Tips & Trik

Cara Membuat Efek Foto Lensa FishEye di Photoshop Seperti Gopro

cara membuat efek fisheye di photoshop

Fisheye berasal dari bahasa inggris yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu mata ikan, mengapa kok efek ini dinamakan mata ikan? anda tentu pernah melihat bentuk mata ikan kan? dinamakan Fisheye karena efek ini membuat foto menjadi cembung seperti mata ikan, nah pada artikel ini kita akan belajar tentang cara membuat efek foto lensa fisheye di photoshop.

Sebetulnya ada banyak jenis lensa kamera yang bisa anda gunakan untuk membuat efek ini yang langsung bisa di terapkan pada kamera anda, tidak hanya itu sekarang juga sudah banyak lensa-lensa fisheye yang bisa anda gunakan pada kamera ponsel anda dan kualitasnya pun berbeda-beda tergantung harga.

Jika zaman dulu kita hanya bisa membuat efek fisheye menggunakan lensa khusus tetapi kali ini anda juga bisa membuatnya dengan software yang canggih untuk membuatnya yaitu photoshop. Nah kalau anda menggunakan kamera khusus tentunya anda harus mempunyai lensa khusus fisheye yang berbentuk cembung seperti mata ikan.

Bagaimana jika saya tidak memiliki kamera khusus dan lensa khusus untuk fisheye? ini merupakan artikel yang tepat untuk anda karena dengan mengikuti tutorial ini anda bisa membuat efek lensa fisheye tanpa menggunakan kamera khusus atau pun lensa khusus yang anda perlukan hanya sebuah perangkat komputer atau laptop dan software photoshop, bagaimana cara membuatnya? silahkan simak dibawah ini.

Cara Membuat Efek Fisheye di Photoshop

Sebelum anda mengikuti langkah dibawah silahkan siapkan terlebih dahulu foto yang akan anda beri efek, siapkanlah foto yang berkualitas bagus agar hasilnya juga bagus. Silahkan buka software photoshop.

1. Langkah pertama silahkan buka foto yang ingin anda beri efek, caranya pilih menu File pilih Open atau dengan menekan Ctrl + O pada keyboard lalu cari foto anda dan buka.

buka foto

2. Selanjutnya kita akan menyeleksi bagian foto yang akan di cembungkan, caranya pilih Elliptical Marquee Tool kemudian seleksi foto anda sambil menekan Shift pada keyboard agar seleksi berbentuk bulat, sebagai contoh klik kiri pada bagian atas sebelah kiri yang akan diseleksi tahan klik kiri lalu geserkan ke sebela kanan bawah foto kemudian lepaskan.

seleksi

3. Selanjutnya pilih menu Select pilih Inverse, maka akan muncul garis-garis di bagian luar foto anda seperti gambar dibawah.

inverse

4. Kemudian pilih menu Edit pilih Fill maka akan muncul form Fill silahkan pilih Use menjadi Black jika sudah pilih OK.

fill

4. Ulangi langkah ke 3 diatas untuk menghilangkan garis-garis luar foto, caranya pilih Select kemudian pilih Inverse atau dengan menekan tombol Shift + Ctrl + I pada keyboard.

inverse

5. Nah langkah kali ini kita akan mencembungkan bagian foto yang telah dilingkari garis yang telah di seleksi tadi, caranya pilih menu Filter pilih Distort pilih Spherize… lalu atur Amount atau kecembungannya sesuai dengan yang anda inginkan disini saya mengunakan 100%, jika sudah pilih OK.

filter

6. Selanjutnya kita akan merapihkan dengan cara memotong atau Crop, caranya pilih Croop Tool kemudian pilih menu Image terakhir pilih Crop.

crop

Lihat hasilnya! Bagaimana mudah bukan? Hanya dengan aplikasi atau software photoshop Sekarang anda sudah bisa membuat efek FishEye tanpa menggunakan kamera atau lensa khusus. Demikian artikel kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

4 Comments

4 Comments

  1. Hilman Singgih Wicaksana

    21 Agustus 2016 at 13:50

    Kreatif.. Jadi nggak usah pake kamera kayak bocah alay wkwkwk

  2. Anonim

    21 Agustus 2016 at 13:25

    wah mantep ini buat andoid jelly bean bisa ga gan?

  3. Mang Eza

    22 Agustus 2016 at 04:57

    ga bisa gan ini buat software photoshop di PC, coba cari aplikasi lain di play store siapa tau ada, 😀

  4. Mang Eza

    22 Agustus 2016 at 04:58

    wkwk iya betul gan, :-d

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top