Tips & Trik

Cara Membuat Efek Double Exposure di Photoshop

cara membuat efek double exposure

Halo gan… pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai photoshop yaitu tentang cara membuat efek Double Exposure, sebelumnya anda harus tahu dulu apa itu efek Double Expouser?

Double Expouser adalah efek yang menyatukan dua gambar atau lebih, biasanya gambar tersebut adalah gambar alam dan gambar orang, efek ini merupakan efek photography yang dapat mengubah foto menjadi sangat indah dan natural.

Efek ini juga sering digunakan pada sampul majalah, mungkin anda juga pernah melihatnya tapi tidak mengetahui nama efeknya. Nah oleh karena itu sekarang anda tidak hanya mengetahui apa itu double exposure tetapi kali ini anda akan belajar langsung mengenai cara membuatnya dengan aplikasi yang cukup populer dikalangan desainer grafis ini yaitu photoshop.

Sebelumnya silahkan dipersiapkan foto pemandangan dan foto model atau anda juga bisa dengan menggunakan foto sendiri. Yuk langsung saja simak langkah-langkah pembuatannya dibawah ini sambil dipraktekan dirumah.

Cara Membuat Efek Double Exposure di Photoshop

Silahkan buka foto pemandangan dan foto anda atau foto model yang menghadap ke samping (potrait) dengan software photoshop pastikan kedua foto tersebut memiliki kualitas yang bagus agar hasilnya pun bagus, lalu ikuti langkah pertama dibawah ini sampai dengan selesai.

1. Langkah pertama, kita akan mengatur dan menyeleksi dulu gambar foto model yang akan kita seleksi adalah orangnya saja, kita akan menghilangkan ikon gemboknya dulu caranya klik 2 kali pada layer background atau layer model (panah no.1) maka akan muncul tab New Layer, pilih OK (panah no.2) maka layer background akan berubah nama menjadi Layer 0 dan ikon gembok pun akan menghilang

Selanjutnya kita mulai menyeleksi caranya pilih Magic Wand Tool (panah no.3), klik di bagian backgound foto (panah no.4) maka akan muncul garis-garis putus atau garis seleksi, kemudian kita akan merubah garis-garis tersebut agar yang diseleksi hanya orangnya saja caranya pilih menu Select (panah no.5), pilih Inverse (panah no.6).

seleksi bagian

2. Langkah ke dua, pada langkah ini kita akan membuat layer mask pada seleksi tadi, caranya pilih menu Layer (panah no.1), pilih Layer Mask (panah no.2), pilih Reveal Selection (panah no.3), maka layer akan muncul layer mask (panah no.4).

layer mask

3. Langkah ke tiga, disini kita akan membuat layer color fill berwarna putih, caranya pilih ikon Creat new fill or adjustment layer (panah no.1), pilih Solid Color… (panah no.2) maka akan muncul tab Color Picker, pilih warna putih (panah no.3), pilih OK (panah no.4), kemudian pindahkan layer Color Fill 1 ke bawah layer model (panah no.5).

pindahkan layer

4. Langkah ke empat perhatikan baik-baik, sekarang kita atur gambar pemandangannya, kita akan memutihkan bagian awan agar tidak terbawa saat ditempelkan pada foto model, caranya pada foto pemandangan pilih menu Image (panah no.1), pilih Adjustments (panah no.2), pilih Replace Color… (panah no.3) maka akan muncul tab Replace Color, hilangkan centang pada Localized Color Clusters (panah no.4).

Atur Fuzziness menjadi 70 (panah no.5), pilih ikon Add to sample (panah no.6), kemudian ambil sampel dari warna awan mulai dari warna biru muda sampai dengan biru muda (panah no.7), sehingga hasilnya seperti yang ditunjuk panah (panah no.8), atur parameter Replacement menjadi Hue:0 Saturation:-100 Lightness:+100 (panah no.9), jika sudah pilih OK (panah no.10).

add to sample

5. Langkah ke lima, jika langkah ke empat sudah dilakukan kemudian kita akan mengcopy foto pemandangan ke foto foto model, caranya pada foto pemandangan tekan Ctrl+A untuk menyeleksi foto pemandangan lalu tekan Ctrl+C untuk mengkopynya, kemudian pindah ke foto model lalu tekan Ctrl+V maka layer tersebut akan muncul pada foto model (panah no.1).

gabungkan foto

6. Langkah ke enam, pada langkah ini kita akan mengatur foto pemandangan agar pas dengan foto model agar lebih mudah penjelasan silahkan ganti nama layer pemandangan menjadi pemandangan (panah no.1), jika sudah silahkan tekan Ctrl+T pada keyboard lalu atur tinggi, lebar, dan posisi foto pemandangan sesuai selera.

tentukan ukuran foto

7. Langkah ke tujuh, kita akan merubah mode layer model, caranya pilih layer model (panah no.1), kemudian ganti modenya menjadi Lighten (panah no.2), nah maka efek yang kita buat sudah mulai nampak.

mode lighten

8. Langkah ke delapan, pada langkah ini kita akan mengkopy layer mask yang ada di layer foto model ke layer pemandangan, caranya klik kiri dan tahan pada layer mask foto model (panah no.1), kemudian geserkan layer mask yang di foto model ke layer pemandangan lalu lepaskan klik kiri (panah no.2).

layer mask

9. Langkah ke sembilan, jika langkah ke delapan telah di lakukan dengan benar maka layer pemandangan akan ada layer masknya silahkan lihat pada gambar dibawah ini. Pada langkah ke sembilan ini kita akan memperjelas bagian mata, caranya pilih ikon Creat a new layer (panah no.1).

Maka akan muncul layer baru pastikan layer baru berada di bawah layer model (panah no.2), kemudian atur warna foreground menjadi hitam (panah no.3), lalu pilih Brush Tool (panah no.4), atur Opacity menjadi 50% (panah no.5).

atur opacicty

10. Langkah ke sepuluh, jika layer pemandangan dirasa kurang pas anda bisa mengaturnya kembali sesuai selera, caranya pada layer pemandangan klik ikon rantai sampai ikon tersebut menghilang (panah no.1), kemudian tekan Ctrl+T pada keyboard lalu silahkan atur seusai dengan selera anda (panah no.2).

atur ukuran background

Langkah terakhir simpan dan lihat hasilnya.!!!

Bagaimana mudah bukan?

Sekarang anda sudah bisa membuat double exposure dengan menggunakan photoshop selebihnya silahkan dikreasikan sendiri sesuai dengan selera anda pasti jauh lebih bagus dari hasil saya ini, demikian artikel kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top