Salah satu merk kamera yang paling laris di Indonesia adalah Canon, selain harganya yang relatif lebih murah, Canon juga menawarkan hasil jepretan yang mumpuni.

Bahkan perusahaan asal Jepang ini juga meluncurkan beberapa aplikasi kamera untuk smartphone Android yang dapat membantu penggunanya untuk lebih produktif saat menggunakan kamera Canon.

Jika Anda menggunakan kamera Canon, tentunya Anda wajib menggunakan aplikasi khusus untuk kamera Canon yang akan Sipitek ulas kali ini.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi kamera Canon ini Anda bisa menggunakan kamera secara efektif, mulai dari mentransfer gambar dari kamera ke smartphone maupun memotret gambar hanya dengan satu sentuhan saja melalui smartphone.

Oleh karena itu kali ini Sipite akan mengulas beberapa aplikasi kamera Canon terbaik yang bisa Anda gunakan di smartphone Android.

Namun setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda, selain itu ada yang dikembangkan secara langsung oleh Canon Inc ada juga yang dikembangkan oleh pihak ke tiga.

Nah supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, yuk simak dulu semua ulasannya.

10 Aplikasi Kamera Canon Terbaik di Android

1. Canon Camera Connect

Canon Camera Connect

Canon Camera Connect merupakan aplikasi yang dikembangkan langsung oleh Canon Inc. Dengan menggunakan aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini Anda bisa mentransfer dan menyimpan file dari kamera ke smartphone dengan beberapa cara.

Anda bisa mentransfer file dari kamera ke smartphone melalui koneksi Wi-Fi, bluetooth, maupun NFC.

Menariknya lagi, Canon Camera Connect juga menyediakan fitur untuk untuk memotret dan live view melalui smartphone, dengan adanya fitur ini Anda tak perlu menekan tombol fisik di kamera untuk memotret.

Canon Camera Connect juga mendukung banyak seri atau tipe kamera Canon, mulai dari EOS M50, PowerShot SX70, SX740 HS, EOS R, dan yang lainnya.

2. Magic Canon ViewFinder

Magic Canon ViewFinder

Meskipun Magic Canon ViewFinder bukan aplikasi kamera yang dikembangkan secara resmi oleh Canon, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga wajib dipertimbangkan.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengambil gambar dari jarak jauh melalui kamera Canon dengan mengoperasikannya melalui smartphone Android.

Tidak hanya itu saja dengan menggunakan Magic Canon ViewFinder, Anda juga bisa mengontrol rasio aspek, DOF, auto fokus, dan lain sebagainya melalui smartphone.

Magic Canon ViewFinder mendukung kamera Canon EOS-1D, EOS 5D, EOS R, EOS M6, dan beberapa seri yang lainnya.

3. EOS Remote

EOS Remote

EOS Remote merupakan aplikasi kamera Canon yang kaya akan fitur. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengoperasikan kamera dari jarak jauh melalui smartphone yang dihubungkan dengan koneksi Wi-Fi.

Tidak hanya itu saja, melalui aplikasi EOS Remote Anda juga dapat mengatur nilai eksposur, titik auto fokus, dan sebagainya.

Menariknya lagi, Anda juga dapat mengakses dan mentransfer foto pada kartu memori kamera ke smartphone.

EOS Remote mendukung kamera Canon EOS 6D, EOS 70D, EOS M2, EOS M3, dan beberapa seri kamera yang lainnya.

4. Canon CameraWindow

Canon CameraWindow

Canon CameraWindow merupakan aplikasi gratis yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer maupun memotret gambar dari kamera digital Canon melalui smartphone Android.

Agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik, Anda harus menghubungkan smartphone terlebih dahulu dengan kamera Canon melalui koneksi Wi-Fi.

Jika sudah terhubung, aplikasi ini dapat digunakan untuk menjelajahi gambar dari kamera, mendapatkan informasi lokasi dari gambar, memotret dari jarak jauh, dan mengoperasikan kamera melalui smartphone Android.

Canon CameraWindow kompatibel untuk beberapa model kamera Canon, diantaranya PowerShot G7 X, PowerShot SX60 HS, PowerShot N2, PowerShot G1, PowerShot G16, dan beberapa model yang lainnya.

Baca juga: Aplikasi Video Bokeh Terbaik di Android

5. Camera Connect & Control

Camera Connect & Control

Menghubungkan kamera DSLR Canon ke smartphone Android bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Camera Connect & Control, Anda dapat menghubungkannya melalui USB maupun koneksi Wi-Fi.

Dengan menggunakan Camera Connect & Control Anda dapat melihat semua gambar, memindahkan gambar, memotret dari jarak jauh, merekam video dari kamera Canon dan mengoperasikannya melalui smartphonte Android.

Selain bisa digunakan secara gratis, aplikasi Camera Connect & Control juga menyediakan versi berbayar yang menawarkan lebih banyak fitur dan bebas iklan.

Camera Connect & Control mendukung kamera Canon tipe 1Ds mark III, 1D X, 5D, 100D, 1300D, 1200D, dan beberapa tipe yang lainnya.

Mau tau apa saja yang bisa dilakukan dengan Camera Connect & Control? Simak video berikut ini.

6. DSLR Controller

DSLR Controller

Sesuai dengan namanya, DSLR Controller merupakan aplikasi Android yang dapat mengontrol kamera Canon kesayangan Anda melalui smartphone.

Aplikasi ini menawarkan banyak fitur yang bisa digunakan secara gratis mulai dari Live View, Auto Focus, Histogram, HDR, dan lain sebagainya.

Anda dapat menghubungkan smartphone yang telah terinstal DSLR Controller dengan kamera Canon melalui USB maupun koneksi Wi-Fi. Sebagian besar Canon model EOS kompatibel dengan aplikasi ini.

Simak video percobaan DSLR Controller melalui video berikut ini.

7. Helicon Remote

Helicon Remote

Helicon Remote merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengontrol kamera Cannon dari jarak jauh.

Dengan menggunakan Helicon Remote Anda bisa mengunci fokus, brust shooting, menyesuaikan DOF, Histogram, dan lain sebagainya.

Helicon Remote mendukung kamera Canon tipe 1D, 1Ds, 5D, 500D, 450D, dan beberapa tipe kamera Canon yang lainnya.

8. Remote Release

Remote Release

Berbeda dengan aplikasi kamera Canon yang lainnya, Remote Release hanya menyediakan beberapa fitur saja, seperti fitur untuk mengaktifkan auto fokus, shutter, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang diusung oleh Chainfire ini hanya bisa berjalan dengan baik di perangkat Android yang sudah menggunakan ARMv7-A atau yang lebih baru.

Sedangkan untuk kameranya, Remote Release mendukung hampir semua merk kamera Canon EOS DSLR.

Anda juga tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu dengan aplikasi ini, karena memang Remote Release sangat ringan, ukurannya saja tidak lebih dari 1 Mb lho.

9. Camera Remote Control (DSLR)

Camera Remote Control DSLR

Nyari aplikasi Android yang hanya bisa digunakan untuk memotret menggunakan kamera Canon dari jarak jauh saja? Camera Remote Control (DSLR) bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang diusung oleh Dev Null ini hanya bisa digunakan untuk mengontrol kamera melakukan shutter saja.

Akan tetapi tidak semua smartphone bisa menggunakan aplikasi ini, karena Camera Remote Control (DSLR) membutuhkan perangkat Android yang mendukung blaster buit-in IR.

10. Canon Online Photo Album

Canon Online Photo Album

Aplikasi kamera Canon terbaik yang terakhir versi Sipitek adalah Canon Online Photo Album. Jika Anda sering menyimpan foto di CANON iMAGE GATEWAY, Canon Online Photo Album merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda.

Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat dengan mudah membuat album, menambahkan foto, dan menyimpan gambar langsung melalui aplikasi tanpa harus melalui situs CANON iMage GATEWAY.

Baca juga: Aplikasi Kamera Bokeh Terbaik di Android

Akhir Kata

Itulah deretan aplikasi Canon asli terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi yang telah Sipitek ulas di atas tentunya Anda bisa bekerja lebih produktif ketika mengoperasikan kamera Canon. Jadi, aplikasi yang mana nih yang akan Anda gunakan?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here