Bagi kamu yang punya banyak koleksi foto dengan angel yang bagus tapi background dari foto tersebut terlihat jelek atau terlalu monoton kamu tak perlu menghapus foto tersebut.

Pasalnya dengan menggunakan aplikasi edit background foto yang akan Sipitek ulas kali ini kamu bisa mengubahnya dengan gambar apapun sesuai keinginan, entah itu menggantinya dengan gambar pemandangan kota seperti Paris, warna polos, atau membuatnya menjadi transfaran.

Dengan bantuan aplikasi ini tentunya kamu juga tak perlu menggunakan perangkat komputer untuk mengedit background foto, hanya bermodalkan smartphone Android saja kamu sudah bisa melakukannya.

Bahkan dari beberapa aplikasi edit foto background yang ada di artikel ini ada juga yang bisa mengeditnya secara otomatis lho, sehingga kamu tak perlu ribet melakukannya secara manual.

Akan tetapi, tentunya setiap aplikasi menawarkan fitur yang berbeda-beda. Nah biar kamu bisa memilih aplikasi edit background foto yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu, yuk simak dulu semua ulasannya.

15 Aplikasi Edit Background Foto Terbaik di Android

1. LightX

lightx

LightX merupakan aplikasi untuk edit background foto yang menawarkan beragam fitur. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menghilangkan background dengan sempurna, tanpa bekas sedikitpun.

Pasalnya, LightX menyediakan beberapa fitur penghapus background seperti Lasso Tool untuk mengenali area background yang sama, smart erase untuk menghilangkan background secara otomatis, dan fitur untuk mengontrol kehalusan kuas untuk mendapatkan pemotongan yang sempurna.

Selain menyediakan fitur untuk mengedit background foto, LightX juga menyediakan fitur editing lain seperti fitur untuk mengatur saturasi foto, kontras, eksposure, hue, highlight, dan sebagainya.

Bahkan melalui aplikasi besutan Andor Communication ini kamu juga bisa menggabungkan beberapa foto menjadi satu, sehingga kamu tak perlu menggunakan aplikasi penggabung foto secara terpisah.

2. Background Eraser

Background Eraser

Sesuai dengan namanya, Background Eraser merupakan aplikasi Android yang bisa kamu gunakan untuk menghapus background foto menjadi transfaran.

Aplikasi yang diusung oleh handyCloset ini menyuguhkan beragam fitur yang dapat memudahkan para penggunanya ketika mengedit background foto mereka.

Cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah, ada dua mode yang bisa kamu gunakan untuk menghapus background foto menggunakan aplikasi Background Eraser.

Yang pertama adalah mode otomatis, mode ini akan secara otomatis menghapus background foto dengan mendeteksi piksel yang sama dari foto tersebut.

Yang kedua mode ekstrak, dengan menggunakan mode ini kamu bisa menghapus sendiri bagian tertentu pada latar belakang foto.

Setelah background foto berhasil dihilangkan, kamu bisa dengan bebas menempelkan foto hasil pemotongan ke dalam background yang lain sesuai keinginan.

3. PhotoLayers

PhotoLayers

Kalau aplikasi sebelumnya hanya bisa digunakan untuk menghapus background saja, nah kalau PhotoLayers selain bisa menghapus background menjadi transfaran kamu juga bisa langsung mengubah background foto dengan gambar yang lain.

Tidak hanya satu foto saja, kamu bisa menggunakan hingga 11 background sekaligus secara bersamaan untuk menciptakan montase foto.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga menyediakan fitur untuk mengubah rona warna untuk membuat pewarnaan foto menjadi tampak lebih menarik.

4. Simple Background Changer

Simple Background Changer

Nyari aplikasi edit background foto yang sederhana dan mudah digunakan? Simple Backgournd Changer merupakan aplikasi yang wajib kamu pertimbangkan.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang lebih mengutamakan kemudahan dan kesederhanaan dalam penggunaannya.

Untuk menghapus background menggunakan Simple Background Changer kamu hanya tinggal menyentuh bagian-bagian yang ingin dihapus secara manual.

Tak perlu khawatir foto hasil pemotongan tidak sempurna karena aplikasi ini juga menyediakan fitur kaca pembesar, zoom in dan zoom out, undo dan redo, dan beberapa fitur yang lainnya.

Setelah background foto berhasil dihapus kamu bisa langsung menggantinya dengan background yang tersimpan di galeri smartphone.

Tak punya background yang bagus? tak perlu khawatir, karena Simple Background Changer juga menyediakan banyak koleksi gambar latar belakang berkualitas HD yang bisa digunakan secara gratis.

Baca juga: Aplikasi Wallpaper Terbaik dan Paling Keren di Android

5. Auto Photo Cut Paste

Auto Photo Cut Paste

Auto Photo Cut Paste merupakan aplikasi edit background foto yang cocok buat kamu yang gak mau ribet, karena dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menghapus background foto secara otomatis menggunakan fitur auto eraser.

Namun jika kamu ingin menghapus background foto pada bagian-bagian tertentu saja, kamu juga bisa menggunakan fitur manual erase.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, dengan menggunakan Auto Photo Cut Paste kamu juga bisa langsung mengganti background menggunakan foto dari galeri atau gambar HD yang telah disediakan di dalam aplikasi ini.

6. Background Remover Pro

Background Remover Pro

Background Remover Pro menawarkan dua metode penghapusan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Yaitu mode otomatis untuk menghapus background secara otomatis, dimana tugas kamu hanya menyentuh bagian latar belakang foto saja, dan nantinya semua bagian tersebut akan terhapus secara otomatis.

Dan yang kedua adalah mode manual, dimana tugas kamu adalah menyentuh bagian tertentu pada gambar yang ingin dihapus.

Kamu juga bisa menghapus background secara manual dengan rapi, karena Auto Background Changer juga menyediakan fitur zoom untuk memudahkan proses penghapusan.

Background foto yang telah dihapus bisa langsung diganti melalui Auto Background Changer, entah itu menggunakan gambar dari galeri maupun yang telah disediakan di aplikasi ini.

7. Auto Background Changer (SnapTools)

Auto Background Changer Snaptools

Sesuai dengan namanya, Auto Background Changer memungkinkan pengguna untuk mengubah foto latar belakang secara otomatis.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengubah background dengan gambar pemandangan atau warna polos sebagai latar belakang foto.

Menariknya lagi, aplikasi besutan SnapTools ini bisa kamu gunakan sepenuhnya secara gratis, karena memang aplikasi ini tidak menyediakan fitur berbayar.

8. Magicut

magicut

Meskipun jumlah penggunanya tidak sebanyak seperti aplikasi sebelumnya, namun Magicut berhasil membuat para penggunanya puas dengan fitur yang disuguhkan di dalamnya, terbukti aplikasi ini berhasil mendapatkan rating 4,7 di Play Store.

Dengan menggunakan Magicut kamu bisa memotong dan menempelkan objek foto secara otomatis berkat fitur canggih pendeteksi objek foto yang disematkan di dalam aplikasi ini.

Setelah objek pada foto tersebut berhasil dipotong kamu bisa langsung memindahkannya ke dalam gambar latar belakang yang lain, bahkan aplikasi ini juga memungkinkan pengguna mengedit fotonya untuk bersanding dengan artis favoritnya lho.

9. Background Eraser and Remover

Background Eraser and Remover

Kalau kamu lagi nyari aplikasi edit background foto yang ringan Background Eraser and Remover merupakan aplikasi yang wajib kamu pertimbangkan.

Pasalnya, aplikasi yang diusung oleh Md Mahmudur Rahman ini memang sangat ringan, ukurannya saja tidak lebih dari 4 Mb lho.

Meskipun demikian, Background Eraser and Remover juga dapat menghapus latar belakang foto secara efektif, bahkan kamu juga bisa menyimpan foto hasil edit ke dalam format Png maupun Jpg.

10. Auto Background Changer

Auto Background Changer

Sesuai dengan namanya, Auto Background Changer menawarkan fitur untuk menghapus latar belakang foto secara otomatis dan manual.

Untuk menghapus background menggunakan mode otomatis, kamu hanya tinggal menyentuh bagian gambar yang ingin dihapus saja nantinya aplikasi ini akan secara otomatis menghapus bagian yang lain menyesuaikan dengan warna, tekstur, dan objek yang dihapus.

Sedangkan untuk mode manual, kamu perlu menghapus sendiri bagian background yang ingin dihapus dengan cara menggosok bagian tersebut menggunakan jari.

Dengan menggunakan aplikasi Auto Background Color kamu juga tak perlu khawatir salah edit, karena aplikasi ini menyediakan fitur redo.

11. TouchRetouch

TouchRetouch

Aplikasi edit background foto selanjutnya yang bisa kamu gunakan di Android adalah TouchRetouch. Dengan menggunakan aplikasi besutan ADVA Soft ini kamu bisa menghapus objek pada background yang tidak diperlukan, tentunya dengan hasil yang rapi dan tanpa bekas.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menghilangkan noda hitam atau jerawat pada kulit wajah maupun bagian tubuh yang lainnya.

12. Photo Background

Photo Background

Photo Background merupakan aplikasi yang tepat untuk kamu yang ingin mengubah background foto dengan foto pemandangan dari kota-kota terkenal di seluruh dunia, seperti Paris, Taj Mahal atau yang lainnya.

Pasalnya, Photo Background menyediakan beragam koleksi background yang bisa kamu gunakan secara gratis, bahkan developer aplikasi ini juga secara rutin menambahkan foto terbarunya.

13. Change Photo Background (App Basic)

Change photo background

Change Photo Backgrournd (App Basic) merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengubah background dengan foto yang lain secara mudah dan cepat.

Kamu dapat berimajinasi dan bersenang-senang menghapus maupun mengubah latar belakang foto menjadi gambar pemandangan yang indah dari kota-kota terkenal di dunia.

Selain bisa digunakan untuk mengedit background, Change Photo Background juga menyedikan efek visual seperti sepia, hitam putih, dan saturate.

14. Change Photo Background (ZaraDesigns)

Change Photo Background zaradesigns

Change Photo Background merupakan aplikasi edit background foto yang cukup canggih dan memudahkan pengguna dalam mengubah latar belakang foto.

Pasalnya, aplikasi besutan ZaraDesigns ini dilengkapi dengan teknologi AI untuk menghapus background berdasarkan warna dari foto tersebut.

Dengan menggunakan Change Photo Background kamu bisa menghapus semua bagian latar belakang foto atau hanya pada bagian-bagian tertentu saja, kamu juga bisa menghapusnya secara manual maupun otomatis.

Tidak hanya itu saja, Change Photo Background menyediakan gambar latar belakang berkualitas HD yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk dijadikan sebagai latar belakang foto.

15. Change Photo Background (simo & sofou)

Change Photo Background simo sofou

Aplikasi edit background foto terbaik yang terakhir versi Sipitek adalah bernama Change Photo Background yang diusung oleh Simo & Sofou. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengganti latar belakang dengan gambar lain sesuai keinginan.

Selain itu, Change Photo Background juga menyediakan fitur untuk menambahkan teks di bagian latar belakang foto dengan beragam pilihan warna.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya tinggal memotong dan menempelkan foto ke dalam gambar latar belakang yang lain, dan foto bisa langsung di simpan.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Lucu dan Unik Untuk Mengubah Muka Jadi Kocak

Akhir Kata

Itulah deretan aplikasi edit background foto terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis di smartphone Android.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi di atas, kamu tidak perlu lagi menggunakan perangkat komputer untuk menghapus latar belakang foto. Aplikasi mana yang akan kamu pakai?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here