebih terlihat rapi silahkan gunakan fitur Pen Tool, caranya pilih Pen Tool kemudian buat pola kaligrafinya seperti contoh gambar dibawah.

buat pola kaligrafi

5.Langkah ke lima silahkan atur sudut-sudut nya agar melengkung, caranya pilih Convert Point Tool kemudian tekan klik kiri pada setiap sudut lalu geser agar membentuk melengkung sempurna.

atur pola

6. Langkah ke enam silahkan klik kanan pada lembar kerja lalu pilih Stroke Subpath.. lalu pilih OK.

brush tool

7. Langkah ke tujuh kita akan menghilangkan pola Pen Tool, caranya Klik Kanan pada lembar kerja, lalu pilih Delete Path.

hapus path

Sampai disini anda sudah berhasil membuat kaligrafi. Bagaimana mudah bukan?

Sekarang anda bisa membuat kaligrafi sendiri dengan menggunakan hanya dengan menggunakan software photoshop, silahkan dikreasikan sendiri pasti hasil anda akan lebih bagus dibandingkan hasil yang saya punya. Maaf jika hasil punya saya jelek karena saya juga masih belajar. Demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi semua orang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top