Tips & Trik

Cara Membuat Footnote di Microsoft Word 2013

cara membuat footnote

Footnote merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam membuat karya ilmiah karena dengan Footnote atau yang biasa disebut Catatan Kaki kita bisa menuliskan sumber kutipan atau pun keterangan.

Namun tak bisa dipungkiri meskipun ini merupakan salah satu bagian yang penting masih ada beberapa orang belum mengetahui mengenai cara pembuatan Footnote misalnya dalam karya ilmiah seperti makalah ataupun jurnal.

Padahal untuk membuat Footnote itu sangatlah mudah apalagi jika dalam proses pembuatannya menggunakan software pengolah kata Microsoft Word karena dalam aplikasi ini sudah disediakan fitur yang dapat mempermudah kita dalam membuat catatan kaki.

Salah satu fungsi yang paling penting adalah untuk meyakinkan kepada para pembaca karya ilmiah bahwa kutipan tersebut dikutip dari sumber yang dapat dipercaya kebenarannya. Bagi anda para mahasiswa tentu ini akan berguna sekali dalam pembuatan tugas seperti makalah atau karya ilmiah lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Footnote di Microsoft Word?

Pada panduan ini saya menggunakan Microsoft Word 2013 tetapi apabila anda menggunakan versi lama seperti 2007, 2010, atau yang terbaru anda bisa menyesuaikan. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka dokumen yang ingin ditambahkan catatan kaki, kemudian letakkan kursor di akhir kata atau kutipan yang ingin diberikan footnote, contohnya seperti gambar dibawah (tidak harus di akhir paragraf).

paragraf

2. Jika kursor telah diletakkan diakhir kata atau kutipan pilih menu REFERENCES pilih ikon AB atau Insert Footnote.

insert footnote

3. Setelah itu secara otomatis anda akan dibawa kebagian bawah halaman silahkan tulis sumber kutipan atau keterangan mengenai catatan kaki yang anda buat. Sebagai contoh silahkan lihat gambar dibawah.

sumber kutipan

Sampai disini sebetulnya anda sudah berhasil membuat catatan kaki namun apabila anda ingin mengaturnya lebih lanjut silahkan pilih anak panah kecil seperti yang ditunjuk panah no.1 maka akan muncul pengaturan Footnote and Endnote.

Silahkan anda atur sesuai dengan keinginan mulai dari letak footnote hingga format nomor. Jika sudah pilih Apply.

pengaturan footnote

Itulah cara mudah yang bisa anda gunakan untuk membuat footnote di Microsoft Word apabila anda ingin menambahkan catatan kaki selanjutnya silahkan ulangi cara tersebut hingga sesuai dengan jumlah catatan kaki yang diinginkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top