Tips & Trik

Cara Membuat dan Menghapus Text Box di Microsoft Word

cara membuat dan menghapus text box

Text Box berasal dari bahasa inggris jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti kotak teks, fitur ini dapat mempermudah pekerjaan anda ketika anda menggunakan microsoft word biasanya fitur ini berfungsi untuk menulis keterangan, rumus-rumus, dan kutipan di bagian tengah dokumen tanpa menutupi teks dokumen dan secara otomatis teks pada dokumen akan bergeser.

Cocok sekali jika anda sering membuat dokumen atau catatan pribadi pasti fitur ini bisa mempercantik dan merapikan dokumen anda dan tentunya dokumen anda jadi lebih enak untuk dibaca. Untuk anda yang ingin belajar membuatnya tentu anda juga harus bisa menghapusnya untuk mengantisipasi suatu saat Text Box tersebut tidak dibutuhkan lagi.

Sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah ini silahkan dipersiapkan dulu software microsoftnya disini saya menggunakan microsoft 2007, tetapi sebenarnya berapa pun versi microsoft yang anda punya sebetulnya tidak jauh beda caranya dengan yang akan saya jelaskan ini.

Yuk langsung saja simak langkah-langkahnya dengan teliti perhatikan baik-baik langkah demi langkahnya.

Cara Membuat Text Box di Microsoft Word

Untuk membuatnya silahkan persiapkan dokumen yang sudah anda persiapkan untuk diberi Text Box atau buat dokumen baru untuk digunakan sebagai percobaan cara ini, untuk mengantisipasi dokumen anda yang asli tidak berantakan jika anda melakukan kesalahan dalam penerapan langkah-langkahnya, oleh karena itu simak baik-baik OK!.

1. Langkah pertama, buka dokumen lalu pilih menu Insert (panah no.1), pilih Text Box (panah no,2), lalu pilih modelnya sesuai selera anda sebagai contoh disini saya memilih Austere Quote (panah no.2).

membuat text box

2. Langkah ke dua, setelah langkah pertama anda lakukan maka akan muncul Text Box atau kotak teks kurang lebih seperti gambar dibawah.

Cara memindahkan letaknya yaitu arahkan kursor anda kebagian atas kotak teks sampai kursor berbentuk “+” lalu klik kiri tahan dan geserkan lalu lepaskan klik kiri (panah no.1).

Cara memperbesarnya yaitu arahkan kursor ke titik biru garis kotak teks sampai kursor berbentuk panah bolak-balik miring lalu klik kiri tahan dan geserkan jika sudah lepaskan klik kiri (panah no.2).

Jika dirasa kotak teks sudah sesuai lebar dan letaknya dengan selera anda silahkan tulis teks yang anda inginkan caranya klik bagian tengah kotak teks lalu langsung saja tulis teks yang ingin anda tulis (panah no.3).

atur text box

3. Langkah ke tiga, sebetulnya sampai ke langkah dua saja sudah selesai tetapi jika anda ingin mendesain kotanya agar lebih berwarna silahkan ikuti langkahnya. Caranya pilih menu Format (panah no.1), kemudian silahkan kreasikan sendiri dengan menu-menu yang telah tersedia (panah no.2).

format text box

Jika dirasa kota teks tersebut sudah sesuai dengan keinginan anda, silahkan save. Jika belum sesuai keinginan silahkan sesuaikan, sampai sesuai hehehe…..

Cara Menghapus Text Box di Microsoft Word

Setelah anda sukses membuatnya sekarang kita akan belajar menghapusnya untuk mengantisipasi jika suatu saat kota teks tersebut tidak digunakan lagi atau anda ingin menghilangkannya karena mengganggu, silahkan simak langkah-langkah dibawah ini dengan teliti.

1. Langkah pertama, arahkan kursor ke garis box sampai kursor berbentuk “+” lalu klik (panah no.1), kemudian tekan tombol Del pada keyboard biasanya letak tombol Del berada di pojok kanan atas keyboard, jika anda sudah menekan tombol Del maka kotak teks tersebut akan terhapus.

hapus text box

Lebih mudah menghapus dari pada membuatnya….

Sekarang anda sudah bisa membuat dan menghapusnya sesuka hati anda juga bisa mengisi text nya dengan quotes atau yang lainnya sesuai kebutuhan. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top