Tips & Trik

Cara Mudah Membuat Efek Glowing Edges dengan Photoshop

cara membuat efek glowing edges di photoshop

Halo gan, pada artikel kali ini lagi-lagi saya akan membuat artikel tentang tutorial photoshop yaitu cara yang mudah untuk membuat efek glowing edges dengan menggunakan photoshop tentunya. Efek ini memang jarang sekali digunakan oleh desainer digital art bukan karena efek ini jelek mungkin sudah tidak zaman lagi, tetapi menurut saya efek ini juga tidak kalah unik dengan efek yang lainnya.

Pada software photoshop efek glowing edges sudah disediakan secara otomatis tanpa kita otak-atik tinggal memilih fitur nya dan langsung jadi, tetapi jika anda ingin lebih berbeda dengan glowing edges yang lainnya anda bisa mengkreasikannya atau mencampurnya dengan efek Gradient yang juga tersedia di photosop.

Bagaimana cara membuatnya? silahkan simak tutorialnya dibawah ini sambil di praktekkan, tetapi saya sarankan pilih lah foto yang memiliki kualitas bagus agar hasilnya pun juga bagus, anda juga bisa menggunakan foto anda sendiri. Mari simak dengan teliti langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Membuat Efek Glowing Edges di Photoshop

Silahkan buka foto yang ingin anda berikan efek ini, kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini, sampai selesai.

1. Langkah pertama silahkan duplikate layer bacground, caranya pilih layer bacground pilih Duplicate Layer… , maka akan muncul dialog Duplicate Layer silahkan pilih OK Maka akan mucul layer Background Copy pada tab layer.

duplikat layer

2. Langkah kedua kita akan mulai menggunakan efek glowing edges, caranya pilih layer Background Copy pilih menu Filter pilih Filter Gallery… maka akan muncul dialog pengaturan parameter glowing edges, pilih Stylize pilih Glowing Edges lalu atur parameter Edge Width, Edge Brightness, Smoothness seperti gambar dibawah atau anda juga mengaturnya sendiri sesuai selera jika sudah pilih OK, hasilnya sudah mulai terlihat.

glowing edges

3. Langkah ke tiga kita akan mengubah blending mode pada layer Background copy, caranya silahkan pilih layer Background Copy kemudian ganti blending mode dari normal menjadi Luminosity.

lominosity

4. Langkah ke empat silahkan duplikat layer background copy yang telah anda ganti blending mode nya tadi, caranya klik kanan pada layer Background copy kemudian pilih Duplicate Layer… maka akan muncul tab duplikat layer silahkan pilih OK.

duplikat layer

5. Langkah ke lima silahkan pilih layer yang telah anda duplikat tadi atau layer Background copy 2 pilih menu Image pilih Adjustments pilih Invert kemudian ganti blending mode menjadi Overlay.

invert

6. Langkah ke enam silahkan pilih ikon adjustments layer pilih Gradient Map… lalu ubah warna nya menjadi hitam putih.

gradient map

7. Langkah ke tujuh kita akan membuat layer Gradient Fill, caranya silahkan pilih lagi ikon Adjustment layer pilih Gradient… ganti warna gradient menjadi berbagai macam warna jika sudah silahkan pilih OK.

warna gradient

8. Langkah ke delapan pilih layer Gradient Fill 1 lalu ubah blending mode menjad Linear Burn.

linear burn

9. Langkah ke sembilan kita akan menggabungkan semua layer, caranya silahkan tekan Ctrl + klik satu persatu semua layer, kemudian klik kanan lalu pilih Merge Layers. Maka layer akan menjadi satu dengan nama layer Background.

merge layer

10. Langkah ke sepuluh kita akan menduplikat layer yang telah disatukan tadi, caranya klik kanan pada layer background atau layer yang telah digabungkan tadi kemudian pilih Duplicate Layer… maka akan muncul tab duplicate layer, silahkan pilih OK.

duplikat layer

11. Disini kita akan memberi efek High Pass, caranya pilih layer yang telah di duplikat tadi atau layer Backgroun copy kemudian pilih menu Filter pilih Other pilih High Pass.. kemudian atur parameternya Radius seperti gambar dibawah ini atau sesuai dengan selera anda sendiri, jika sudah pilih OK.

filter

11. Langkah terakhir pilih layer Background copy ganti blending mode menjadi Linear Light. Selanjutnya tekan Ctrl + J pada keyboard untuk menduplikat layer lagi agar hasilnya lebih tebal.

duplikat layer

Lihat hasilnya !!! Hasil dari tutorial ini saya simpan pada artikel ini gambar yang paling atas, silahkan lihat perbedaan sebelum dan sesudah di beri efek glowing edges ini. Bagaimana mudah bukan?

Sekarang foto anda sudah selesai diberi efek glowing edges, selebihnya silahkan di kreasikan sendiri dengan selera anda. Demikian artikel kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top