aplikasi kamera terbaik

Aplikasi kamera bawaan smartphone umumnya hanya membawa fitur-fitur dasar saja, jika Anda menginginkan hasil jepretan yang lebih keren dan menarik tentunya Anda wajib mempertimbangkan beberapa aplikasi kamera terbaik yang akan Sipitek ulas kali ini.

Dengan menggunakan aplikasi yang ada di sini foto akan tampak menjadi lebih keren dan cantik berkat fitur-fitur canggih yang disematkan di dalamnya, bahkan jika Anda menggunakan smartphone dengan kualitas kamera yang kurang mumpuni Anda bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi layaknya foto hasil jepretan fotografer profesional.

Selain itu sebagian besar aplikasi yang ada di sini juga bisa digunakan di berbagai merk smartphone Android, entah itu Samsung, Asus, Xiaomi, Oppo dan lain sebagainya.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda, ada aplikasi yang dibekali dengan filter dan efek saja, ada juga yang hadir dengan fitur-fitur dasar untuk mengedit foto.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi kamera terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android, karena kehandalannya sebagian besar aplikasi yang ada di sini juga telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Nah supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih.

25 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android

1. SNOW

SNOW

Dari semua aplikasi yang ada di sini, SNOW merupakan aplikasi kamera yang paling populer. Aplikasi yang dikembangkan oleh SNOW Inc ini tercatat telah diunduh lebih dari 100 juta kali oleh para pengguna Android dari seluruh dunia.

Tak heran jika banyak orang yang menyukai aplikasi ini, pasalnya SNOW dibekali dengan fitur-fitur canggih yang dapat menyulap foto Anda tampak menjadi cantik dan menarik, salah satunya adalah tersedianya beragam efek beauty.

Dengan menggunakan efek tersebut Anda dapat menyesuaikan bentuk wajah termasuk melancipkan dagu, menambahkan lipstik, menebalkan alis, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, fitur Makeup AR dan ribuan stiker juga tersedia di dalam aplikasi ini.

2. Ulike

Ulike

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Ulike juga sangat cocok untuk Anda yang ingin tampil lebih cantik dengan gaya yang trendy. Pasalnya, aplikasi besutan Lemon Inc ini juga hadir dengan beragam jenis efek yang dapat mengubah bagian-bagian wajah menjadi tampak lebih menarik, seperti efek untuk mengubah mata, bibir, wajah, dan lain sebagainya.

Selain itu fitur make-up realtime juga turut disematkan di dalam aplikasi ini, melalui fitur ini Anda dapat menerapkan efek tersebut secaralangsung entah itu sebelum melakukan pemotretan maupun setelahnya.

Dengan menggunakan Ulike Anda juga tak perlu khawatir kehabisan pose saat berfoto ria, pasalnya aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini menyediakan beragam jenis pose yang diperagakan oleh para selebgram ternama, termasuk pose foto selfie, travel, shopping, dan lain sebagainya.

3. Kuji Cam

Kuji Cam

Kuji Cam hadir menyuguhkan lebih dari 180 efek kamera dengan keunikan yang berbeda-beda, mulai dari efek hitam-putih, vintage, bokeh, dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi besutan GinnyPix ini juga dilengkapi dengan fitur pratinjau yang dapat digunakan untuk meninjau foto hasil jepretan.

Selain bisa digunakan secara gratis, Kuji Cam juga menyediakan versi premium yang dilengkapi dengan lebih banyak fitur termasuk filter yang dapat diterapkan secara langsung sebelum pemotretan, selain itu versi premium juga bersih dari iklan sehingga Anda juga bisa menggunakannya dengan nyaman.

4. Huji Cam

Huji Cam

Kalau dilihat dari namanya, aplikasi yang dikembangkan oleh Manhole Inc ini memang agak mirip, akan tetapi tentunya fitur yang disuguhkan memiliki perbedaan. Aplikasi yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin menerapkan efek foto bergaya jadul.

Pasalnya, sebagian besar efek yang disuguhkan di dalamnya memang lebih banyak efek yang dapat menghasilkan foto menjadi tampak seperti foto zaman dulu. Efek-efek yang ada di dalam aplikasi ini akan secara otomatis muncul setelah pengambilan gambar, sehingga Anda mungkin akan kebingungan ketika pertama kali menggunakannya.

5. Foodie

Foodie

Kalau Anda pecinta kuliner dan suka mengunggah foto makanan ke media sosial, maka Foodie merupakan aplikasi kamera terbaik yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, aplikasi yang dikembangkan SNOW Inc ini memang dirancang untuk menghasilkan foto yang sempurna pada gambar hidangan hasil jepretan kamera.

Meskipun demikian, Foodie juga tak ada salahnya untuk digunakan sebagai aplikasi kamera selfie karena aplikasi ini menyediakan lebih dari 30 filter yang bisa diterapkan secara langsung sebelum melakukan pengambilan gambar.

Menariknya lagi, sebagian besar filter yang ada di sini juga hadir dengan kombinasi warna yang cerah dan pas, sehingga foto akan tampak natural meskipun dipoles dengan filter.

6. Candy Selfie Camera

Candy Selfie Camera

Diklaim sebagai aplikasi kamera kecantikan gratis terbaik saat ini, Candy Selfie Camera hadir dengan beragam fitur yang dapat mempercantik tubuh Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat menyesuaikan kontur wajah, memuluskan kulit, memutihkan gigi, melancipkan bentuk wajah, dan lain sebagainya.

Selain itu aplikasi besutan ViewYeah Studio ini juga menyediakan lebih dari 100 filter khusus selfie yang dapat diterapkan secara langsung sebelum pengambilan gambar. Supaya foto tampak lebih menarik, Candy Selfie Camera juga menyediakan lebih dari 400 stiker lucu, mulai dari stiker hewan, animasi, musik, stiker bergerak, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga dibekali dengan fitur yang dapat digunakan untuk membuat kolase foto, fitur ini bisa Anda gunakan untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu.

7. HD Camera

HD Camera

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, HD Camera tidak hanya bisa digunakan untuk mengabadikan momen melalui foto saja, akan tetapi aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merekam momen spesial melalui video.

Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan di dalam aplikasi ini, mulai dari fitur filter, white balance, auto focus, panorama, HDR dan lain sebagainya. Untuk memudahkan pengguna saat mengambil gambar, Anda juga bisa menjadikan tombol volume sebagai tombol untuk memotret.

8. Camera MX

Camera MX

Lagi nyari aplikasi kamera terbaik yang punya banyak fitur? Camera MX merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi besutan MAGIX ini tidak hanya menyediakan efek dan filter kamera saja…

…akan tetapi Anda juga bisa menyesuaikan foto atau video melalui fitur editor yang telah disematkan untuk mengatur kecerahan, kontras, suhu warna, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, selain hadir dengan fitur kamera dasar, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga menyediakan fitur lanjutan yang dapat membantu Anda untuk mempercantik foto secara mendetail, seperti fitur pengunci fokus dan pencahayaan, pengambilan gambar otomatis menggunakan waktu, dan lain sebagainya.

9. Open Camera

Open Camera

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Open Camera merupakan aplikasi kamera terbaik yang kaya akan fitur. Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan di dalam aplikasi ini, mulai dari fitur auto focus, mode pemandangan, deteksi wajah, fitur untuk menambahkan geotagging foto dan video, HDR, dan lain sebagainya.

Menariknya selain bisa digunakan sepenuhnya secara gratis dan tanpa iklan, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga sangat ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 3 MB lho.

10. Camera FV-5 Lite

Camera FV-5 Lite

Camera FV-5 Lite merupakan aplikasi kamera profesional untuk Android yang dirancang mirip seperti kamera DSLR. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengontrol berbagai parameter yang biasa digunakan dalam dunia fotografi untuk menghasilkan foto yang epik, seperti ISO, fokus, white balance, pencahayaan, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, aplikasi yang dikembangkan oleh FGAE ini juga bisa digunakan di berbagai merk smartphone yang sudah menggunakan Android 5.0 (Lollipop) atau yang lebih tinggi, seperti Samsung Galaxy S4, Motorola Nexus 6, HTC One, dan beberapa merk smartphone yang lainnya.

Sebetulnya Camera FV-5 Lite juga bisa digunakan di smartphone yang menggunakan Android 4.4 (KitKat), namun sayangnya resolusi gambar yang dihasilkan akan berkurang.

11. 1998 Cam

1998 Cam

Sesuai dengan namanya, 1998 Cam bukanlah aplikasi kamera kecantikan yang dirancang untuk mempercantik tampilan wajah, akan tetapi aplikasi ini dirancang untuk pengguna yang ingin membuat foto klasik yang artistik seperti halnya foto tahun 90an.

Ada lebih dari 60 filter kamera yang bisa Anda gunakan di dalam aplikasi ini, mulai dari filter vintage, retro, hitam-putih, sinematik, foto kuno, dan lain sebagainya. Untuk menambahkan kesan jadul, Anda juga dapat menambahkan cap tanggal.

Meskipun demikian aplikasi besutan The FFFF Studio ini sangat disukai oleh para pengguna Android, bahkan di Google Play Store saja aplikasi ini mendapatkan rating yang nyaris sempurna, yaitu 4,7. Tak perlu pusing dengan biaya langganan karena semua fitur yang ada di aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis.

12. WutaCam

WutaCam

Kalau aplikasi sebelumnya dirancang untuk pengguna yang suka dengan foto bergaya klasik, nah kalau aplikasi yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin tampil cantik seperti artis Korea.

Pasalnya, aplikasi kamera terbaik yang dikembangkan oleh Benqu ini memang hadir dengan fitur filter dan makeup yang dapat mempercantik tampilan Anda, bahkan Anda juga bisa menyesuaikan ukuran mata, bentuk wajah, memancungkan hidung, mewarnai bibir dan organ wajah yang lainnya.

Supaya foto tambah menarik, WutaCam juga menyediakan ribuan stiker 2D yang diperbarui setiap harinya, seperti stiker kucing, bando, dan lain sebagainya.

13. FaceU

FaceU

Sama seperti aplikasi sebelumnya, FaceU merupakan aplikasi kamera terbaik yang dapat digunakan untuk mempercantik wajah. Aplikasi ini dibekali dengan fitur pengenalan wajah yang canggih yang dapat mengubah tampilan wajah secara otomatis menjadi seperti model papan atas.

Selain itu aplikasi ini juga sangat mudah digunakan, Anda dapat menerapkan make-up modis hanya dengan satu kali ketukan saja, dimana nantinya aplikasi ini akan menyesuaikan secara otomatis sesuai dengan karakter wajah Anda.

Selain itu, aplikasi yang hadir dengan lebih dari 30 jenis filter ini juga menyediakan lebih dari 1000 jenis stiker 3D yang cukup menarik, seperti stiker telinga kucing, perhiasan, kembang api, dan lain sebagainya.

Kurang percaya diri dengan tampilan wajah yang penuh dengan noda hitam atau jerawat? Tak perlu khawatir, karena FaceU juga dibekali dengan fitur penghilang beragam jenis noda yang bersarang pada wajah, termasuk jerawat, bekas luka, dan lain sebagainya.

14. SODA

SODA

Tak perlu ribet beli make-up yang mahal untuk tampil layaknya artis Korea, Anda bisa menggunakan aplikasi kamera terbaik bernama SODA sebagai alternatifnya. Pasalnya, aplikasi ini memang hadir dengan beragam efek dan filter kecantikan yang dapat membuat tampilan menjadi mirip seperti artis Korea.

Kalau Anda ingin menggunakan filter yang ada di aplikasi SNOW dan Foodie dalam satu aplikasi, SODA juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena sebagian besar efek dan filter populer yang ada di kedua aplikasi tersebut bisa Anda temukan di aplikasi ini.

15. Aimera

Aimera

Aimera merupakan aplikasi kamera terbaik yang bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menggunakan filter yang lebih halus dan tidak terlalu mencolok. Pasalnya, aplikasi besutan JP Brother Inc ini hadir dengan lebih dari 140 pilihan filter dengan perpaduan warna yang lebih santai.

Selain itu, semau filter yang disematkan di dalam aplikasi ini juga dapat digunakan secara langsung sebelum pengambilan gambar. Supaya foto tambah menarik, Aimera juga menyediakan beragam jenis stiker trendi yang dapat digunakan secara gratis.

16. Noah Camera

Noah Camera

Lagi nyari aplikasi kamera terbaik untuk selfie? Noah Camera merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, aplikasi ini hadir dengan beragam fitur menarik yang dapat menghasilkan gambar terbaik saat berselfie ria.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat menggunakan lebih dari 100 filter dengan gaya yang berbeda-beda, filter tersebut juga dapat digunakan secara real-time sebelum pengambilan gambar.

Menariknya lagi, gambar hasil jepretan aplikasi Noah Camera juga bisa langsung dibagikan ke media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

17. Camera for S9

Camera for S9

Kalau Anda menggunakan smartphone Samsung Galaxy S9, Camera for S9 merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. Pasalnya, aplikasi kamera terbaik yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini memang dirancang khusus untuk smartphone tersebut.

Akan tetapi beberapa smartphone Samsung yang lainnya juga bisa menggunakan aplikasi ini, termasuk Samsung Galaxy J, Galaxy A, dan lain sebagainya. Aplikasi yang menyediakan lebih dari 80 filter ini juga hadir dengan beragam fitur, mulai dari stiker lucu, cap foto, pemotretan beruntun, kamera cembung, dan lain sebagainya.

Selain itu, Camera for S9 juga menyediakan mode profesional dimana Anda dapat mengatur parameter ISO, white balance, filter, dan kompensasi pencahayaan secara manual.

18. PICNIC

PICNIC

Sesuai dengan namanya, PICNIC bisa menjadi pilihan aplikasi kamera terbaik jika Anda suka mengabadikan momen dimana pemandangan alam menjadi latar belakangnya. Pasalnya, aplikasi ini memang hadir dengan beragam filter yang dapat mengubah foto pemandangan alam menjadi lebih epik.

Tak peduli dengan cuaca, karena dengan menggunakan aplikasi ini Anda tetap dapat mengambil gambar yang epik berkat filter yang disematkan di dalamnya, bahkan bila perlu Anda juga bisa menyesuaikan warna awan sesuai dengan keinginan Anda.

Tak heran kalau aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini sangat disukai oleh para pengguna Android, bahkan di Google Play Store saja PICNIC mendapatkan rating yang cukup baik, yaitu 4,7.

19. O2Cam

O2Cam

Ingin tampil cantik seperti artis korea yang punya kulit mulus dan halus? O2Cam merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. Aplikasi yang dikembangkan oleh Hongyan Technology Co Ltd ini memang hadir dengan beragam efek dan filter yang halus dan tidak terlalu mencolok.

Selain itu, fitur untuk mengubah organ wajah juga disematkan di dalam aplikasi ini, termasuk fitur untuk mengubah ukuran mata, melancipkan dagu, memancungkan hidung, dan lain sebagainya.

Akan tetapi jika Anda kurang mahir dalam mengedit foto, tak perlu khawatir, karena aplikasi ini juga dibekali dengan fitur Smart AI, dengan adanya fitur ini foto akan disesuaikan secara otomatis.

20. S Camera

S Camera

Sesuai dengan namanya, S Camera merupakan aplikasi kamera terbaik yang dirancang untuk smartphone Samsung Galaxy S9 dan S10. Meskipun S Camera bukan aplikasi resmi yang dikembangkan langsung oleh Samsung, aplikasi ini juga cukup menarik untuk dicoba apalagi jika Anda ingin punya tampilan yang cantik saat di foto.

Pasalnya, S Camera hadir menyediakan lebih dari 200 filter dan stiker AR yang dapat digunakan secara real-time, termasuk stiker emoji, filter AR, dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi besutan Beauty Apps Studio ini juga mendukung penyesuaian resolusi kamera dan video, bahkan Anda juga bisa membuat foto atau video 4K.

Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga bisa Anda gunakan secara gratis dan foto yang dihasilkan dari aplikasi ini juga bersih dari watermark.

21. HD Camera Pro & Selfie Camera

HD Camera Pro & Selfie Camera

Ingin mendapatkan foto berkualitas tinggi layaknya foto hasil jepretan fotografer profesional? HD Camera Pro & Selfie Camera merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. Pasalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh iJosfot ini menyediakan mode profesional.

Dengan menggunakan mode tersebut, Anda dapat menyesuaikan parameter ISO, white balance, warna, dan exposure sesuai dengan keinginan Anda. Akan tetapi jika Anda kurang mahir menyesuaikan parameter tersebut, Anda juga bisa menggunakan filter yang telah disediakan yang dapat digunakan secara real-time.

22. Sweet Camera

Sweet Camera

Sesuai dengan namanya, Sweet Camera merupakan aplikasi kamera yang dirancang untuk pengguna yang ingin tampil cantik. Pasalnya, aplikasi ini dilengkapi dengan beragam filter kecantikan yang dapat digunakan secara real-time.

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh Ufoto ini juga dilengkapi dengan fitur canggih yang dapat mempercantik foto secara otomatis. Menariknya lagi, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa menyesuaikan organ wajah, termasuk melancipkan dagu, memancungkan bibir, hingga menghilangkan jerawat dan noda hitam.

23. Sweet Candy Camera

Sweet candy Camera

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Swee Candy Camera juga dirancang untuk pengguna Android yang ingin tampil cantik dan menarik. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat menghaluskan kulit, mencerahkan mata, memutihkan gigi, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang masih dikembangkan oleh Ufoto ini juga hadir dengan fitur pembuat foto kolase, dengan adanya fitur ini Anda dapat menggabungkan beberapa foto menjadi satu foto, sehingga Anda tak perlu menggunakan aplikasi penggabung foto secara terpisah.

24. Macaron Cam

Macaron Cam

Macaron Cam juga hadir dengan beragam fitur menarik yang dapat mempercantik foto. Dengan menggunakan aplikasi kamera terbaik besutan JulyMonster Inc ini Anda dapat menggunakan lebih dari 100 filter menarik secara gratis.

Selain itu, Macaron Cam juga menyediakan beragam jenis stiker wajah yang dapat digunakan secara real-time, seperti telinga kucing, telinga anjing, dan lain sebagainya.

25. Mi X Camera

Mi X Camera

Mi X Camera merupakan aplikasi yang terinspirasi dari fitur kamera MI 10. Jika Anda tertarik dengan fitur-fitur kamera Xiaomi MI 10 Anda bisa menikmatinya melalui aplikasi ini.

Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan di dalam aplikasi Mi X Camera, mulai dari stiker AR, lebih dari 200 filter, dukungan 4K, hingga mode profesional. Dalam mode profesional Anda dapat menyesuaikan parameter yang biasa digunakan dalam dunia fotografi secara manual, seperti ISO, pencahayaan, white balance, dan lain sebagainya.

Itulah deretan aplikasi kamera terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android. Dengan menggunakan salah satu aplikasi yang ada di atas Anda dapat menghasilkan foto menarik dan berkualitas tinggi melalui kamera smartphone. Mana aplikasi yang paling keren menurut Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here