Tips & Trik

Cara Memasukkan Gambar ke Dalam Tulisan di Photoshop

cara memasukkan gambar ke dalam tulisan di photoshop

Berbeda dengan tutorial-tutorial teks sebelumnya, kali ini saya akan membagikan tentang cara memasukkan gambar ke dalam tulisan seolah-olah gambar tersebut berada dalam tulisan tentunya ini tidak kalah keren dengan efek-efek teks yang lainnya, biasanya gaya teks seperti ini bisa anda temukan di cover majalah.

Jika anda ingin membuat teks dengan gaya seperti ini ada beberapa tips yang dapat anda terapkan agar hasilnya lebih bagus yaitu pilihlah gambar yang memiliki warna terang, buatlah tulisan yang besar agar gambar yang anda masukkan nanti lebih terlihat jelas dan tidak kaku, tambahkan efek stroke pada teks jika anda ingin menggunakan background bergambar.

Yukk, langsung saja simak caranya dibawah ini.

Cara Memasukkan Gambar ke Dalam Tulisan

Silahkan dipersiapkan dulu gambar yang akan anda masukkan nanti ke dalam teks, buka aplikasi photoshop yang akan kita gunakan sebagai alat tempurnya.

1. Langkah pertama, buat dokumen dengan panjang dan lebar sesuai dengan kebutuhan anda sebagai contoh saya akan membuat dokumen dengan ukuran 700 x 400 pixel, caranya pilih menu File (panah no.1), pilih New (panah no.2) atau jika anda ingin lebih cepat tekan Ctrl+N pada keyboard, lalu akan muncul tab New silahkan atur sesuai dengan kebutuhan atau seperti gambar dibawah (panah no.3), jika sudah pilih OK (panah no.4).

buat lembar baru

2. Langkah ke dua, pada langkah ini kita akan membuat teks atau tulisan, caranya pilih Horizontal Type Tool (panah no.1), lalu atur fontnya menjadi Freshman atau anda juga bisa menggunakan font yang lain sesuai selera anda (panah no.2), lalu atur ukuran fontnya disini saya menggunakan ukuran 310pt (panah no.3), kemudian atur warnanya menjadi hitam (panah no.4), selanjutnya tulis teks sesuai keinginan (panah no.5).

buat tulisan

3. Langkah ke tiga, pada langkah ini kita akan membuka gambar yang akan kita masukkan ke dalam teks, caranya pilih File (panah no.1), pilih Open (panah no.2), lalu cari dan pilih gambarnya sebagai contoh lihat gambar dibawah (panah no.3), pilih Open (panah no.4).

pilih gambar

4. Langkah ke empat, copy gambar ke lebar kerja teks yang telah anda buat, caranya tekan Ctrl+A maka akan muncul garis-garis putus seperti gambar dibawah (panah no.1) kemudian tekan Ctrl+C. Selanjutnya pilih lembar kerja teks (panah no.2).

rapikan gambar

5. Langkah ke lima, tekan Ctrl+V pada keyboard maka akan muncul layer gambar yang telah anda copy tadi di lembar kerja teks (panah no.1), atur gambar supaya menutupi seluruh bagian teks seperti gambar dibawah (panah no.2).

sesuaikan ukuran gambar

6. Langkah ke enam, nah pada langkah inilah kita akan membuat gambar tadi masuk ke dalam teks, caranya Klik Kanan pada layer gambar (panah no.1), kemudian pilih Create Clipping Mask (panah no.2). Hasilnya mulai terlihat…

create clipping mask

7. Langkah ke tujuh, pada langkah ini kita akan membuat garis luar teks dengan warna menggunakan stroke, caranya pilih layer teks (panah no.1), pilih Add a layer style atau ikon fx (panah no.2), pilih Stroke… (panah no.3) maka akan muncul tab layer style, kemudian atur parameter dan warnanya seperti gambar dibawah atau anda juga bisa menyesuaikannya sesuai selera (panah no.4), jika sudah pilih OK (panah no.5).

layer style

Lihat hasilnya, gambar dibawah ini hasil dari tutorial diatas….

Nah selebihnya silahkan dikreasikan sendiri biar lebih bagus, silahkan lihat gambar paling atas itu sudah saya kreasikan menggunakan background gambar yang sama tetapi warnanya saya gelapkan. Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top