Tips & Trik

Cara Membuat Garis Lurus Vertikal dan Horizontal di Microsoft Word

cara membuat grais lurus di microsoft word

Terkadang pada saat membuat dokumen di Microsoft Word seringkali kita membutuhkan garis lurus terutama jika kita membuat dokumen yang membahas mengenai rumus matematika seperti garis koordinat, bangun datar, grafik, struktur organisasi ataupun digunakan untuk kebutuhan lain.

Untuk bangun datar sebetulnya sudah tersedia pada fitur Shape di Word mulai dari segi empat, segi tiga, sampai persegi panjang sudah tersedia pada fitur ini Anda hanya tinggal memilih salah satu bangun datar yang diinginkan secara otomatis garis tersebut bisa langsung muncul di lembar kerja tanpa perlu mengaturnya.

Tetapi jika kita membuat garis tegak lurus vertikal dan horizontal seperti membuat garis koordinat tentunya kita harus membuatnya secara manual karena garis ini harus kita buat secara manual menggunakan Line yang tersedia pada fitur Shape. Tidak hanya itu saja cara ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat garis kop surat lho.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara membuat garis lurus vertikal ataupun horizontal pada lembar kerja Microsoft Word silahkan simak panduannya berikut ini.

Cara Membuat Garis Lurus Vertikal dan Horizontal di Word

Pada tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft Office 2013 apabila anda menggunakan versi yang lama atau yang terbaru silahkan menyesuaikan saja karena caranya tidak jauh beda. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pada tampilan lembar kerja Word silahkan pilih menu INSERT lalu pilih Shape pilih jenis garis pilih saja Line yang biasa atau anda bisa juga memilihnya sesuai keinginan.

buat garis dengan shapes

2. Tarik dari atas ke bawah atau sebaliknya untuk membuat garis vertikal, sedangkan untuk membuat garis horizontal tarik dari kiri ke kanan atau sebaliknya, jangan lupa sambil menekan tombol Shift pada keyboard agar garis yang dihasilkan benar-benar lurus.

Sebagai contoh pada gambar di bawah ini saya membuat garis vertikal dan horizontal.

garis vertikal dan horizontal

Sampai disini sebetulnya anda sudah berhasil membuat garis tinggal dikreasikan sendiri, tetapi jika ingin membuat garis seperti garis koordinat agar masing-masing jaraknya bisa disesuaikan Anda bisa mengaktifkan fitur Gridlines.

Caranya pilih menu VIEW kemudian pada bagian Show centang Gridlines maka akan muncul garis kotak-kotak seperti gambar dibawah, hilangkan centang pada Gridlines untuk menghilangkan garis kota-kota tersebut.

view gridlines

Apabila Anda ingin mengubah warna garis klik garis yang ingin diubah warnanya kemudian pilih menu FORMAT pada bagian style pilih warna garis sesuai dengan yang keinginan. Sebetulnya cara ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat garis miring caranya tinggal tarik saja menyamping.

Demikian artikel mengenai pembuatan garis ini, semoga bermanfaat. Selebihnya anda bisa menyesuaikan sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top