Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang dengan Mudah (untuk Pemula)

5/01/2018
Zaman sekarang smartphone tidak hanya bisa dijadikan sebagai alat komunikasi saja akan tetapi ada banyak fitur yang tersedia di smartphone yang dapat membuat hidup menjadi lebih mudah bahkan Anda bisa menyimpan data penting di smartphone agar bisa lebih mudah di akses ketika data tersebut dibutuhkan.

Akan tetapi menyimpan data penting di smartphone bukanlah langkah yang tepat karena kemungkinan data hilang atau terhapus bisa dibilang cukup tinggi jika Anda tidak berhati-hati.

Bahkan keamanan data penting Anda di smartphone bisa terancam meskipun Anda telah menjaganya dengan baik misalnya dengan mengaktifkan berbagai macam fitur keamanan.

Akan tetapi keamanan data tersebut tidak terjamin jika smartphone Anda jatuh ke tangan orang jahat, misalnya ketika Anda kehilangan smartphone.

Meskipun data penting Anda di smartphone Anda sudah dilapisi dengan keamanan yang ekstra tentu saja apabila smartphone Anda jatuh ke tangan orang yang jahat mereka bisa dengan leluasa untuk membongkar data tersebut.

Kehilangan smartphone memang salah satu hal yang sangat menjengkelkan apalagi jika di dalamnya tersimpan berbagai macam jenis data yang cukup penting atau bahkan harga dari data tersebut bisa lebih mahal daripada smartphone Anda.

Untungnya ada beberapa smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur yang mampu melacak keberadaan smartphone tersebut tentu saja fitur ini dapat membantu Anda untuk melacak lokasi HP Anda entah itu karena terjatuh atau memang ada yang mencurinya.

Salah satunya adalah Smartphone Xiaomi, prudosen smartphone asal Tiongkok ini seakan sadar akan pentingnya fitur pelacak lokasi smartphone karena hampir sebagian besar smartphone Xiaomi terutama keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur pelacak lokasi smarpthone yang bisa Anda gunakan untuk mencari smartphone yang hilang karena dicuri ataupun karena terjatuh.

Akan tetapi tidak bisa dipungkiri masih banyak pengguna Xiaomi yang tidak tahu cara menggunakannya padahal fitur ini akan sangat membantu sekali jika Anda ingin mencari keberadaan HP Anda yang hilang.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan menjelaskan secara lengkap kepada Anda tentang cara melacak HP Xiaomi yang hilang entah itu karena di curi ataupun memang terjatuh di lokasi yang tidak Anda ketahui.

...Sebelum kita memulai.

Silahkan ambil segelas kopi atau teh terlebih dahulu supaya Anda lebih tenang dan fokus ketika mengikuti langkah-langkah yang akan saya berikan.

Saya tahu Anda sedang cemas dan khawatir ponsel Anda tidak bisa kembali, akan tetapi saya yakin cara ini akan sangat membantu Anda dan kemungkinan smartphone kembali akan lebih tinggi.

...Sudah?

Mari kita mulai!

Melacak HP Xiaomi yang Hilang

Bagaimana Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang?

Sebetulnya ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

Bisa menggunakan alat yang disediakan oleh Google bernama Find My Device.

...atau

Bisa juga menggunakan fitur pelacak khusus yang telah di sediakan di hampir semua smartphone Xiaomi yaitu Mi Cloud.

Akan tetapi di sini saya akan menggunakan bantuan alat pelacak yang disediakan di Mi Cloud karena memang cara ini lebih dikhususkan untuk para pengguna ponsel Xiaomi.

Sebetulnya Anda juga bisa menggunakan alat yang disediakan oleh Google bernama Find My Device yang bisa digunakan di seluruh ponsel Android.

Fitur pelacak yang di sediakan oleh Xiaomi ataupun Google sebetulnya hampir sama saja tidak ada perbedaan yang cukup mencolok akan tetapi saya lebih menyarankan Anda menggunakan bantuan Mi Cloud.

Karena memang fitur ini dikhususkan untuk semua pengguna Xiaomi yang ingin melacak lokasi smartphone kesayangannya.

Cara ini bisa Anda gunakan di semua ponsel Xiaomi entah itu seri Mi ataupun Redmi, akan tetapi sebagai bahan percobaan di sini saya menggunakan Xiaomi Redmi 4X MIUI 9.

Jika Anda menggunakan seri Xiaomi yang berbeda silahkan menyesuaikan saja karena caranya sama saja.

Sebelum Hilang, Apakah Anda sudah Mengaktifkan Fitur "Cari Perangkat" ?

Pastikan fitur ini sudah Anda aktifkan sebelum ponsel hilang, fitur ini bisa Anda temukan di pengaturan akun Mi Cloud di Xiaomi.

Kalau fitur ini tidak di aktifkan Anda tidak akan bisa menggunakan cara ini.

Akan tetapi jika Anda tidak pernah merasa menonaktifkan fitur ini kemungkinan besar fitur ini aktif karena ketika Anda login menggunakan akun Mi Cloud fitur ini akan aktif secara otomatis selama Anda tidak mematikannya.

Aplikasi Mi Cloud

Untuk mengaktifkan fitur ini caranya:

1. Masuk ke menu Setelan kemudian pilih Akun Mi.

2. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan Akun Mi Seperti gambar di atas paling kiri, lalu pilih Mi Cloud.

3. Kemudian masuk ke pengaturan Cari Perangkat.

Apabila fitur ini sudah aktif maka Anda akan menemukan tombol "Matikan Cari perangkat" seperti pada gambar di atas paling kanan.

Jika sudah di atur seperti ini kita bisa langsung melacaknya.

Mari Kita Mulai Melakukan Pelacakan

Apabila Anda bingung apakah fitur pelacakan di Mi Cloud sudah di aktifkan atau belum, Anda tidak perlu khawatir ikuti saja langkah-langkah di bawah karena nanti ada tanda khusus yang menunjukkan jika fitur tersebut aktif maupun tidak aktif.

Sebelumnya pastikan juga Anda tau akun Mi Cloud yang tertanam pada HP yang hilang karena kita perlu akun tersebut untuk login ke situs pelacakan yang disediakan Xiaomi.

Cara ini bisa Anda gunakan melalui smartphone ataupun komputer dengan menggunakan browser, akan tetapi saya lebih menyarankan Anda untuk menggunakan browser di komputer atau laptop supaya lebih leluasa.

Pada panduan ini saya juga menggunakan browser Mozla Firefox di laptop, namun apabila Anda ingin menggunakan smartphone silahkan menyesuaikan saja karena caranya sama saja.

...Mari kita mulai!

1. Silahkan buka terlebih dahulu situs resmi Mi Cloud menggunakan browser di smartphone ataupun PC yang Anda gunakan, bisa menggunakan browser Google Chrome, Firefox, ataupun yang lainnya terserah Anda.

Tampilan situsnya tampak seperti pada gambar di bawah, silahkan pilih tombol Masuk dengan Akun Mi.

login situs Mi Cloud

2. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman login akun Mi seperti gambar di bawah.

Silahkan login menggunakan akun Mi yang telah tertanam pada ponsel Anda yang hilang, bisa menggunakan Email, nomor telepon, ataupun akun Facebook.

Apabila menggunakan nomor telepon tulis nomor telepon tanpa menggunakan angka "0" di belakangnya.

Contohnya apabila nomor Anda seperti ini, 08571234567.

Maka yang Anda masukkan yaitu 8571234567, karena nantinya akan muncul secara otomatis kode negara Indonesia (+62) sebagai penggantinya.

Kemudian isi password yang sesuai, jika sudah pilih tombol Sign in.

login akun Mi

4. Apabila login berhasil Anda akan diarahkan ke halaman Mi Cloud seperti pada gambar di bawah.

Di sana ada beberapa menu yang bisa Anda pilih, untuk melakukan pelacakan pilih menu Cari Perangkat.

fitur cari perangkat

5. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi peta seperti gambar di bawah.

Nah pada langkah ini Anda bisa melihat tanda jika fitur Cari Perangkat di Mi Cloud sudah di aktifkan.

Apabila fitur "Cari Perangkat" di ponsel Anda yang hilang tidak aktif maka di pojok kanan atas tidak akan tampil smartphone Anda akan tetapi jika aktif maka akan muncul tampak seperti gambar di bawah sesuai dengan merk ponsel Xiaomi milik Anda.

Sebetulnya sampai di sini Anda juga sudah bisa mengetahui lokasi smartphone Anda melalui peta yang ada di situs tersebut.

Akan tetapi untuk mengakses alat pelacakan lainnya silahkan pilih merk smartphone Anda yang tampil di bagian pojok kanan atas situs, sebagai contoh di sini saya memilih Redmi 4X.

peta pelacakan

6. Setelah itu akan muncul empat menu di bagian bawah layar seperti gambar di bawah.

Sampai di sini sebetulnya kalau Anda hanya ingin mengetahui lokasinya saja Anda sudah bisa mengetahuinya.

Akan tetapi supaya Anda bisa memaksimalkan fitur yang ada supaya lebih memungkinkan ponsel Anda kembali mungkin Anda perlu memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di situs tersebut yang ada di bagian bawah layar.

find device Mi cloud

Mari kita ulas satu per satu.

Penjelasan Fitur Find Device di Mi Cloud

Tentunya setiap fitur punya fungsi yang berbeda-beda, supaya Anda bisa memaksimalkan fitur tersebut saya akan memberikan sedikit penjelasannya berikut ini:

Locate Device

Fitur ini berfungsi untuk melacak lokasi smartphone Anda secara secara langsung apabila aktif fitur tersebut akan berubah menjadi Located, artinya peta yang tampil di halaman tersebut sudah menunjukkan lokasi keberadaan smartphone Anda.

Biasanya fitur ini akan aktif secara otomatis, ketika Anda mengaktifkan fitur ini maka secara otomatis fitur GPS, Wi-Fi, dan Data Seluler akan aktif dengan sendirinya di smartphone Anda.

Noise

Apabila Anda mengaktifkan fitur Noise secara otomatis ponsel Anda akan berdering atau bersuara sesuai dengan nada alarm dengan volume maksimal.

Fitur ini bisa Anda gunakan ketika Anda sudah berada di lokasi yang sesuai dengan yang ditunjukkan peta pelacakan misalnya di sana Anda menemukan seseorang yang Anda curigai sedang menggunakan ponsel Anda.

Tentu saja Anda tidak mungkin langsung menanyakan kepada orang tersebut apakah itu ponsel Anda atau bukan, karena jika bukan Anda tentu akan malu.

...iya kan?

Nah sebelum menanyakan, lebih baik gunakan fitur ini sambil memantau orang yang Anda curigai, jika smartphone tersebut berdering ketika Anda mengaktifkan fitur Noise baru Anda tanyakan lalu periksa apakah itu ponsel Ada atau bukan.

Selain itu fitur ini juga bisa Anda gunakan apabila Anda lupa menaruh ponsel Xiaomi.

Lost Mode

Menurut saya ini merupakan fitur yang cukup keren.

Karena melalui fitur ini Anda bisa mengunci smartphone Anda dari jarak jauh jika si pencuri tidak bisa mengetahui password akun Mi Anda maka dia tidak akan bisa membuka smartphone Anda.

Selain itu Anda juga bisa menulis pesan untuk si pencuri sesuai keinginan Anda, bahkan Anda bisa sambil menyertakan nomor HP untuk menyuruh si pencuri menghubungi Anda.

Keren bukan?

Caranya pilih fitur Lost Mode kemudian pilih tombol Enable Lost Mode di bagian bawah layar.

Setelah itu pilih opsi Set words.

Selanjutnya silahkan isi pesan yang ingin Anda sampaikan kepada si pencuri pada kolom pesan kemudian pada kolom nomor HP isi dengan nomor HP Anda yang bisa dihubungi oleh si pencuri, siapa tau dia berniat untuk mengembalikannya.

Jika sudah pilih tombol Lock.

Sekedar saran, isilah pesan dengan kata-kata yang santai jangan mengisi pesan dengan ancaman karena biasanya kemungkinan pencuri mengembalikan akan lebih kecil.

Kalau bisa isi pesan supaya si pencuri menjadi kasihan kepada Anda.

Xiaomi terkunci

Kalau Anda ingin tahu seperti apa tampilan ponsel Anda setelah mengaktifkan fitur Lost Mode kurang lebih seperti gambar di atas sebelah kiri, di sana akan tampil pesan Anda.

Apabila pencuri memilih tombol Aktivasi perangkat ini maka dia akan diarahkan ke halaman untuk memasukkan kata sandi sesuai dengan akun Mi Cloud seperti gambar di atas sebelah kanan.

Jika dia tidak tau maka dia tidak akan bisa menggunakan ponsel tersebut.

Wipe Device

Ini merupakan fitur yang tepat jika kemungkinan smartphone Xiaomi kembali sangat kecil, bahkan jika Anda sudah yakin smartphone tidak akan kembali Anda perlu menggunakan fitur ini.

Jika Anda menggunakan fitur Wipe Device secara otomatis semua data penting Anda seperti foto, SMS, kontak dan data yang lainnya akan dihapus entah itu yang ada di memori internal maupun eksternal.

Tentu saja ini sangat berguna jika Anda menyimpan data penting di smartphone Anda yang hilang apalagi jika data tersebut sangat sensitif.

Karena sekarang ini sudah ada banyak metode yang bisa digunakan untuk membuka akun Mi Cloud oleh karena itu saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan fitur ini jika memang smartphone tersebut berisi data penting yang sangat sensitif.

Namun tentu saja Anda harus merelakan semua data tersebut karena data tersebut tidak akan bisa dikembalikan lagi.

Penutup

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk melacak HP Xiaomi yang hilang dengan menggunakan akun Mi Cloud.

Cara di atas tentu saja bisa berjalan dengan baik ketika smartphone Anda yang hilang terhubung ke internet, bagaimana jika HP Xiaomi yang hilang sedang dalam keadaan mati atau sengaja dimatikan oleh si pencuri?

Meskipun dalam keadaan mati cara di atas masih bisa Anda gunakan karena fitur pelacakan akan melacak sesuai dengan lokasi terakhir kali HP menyala dan terhubung ke internet.

Rasanya tidak mungkin jika HP tersebut terus menerus tidak dinyalakan pasti suatu saat akan dinyalakan.

Apabila Anda punya pertanyaan atau ingin saya bantu carikan silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga saja artikel ini bisa membantu Anda menemukan kembali smartphone kesayangan Anda.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.