Tips & Trik

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Sesuai EYD di Microsoft Word

cara membuat daftar pustaka otomatis di word

Daftar pustaka merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam menyusun karya ilmiah seperti skripsi, jurnal, makalah, buku, dan lain sebagainya. Dengan adanya daftar pustaka karya ilmiah yang dibuat isinya menjadi lebih terpercaya atau benar-benar sesuai fakta apalagi jika di dalamnya terdapat pendapat para ahli.

Selain itu daftar pustaka juga berfungsi untuk mengantisipasi tuduhan plagiat kepada pembuat karya ilmiah tersebut, oleh karena itu bagian ini sangat penting untuk dimasukkan ke dalam karya ilmiah. Bagi Anda para mahasiswa tentu akan sering membuat karya ilmiah yang ditugaskan oleh dosen pembimbing.

Namun tak bisa di pungkiri meskipun ini merupakan bagian yang sangat penting masih banyak orang yang merasa kesulitan untuk membuatnya padahal ada cara yang lebih mudah untuk membuat daftar pustaka bahkan kita dapat membuatnya secara otomatis dengan bantuan software Microsoft Word.

Ada aturan-aturan khusus jika kita membuat daftar pustaka alias harus sesuai dengan EYD, berikut ini merupakan aturan penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan aturan.

  • Nama penulis ditulis mulai dari nama belakang terlebih dahulu kemudian berita tanda titik sebagai pemisah kemudian dilanjutkan dengan nama depan, berurutan sesuai alfabet dari A sampai Z jika penulis karya yang Anda kutip lebih dari satu orang maka bisa dipisahkan dengan tanda baca koma (,).
  • Judul sumber ditulis miring (italic) atau bisa juga dengan memberikan garis bawah.
  • Kemudian dilanjutkan dengan tempat buku diterbitkan pisahkan dengan titik dua (:) dilanjutkan dengan penerbit buku.

Contohnya seperti ini.

Sukanto, A. 1986. Diabetes Mellitus : Diagnosis, Klasifikasi, dan Dasar Terapi. Bandung : PT Pantang Mulang

Contoh di atas merupakan penulisan sumber referensi yang diambil dari buku, untuk sumber lain seperti majalah, media cetak, media elektronik, dan jurnal tentu saja berbeda susunan penulisannya karena memang masing-masing memiliki aturan yang berbeda.

Tentu saja jika kita tulis satu per satu hal ini akan membutuhkan waktu yang lama apalagi jika sumber yang kita ambil cukup banyak, nah dengan menggunakan bantuan Microsoft Word kita dapat membuatnya secara otomatis tidak perlu ribet mengurutkan susunannya satu per satu.

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

Pada panduan kali ini saya menggunakan Microsoft Word 2013 apabila Anda menggunakan versi yang lama seperti 2007, 2010 atau yang terbaru 2016 Anda bisa menyesuaikan sendiri karena caranya tidak jauh beda.

Pastikan Anda telah mencatat semua sumber yang ingin dimasukkan ke dalam daftar pustaka kemudian buka Microsoft Word di pada perangkat yang Anda gunakan, jika sudah siap silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Letakkan kursor pada lembar kerja yang ingin dibuat lembar daftar pustaka kemudian pilih menu REFERENCES lalu pilih Manage Sources maka akan muncul dialog Source Manager pilih New.

manage sources

2. Setelah itu maka akan muncul pengaturan untuk membuat sumber seperti gambar dibawah, atur Type of Source menjadi asal sumber yang Anda ambil disana terdapat 16 tipe sumber yang bisa Anda gunakan, sebagai contoh di sini saya memilih Web Site Anda bisa menggunakan tipe ini jika sumber yang didapatkan berasal dari internet.

Atur Language menjadi Indonesian, nah selanjutnya silahkan masukkan data sumber yang Anda dapatkan jika sudah pilih OK.

buat sumber

Ulangi langkah pertama sampai kedua untuk membuat sumber baru jangan lupa atur Type of Source agar susunan penulisan sumber secara otomatis tersusun dengan baik dan benar.

3. Sebagai contoh disini saya memasukkan dua sumber saja semua sumber yang Anda masukkan akan tampil pada tab Source Manager, apabila sudah dimasukkan semua sumber pilih Close. Jangan khawatir, karena sumber yang telah dimasukkan tidak akan hilang.

buat daftar sumber

4. Masih pada bagian menu REFERENCES pilih Bibliography maka akan muncul berbagai macam jenis Built-in pilih saja Bibliography maka akan muncul semua sumber yang Anda tulis pada lembar kerja tersebut.

bibliography

Sebetulnya pada bagian Built-in Anda juga bisa memilih Insert Bibliography tetapi jika Anda memilih pilihan tersebut Anda harus mengatur style judulnya secara manual supaya lembar Daftar Pustaka bisa masuk ke halaman daftar isi secara otomatis.

Tetapi itu juga tidak menjadi jaminan bahwa lembar daftar pustaka masuk ke daftar isi karena kita perlu membuat daftar isi yang otomatis juga, oleh karena itu Anda harus membuat daftar isi otomatis terlebih dahulu jika ingin lembar tersebut masuk ke dalam daftar isi secara otomatis, tetapi jika Anda membuat daftar isi yang manual pilih saja Insert Bibliography.

5. Kurang lebih hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini, setiap sumber akan otomatis tersusun sesuai abjad dan tulisan baris kedua pada sumber menjorok ke sebelah kanan.

daftar pustaka word

Bagaimana Jika Saya Ingin Menambahkan Sumber Lain?

Misalnya Anda mendapatkan pendapat ahli yang lebih bagus tentu saja Anda juga harus memasukkan beserta sumbernya ke dalam daftar pustaka bukan? Masukkan saja sumber baru seperti pada langkah pertama dan kedua.

Jika sumber telah dimasukkan sumber tersebut tidak akan muncul dalam daftar pustaka, supaya muncul klik kanan pada bagian isi daftar pustaka kemudian pilih Update Field maka sumber baru yang Anda masukkan akan langsung muncul.

Sampai disini Anda sudah berhasil membuat daftar pustaka secara otomatis, selebihnya silahkan dikreasikan sendiri. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top