Drum merupakan salah satu alat musik yang cukup populer jika dibandingkan alat musik yang lainnya, hampir semua genre musik ada instrumen drum yang mengiringinya.

Oleh karena itu tak sedikit orang yang tertarik untuk mempelajarinya, namun karena harga satu set drum yang tak murah biasanya orang mencari solusinya dengan berbagai cara supaya tetap bisa memainkannya, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi drum.

Dengan menggunakan aplikasi yang akan Sipitek ulas kali ini, kita tidak perlu membeli drum yang harganya mahal, karena permainan drum bisa Anda nikmati di smartphone, bahkan Anda juga bisa memainkannya kapan saja dan di mana saja secara gratis.

Akan tetapi, setiap aplikasi atau game drum tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda, nah supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya biar nggak salah pilih.

15 Aplikasi Drum Terbaik di Android

1. Real Drum

Real Drum

Dari semua aplikasi yang ada di Play Store, Real Drum merupakan salah satu aplikasi yang paling populer. Pasalnya, aplikasi yang diusung oleh Kolb Apps ini tercatat telah diunduh oleh lebih dari 50 juta kali di Play Store.

Tidak heran jika banyak orang yang menyukai aplikasi ini, mengingat Real Drum memang menawarkan fitur yang cukup lengkap. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa memainkannya dengan mudah, tugas Anda hanyalah mengetukkan jari ke bantalan drum yang ingin dibunyikan saja.

Tidak hanya itu saja, suara drum yang ada di aplikasi ini juga disuguhkan dalam kualitas high-fidelity. Menariknya lagi, Anda juga bisa merekam permainan drum Anda untuk disimpan menjadi file MP3.

2. Walk Band

Walk Band

Berbeda dengan aplikasi yang lainnya, Walk Band tidak hanya menyediakan drum saja, akan tetapi dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa memainkan beragam alat musik lain, diantaranya seperti gitar, bass, drum kit, piano, dan sebagainya.

Selain itu, Walk Band juga menyediakan fitur Multitrack Synthesizer, dimana dengan menggunakan fitur ini Anda bisa menggabungkan trek yang berbeda menjadi satu trek. Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk mengonversi file MIDI menjadi format MP3.

Aplikasi besutan Revontulet Soft Inc ini juga hadir dengan lima jenis drum, mulai dari jazz, rock, perkusi, dance, hingga Hip Hop. Jika Anda mencari aplikasi drum yang punya banyak fitur, Walk Band merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan.

3. Drum Set

Drum Set

Drum Set merupakan game drum simulator gratis yang menyuguhkan beragam jenis drum kit elektrik seperti drum rock, jazz, dance, ethnic, dan lain sebagainya. Di dalam game ini, Anda akan ditantang untuk menjaga tempo musik supaya mendapatkan skor yang tinggi.

Tidak hanya itu saja, game yang diusung oleh Gismart ini juga dilengkapi dengan berbagai genre musik yang siap untuk mengiringi permainan drum Anda. Menariknya lagi, game ini juga menyediakan mode SOLO, dimana dalam mode ini Anda dapat menikmati jamming dan freestyling dengan suara Hi-Fi berkualitas tinggi dan grafis yang cukup realistis.

4. Drum Pad Machine

Drum Pad Machine

Berbeda dengan aplikasi drum yang lainnya, aplikasi ini menyajikan drum dalam versi pad. Namun aplikasi yang diusung oleh Easybrain ini juga memiliki cara kerja yang sama saja, dimana Anda dapat menciptakan beat drum hanya dengan beberapa kali sentuhan saja.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini sangat cocok digunakan untuk membuat suara drum untuk musik DJ, akan tetapi Drum Pad Machine juga bisa digunakan untuk membuat musik lain seperti Trapp, Dubstep, EDM, House, Electro, Trap dubstep dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Drum Pad Machine juga menyediakan beragam tema yang cukup berwarna yang bisa dipilih secara gratis, sehingga permainan juga lebih asik dan tak membosankan.

5. Simple Drums Rock

Simple Drums Rock

Simple Drum Rock merupakan aplikasi drum terbaik yang bisa digunakan di smartphone Android secara gratis. Aplikasi ini hadir dengan grafis yang cukup realistis sehingga permainan drum juga tampak lebih nyata.

Aplikasi yang dikembangkan oleh TPVapps ini juga dilengkapi dengan 40 tempo trek yang bisa dimainkan secara bersamaan dengan file MP3 yang ada di smartphone, sehingga Anda juga bisa mengiringi musik favorit dengan permainan drum Anda menggunakan aplikasi ini.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang sudah mendukung multi-touch ini juga punya fitur Mixer, dimana Anda bisa menyesuaikan volume master, drum, hihat, simbal, dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan Anda untuk mendapatkan suara terbaik.

6. Drum Kit

Drum Kit

Ingin memainkan alat musik drum tapi tak punya biaya untuk membelinya? cobalah untuk menggunakan aplikasi Drum Kit. Pasalnya, aplikasi besutan GamesForRest ini menawarkan drum simulator dengan suara berkualitas tinggi yang bisa Anda mainkan kapan saja dan dimana saja.

Selain itu, Drum Kit juga diklaim memiliki respon delay yang minim dan sangat responsif, sehingga ketika Anda mengetuk drum suaranya akan langsung terdengar. Menariknya lagi Anda juga bisa memutar file audio Anda sendiri sebagai pengiring permainan drum Anda.

7. Drum Solo HD

Drum Solo HD

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi drum yang mendukung multitouch ini juga sangat responsif. Ketika Anda mengetukkan jari, suara drum akan langsung terdengar saat itu juga. Hanya saja, dengan menggunakan aplikasi besutan Batalsoft ini Anda juga bisa merekam permainan drum.

Drum Solo HD juga menyediakan efek reverb yang dapat mensimulasikan suara live performance. Selain itu, Anda juga dapat menyentuh drum hingga 20 jari sekaligus secara bersamaan untuk mendapatkan suara drum yang memukau.

Menariknya lagi, Drum Solo HD juga menyediakan empat jenis suara drum dengan genre yang berbeda-beda yaitu Jazz, klasik rock, heavy metal, dan synthesizer.

8. Simple Drum Basic

Simple Drum Basic

Sesuai dengan namanya, Simple Drum Basic hadir dengan tampilan yang cukup sederhana dan mudah digunakan. Akan tetapi, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini menawarkan fitur yang cukup lengkap.

Dengan menggunakan aplikasi Simple Drum Basic, Anda bisa mengatur sendiri volume suara drum sesuai dengan keinginan untuk mendapatkan pengalaman suara terbaik menggunakan fitur mixer canggih yang telah disematkan di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, Simple Drum Basic juga memiliki 6 set drum yang berbeda-beda dan 25 suara perkusi yang cukup realistis. Menariknya lagi, aplikasi besutan TPVapps ini juga dilengkapi dengan efek animasi yang dapat membuat permainan drum Anda menjadi lebih asyik.

9. Classic Drum

Classic Drum

Diklaim sebagai aplikasi drum vintage terbaik dan terlengkap di Play Store. Tidak hanya bisa dijadikan sebagai alat simulasi drum saja, akan tetapi dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa mengasah kemampuan permainan drum Anda, pasalnya Classic Drum menyediakan 60 pembelajaran yang berkaitan tentang drum.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang cukup ringan dan mudah digunakan ini juga menyediakan fitur untuk mengekspor rekaman Anda menjadi file MP3, sehingga Anda juga bisa menyaksikannya kembali dimana saja dan kapan saja.

10. Simple Drums

Simple Drums

Sesuai dengan namanya, Simple Drums hadir dengan mengutamakan kesederhanaan dan kemudahan. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini menawarkan 8 buah drum set yang berbeda-beda yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Selain itu, aplikasi yang hadir dengan grafis yang cukup realistis ini juga menyediakan 24 suara perkusi asli dan 40 backing track yang bisa digunakan untuk mengiringi permainan drum Anda.

11. Simple Drums Pro

Simple Drums Pro

Nyari aplikasi drum yang menyediakan fitur yang lengkap? Simple Drums Pro merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. Pasalnya, aplikasi yang diusung oleh TPVapps ini hadir dengan 4 set drum yang berbeda-beda yaitu metal, rock, hip hop, dan jazz.

Selain itu, Simple Drums Pro juga menyediakan 38 jenis suara perkusi yang realistis serta audio berkualitas tinggi yang dapat memberikan pengalaman permainan drum Anda menjadi lebih nyata.

Menariknya lagi, Anda juga bisa memodifikasi dan mengganti simbal dengan 9 jenis simbal yang berbeda seperti 4 x crash, 3x splash, ride, dan lain sebagainya.

12. Drum Solo Legend

Drum Solo Legend

Drum Solo Legend hadir dengan suara drum virtual dengan suara stereo berkualitas tinggi dan cuku realistis. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa menggunakan file MP3 yang ada di smartphone untuk dijadikan sebagai pengiring permainan drum Anda.

Selain itu, Drum Solo Legend juga menyediakan fitur perekam suara ketukan drum untuk disimpan ke dalam file MP3. Menariknya lagi, aplikasi drum yang satu ini juga sudah mendukung multitouch, dimana Anda bisa menyentuh drum secara bersamaan hingga 20 jari sekaligus untuk menghasilkan kombinasi suara drum yang menakjubkan.

13. Drum Kendang Koplo

Drum Kendang Koplo

Sesuai dengan namanya, Drum Kendang Koplo merupakan aplikasi drum yang cocok digunakan untuk Anda yang ingin mengiringi lagu dangdut koplo. Tak hanya drum saja, akan tetapi aplikasi ini juga hadir dengan kendang yang dapat menghasilkan irama yang indah.

Meskipun demikian, aplikasi yang dikembangkan oleh developer asal Indonesia ini juga tetap bisa digunakan untuk mengiringi musik lain, seperti pop, rock, metal, dan lain sebagainya.

14. Drum Solo: Rock!

Drum Solo rock

Drum Solo merupakan aplikasi drum terbaik yang menawarkan fitur yang cukup lengkap. Aplikasi yang telah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna ini hadir dengan suara drum berkualitas tinggi.

Kalau dilihat dari namanya, mungkin Anda akan menganggap kalau aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mengiringi musik Rock saja. Akan tetapi, aplikasi drum yang cukup reponsif ini juga menyediakan 5 paket audio untuk genre musik yang berbeda-beda, mulai dari klasik rock, modern rock, heavy metal, jazz, dan synthesizer.

15. Modern A Drum Kit

modern a drum kit

Aplikasi yang diusung oleh LIPERIM ini memang tidak sepopuler seperti aplikasi sebelumnya, akan tetapi jika Anda mencari aplikasi drum yang bisa menghasilkan suara berkualitas tinggi, Modern A Drum Kit juga wajib Anda coba.

Pasalnya, aplikasi yang diklaim dapat menghasilkan suara drum sebening kristal ini menyediakan mixer multi-band yang dapat digunakan untuk mengontrol volume pada setiap saluran.

Baca juga: Aplikasi Stem Gitar Terbaik dan Paling Akurat di Android

Itulah deretan aplikasi drum terbaik dan paling responsif yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android. Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi yang ada di atas, sekarang Anda bisa memainkan drum kapan saja dan dimana saja tanpa harus membeli satu set drum yang mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here