Tips & Trik

Cara Membuat Bayangan di Photohsop dengan Rapi

cara membuat bayangan di photoshop

Lagi dan lagi, kali ini saya akan membuat artikel tentang photoshop yaitu cara membuat bayangan orang, trik ini merupakan sebuah trik yang mudah, meskipun mudah trik ini tidak terbilang murahan, karena jika anda membuat manipulasi foto, efek bayangan ini sering digunakan untuk keperluan manipulasi yang bisa membuat foto lebih nyata.

Untuk membuat bayangan disini saya akan menggunakan fitur yang tersedia di software photoshop yaitu fitur Drop Shadow. Drop Shadow ini merupakan fitur yang sering digunakan untuk membuat bayangan baik, bayangan teks, objek, orang, dan lain sebagainya dan hasilnya pun lebih bagus serta lebih nyata.

Bagaimana cara membuatnya? Untuk latihan membuat bayangan sebaiknya gunakanlah foto yang memiliki background berwarna putih agar bayangan terlihat lebih jelas dan pilih lah foto yang mempunyai kualitas bagus. Silahkan simak dan pahami langkah-langkahnya dibawah ini dengan teliti, jangan sampai ada langkah yang terlewatkan.

Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Silahkan buka foto yang ingin anda beri efek bayangan, kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini sampai dengan selesai.

1. Langkah pertama silahkan seleksi orang pada foto, caranya pilih Quick Selection Tool kemudian klik bagian layer sampai muncul garis seleksi orang dan garis seleksi layer seperti gambar dibawah. Kemudian tekan Shift + Ctrl + I pada keyboard agar yang terseleksi hanya bagian orang saja.

seleksi objek bayangan

2. Langkah ke dua kita akan memisahkan layer bacground dengan seleksi orang menjadi layer terpisah, caranya pilih menu Layer pilih New pilih Layer Via Copy atau jika ingin lebih cepat silahkan tekan Ctrl + J pada keyboard, maka pada tab layer akan muncul layer baru dengan seleksi orang pada langkah pertama tadi.

copy layer

3. Langka ke tiga kita mulai memberi efek drop shadow, caranya pilih Layer 1 pilih menu Layer pilih Layer Style pilih Drop Shadow… maka akan muncul tab Layer Style silahkan atur parameter Dop Shadow seperti gambar dibawah atau anda atur sendiri sesuai selera jika sudah pilih OK.

drop shadow

4. Langkah ke empat kita akan memisahkan efek drop shadow pada Layer 1, caranya silahkan klik kanan pada efek layer Drop Shadow pilih Creat Layer jika muncul kota dialog pilih OK.

buat layer

5. Langkah terakhir kita akan mengatur bayangannya, caranya pilih Layer 1’s Drop Shadow¬† pilih menu Edit pilih Free Transform kemudian tekan Ctrl pada keyboard lalu Drag bagian tengah Transform seperti gambar dibawah.

tarik shadow

Lihat hasilnya !!! Hasil dari tutorial ini saya simpan di artikel ini gambar paling atas, silahkan lihat. Bagaimana mudah bukan?

Sekarang anda sudah bisa membuat efek bayangan dengan cara ini, silahkan di kreasikan sendiri dengan efek manipulasi yang lainnya. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi semua orang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top