Cara Mengecek Kecepatan Internet secara Akurat di HP dan PC

5/30/2018
Zaman sekarang internet seakan sudah menjadi kebutuhan utama, beberapa orang bahkan seringkali merasa ada yang kurang jika dalam waktu beberapa hari tidak mengakses internet entah itu untuk eksis di media sosial ataupun untuk membaca berbagai informasi dan berita yang sedang hangat.

Tidak heran jika hal ini terjadi karena memang dengan menggunakan internet ada banyak sekali aktivitas yang bisa kita lakukan mulai dari menonton video, mendengarkan musik, hingga bermain game online.

Meskipun perangkat smartphone atau PC yang Anda gunakan punya fitur yang canggih namun tanpa internet tentu saja rasanya ada yang kurang.

Agar kita bisa mengakses internet kita harus membeli paket internet di penyedia layanan internet, ada banyak sekali perusahaan penyedia layanan internet diantaranya seperti Indihome, Speedy, Biznet, Maxindo hingga operator seluler yang biasa kita gunakan di perangkat smartphone seperti Telkomsel, AXIS, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren.

Tentu saja setiap paket internet yang di sediakan oleh penyedia layanan internet punya kecepatan yang berbeda-beda, terkadang kita juga ingin tau seberapa cepat sih kecepatan internet dari provider tersebut.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan memberikan beberapa cara untuk mengecek kecepatan internet yang bisa dilakukan di perangkat smartphone / HP maupun PC atau laptop secara akurat.

Tidak hanya itu saja, cara ini juga bisa Anda gunakan ketika Anda menggunakan jaringan dari Wifi gratis di lokasi tertentu untuk mengetahui seberapa cepat sih akses internet dari jaringan tersebut.

Bagaimana Cara Cek Kecepatan Internet?

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan akan tetapi yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang adalah dengan mengeceknya langsung melalui situs pengecek kecepatan internet.

Situs yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kecepatan internet juga ada banyak sekali namun yang paling sering digunakan adalah situs Speedtest yang dikembangkan oleh Ookla.

Situs yang beralamat di speedtest.net ini sudah hadir sejak tahun 2006 hingga sekarang, situs ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Ookla yang berasal dari Amerika Serikat.

Tercatat, setiap bulannya ada 20 juta pengguna yang melakukan pengujian kecepatan internet melalui situs ini, jadi tidak heran jika situs ini menjadi salah satu situs yang paling banyak digunakan karena memang cukup akurat dan terpercaya.

Di sini Sipitek akan membaginya berdasarkan perangkat yang Anda gunakan untuk melakukan pengecekan melalui situs tersebut.

...yaitu melalui:

Anda bisa menggunakan tautan di atas untuk loncat ke bagian yang sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan.

Yuk! mari kita mulai...

1. Cek Kecepatan Internet di PC / Laptop

Bagi Anda yang menggunakan perangkat komputer PC atau laptop sebetulnya ada banyak sekali aplikasi penguji kecepatan internet yang bisa Anda gunakan, akan tetapi jika kita menggunakan aplikasi tentu saja lebih rumit.

Namun di sini kita tidak akan menggunakan aplikasi melainkan menggunakan situs penguji kecepatan internet yang sudah saya sebutkan tadi di atas.

Yang Anda butuhkan hanyalah browser saja, bisa menggunakan browser Google Chrome, Mozila Firefox, Opera, ataupun browser yang lainnya.

Begini caranya:

1. Silahkan buka situs Speedtest yang beralamat di Speedtest.net menggunakan browser.

2. Setelah itu akan tampak tampilan halamannya seperti pada gambar di bawah. Sebelum melakukan pengujian di sana Anda bisa melihat IP dan Server internet yang sedang Anda gunakan.

3. Untuk memulai melakukan pengecekan kecepatan internet silahkan pilih tombol MULAI.

uji kecepatan internet

4. Setelah itu tunggu sampai pengujian selesai, jika sudah selesai maka akan tampak seperti gambar di bawah.

hasil pengujian

Di sana Anda bisa melihat kecepatan Unduh (Download), Unggah (Upload), dan Ping.

2. Cek Kecepatan Internet Smartphone / PC

Untuk pengguna smartphone juga ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menguji kecepatan internet, akan tetapi di sini kita tidak akan menggunakan aplikasi.

Kalau menggunakan aplikasi tentu saja caranya akan menjadi lebih ribet karena Anda perlu mendownload aplikasi terlebih dahulu.

Di sini kita akan mengujinya secara langsung melalui situs penguji kecepatan internet paling populer besutan perusahaan Ookala seperti panduan sebelumnya untuk perangkat komputer.

Kalau Anda membuka situs Speedtest.net di smartphone tanpa trik biasanya Anda tidak akan langsung di arahkan ke halaman pengujian melainkan Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi petunjuk untuk memasang aplikasi tersebut.

Nah dengan menggunakan sedikit trik yang akan saya bagikan ini kita tidak perlu mengunduh aplikasinya, Anda bisa langsung mengeceknya seperti di perangkat komputer.

Cara ini bisa Anda gunakan di semua smartphone mulai dari Android, iOS, Windows Phone, Blacberry ataupun OS smartphone yang lainnya.

Karena kita akan mengetesnya secara langsung tanpa menggunakan aplikasi, yang Anda butuhkan hanyalah browser saja.

Anda bisa menggunakan browser Mozila Firefox, Google Chrome, UC Browser, Opera ataupun browser yang lainnya.

Pada panduan kali ini saya menggunakan browser Google Chrome apabila Anda menggunakan browser lain silahkan menyesuaikan saja.

Begini caranya:

1. Silahkan buka situs penguji kecepatan internet yang beralamat di Speedtest.net menggunakan browser di smartphone yang Anda gunakan.

Jika berhasil maka tampilan situsnya tampak seperti gambar di bawah sebelah kiri, di halaman tersebut Anda disuruh untuk mendownload aplikasinya.

Nah agar Anda diarahkan langsung ke halaman pengujian Anda perlu mengubah tampilan situs seluler menjadi situs desktop.

Caranya pilih ikon titik tiga ( ፧ ) yang ada di pojok kanan atas layar, setelah itu centang bagian Situs desktop.

Apabila Anda menggunakan browser lain selain Google Chrome silahkan menyesuaikan saja, karena sebagian besar browser Android sudah dilengkapi dengan fitur ini.

ubah menjadi situs desktop

2. Jika Anda berhasil mengubah tampilan situs seluler ke situs dekstop maka Anda secara otomatis akan diarahkan ke halaman pengujian seperti gambar di bawah sebelah kiri.

Untuk memulai melakukan pengujian pilih tombol MULAI.

Tunggu sampai proses pengujian selesai...

Apabila pengujian sudah selesai maka akan tampil kecepatan unduh, unggah, dan ping seperti gambar di bawah sebelah kanan.

menguji kecepatan di smartphone

 Selesai... Bagaimana mudah bukan?

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kecepatan internet secara akurat entah itu melalui HP / Smartphone ataupun melalui Komputer PC / laptop.

Setiap provider memiliki kecepatan internet yang berbeda-beda, ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan akses internet.

Beberapa waktu yang lalu saya menyampaikan keluhan melalui Twitter ke salah satu provider operator seluler yang saya gunakan karena saat itu memang sangat lambat sekali.

Di sela-sela percakapan salah satu petugasnya menyampaikan kalau akses internet itu dipengaruhi oleh banyak faktor dan mereka menyebutkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan internet.

Ini dia:

faktor yang mempengaurhi kecepatan internet

Mereka menjelaskan kurang lebih ada tiga faktor umum yang mempengaruhi kecepatan internet.

Yang pertama yaitu Teknologi perangkat.

Setiap perangkat punya batas kecepatan internet yang berbeda-beda entah itu modem maupun smartphone.

Meskipun Anda membeli paket internet dengan kecepatan sampai 10Mbps kalau smartphone Anda hanya kuat sampai 5 Mbps tentu saja tidak akan sampai secepat itu.

Kalau ingin tau kecepatan internet smartphone atau modem yang Anda gunakan Anda bisa membaca spesifikasi perangkat tersebut, biasanya ada di bagian informasi jaringan.

Selanjutnya jarak dan halang.

Semakin dekat jarak lokasi Anda dengan tower BTS penyedia layanan internet yang Anda gunakan biasanya juga akan semakin cepat.

Akan tetapi sebaliknya jika jarak dari lokasi Anda ke tower BTS jauh dan banyak penghalang maka biasanya akan semakin lambat.

Itulah kenapa kalau kita mengakses internet di dalam dan di luar ruangan biasanya lebih cepat ketika di luar ruangan, karena kalau di dalam ruangan banyak penghalangnya termasuk ketebalan tembok ruangan, pohon, dan lainnya.

Faktor lainnya yaitu jumlah pengguna yang terkoneksi di jaringan tersebut.

Kalau di lokasi Anda banyak yang menggunakan layanan internet yang juga Anda gunakan ini bisa juga mempengatuhi kecepatan internet karena mereka menggunakan jaringan dari BTS yang sama.

Sebetulnya ada banyak sekali faktor lain yang dapat mempengaruhi kecepatan internet, akan tetapi faktor di atas merupakan yang paling umum.

Jadi ketika Anda melihat hasil pengujian kecepatan internet menggunakan cara di atas dan mendapatkan hasil yang cukup mengecewakan tidak perlu kebingungan lagi, mungkin saja masalahnya ada di salah satu faktor di atas.

Setelah mengujinya menggunakan cara di atas, berapa kecepatan unduh dan unggah yang Anda dapatkan? Apakah lebih cepat dari Sipitek?
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.