5 Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Terbaru dan Paling Mudah 2018

4/16/2018
Dulu yang biasa menggunakan internet hanya segelintir orang saja, akan tetapi kini hampir semua orang bisa mengakses internet dengan mudah bahkan anak-anak dibawah umur saja sudah mahir menggunakan internet, entah itu untuk untuk mencari informasi atau bermain game online.

Kalau bicara soal internet tentu tidak terlepas dengan yang namanya kuota internet, karena tanpa kuota internet kita tidak bisa berselancar di internet dengan bebas.

Salah satu operator seluler yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia untuk mengakses internet adalah Telkomsel.

Tidak heran jika kebanyakan orang mungkin juga termasuk Anda menggunakan layanan Telkomsel, karena memang Telkomsel punya jangkauan jaringan yang sangat luas hingga ke pelosok negeri.

Mungkin inilah salah satu alasan yang membuat banyak orang menggunakan Telkomsel, karena jangkauan jaringannya cukup luas tentu saja mereka bisa berselancar di internet kapan saja dan dimana saja dengan lancar tanpa hambatan bahkan di kampung terpencil sekalipun.

Meskipun harga kuota internet yang ditawarkan Telkomsel lebih mahal jika dibandingkan dengan operator seluler yang lainnya, akan tetapi banyak orang yang setia dengan Telkomsel karena jangkauan jaringannya yang luas sehingga ini juga berpengaruh terhadap kecepatan akses internet.

Padahal ada banyak sekali operator seluler yang menawarkan harga internet yang lebih murah daripada yang ditawarkan Telkomsel, namun karena jangkauan jaringannya tidak seluas Telkomsel tak jarang pengguna seringkali mengalami berbagai kendala ketika ingin mengakses internet biasanya lemot.

Jika disuruh memilih kira-kira Anda akan memilih operator seluler yang punya harga paket internet mahal tetapi kecepatan internetnya sangat cepat..

atau...

...operator seluler dengan harga paket internet murah akan tetapi akses internet seringkali mengalami kendala alias lemot.

Saya sendiri lebih memilih operator seluler yang lebih mengutamakan kecepatan internet tidak peduli meskipun harganya mahal asalkan harganya masih wajar dan saya bisa mengakses internet dengan lancar.

Daripada memilih yang punya harga paket internet murah tapi lemot yang seringkali membuat kita kesal bahkan karena jaringannya yang buruk kuota internet yang telah dibeli jadi tidak terpakai.

Akan tetapi karena kecepatan internet Telkomsel yang begitu cepat dan stabil seringkali membuat kuota menjadi cepat habis.

Oleh karena itu Anda perlu mengecek sisa kuota Telkomsel secara berkala kalau bisa setiap hari agar Anda tahu jumlah kuota yang telah dihabiskan.

Akan tetapi tidak bisa dipungkiri masih banyak pelanggan yang tidak tau cara cek kuota internet di kartu Telkomsel yang mereka gunakan, biasanya mereka pelanggan baru yang belum mengetahui mengenai layanan Telkomsel termasuk melakukan pengecekan sisa kuota.

...mungkin saja salah satunya Anda.

Pengecekan kuota internet merupakan hal yang perlu dikuasai oleh pengguna apalagi jika Anda jalan-jalan ke tempat yang jarang penjual pulsa tentu dengan mengecek terlebih dahulu sisa kuota internet Anda bisa mengisi kuota terlebih dahulu sebelum kuota internet habis.

Oleh karena itu kali ini saya akan memberikan panduan mengecek kuota internet Telkomsel yang bisa Anda lakukan dalam beberapa cara.

cara cek kuota internet telkomsel

Bagaimana Cara Cek Kuota Internet Telkomsel ?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan disini saya akan mengulas semuanya supaya Anda bisa memilih cara yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semua cara yang saya ulas di sini bisa Anda gunakan di semua kartu Telkomsel seperti kartuHalo, simPATI, KARTU As, maupun Loop entah itu yang sudah menggunakan jaringan 4G ataupun belum.

Untuk melakukan pengecekan sisa kuota internet Anda bisa mengeceknya melalui:

Mari kita ulas satu per satu!

1. Cek Kuota Internet Telkomsel melalui Dial Kode USSD

Ini merupakan cara yang paling umum dan banyak digunakan oleh para pelanggan Telkomsel karena Anda bisa mengetahui sisa kuota internet dengan cepat hanya dengan mengetik kode USSD saja.

Tentu saja Anda pernah menelpon seseorang dengan mengetik langsung nomor kontak orang tersebut bukan?

Nah! hampir sama seperti itu akan tetapi di sini yang Anda ketik adalah kode USSD untuk pengecekan kuota, kode USSD yang di gunakan juga sama dengan pengecekan pulsa hanya saja Anda perlu memilih opsi lanjutan agar sisa kuota bisa diketahui.

Tapi ada juga kode USSD yang memang di khususkan untuk mengecek sisa kuota yang Anda miliki.

Begini caranya:

Kode USSD pertama yaitu *888# yang biasa di gunakan untuk mengecek pulsa.

1. Ketik kode USSD *888# kemudian tekan YES/OK, nanti akan muncul beberapa opsi silahkan pilih opsi Cek Kuota dengan mengetik angka 3 kemudian OK.

Selanjutnya akan muncul lagi opsi pilihan untuk mengecek kuota nelpon, SMS, termasuk kuota internet. Silahkan ketik angka 2 (cek kuota internet) kemudian OK.

cek kuota melalui dial

2. Setelah itu akan muncul informasi sisa kuota seperti pada gambar di bawah.

rincian sisa kuota

Informasi kuota yang ditampilkan menggunakan cara di atas memang kurang lengkap.

Kalau ingin mendapatkan yang lebih lengkap gunakan kode yang kedua ini yaitu *363#.

Caranya:

1. Silahkan masuk ke fitur dial smartphone yang Anda gunakan kemudian ketik kode USSD *363# nanti akan muncul beberapa opsi yang bisa Anda pilih silahkan pilih angka 2 (Paket Lainnya).

Kemudian nanti akan muncul lagi beberapa pilihan silahkan pilih angka 7 (Cek Status).

cek kuota Telkomsel melalui dial

2. Setelah itu Anda akan mendapatkan SMS dari 3636 yang berisi informasi sisa kuota yang Anda miliki, tampak seperti pada gambar di bawah.

SMS rincian sisa kuota

Selesai.

Balasan dari dua kode USSD di atas punya perbedaan.

Apabila Anda ingin mengecek kuota Flash dan total kuota yang Anda miliki Anda bisa menggunakan cara yang pertama yaitu menggunakan kode USSD *888#.

Sedangkan jika Anda ingin mengetahui sisa kuota secara lengkap Anda bisa menggunakan cara yang kedua yaitu melalui kode USSD *363* karena Anda akan menerima informasi sisa kuota secara lengkap melalui SMS mulai dari kuota Chat & Sosial Media, Videomax, Flash, hingga kuota InternetLokal.

Saya sendiri lebih menyarankan Anda menggunakan kode USSD yang kedua.

Cara di atas bisa Anda gunakan di kartu simPATI, KARTU As, dan Loop. Untuk pengguna KartuHalo jika Anda tidak bisa menggunakan cara di atas Anda bisa menggunakan kode USSD *889# khusus untuk pengguna KartuHalo.

2. Cek Kuota Internet Telkomsel melalui SMS

Selain melalui dial Anda juga bisa mengeceknya melalui SMS, biasanya cara ini digunakan sebagai cara alternatif ketika cara pertama sedang mengalami eror atau tidak bisa digunakan sebagai mestinya.

Tidak hanya itu saja bagi Anda yang ingin menyimpan informasi kuota yang Anda miliki dari waktu ke waktu supaya Anda mengetahui jumlah kuota yang telah di pakai saya sarankan Anda menggunakan cara ini.

Karena nantinya Anda akan menerima informasi sisa kuota internet melalui SMS tidak seperti cara pertama menggunakan kode USSD yang pertama yang akan menghilang ketika di tutup.

Selain itu rincian sisa kuota yang diterima melalui SMS juga cukup lengkap sesuai dengan paket internet yang Anda miliki.

format SMS cek kuota Telkomsel

Ada 3 format SMS yang bisa Anda gunakan untuk mengecek sisa kuota, yaitu:
  • UL(spasi)INFO
  • FLASH(spasi)INFO
  • FLASH(spasi)INFOV2

Semua format SMS di atas di kirim ke 3636.

Silahkan pilih salah satu format yang ingin Anda gunakan, akan tetapi masing-masing format menunjukkan rincian informasi kuota yang berbeda-beda.

Jika Anda menggunakan format UL INFO Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi sisa kuota Videomax beserta kuota Chat & Social Media.

Tetapi jika Anda menggunakan format FLASH INFO Anda akan mendapatkan SMS yang berisi rincian informasi sisa kuota Internet Lokal dan Flash.

Nah jika ingin mendapatkan rincian yang lebih lengkap Anda bisa menggunakan format FLASH INFOV2 karena nantinya Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi sisa kuota Chat & Social Media, Videomax, Flash, dan Internet Lokal sesuai dengan paket yang Anda miliki.

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan masing-masing format SMS Anda bisa melihat gambar di atas.

3. Cek Kuota Internet Telkomsel melalui Aplikasi MyTelkomsel

Kalau Anda malas mengetik SMS ataupun kode USSD Anda bisa menggunakan cara yang ini, karena Anda bisa mengetahui sisa kuota hanya dengan membuka aplikasi MyTelkomsel saja tanpa perlu ribet ketak-ketik.

Ini juga merupakan aplikasi yang wajib Anda miliki jika Anda menjadi pelanggan Telkomsel karena tidak hanya bisa mengetahui informasi sisa kuota saja namun Anda juga bisa mengetahui informasi lainnya seputar layanan Telkomsel.

Jika Anda belum memiliki aplikasi MyTelkomsel silahkan download di Play Store untuk Android sedangkan untuk pengguna ponsel iOS bisa di download melalui App Store.

Apabila aplikasi sudah terpasang dengan baik Anda akan disuruh untuk mendaftar terlebih dahulu biasanya Anda akan dimintai informasi nomor Telkomsel yang Anda gunakan.

Silahkan daftar terlebih dahulu, ikuti sesuai dengan petunjuk yang di tampilkan di aplikasi MyTelkomsel.

aplikasi MyTelkomsel

Apabila proses pendaftaran sudah selesai, Anda akan langsung diarahkan ke halaman yang berisi informasi sisa kuota yang Anda miliki tampak seperti pada gambar di atas.

Silahkan gulir ke bagian bawah supaya Anda bisa melihat rincian lengkap sisa kuota yang Anda miliki, gambar di atas merupakan contoh kartu bekas paket internet 30GB yang saya gunakan.

Meskipun awalnya Anda akan disuruh untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu namun jika suatu saat Anda ingin mengeceknya kembali Anda tidak perlu melakukan pendaftaran lagi, karena nantinya Anda akan diarahkan langsung ke halaman tersebut secara otomatis.

Bahkan aplikasi ini juga bisa Anda akses secara gratis tanpa kuota lho.

4. Cek Kuota Internet melalui Situs Web My Telkomsel

Selain hadir dalam bentuk aplikasi, MyTelkomsel juga hadir dalam bentuk web. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengeceknya melalui PC karena situs tersebut bisa Ada akses melalui browser.

Karena My Telkomsel yang ini berbasis situs sebetulnya Anda juga tidak hanya bisa dibuka lewat PC saja namun Anda yang menggunakan ponsel juga bisa membukanya dengan menggunakan browser kesayangan Anda.

Untuk mengecek sisa kuota internet melalui situs My Telkomsel, begini caranya:

1. Silahkan buka terlebih dahulu situs resmi My Telkomsel menggunakan browser, nanti Anda akan diarahkan ke halaman login terlebih dahulu tampak seperti gambar di bawah.

Silahkan masukkan nomor Telkomsel yang ingin di cek sisa kuotanya kemudian pilih tombol Kirim Kode.

Tidak lama Telkomsel akan mengirim SMS ke nomor tersebut yang berisi kode, nah silahkan masukkan kode tersebut ke kolom yang telah di sediakan pada situs web My Telkomsel.

Jika sudah pilih tombol Masuk.

masuk ke situs My Telkomsel

2. Apabila Anda berhasil masuk maka akan diarahkan ke halaman yang tampak seperti pada gambar di bawah.

Di sana Anda bisa melihat informasi sisa kuota yang Anda miliki secara lengkap sama halnya ketika mengecek di aplikasi My Telkomsel.

rincian kuota di situs My Telkomsel

Sebetulnya tampilan antara situs web dan aplikasi MyTelkomsel hampir sama informasi kuota yang ditampilkan pun sama, di sana akan tampil rincian kuota Internet Lokal, Flash, Videomax, Chat & Social Media dan paket internet lainnya yang telah Anda beli.

Bagaimana mudah bukan?

...Mau yang lebih asik? coba cara yang kelima!

5. Cek Kuota Internet Telkomsel melalui Asisten Virtual (Veronika)

Ini merupakan cara yang paling jarang digunakan, mungkin karena layanan Asisten Virtual ini terbilang masih baru.

Asisten Virtual yang diluncurkan Telkomsel ini bernama Veronika, layanan digital berbasis chatting ini akan memberikan kemudahan kepada Anda untuk mengetahui informasi seputar layanan Telkomsel termasuk mengecek kuota.

Asisten Virtual ini bisa di akses melalui Facebook Messenger, LINE, dan Telegram. Namun di sini saya akan mengaksesnya melalui Facebook Messenger.

Begini caranya:

1. Silahkan buka aplikasi Facebook Messenger di ponsel yang Anda gunakan kemudian tulis "Telkomsel" di kolom pencarian Messenger lalu pilih halaman resmi Telkomsel.

Kemudian kirim pesan Cek Kuota nanti Anda akan diminta memasukkan nomor Telkomsel yang ingin di cek kuotanya seperti pada gambar di bawah yang tengah, silahkan balas dengan memasukkan nomor Telkomsel yang Anda gunakan.

Tidak lama Anda akan menerima SMS yang berisi kode, silahkan balas pesan di Facebook Messenger dengan kode yang Anda terima melalui SMS.

Jika verifikasi berhasil Anda akan di suruh untuk memilih jenis kuota yang akan dicek seperti pada gambar di bawah paling kanan, untuk mengecek sisa kuota internet tap tombol LIHAT KUOTA INTERNET.

Asisten Virtual Telkomsel

2. Setelah itu Veronika akan kembali membalas dengan rincian informasi kuota yang Anda miliki seperti gambar di bawah mulai dari kuota Internet Lokal, Flash, Videomax, hingga kuota Chat & Social Media.

rincian kuota dari Asisten Virtual

...selesai.

Apabila Anda ingin mengecek kembali sisa kuota yang Anda miliki, Anda hanya tinggal mengirim pesan Cek Kuota nantinya Veronika akan memberitahu rincian sisa kuota internet yang Anda miliki, tidak perlu melakukan verifikasi lagi.

Jika Anda sedang aktif di Facebook dan kebetulan Anda ingin mengetahui sisa kuota internet kini Anda tidak perlu lagi keluar dari Facebook untuk mengeceknya melalui fitur lain, cukup kirim pesan saja ke Asisten Virtual lewat Messenger.

Penutup

Itulah semua cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek sisa kuota internet Telkomsel, tentunya masing-masing cara punya kelebihan dan kekurangan.

Silahkan pilih salah satu cara yang menurut Anda mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda, saya sendiri lebih sering menggunakan aplikasi MyTelkomsel karena lebih mudah hanya membuka aplikasi saja semua rincian sisa kuota sudah bisa dilihat.

Kira-kira dari kelima cara di atas yang mana nih yang akan Anda gunakan?
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.