Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi editor foto yang bisa kita gunakan di smartphone Android, akan tetapi tak sedikit orang yang lebih memilih menggunakan aplikasi edit foto yang ada di PC.

Pasalnya, selain bisa mengedit dengan lebih leluasa, fitur-fitur yang disematkan di aplikasi editor untuk PC biasanya jauh lebih lengkap daripada aplikasi Android. Akan tetapi karena banyaknya pilihan terkadang membuat kita bingung memilih aplikasi yang tepat.

Nah oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi edit foto PC ringan terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis. Akan tetapi setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda, ada yang cocok untuk pemula ada juga yang disuguhkan khusus untuk editor profesional.

Nah supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah download dan buang-buang kuota.

25 Aplikasi Edit Foto PC Terbaik

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Kurang lengkap rasanya kalau Adobe Photoshop tidak dimasukkan ke dalam daftar aplikasi edit PC terbaik. Yap, aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe ini memang menjadi salah satu aplikasi yang paling umum digunakan oleh para editor foto di seluruh dunia, entah itu editor pemula maupun profesional.

Pasalnya, Adobe Photoshop hadir dengan beragam fitur menarik dan canggih yang dapat memudahkan Anda dalam mengedit foto. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat membuat beragam jenis karya seni, mulai dari ilustrasi, karya seni 3D hingga merancang desain situs web dan aplikasi. Tertarik untuk mencobanya? Silahkan download di sini.

2. Adobe Photoshop Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom

Kalau Anda seorang fotografer dan ingin memoles karya Anda dengan beragam efek yang menarik, Adobe Photoshop Lightroom merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengatur pencahayaan foto, warna, kurva tone, mengubah ukuran rasio, memangkas foto, menambahkan efek, dan lain sebagainya. Salah satu efek yang paling menarik adalah efek Clarity.

Dengan menggunakan efek ini Anda dapat mengatur tekstur dan kelembutan foto dengan mudah, sehingga foto akan tampak lebih artistik dan epik. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di situs resminya.

3. PhotoScape X

PhotoScape X

Lagi nyari aplikasi edit foto PC yang bisa digunakan sepenuhnya secara gratis? PhotoScape X merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. PhotoScape X bisa dibilang merupakan aplikasi lanjutan dari PhotoScape yang sudah sekian lama berhenti dikembangkan.

Meskipun demikian, fitur-fitur yang disematkan di dalam aplikasi ini gak kalah lengkap dengan PhotoShop versi lama. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda menambahkan efek, filter, memotong, membuat kolase foto, membuat GIF, mengambil tangkapan layar, dan lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh MOOI TECH ini punya banyak koleksi bingkai cantik yang bisa Anda gunakan secara gratis, total ada lebih dari 500 bingkai yang bisa Anda gunakan. Mau coba? Unduh aplikasi di sini.

4. Luminar

Luminar

Kalau dilihat dari jumlah penggunanya, aplikasi ini memang tak sepopuler aplikasi sebelumnya. Akan tetapi Luminar menjadi salah satu aplikasi edit foto PC yang mengalami perkembangan cukup pesat jika dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya.

Meskipun berbayar, Anda hanya membayar satu kali saja dan aplikasi ini bisa Anda gunakan sepenuhnya tanpa batasan waktu, berbeda dengan Adobe Photoshop yang harus dibayar setiap bulannya.

Salah satu fitur yang diunggulkan pada aplikasi ini adalah Accent AI, dengan menggunakan fitur ini Anda dapat membuat foto tampak indah hanya dengan sekali klik, fitur ini nantinya akan menyesuaikan foto secara otomatis, termasuk menyesuaikan pencahayaan, tone, warna, dan lain sebagainya. Canggih sekali bukan? Yuk download aplikasinya di sini.

5. Capture One

Capture One

Capture One merupakan aplikasi edit foto PC yang dikembangkan oleh perusahaan pembuat kamera yang bermarkas di Denmark, yaitu Phase One. Kemudahan dan fleksibilitas menjadi salah satu keunggulan dari aplikasi ini.

Pasalnya, tampilan antarmuka dan tata letak Caputer One bisa Anda atur sesuai dengan kenyamanan Anda, bahkan Anda juga bisa memodifikasi pintas keyboard untuk mempercepat pekerjaan.

Aplikasi yang cocok untuk fotografer ini juga hadir dengan sistem layers, dimana pengguna dapat melakukan berbagai penyesuaian di setiap lapisannya, termasuk mengatur efek, warna, dan lain sebagainya. Capture One bisa Anda unduh di laman resminya.

6. GIMP

GIMP

Ingin menggunakan Adobe Photoshop tapi tidak punya biaya untuk membelinya? Tak perlu khawatir, karena GIMP bisa menjadi alternatif terbaik untuk Anda. Aplikasi gratis yang bersifat open-source ini bisa digunakan untuk membuat berbagai macam karya seni, mulai dari desain grafis, fotografi, ilustrasi, dan lain sebagainya.

Akan tetapi GIMP juga sangat cocok untuk Anda yang suka membuat foto manipulasi berkualitas tinggi, pasalnya aplikasi ini dibekali dengan beragam fitur menarik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Menariknya lagi, jika dirasa fitur bawaan GIMP tidak cukup, Anda juga dapat menggunakan ekstensi dan plug-in gratis yang dibuat oleh para pengguna GIMP di seluruh dunia. Anda bisa mengunduh aplikasi GIMP untuk Linux, Windows, dan OS X, di sini.

7. PicMonkey

PicMonkey

PicMonkey merupakan aplikasi serbaguna yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto maupun membuat grafik vektor. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menambahkan efek, filter, dan teks ke dalam foto.

Selain itu PicMonkey juga menyediakan ratusan template yang bisa Anda gunakan secara gratis, mulai dari template brosur, kartu nama, poster, infografik, logo, sampul Facebook, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, aplikasi ini menyediakan fitur kolaborasi, dengan adanya fitur ini Anda bisa berkolaborasi dengan rekan kerja secara real time, Anda juga dapat menambahkan komentar pada file gambar untuk memberikan informasi kepada tim. Silahkan unduh aplikasi PicMonkey di laman resminya.

8. ON1 Photo RAW

ON1 Photo RAW

ON1 Photo RAW merupakan aplikasi edit foto PC terbaik yang kaya akan fitur. Aplikasi ini dirancang untuk para fotografer supaya bisa menyesuaikan hasil karyanya secara langsung di satu aplikasi tanpa harus menggunakan aplikasi lain untuk menikmati fitur-fitur tertentu.

Aplikasi yang dikembangkan oleh ON1 ini juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk Adobe Lightroom dan Photoshop. Pasalnya, hampir semua fitur yang ada di kedua aplikasi tersebut bisa Anda temukan di aplikasi ini.

Ada banyak fitur-fitur canggih yang disematkan di dalam aplikasi ini, mulai dari pemrosesan batch, multi-layer, pemrosesan RAW, efek foto, filter, retouching, masking, blending, dan lain sebagainya.

Tak perlu khawatir jika Anda tak punya biaya untuk membeli Adobe Photoshop atau Lightrom, karena Anda bisa mengunduh aplikasi alternatifnya secara gratis di sini.

9. PaintShop Pro

PaintShop Pro

Gak hanya CorelDRAW, Corel juga punya aplikasi edit foto PC yang dibekali dengan fitur-fitur canggih yaitu PaintShop Pro. Salah satu fitur yang diunggulkan dari aplikasi ini adalah Perfectly Clear 3.5 SE, dimana dengan menggunakan fitur ini anda dapat menyesuaikan foto secara instan dalam sekali klik.

Nantinya fitur tersebut akan secara otomatis mencari dan memperbaiki setiap kekurangan yang ada pada foto tersebut. Selain itu, PaintShop Pro juga dapat mempercepat pekerjaan Anda.

Pasalnya aplikasi ini dibekali dengan fitur Corel AfterShot 3 yang memungkinkan pengguna untuk menerapkan penyesuaian dan menyempurnakan foto dalam sekali klik ke ribuan gambar. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di situs resminya di sini.

10. PicturesToExe Deluxe

PicturesToExe Deluxe

Lagi nyari aplikasi untuk membuat slideshow foto? PictureToExe Deluxe merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Aplikasi yang dikembangkan oleh WnSoft Ltd ini memang disuguhkan untuk pengguna yang ingin membuat slideshow foto berkualitas tinggi dengan cara yang mudah.

Anda bisa menggabungkan foto, video, dan musik untuk dijadikan sebagai slideshow. Selain itu, PicturesToExe juga dilengkapi dengan lebih dari 120 template slideshow dan 120 efek transisi yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Meskipun demikian, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengedit foto seperti halnya aplikasi lain, mulai dari menyesuaikan kecerahan, kontras, rona, saturasi, menambahkan teks, dan lain sebagainya. Silahkan unduh aplikasi PictureToExe Deluxe di situs resminya.

11. ACDSee Photo Studio Ultimate

ACDSee Photo Studio Ultimate

ACDSee Photo Studio Ultimate merupakan aplikasi yang cocok digunakan oleh desainer grafis dan fotografer. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat menuangkan kreatifitas dengan mudah berkat fitur-fitur canggih yang disematkan di dalamnya.

Salah satu fitur menarik dari ACD Systems International Inc ini adanya fitur pengenalan wajah, fitur ini dapat memudahkan Anda mencari seseorang yang ada di dalam foto yang akan diedit.

Selain itu masih banyak fitur-fitur yang disematkan di dalamnya, mulai dari mode hitam & putih, warna LUT, kontras, pintas keyboard yang dapat disesuaikan, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, aplikasi ini juga mendukung gambar RAW. Mau coba? silahkan unduh di sini.

12. PotraitPro

PotraitPro

Lagi nyari aplikasi edit foto PC yang ringan dan mudah digunakan? PotraitPro merupakan aplikasi yang wajib dipertimbangkan. Pasalnya, aplikasi besutan Antropik ini memang dirancang supaya bisa bekerja dengan baik di PC low-end dan bisa digunakan dengan mudah oleh editor pemula.

Meskipun demikian, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur-fitur canggih, mulai dari fitur pendeteksi wajah, penyesuaian foto otomatis, retouching, pengontrol make-up, dan lain sebagainya. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di situs resminya.

13. Inkscape

Inkscape

Inkscape merupakan aplikasi edit foto gratis yang tersedia untuk PC Windows dan Mac. Meskipun gratis aplikasi ini juga hadir dengan fitur yang lengkap, mulai dari fitur untuk membuat objek, memanipulasi objek, dan lain sebagainya.

Selain itu Anda juga dapat mengatur teks sesuai dengan keinginan Anda, termasuk mengatur spasi dan jarak antar huruf, stroke, kerning, dan lain sebagainya. Tertarik untuk mencobanya? Download saja di sini.

14. DxO PhotoLab

DxO PhotoLab

DxO PhotoLab merupakan aplikasi yang cocok untuk para fotografer pemula maupun profesional. Aplikasi ini dirancang untuk membantu para fotografer supaya bisa mengedit foto dengan lebih fleksibel.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari DxO PhotoLab adalah fitur pengoreksi optik, dengan menggunakan fitur ini Anda dapat mengoreksi berbagai kekurangan pada foto hasil jepretan lensa optik yang digunakan.

Selain itu, teknologi denoisasi prime juga disematkan di dalam aplikasi ini, dimana Anda dapat mempertahankan tingkat detail dan warna meskipun mengambil gambar pada kondisi gelap dan ISO yang tinggi. Tertarik? Silahkan download di sini.

15. Affinity Photo

Affinity Photo

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Affinity Photo juga sangat cocok untuk para fotografer. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengedit foto sesuai dengan keinginan, entah itu mengatur Levels, Curves, HSL, Shadow, White Balance, dan lain sebagainya.

Selain itu, Affinity Photo juga hadir tanpa batasan layers bahkan Anda juga dapat menerapkan efek-efek tertentu pada setiap layer-nya. Akan tetapi ini merupakan aplikasi berbayar, namun Anda tetap dapat mencobanya secara gratis dengan memanfaatkan masa uji coba selama beberapa hari. Mau coba Affinity Photo? Silahkan unduh di sini.

16. Photo Director

Photo Director

Photo Director tidak hanya tersedia untuk Android saja, akan tetapi aplikasi besutan CyberLink ini juga tersedia untuk PC Windows. Aplikasi ini hadir dengan beragam fitur menarik yang dapat membantu Anda untuk membuat foto berkualitas tinggi.

Selain itu, Photo Director juga dibekali dengan fitur AI Style Engine yang dapat menganalisis dan mengubah foto menjadi seperti lukisan profesional. Menariknya lagi, fitur untuk mengedit foto 360 derajat juga turut disematkan di dalamnya, termasuk fitur untuk membuat planet 360 derajat, foto panorama 360 derajat, dan lain sebagainya.

Kalau Anda punya banyak koleksi foto 360 derajat, kurang lengkap rasanya kalau belum mengeditnya menggunakan aplikasi Photo Director. Yuk! download di sini.

17. Ashampoo Photo Optimizer

Ashampoo Photo Optimizer

Sesuai dengan namanya, Ashampoo Photo Optimizer merupakan aplikasi edit foto PC terbaik yang dapat membantu para fotografer untuk mengoptimalkan foto hasil jepretannya. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengubah dan menyempurnakan foto hanya dengan sekali klik saja.

Aplikasi ini nantinya akan secara otomatis mendeteksi dan menyempurnakan warna yang kusam, suhu warna, kontras, dan lain sebagainya hingga foto tampak menjadi lebih menarik. Keren sekali bukan? Yuk unduh aplikasinya di sini.

18. Artweaver

Artweaver

Lagi nyari aplikasi yang bisa digunakan untuk menuangkan hobi melukis? Artweaver merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi ini memang dirancang untuk orang-orang yang hobi melukis.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Boris Eyrich Software ini menyediakan banyak koleksi kuas yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan keinginan.

Selain itu Artweaver juga hadir dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga Anda tak perlu khawatir kesulitan ketika pertama kali menggunakannya. Anda dapat mengunduh aplikasi Artweaver secara gratis di sini.

19. Photo Pos Pro

Photo Pos Pro

Photo Pos Pro merupakan salah satu aplikasi edit foto PC yang cukup populer di seluruh dunia, aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis, namun di dalamnya ada juga beberapa fitur berbayar.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menghapus atau mengganti latar belakang foto, menghapus objek yang mengganggu, menambahkan bingkai, membuat kolase foto, menambahkan teks, menambahkan efek, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Photo Pos Pro juga mendukung beragam jenis file gambar termasuk file RAW. Anda dapat mengunduh aplikasi Photo Pos Pro di situs resminya.

20. Vintager

Vintager

Kalau Anda mencari aplikasi yang hanya menyediakan fitur-fitur standar saja, Vintager merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat memotong foto, mengubah ukuran, mengatur rotasi, memisahkan bagian foto, menerapkan efek dan filter, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, aplikasi yang dikembangkan oleh EXEONE ini bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis tanpa biaya sepeser pun. Tertarik untuk mencobanya? Yuk download di sini.

21. IrfanView

IrfanView

Sama seperti aplikasi sebelumnya, IrfanView juga hadir dengan fitur-fitur dasar saja, akan tetapi aplikasi ini lebih ringan dari aplikasi sebelumnya, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 4 MB lho.

Meskipun demikian, fitur dasar edit foto yang disematkan di dalam aplikasi ini juga cukup lengkap, seperti fitur pemotong foto, fitur untuk menambahkan teks, efek, konversi batch, dan lain sebagainya. Aplikasi IrfanView bisa Anda download di situs resminya.

22. PhoXo

PhoXo

Aplikasi sebelumnya terlalu sederhana? Phoxo mungkin bisa menjadi alternatif terbaik untuk Anda. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga hanya menyediakan fitur-fitur dasar saja.

Dengan menggunakan aplikasi PhoXo, Anda bisa menerapkan lebih dari 50 efek, memotong foto, retouching, menambahkan teks, menambahkan bingkai, dan lain sebagainya. Meskipun demikian aplikasi ini juga juga sangat ringan, ukurannya hanya sekitar 5 MB saja. Anda bisa langsung mengunduhnya secara gratis di sini.

23. Canva

Canva

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Canva merupakan aplikasi desain grafis berbasis situs yang bisa Anda gunakan secara langsung tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu di perangkat komputer. Melalui situs ini Anda dapat membuat beragam jenis desain grafis dengan mudah berkat adanya ribuan template yang telah disediakan.

Mulai dari template desain untuk media sosial, dokumen, kartu ulang tahun, kolase foto, logo, poster, kartu nama, kartu undangan pernikahan, desain iklan, dan lain sebagainya. Akan tetapi Anda juga tetap bisa membuatnya secara manual menggunakan elemen-elemen yang telah disediakan.

24. Pixlr Editor

Pixlr Editor

Kalau situs yang sebelumnya dibuat khusus untuk pengguna yang ingin membuat karya desain grafis, nah kalau Pixlr Editor dibuat untuk Anda yang ingin mengedit foto.

Tak perlu ribet memasang aplikasi di PC, cukup kunjungi situs Pixlr Editor, Anda bisa langsung memotong foto, menambahkan filter, menambahkan gradasi warna, menambahkan teks, dan lain sebagainya.

25. Fotor

Fotor

Aplikasi edit foto PC terbaik yang terakhir pilihan Sipitek adalah Fotor. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Fotor merupakan aplikasi berbasis situs yang telah digunakan oleh lebih dari 300 juta pengguna.

Akan tetapi aplikasi ini punya fitur yang lebih lengkap, mulai dari fitur untuk membuat foto kolase, fitur untuk menambahkan teks dan stiker, pemotong foto, fitur untuk mengatur rotasi, dan lain sebagainya.

Itulah deretan aplikasi edit foto PC ringan terbaik yang cocok untuk editor pemula maupun profesional. Setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda, semoga ulasan di atas bisa memudahkan Anda dalam memilih aplikasi yang tepat. Jadi aplikasi mana yang akan Anda gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here