aplikasi adzan

Sholat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap umat muslim.

Akan tetapi karena terlalu fokus pada kegiatan atau pekerjaan sehari-hari yang begitu padat, terkadang membuat umat muslim lupa melaksanakan sholat.

Salah satu penyebabnya bisa jadi karena kumandang adzan tidak terdengar ke tempat dimana kita berada.

Terlebih jika Anda berkunjung ke lokasi yang memang jauh dari masjid, misalnya saja seperti pegunungan, atau yang lainnya.

Kalau Anda sering lupa atau ketinggalan waktu sholat, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir.

Karena sekarang ini sudah banyak aplikasi adzan yang dapat mengingatkan Anda ketika waktu sholat tiba.

Seperti halnya alarm, aplikasi ini akan mengumandangkan suara adzan secara otomatis di smartphone Anda.

Nah oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi adzan pengingat waktu sholat otomatis terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android.

Sebagian besar aplikasi yang ada di sini bisa Anda gunakan secara offline, namun tentunya masing-masing aplikasi menawarkan fitur tambahan yang berbeda-beda.

Supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, yuk simak dulu semua ulasannya.

15 Aplikasi Adzan Terbaik untuk Android

1. Muslim Pro

muslim pro

Telah digunakan oleh lebih dari 50 juta umat muslim dari seluruh dunia, Muslim Pro merupakan aplikasi pertama yang Sipitek rekomendasikan.

Aplikasi yang mendapatkan rating 4,7 di Play Store ini dapat memberitahu penggunanya jika waktu sholat tiba entah itu melalui visual maupun audio.

Selain itu, Muslim Pro juga menyediakan beberapa suara muadzin ternama dengan keindahan lantunan suara yang berbeda-beda, Anda bisa memilihnya sendiri sesuai keinginan.

Tidak hanya itu saja, Muslim Pro juga punya beberapa fitur menarik yang dapat membuat ibadah Anda menjadi lebih produktif.

Diantaranya adalah fitur Al-Qur’an, tajwid, tasbih digital, kalender hijriyah, 99 nama Allah SWT, kompas kiblat, dan lain sebagainya.

Tidak heran jika Muslim Pro cukup banyak peminatnya, selain mampu mengumandangkan adzan dengan tepat waktu, aplikasi yang diusung oleh Muslim Pro Limited ini juga punya banyak fitur.

2. Salatuk (Prayer Time)

Salatuk

Ketika kita berada di jalan menuju tempat tertentu di luar kota, terkadang kita tidak tau lokasi masjid terdekat.

Nah dengan Salatuk, ketika waktu sholat tiba Anda tidak hanya akan diberitahu melalui suara adzan saja.

Akan tetapi aplikasi besutan Masarat App ini juga dapat menunjukan masjid terdekat dengan lokasi Anda beserta arah kiblatnya.

Menariknya lagi, algoritma perhitungan waktu sholat yang ditanamkan di dalam aplikasi Salatuk juga telah digunakan di banyak negara.

Salatuk akan secara otomatis memilih metode perhitungan yang tepat berdasarkan lokasi Anda.

Akan tetapi, jika dirasa kurang akurat Anda bisa mengubahnya melalui pengaturan aplikasi.

3. Ezan Vakti Pro

Ezan Vakti Pro

Nyari aplikasi adzan yang punya banyak fitur? Ezan Vakti Pro mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Maviay ini tidak hanya menyediakan fitur adzan otomatis saja, namun ada banyak sekali fitur-fitur islami yang ada di aplikasi ini.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya mode “Saya sedang sholat”.

Dengan mengaktifkan fitur ini ketika ada panggilan masuk, Ezan Vakto Pro akan secara otomatis menolak panggilan tersebut dan otomatis mengirim SMS yang berisi “Saya sedang sholat” ke nomor yang melakukan panggilan.

Dengan adanya fitur ini, tentunya Anda bisa melaksanakan sholat dengan fokus tanpa khawatir terganggu oleh panggilan maupun SMS yang masuk ke smartphone.

Menariknya lagi, Ezan Vakti Pro bisa Anda gunakan dimana saja dan kapan saja secara offline.

4. Al-Moazin Lite (Prayer Times)

Al Moazin Lite Prayer Times

Sesuai dengan namanya, Al-Moazin Lite merupakan aplikasi adzan yang cukup ringan.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tidak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu.

Meskipun demikian, aplikasi yang diusung oleh Parfield ini juga dapat mengumandangkan adzan secara otomatis ketika waktu sholat tiba.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini juga menyediakan beberapa fitur menarik seperti penunjuk arah kiblat, kalender hijriah, dan lain sebagainya.

Hanya saja tidak semua fitur yang ada di Al-Moazin Lite bisa Anda gunakan secara gratis, karena ada juga beberapa fitur khusus yang hanya bisa digunakan oleh pelanggan berbayar.

5. Prayer Now

Prayer Now

Prayer Now hadir dengan desain antarmuka dan nuansa islami yang cukup kental.

Aplikasi yang diusung oleh Approcks Dev Inc ini dapat mendeteksi jadwal sholat secara akurat berdasarkan lokasi Anda.

Dan tentunya adzan juga akan secara otomatis berkumandang dengan tepat ketika waktu sholat tiba.

Sama seperti aplikasi adzan yang lainnya, Prayer Now juga menyediakan beberapa fitur menarik yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Diantaranya yaitu fitur El Khatam untuk menyimpan batas bacaan Al-Qur’an yang telah dibaca serta fitur penunjuk arah kiblat.

6. Waktu Sholat, Imsakiyah, Qibla

Jadwal Sholat dan Imsakiyah

Sesuai dengan namanya, aplikasi karya anak bangsa asal Bandung ini tidak hanya dapat mengumandangkan suara adzan secara otomatis saja.

Akan tetapi, aplikasi ini juga menyediakan fitur lain seperti jadwal waktu sholat yang akurat, waktu imsak, dan petunjuk arah kiblat.

Menariknya lagi, Anda juga dapat memilih sendiri suara adzan atau alarm pengingat waktu sholat sesuai keinginan.

Tampilan antarmuka yang sederhana juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pengguna yang tak mau ribet.

7. Prayer Times (S.Mustafa)

Prayer Times

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Prayer Times juga didesain dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

Hanya saja aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 5 juta kali ini memang hanya menyediakan fitur pengingat waktu sholat saja, tidak menyediakan fitur yang lain.

Karena fitur yang disediakan cukup terbatas, tentunya membuat aplikasi ini menjadi sangat ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 4 MB lho.

Aplikasi besutan S.Mustafa ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda menggunakan smartphone low-end.

8. Prayer Times: Qibla & Azan

Waktu Sholat

Tak perlu lagi membeli jadwal sholat dengan cara yang kuno menggunakan kertas atau poster, cukup pasang aplikasi Prayer Times: Qibla & Azan, Anda bisa melaksanakan sholat dengan tepat waktu.

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang diusung oleh PXL APPS ini menyediakan fitur pengingat sholat melalui suara adzan, penunjuk arah kiblat, dan jadwal sholat.

Menariknya aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi jadwal sholat berdasarkan lokasi Anda.

Sehingga meskipun Anda bepergian ke tempat lain yang memiliki jadwal sholat berbeda, Anda tetap bisa melaksanakan sholat dengan tepat waktu.

9. Prayer Times (Dawat-e-Islami)

Prayer Times Dawat-e-Islami

Prayer Times merupakan aplikasi adzan yang cukup mudah dan nyaman untuk digunakan.

Pasalnya, aplikasi besutan Dawat-e-Islami ini memang memiliki desain yang intuitif dan modern.

Selain menyediakan fitur pengingat waktu sholat melalui kumandang adzan, Prayer Times juga punya beragam fitur menarik.

Diantaranya adalah jadwal sholat, penunjuk arah kiblat, saluran audio Madani, berita seputar muslim, dan lain sebagainya.

10. Athanotify

Athanotify

Athanotify merupakan aplikasi adzan yang dilengkapi dengan kalender hijriyah, penunjuk arah kiblat, dan jadwal sholat yang disajikan dalam bentuk tabel.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini Anda juga tidak perlu khawatir jika ingin mendengarkan suara adzan dari muadzin yang lain.

Pasalnya, Athanotify menyediakan banyak suara adzan yang dikumandangkan oleh muadzin ternama dari seluruh dunia.

Diantaranya yaitu Abdulmalik Mulla, Abdulrahman Khashiqji, Osama Asalman, dan lain sebagainya.

Anda bisa mengunduh semua suara adzan yang tersedia di aplikasi ini secara gratis dan menggunakannya untuk pengingat waktu sholat.

11. Athan

Athan

Athan merupakan aplikasi untuk umat muslim yang komprehensif yang berisi berbagai fitur menarik dan bermanfaat.

Tidak hanya punya fitur pengingat waktu sholat otomatis melalui adzan saja, Athan juga menyediakan fitur Al-Qur’an, kumpulan doa, penunjuk arah kiblat, kalender hijriyah, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini adalah fitur pencari masjid terdekat.

Dengan menggunakan fitur ini Anda bisa menemukan masjid terdekat berdasarkan lokasi Anda, sehingga ketika Anda bepergian ke tempat asing Anda bisa menemukan masjid dengan mudah.

Tidak hanya itu saja, fitur Al-Quran yang ada di aplikasi ini juga dilengkapi dengan terjemahan 25 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

12. Prayer Times & Qibla

Prayer Times Qibla

Mau aplikasi adzan yang ringan tapi punya banyak fitur? Prayer Times & Qibla merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan.

Aplikasi yang diusung oleh Souf ini dilengkapi dengan kalender hijriyah, kompas kiblat, pengingat waktu sholat otomatis melalui suara adzan, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Prayer Times & Qibla juga menyediakan 8 suara adzan yang berbeda-beda yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Diantaranya yaitu suara adzan Madina, Makkah, Mohammed Al Menshaoul, Omar Al Qzabri, Reyad Al Jazairy, dan lain sebagainya.

13. Waktu Adzan & Kiblat

Waktu Adzan & Kiblat

Ringan, sederhana, dan mudah digunakan, mungkin itu kesan pertama yang akan Anda rasakan saat menggunakan aplikasi yang satu ini.

Yap, sesuai dengan namanya Waktu Adzan & Kiblat hanya menyediakan fitur pengingat waktu sholat melalui adzan dan penunjuk arah kiblat saja.

Meskipun fitur yang disuguhkan tidak selengkap seperti aplikasi yang lainnya, jika Anda mencari aplikasi yang ringan Waktu Adzan & Kiblat merupakan pilihan yang tepat.

Pasalnya, ukuran aplikasi yang dikembangkan oleh GITS Indonesia ini tidak lebih dari 4 MB saja lho.

14. Prayer Times Muslim All in One

Prayer Times Muslim All in One

Meskipun aplikasi adzan yang satu ini tidak sepopuler seperti aplikasi yang lainnya.

Jika Anda mencari aplikasi yang menyediakan fitur yang lengkap, Prayer Times Muslim All in One bisa menjadi pilihan yang tepat.

Aplikasi karya anak bangsa asal Cimahi ini punya fitur jadwal sholat yang dapat menghitung mundur serta dilengkapi dengan suara adzan yang dapat berbunyi secara otomatis ketika waktu sholat tiba.

Fitur-fitur menarik lainnya yang disematkan di dalam aplikasi ini diantaranya yaitu Al-Qur’an, doa harian, hadis arbain, kalkulator zakat, penghitung tasbih, dan kalender hijriyah.

15. iPray

ipray

Aplikasi yang terakhir yang Sipitek rekomendasikan adalah iPray.

Jika Anda tidak mau risih dengan iklan dan bisa digunakan sepenuhnya secara offlne, iPray bisa menjadi pilihan yang tepat.

Meskipun demikian, iPray juga punya beragam fitur menarik yang dapat membantu ibadah Anda menjadi lebih produktif.

Salah satunya adalah pengingat waktu sholat melalui suara adzan yang dapat berkumandang secara otomatis meskipun Anda offline.

Selain itu iPray juga dilengkapi dengan fiur menarik yang lainnya, seperti kompas kiblat, pendeteksi waktu fajar, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Itulah deretan aplikasi adzan terbaik yang bisa Anda gunakan sebagai pengingat waktu sholat otomatis.

Selain bisa digunakan secara gratis Anda juga bisa menggunakannya secara offline di mana saja dan kapan saja.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi yang tersedia, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir lupa atau ketinggalan waktu sholat.

Pasalnya, setiap kali waktu sholat tiba, smartphone Android Anda akan secara otomatis mengumandangkan adzan.

Jadi, dari semua aplikasi yang ada, mana yang akan Anda gunakan?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here