3 Cara Cek Kuota Internet AXIS Terbaru 2018

4/18/2018
Saat ini akses internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan terutama bagi para pengguna smartphone karena melalui internet kita bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi yang bisa di akses secara gratis mulai dari berita hingga pesan instan untuk berkomunikasi dengan teman atau saudara yang terpisahkan oleh jarak.

Kalau untuk berkomunikasi dengan teman atau saudara yang jauh mungkin masih bisa dilakukan melalui SMS yang bisa digunakan tanpa akses internet, akan tetapi tentu saja ini membutuhkan biaya pulsa yang lebih mahal daripada menggunakan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp yang menggunakan jaringan internet.

Bahkan ada beberapa operator seluler yang bisa digunakan untuk mengakses pesan instan paling populer yaitu WhatsApp secara gratis tanpa biaya salah satunya adalah AXIS HITZ.

Akan tetapi jika digunakan untuk mengakses situs yang ada di internet tentunya pengguna harus memiliki kuota internet.

Ada banyak provider yang menawarkan pilihan paket internet dengan harga yang bervariatif, salah satunya adalah AXIS.

AXIS memang kerap kali menawarkan paket internet dengan kapasitas kuota yang besar namun harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan operator seluler yang lainnya, bahkan setiap minggu selalu ada kejutan paket internet yang dihadirkan oleh AXIS diantaranya adalah program Rabu Rawit dan Jumat Baik.

Akan tetapi supaya Anda bisa berselancar di internet dengan bebas tentu Anda harus mengecek terlebih dahulu sisa kuota internet yang Anda miliki, jangan sampai ketika Anda asik berselancar di internet tiba-tiba ada pemberitahuan lewat SMS yang berisi informasi kuota Anda telah habis.

Kalau habis pada waktu yang memungkinkan untuk membeli kuota tentu ini tidak akan menjadi masalah, bagaimana jadinya jika Anda kehabisan kuota di malam hari saat penjual pulsa sudah tutup?

...sudah pasti Anda akan kelabakan, apalagi jika Anda sangat aktif di media sosial. Sehari tidak membuka media sosial saja rasanya ada yang kurangkan?

Oleh karena itu sebaiknya lakukan pengecekan kuota internet di kartu AXIS yang Anda gunakan secara berkala supaya Anda bisa membeli tambahan kuota internet sebelum kuota habis.

Dengan mengecek kuota internet secara berkala Anda juga bisa mengontrol pemakaian kuota setiap hari sehingga Anda bisa menghemat kuota lebih banyak.

Akan tetapi tidak bisa dipungkiri masih banyak pengguna yang tidak tahu tentang cara cek kuota internet AXIS padahal ini merupakan hal yang perlu dikuasai oleh pengguna.

Biasanya pengguna yang belum mengetahui adalah pengguna baru yang pertama kali menggunakan layanan AXIS.

Cara Cek Kuota Internet AXIS

Bagaimana Cara Cek Kuota Internet AXIS ?

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, di sini Sipitek akan membahas semua cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kuota supaya Anda bisa memilih cara yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Akan tetapi tentu saja setiap cara punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh karena itu saya menyarankan Anda untuk mempelajari terlebih dahulu semua cara yang akan saya bahas ini supaya Anda bisa memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sekilas, untuk mengecek kuota internet AXIS Anda bisa mengeceknya melalui:

Supaya Anda bisa memahaminya dengan mudah...

...mari kita ulas satu per satu.

1. Cek Kuota Internet AXIS melalui Dial Kode USSD

Ini merupakan cara yang paling umum digunakan karena Anda bisa mengetahuinya langsung dengan mudah hanya mengetik kode USSD khusus untuk pengecekan kuota nanti akan muncul secara otomatis sisa kuota internet yang Anda miliki.

Tentu Anda sudah pernah dong menelpon teman dengan mengetik nomor kontaknya langsung? sama seperti itu akan tetapi di sini yang kita ketik adalah kode USSD khusus untuk mengecek kuota buka nomor telepon.

Kode USSD yang digunakan juga sama dengan kode USSD untuk pengecekan pulsa akan tetapi jika Anda ingin mengetahui sisa kuota Anda perlu memilih opsi lanjutan.

Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk mengecek kuota AXIS yang digunakan di modem melalui fitur USSD yang biasanya di sediakan di software dial up modem.

Untuk mengecek kuota AXIS melalui dial, begini caranya:

1. Silahkan masuk ke fitur dial yang tersedia di smartphone yang Anda gunakan kemudian ketik kode USSD *123# lalu OK/YES.

2. Selanjutnya nanti akan muncul beberapa pilihan balas dengan mengetik angka 7 yaitu MyInfo lalu OK/YES.

3. Kemudian akan muncul lagi beberapa pilihan seperti pada gambar di bawah sebelah kanan, silahkan balas dengan mengetik angka 3 yaitu Cek Kuota lalu OK/YES.

kode dial cek kuota

4. Setelah itu akan muncul beberapa paket internet yang Anda miliki seperti gambar di bawah sebelah kiri di sini saya hanya memiliki paket internet AXIS Play, jika Anda memiliki lebih dari satu paket internet nanti akan muncul semua di sana.

Silahkan pilih paket yang akan di cek, sebagai contoh di sini saya akan mengecek paket internet AXIS Play dengan mengetik angka 1 yaitu Bonus Internet AXIS Play 2GB Rp1 lalu tekan OK/YES.

5. Terakhir, akan muncul rincian sisa kuota paket internet tersebut seperti yang tertera pada gambar di bawah sebelah kanan.

rincian sisa kuota

Di sana Anda bisa melihat sisa kuota dan masa berlaku paket internet yang Anda miliki...

Kalau Anda ingin lebih cepat Anda bisa menggunakan kode USSD *889# nanti Anda akan diarahkan langsung ke daftar paket yang Anda miliki.

Begini caranya:

1. Silahkan masuk ke fitur dial kemudian ketik kode UUSD *889# lalu OK/YES.

2. Maka akan langsung muncul daftar paket internet yang Anda miliki, silahkan pilih paket yang akan di cek kuotanya sebagai contoh di sini saya mengetik angka 1 yaitu Bonus Internet AXIS Play 2GB Rp1 kemudian OK/YES.

3. Selanjutnya akan tampil rincian sisa kuota paket tersebut beserta masa aktifnya, tampak seperti gambar di bawah paling kanan.

cek kuota melalui dial

Jadi, untuk mengecek kuota internet melalui dial ada dua cara yaitu melalui *123# dan *889#.

Untuk dial pertama (*123#) sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin mengecek kuota sambil mengecek pulsa karena memang sebelum menampilkan rincian kuota Anda akan melihat rincian pulsa terlebih dahulu.

Namun jika niat Anda ingin mengecek kuota langsung lebih baik gunakan cara kedua (*889#) karena nantinya Anda akan diarahkan langsung ke daftar paket internet yang Anda miliki.

Catatan:

Opsi yang ditampilkan dari kode USSD di atas sewaktu-waktu bisa berubah. Misalnya saat ini opsi Cek Kuota berada di nomor 3 bisa saja nanti ada di nomor yang lain.

Oleh karena itu jika suatu saat petunjuk yang saya tulis di atas tidak sesuai silahkan beritahu saya melalui kolom komentar, agar saya bisa memperbaruinya dengan cara terbaru.

2. Cek Kuota AXIS melalui Aplikasi AXIS net

Ini merupakan cara terbaru yang lebih cepat dan mudah, karena Anda tidak perlu ribet ketak-ketik untuk menjalankan perintah tertentu namun hanya dengan membuka aplikasi khusus untuk pelanggan AXIS yaitu AXIS net Anda bisa langsung mengetahui semua informasi kartu yang Anda gunakan.

Dengan menggunakan aplikasi AXIS net Anda tidak hanya bisa mengecek kuota internet saja namun Anda juga bisa mengetahui promo menarik secara langsung melalui aplikasi ini.

Silahkan download terlebih dahulu aplikasi AXIS net di Play Store jika Anda pengguna Android, sedangkan untuk pengguna iOS Anda bisa mendownloadnya di App Store. Lakukan instalasi sampai aplikasi berhasil dipasang.

Untuk mengecek sisa kuota melalui aplikasi AXIS net, begini caranya:

1. Silahkan buka aplikasi AXIS net di smartphone yang Anda gunakan, apabila sebelumnya Anda belum pernah menggunakan aplikasi AXIS net Anda akan diarahkan terlebih dahulu ke halaman login tampak seperti gambar di bawah paling kiri.

2. Silahkan masukkan nomor AXIS yang Anda gunakan kemudian isi juga kolom Kode Captcha sesuai dengan yang tampil pada halaman tersebut, jika sudah pilih tombol MASUK.

3. Di sana akan tampil rincian kuota yang Anda miliki tepat di samping sisa pulsa.

Aplikasi AXIS net

4. Apabila Anda ingin mengeceknya secara lengkap silahkan pilih ikon menu yang berada di pojok kanan atas layar kemudian pilih opsi Cek Paket & Kuota.

5. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman Cek Paket & Kuota seperti gambar di bawah sebelah kanan. Semua paket internet yang Anda miliki akan tampil di sana beserta masa aktifnya.

sisa kuota di aplikasi AXIS net

...selesai.

Meskipun pada saat pertama kali menggunakan aplikasi AXIS net Anda di suruh login terlebih dahulu akan tetapi jika suatu saat Anda ingin mengeceknya kembali melalui aplikasi AXIS net Anda tidak perlu login lagi karena nantinya akan langsung diarahkan ke menu yang ada di aplikasi AXIS net dalam keadaan login.

Jangan lupa sebelum membuka aplikasi ini aktifkan terlebih dahulu data internet di smartphone Anda karena aplikasi ini membutuhkan koneksi internet. Tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki kuota, karena aplikasi ini memang bisa digunakan secara gratis untuk para pelanggan AXIS.

3. Cek Kuota AXIS melalui Situs Web AXISnet

Selain hadir dalam bentuk aplikasi, AXISnet juga hadir dalam bentuk situs web yang bisa di akses dengan mudah melalui internet.

Cara ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengeceknya melalui PC karena situs web AXISnet bisa di akses dengan melalui browser kesayangan Anda, akan tetapi cara ini juga bisa digunakan melalui smartphone dengan menggunakan browser.

Selain itu jika Anda ingin mengecek sisa kuota AXIS di modem yang tidak memiliki fitur USSD Anda juga bisa menggunakan cara ini sebagai alternatif.

Begini caranya:

1. Silahkan buka situs web AXISnet kemudian pilih tombol LOGIN yang ada dipojok kanan atas halaman.

Setelah itu akan muncul pop up untuk masuk ke situs AXISnet, apabila Anda sudah punya password bisa langsung mengisi kolom tersebut.

Akan tetapi jika Anda belum memiliki password login silahkan pilih tombol Daftar Baru / Lupa Password?.

Nah kemudian akan muncul pop up pendaftaran, silahkan masukkan nomor AXIS yang Anda gunakan di kolom pertama.

Kemudian isi kolom Email dengan email Anda, sebetulnya Anda juga bisa mengisi email asal-asalan karena nantinya password akan dikirim melalui email dan SMS. Akan tetapi demi keamanan silahkan isi dengan email yang biasa Anda gunakan.

Jika tidak punya email silahkan buat terlebih dahulu bisa menggunakan email Yahoo atau bisa juga menggunakan Gmail, atau bisa juga di isi dengan email asal-asalan.

Kemudian isi kolom Kode Captcha sesuai dengan yang tampil pada halaman tersebut, jika sudah pilih tombol KIRIM.

situs web AXISnet

2. Jika pendaftaran berhasil, tidak lama Anda akan menerima SMS yang berisi password untuk login.

Silahkan isi kolom pertama dengan nomor AXIS yang Anda gunakan kemudian pada kolom password isi dengan password yang telah dikirim melalui SMS.

Selanjutnya isi kode captcha sesuai dengan yang tampil pada halaman tersebut, jika sudah di isi semua pilih tombol LOGIN.

login ke situs AXISnet

3. Apabila login berhasil Anda akan diarahkan ke halaman yang tampak seperti pada gambar di bawah.

Di sana semua paket internet yang Anda miliki akan tampil semua, tidak hanya itu saja informasi seperti sisa pulsa dan nomor AXIS yang Anda gunakan juga tampil.

Rincian sisa kuota di situs AXISnet

...selesai.

Jika dibandingkan dengan cara yang sebelumnya, cara ini memang agak sedikit ribet karena kita perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum login ke situs AXISnet.

Akan tetapi tentu saja jika Anda ingin mengecek sisa kuota AXIS melalui PC atau di modem yang tidak mendukung fitur USSD cara ini akan sangat membantu.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek sisa kuota internet AXIS entah itu di smartphone maupun di PC.

Tentunya masing-masing cara punya kelebihan dan kekurangan, oleh karena itu saya sarankan untuk memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kondisi kartu AXIS yang Anda gunakan.

Sebetulnya dulu ada empat cara yang bisa kita gunakan, satu lagi yaitu melalui SMS. Akan tetapi setelah saya melakukan percobaan mengecek kuota melalui SMS jawabannya malah tidak tersedia.

Mungkin fitur pengecekan kuota melalui SMS ini sudah ditutup oleh pihak AXIS, makanya saya tidak memasukkan ke dalam daftar di atas karena percuma tidak bisa digunakan lagi seperti dulu.

Kalau boleh tau, dari ketiga cara di atas yang mana yang akan Anda gunakan?
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.