aplikasi penunjuk arah kiblat

Ketika kita berkunjung ke suatu tempat yang jarang kita kunjungi, misalnya rumah teman atau kerabat terkadang kita kebingungan menentukan arah kiblat.

Kalau ada teman atau orang lain yang biasa sholat di tempat tersebut tentunya Anda bisa menanyakan langsung kepada mereka arah kiblat yang benar.

Namun bagaimana jadinya jika Anda sedang ditinggal sendirian atau tidak ada orang lain di tempat tersebut?

Rasa bingung dan khawatir salah arah kiblat mungkin akan terlintas dipikiran Anda.

Namun mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena sudah banyak aplikasi penunjuk arah kiblat yang bisa kita gunakan di smartphone Android.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi yang akan Sipitek ulas ini Anda tidak perlu khawatir salah arah kiblat, karena aplikasi ini memang dapat menunjukkan arah kiblat secara akurat.

Selain mampu menunjukkan arah kiblat, masing-masing aplikasi juga menawarkan fitur tambahan yang berbeda-beda.

Nah supaya Anda bisa memilih aplikasi arah kiblat yang sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya.

10 Aplikasi Penunjuk Arah Kiblat untuk Android

1. Muslim Pro

muslim pro

Bagi Anda yang terbiasa memanfaatkan teknologi untuk membantu aktivitas beribadah menjadi produktif, pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

Yap, Muslim Pro merupakan aplikasi yang telah diunduh oleh lebih ari 50 juta umat muslim dari seluruh dunia.

Selain dilengkapi dengan fitur penunjuk arah kiblat, Muslim Pro juga punya beberapa fitur menarik yang dapat membuat ibadah Anda menjadi lebih produktif.

Diantarnaya yaitu adanya fitur Al-Qur’an, tasbih digital, 99 nama Allah SWT, waktu sholat, adzan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut tentunya aktivitas ibadah Anda bisa menjadi tepat waktu.

Terutama fitur pemberitahuan waktu sholat, fitur ini akan secara otomatis mengumandangkan adzan ketika waktu sholat tiba.

2. Qibla Connect Find Direction

Qibla Connect Find Direction

Nyari aplikasi penunjuk arah kiblat sholat yang akurat? Qibla Connect Find Direction bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Aplikasi besutan Quran Reading ini memang diklaim mampu menunjukkan arah kiblat secara tepat dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Tidak hanya itu saja, Qibla Connect Find Direction juga dapat menghitung jarak dari tempat Anda ke kiblat lho.

Menariknya lagi, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini secara offline dimana saja dan kapan saja tanpa harus terhubung ke internet.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Qibla Connect Find Direction juga punya beberapa fitur tambahan seperti pemberitahuan waktu sholat melalui suara adzan, Al-Qura’an, dan lain sebagainya.

3. Muslim Ummah

muslim ummah

Muslim Ummah merupakan aplikasi penunjuk arah kiblat yang hampir mirip dengan Muslim Pro.

Hanya saja aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali ini menyediakan lebih banyak fitur.

Selain punya fitur penunjuk arah kiblat yang didesain dengan tampilan yang sederhana, Muslim Ummah juga menyediakan beberapa fitur yang cukup menarik.

Diantaranya adalah tersedianya fitur Al-Qur’an yang dilengkapi dengan terjemahan dan audio, jadwal sholat, adzan, dan lain sebagainya.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur komunitas yang bisa Anda gunakan untuk berbagi informasi seputar ibadah dengan umat muslim yang ada di seluruh dunia.

Tidak hanya itu saja, Muslim Ummah juga menyediakan beragam artikel menarik seputar ibadah.

4. Qibla (Qibla Direction & Prayer Times)

Qibla Direction & Prayer Times

Berbeda dengan aplikasi yang lain, Qibla menyediakan penunjuk arah kiblat yang dapat digunakan dengan tiga metode, yaitu menggunakan kompas, peta, dan matahari atau bulan.

Metode penunjuk arah kiblat menggunakan arah matahari dan bulan bisa menjadi pilihan alternatif untuk smartphone yang belum mendukung fitur kompas dan GPS.

Selain itu, dengan menggunakan Qibla Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar waktu sholat, waktu matahari terbit dan terbenam, sejarah kalender hijriah dan fase bulan, serta informasi menarik lainnya.

5. Jadwal Sholat & Kompas Kiblat

Jadwal Sholat dan Kompas Qibla

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang diusung oleh GITS Indonesia ini hanya menyediakan fitur jadwal sholat dan kompas kiblat saja.

Meskipun fitur yang disematkan di dalamnya tidak selengkap seperti aplikasi sebelumnya, jika Anda hanya membutuhkan penunjuk arah kiblat saja, aplikasi ini juga wajib dipertimbangkan.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuannya dalam mendeteksi waktu sholat berdasarkan lokasi pengguna.

Dengan adanya fitur ini Anda akan mendapatkan notifikasi waktu sholat melalui suara adzan secara tepat dan akurat.

Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunuh oleh lebih dari 1 juta kali ini juga punya tampilan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.

6. Qibla Compass (AppSourceHub)

Qibla Compass AppSourceHub

Qibla Compass merupakan aplikasi 3 in 1 yang punya fitur kompas kiblat, waktu sholat, dan kalender hijriyah.

Aplikasi yang diusung oleh AppSourceHub ini dapat membantu Anda untuk menentukan arah kiblat secara akurat dimana saja dan kapan saja secara offline maupun online.

Selain itu, Qibla Compass juga punya 15 tema kompas dengan desain yang berbeda-beda dan bisa Anda pilih sesuai keinginan.

Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali ini juga punya fitur penghitung tasbih lho.

7. Qibla Direction and Location

Qibla Direction and Location

Nyari aplikasi penunjuk arah kiblat yang ringan? cobalah untuk menggunakan Qibla Direction and Location.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tidak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu.

Pasalnya, aplikasi ini memang sangat ringan dan ukurannya saja tidak lebih dari 4 MB lho.

Qibla Direction and Location dapat menunjukkan arah kiblat sholat dengan beberapa metode, yaitu menggunakan Google Maps dan aplikasi kompas bawaan smartphone.

Namun metode yang dijamin 100% akurat adalah menggunakan Google Maps.

Dengan menggunakan metode ini Anda akan melihat sebuah garis di dalam peta yang mengarah dari tempat Anda menuju ke arah Ka’bah.

8. Qibla Compass (Naaz Apps)

Qibla Compass naaz apps

Nyari aplikasi yang hanya menyediakan fitur penunjuk arah kiblat saja tidak mau ada fitur yang lain? Qibla Compass bisa menjadi pilihan Anda.

Yap, sesuai dengan namanya, aplikasi yang diusung oleh Naaz Apps ini memang tidak menyediakan fitur lain selain kompas kiblat.

Meskipun sederhana, aplikasi ini juga layak untuk Anda coba.

Pasalnya, Qibla Compass bisa Anda gunakan untuk menentukan arah kiblat secara akurat di mana saja dan kapan saja, bahkan Anda juga bisa menggunakannya secara offline.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga mampu mendeteksi lokasi Anda secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu ribet menentukannya secara manual.

9. Qibla Locator

Qibla Locator

Aplikasi penunjuk arah kiblat selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah Qibla Locator.

Aplikasi yang dikembangkan oleh SoulAppsWorld Tech ini tidak hanya menyediakan fitur penunjuk arah kiblat saja.

Akan tetapi aplikasi ini juga dilengkapi dengan beragam fitur menarik seperti pemberitahuan waktu sholat melalui suara adzan, kalender hijriyah, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, selain bisa digunakan secara offline, Qibla Locator juga menyediakan 15 tema kompas kiblat yang bisa Anda pilih sesuai selera.

10. Qibla Finder

Qibla Finder

Aplikasi yang terakhir yang Sipitek rekomendasikan adalah Qibla Finder.

Qibla Finder merupakan aplikasi yang cukup pintar, aplikasi ini dapat membantu umat muslim menentukan arah kiblat secara akurat.

Aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi lokasi Anda dan kompas kiblat akan otomatis mengarahkan Anda ke arah kiblat atau Ka’bah.

Menariknya lagi, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga dapat mengetahui jarak dari lokasi Anda ke Ka’bah dalam satuan kilometer.

Selain punya fitur penunjuk arah kiblat, Qibla Finder juga punya fitur jadwal waktu sholat.

Kesimpulan

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi di atas sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir salah arah ketika melaksanakan sholat di tempat lain yang jarang dikunjungi.

Beberapa aplikasi di atas juga bisa membantu Anda untuk menjadi lebih produktif dalam melaksanakan ibadah.

Itulah deretan aplikasi penunjuk arah kiblat terbaik di Android yang berhasil Sipitek rangkum. Jadi, aplikasi mana yang akan Anda gunakan?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here