8 Cara Mengetahui Jenis Font dari Gambar tanpa Ribet

4/28/2018
Bagi seorang desain grafis pemilihan jenis font merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mempercantik desainnya apalagi jika desain tersebut memang membutuhkan font misalnya seperti desain brosur ataupun logo.

Untuk menentukan jenis font yang sesuai dengan desain tentu tidaklah mudah akan tetapi biasanya seorang desain grafis mencari berbagai macam desain yang sudah jadi di internet untuk menemukan ide jenis font yang akan digunakan, apakah cocok atau tidak jika digunakan di desain yang telah dibuatnya.

Namun tidak sedikit dari mereka ketika sudah menemukan jenis font di internet yang cocok dan ingin digunakan tetapi tidak tahu jenis font yang ada pada gambar desain tersebut.

Tentu saja jika Anda mencari satu per satu font yang ada ini akan memakan lebih banyak waktu bukan? apalagi jika font tersebut memang cukup jarang digunakan dalam desain.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan memberikan beberapa trik yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui jenis font dari sebuah gambar agar Anda bisa menemukannya dengan cepat bahkan tidak lebih dari 3 menit.

Cara ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui jenis font dari file gambar seperti .jpg dan .png ataupun yang lainnya, bahkan Anda juga bisa mengetahui jenis font dari file PDF dengan cara mengubahnya terlebih dahulu menjadi sebuah gambar.

Bagaimana Cara Mengetahui Jenis Font dari Gambar ?

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan ada yang offline menggunakan software ada juga yang online menggunakan situs pencari font.

Sebagian besar trik yang akan saya bagikan ini adalah menggunakan situs web yang mampu mendeteksi jenis font dari gambar tentunya bisa dilakukan secara online.

Mari kita mulai!

1. Photoshop CC

Photoshop CC

Kalau Anda seorang desain grafis tentu sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini. Tidak kalah dengan Coreldraw, Photoshop memang menyediakan banyak fitur yang dapat membantu kita dalam mengolah desain, ada banyak sekali versi photoshop yang bisa Anda gunakan mulai dari Photoshop CS6, CS5, CC dan lainnya.

Akan tetapi tidak semua versi Photoshop menyediakan fitur yang dapat mendeteksi jenis huruf, fitur ini hanya tersedia di Photoshop CC.

Jadi apabila Anda menggunakan Photoshop versi lama dan akan sering mencari jenis font dari sebuah gambar lebih baik gunakan Photoshop CC terbaru karena memang sudah dilengkapi dengan fitur pendeteksi huruf.

Caranya juga sangat mudah, Anda hanya tinggal membuka gambar yang berisi desain font yang ingin diketahui jenisnya kemudian pilih menu Type lalu pilih Match Font...

Setelah itu Crop dan seleksi bagian gambar yang berisi font yang ingin diketahui jenisnya, secara otomatis Photoshop CC akan mendeteksi jenis font tersebut.

Di situ juga tersedia dua pilih yaitu Match Font Offline dan Online, apabila Anda menggunakan yang Offline, Photoshop akan mendeteksi jenis font berdasarkan font yang telah Anda pasang di komputer.

Akan tetapi jika Anda ingin hasilnya lebih akurat lebih baik gunakan yang online dengan cara login terlebih dahulu ke Creative Cloud, nantinya Photoshop akan mendeteksi menggunakan typekit yang lebih akurat.

Adobe sendiri sudah menyediakan tutorial lengkap untuk mengetahui jenis font di Photoshop CC dalam bentuk Video di situs resminya.

2. WhatFontIs

WhatFontIs

Situs web pertama yang perlu Anda coba untuk mengetahui jenis font dari gambar adalah WhatFontIs, situs ini punya tampilan yang cukup interaktif dan bisa dengan mudah digunakan.

Di sana tersedia dua opsi yang bisa Anda gunakan untuk mengidentifikasi font dari gambar yaitu mengunggahnya secara langsung atau jika Anda menemukan gambar di internet Anda bisa menggunakan URL dari gambar tersebut jadi tidak perlu menyimpan gambar terlebih dahulu cukup dengan memasukkan URL dari gambar tersebut.

Setelah itu Anda akan di suruh untuk mengetik setiap huruf yang ada pada gambar tersebut, tunggu beberapa saat tidak lama jenis font pada gambar tersebut akan langsung ditampilkan.

Di sana akan muncul lebih dari satu jenis font akan tetapi yang paling sesuai biasanya akan muncul di bagian paling atas. Situs ini juga cukup akurat dalam mencari jenis font.

3. WhatTheFont

WhatTheFont

Selain WhatFontIs ada juga WhatTheFont yang punya tampilan situs lebih sederhana, jika Anda tidak mau ribet Anda bisa menggunakan situs yang satu ini karena hanya dalam tiga langkah jenis font sudah bisa Anda ketahui.

Akan tetapi situs ini tidak menyediakan fitur untuk mengidentifikasi font melalui URL gambar jadi Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu kemudian mengunggahnya.

Setelah gambar di unggah Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengetik setiap huruf yang tampil sesuai dengan huruf yang ada pada gambar yang Anda unggah.

Apabila Anda mengunggah gambar yang cukup jelas biasanya akan terisi otomatis tanpa mengetik secara manual.

Setelah itu akan muncul semua jenis font yang mirip dengan font yang ada di gambar biasanya yang lebih akurat ada di paling atas.

4. Fontspring Matcherator

Fontspring Matcherator

Fontspring Matcherator mengklaim bawa situsnya lebih unggul daripada WhatTheFont dan WhatFontIs Anda bisa menemukan perbandingannya di bagian bawah situs.

Namun apakah benar demikian?

Situs ini memang lebih sederhana daripada kedua situs tersebut bahkan untuk mengetahui jenis font Anda bisa mengetahui dengan cepat Anda hanya tinggal mengunggah gambar atau bisa dengan cara menggunakan URL gambar setelah itu situs ini akan secara otomatis akan mencari jenis font di gambar tersebut.

Akan tetapi tingkat keakuratan situs ini menurut saya tidak begitu bagus.

Karena saya juga telah mencoba membuat gambar yang berisi font menggunakan font Froxima Nova Bold akan tetapi hasil yang ditampilkan bukanlah jenis font yang saya gunakan.

Meskipun demikian situs ini memang memang masih menyediakan hasil font dengan jenis yang tidak jauh beda dengan font yang saya gunakan.

Ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengetahui jenis font dengan cepat karena situs ini akan mengidentifikasi sendiri setiap huruf yang ada pada gambar tersebut.

5. Identifont

Identifont

Berbeda dengan situs sebelumnya yang dapat mencari jenis font langsung dengan cara menganalisis sebuah gambar, di situs Identifont Anda tidak akan menemukan fitur untuk mencari font dari gambar akan tetapi situs ini akan mencari font berdasarkan ciri-ciri font tersebut.

Situs ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengetahui jenis font tapi tidak punya sampel font yang Anda cari. Anda bisa mencarinya berdasarkan jenis huruf yang mirip dengan huruf yang Anda ketahui atau bisa juga mencarinya berdasarkan nama desainer dari font tersebut.

Caranya Anda hanya tinggal menulis informasi seputar font yang Anda cari di situs Identifon nanti akan muncul daftar font yang sesuai dengan jenis huruf yang Anda cari.

Memang cara ini cukup ribet tetapi ini akan membantu jika Anda tidak memiliki sampel dari font tersebut.

6. Flickr : Font in Use

Flickr Font in Use

Ketika mendengar kata Flickr mungkin yang terlintas di pikiran Anda adalah situs web tempat berbagi foto dan situs komunitas, ya memang fungsi utama situs Flick adalah tempat berbagi foto.

Akan tetapi tahukah Anda di Flickr Anda juga bisa menemukan sebuah grup khusus tempat untuk berdiskusi untuk mencari jenis font sesama anggotanya, grup tersebut bernama Font in Use.

Caranya Anda hanya tinggal masuk ke grup tersebut kemudian unggah gambar yang berisi font yang ingin Anda ketahui jenisnya, nanti ada anggota yang dengan senang hati membantu Anda mencari font yang ada pada gambar tersebut.

Saya lebih menyarankan Anda untuk menggunakan situs ini sebagai alternatif saja apalagi jika Anda ingin mengetahuinya dalam waktu yang cepat karena setelah saya lihat ada beberapa pertanyaan dari anggotanya yang tidak di jawab.

7. Fontface Ninja

Fontface Ninja

Jika Anda ingin mengetahui jenis font dari suatu website Anda bisa menggunakan Fontface Ninja. Fontface Ninja merupakan alat atau Add-ons yang bisa Anda pasang di browser mulai dari browser Safari, Mozila, hingga Chrome.

Silahkan pasang terlebih dahulu Add-ons Fontface Ninja di browser yang Anda gunakan setelah itu buka situs web yang ingin Anda ketahui jenis font-nya setelah itu Add-ons ini akan secara otomatis mencari font dari situs tersebut.

Fontface Ninja lebih cocok digunakan untuk web desainer yang ingin membuat website dengan menggunakan font yang sama dari website yang ada di internet.

Jadi jika Anda ingin mengetahui jenis font dari sebuah gambar cara ini sangat tidak cocok karena memang tidak bisa digunakan untuk gambar.

8. Fount

Fount

Selain Fontface Ninja ada juga situs Fount, situs ini menyediakan alat yang bisa Anda gunakan untuk mencari jenis font di suatu website. Akan tetapi fitur yang disediakan di Fount lebih sederhana jika dibandingkan dengan Fontface Ninja.

Dengan situs ini Anda juga tidak perlu memasang Add-ons yang Anda lakukan hanyalah mem-bookmark situs Fount kemudian buka situs yang Anda ketahui jenis font-nya setelah itu tap di font tersebut.

Untuk lebih lengkap tentang cara penggunaannya Anda bisa melihatnya di situs Font. Nanti secara otomatis akan muncul dialog di sisi kanan browser yang berisi informasi jenis font, cukup canggih bukan?

Situs ini hanya bisa Anda gunakan di browser Chrome, Firefox, Safari, dan IE8+.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui jenis font dari gambar yang bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa ribet.

Tentunya setiap cara yang saya ulas punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, silahkan pilih salah satu cara yang menurut Anda paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apabila Anda ingin mengetahui jenis font di file PDF silahkan Screenshot terlebih dahulu agar font tersebut menjadi sebuah gambar, kemudian unggah gambar tersebut ke situs pendeteksi jenis font yang sudah saya ulas di atas.

Saya sendiri lebih sering menggunakan situs WhatFontIs karena situs ini memang dapat mengetahui jenis font dari sebuah gambar secara akurat, selain itu tampilan situ yang cukup interaktif dan menarik membuat saya lebih nyaman ketika menggunakan situs WhatFontIs. Kalau Anda pilih yang mana?
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.