10 Printer All in One Terbaik 2018

3/16/2018
Tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi memang bisa membuat berbagai pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, termasuk dalam dunia percetakan.

Zaman sekarang printer tidak hanya dapat digunakan untuk mencetak saja namun ada jenis printer yang bisa melakukan beberapa pekerjaan mulai dari mengirim faks hingga melakukan scan atau memindai dokumen, printer multifungsi ini biasa disebut dengan printer all in one.

Dengan menggunakan printer all in one tentu saja Anda dapat menghemat biaya pengeluaran karena Anda tidak perlu membeli peralatan scan maupun alat faks secara terpisah karena sebagian besar printer all in one yang beredar di pasaran sudah dilengkapi dengan alat ini.

Selain itu printer all in one juga sangat cocok untuk digunakan di kantor yang umumnya memiliki tempat terbatas karena printer ini tidak membutuhkan tempat yang luas namun bisa Anda gunakan untuk melakukan beberapa pekerjaan percetakan.

Selain dapat menghemat biaya, tentu saja Anda juga dapat menghemat tempat. Akan tetapi tentu saja harga yang dibanderol printer all in one juga lebih mahal jika dibandingkan dengan printer biasa.

Bagi Anda yang berniat membeli printer all in one namun sedang kebingungan untuk menentukan printer mana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda, ulasan ini mungkin akan sangat membantu Anda untuk menentukan printer all in one yang Anda inginkan.

Karena di artikel ini Sipitek telah memilih beberapa printer all in one terbaik dari produsen printer ternama Epson, Canon, dan produsen printer terkenal lainnya yang akan di ulas lebih mendalam. Mari kita mulai!

Perbandingan Printer All in One

Nama Printer Fungsi Teknologi Cetak Harga (Rp)
Canon ImageCLASS MF8580Cdw Copy, Scan, Print, Fax Laserjet 18,5 jutaan
Canon ImageCLASS MF4890dw Copy, Scan, Print, Fax Laserjet 18 jutaan
Puji Xerox DocuPrint CM305 df Copy, Scan, Print, Fax Laserjet 7,3 jutaan
Epson WorkForce WF-7611 A3 Copy, Scan, Print, Fax Inkjet 5,4 jutaan
HP OfficeJet 250 Copy, Scan, Print Inkjet 4,4 jutaan
Epson L605 Copy, Scan, Print Inkjet 4 jutaan
Epson L485 Copy, Scan, Print Inkjet 3,2 jutaan
Canon Pixma MG7170 Copy, Scan, Print Inkjet 2,9 jutaan
HP LaserJet Pro MFP M130fw Copy, Scan, Print, Fax Laserjet 2 jutaan
HP DeskJet 2520hc Copy, Scan, Print Inkjet 1,2 jutaan
Catatan: Harga sewaktu-waktu bisa berubah.

Ulasan 10 Printer All in One Terbaik

Agar Anda dapat menentukan printer All in One yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ada baiknya baca terlebih dahulu semua ulasan yang kami sajikan agar Anda dapat memiliki keputusan yang tepat.

1. Canon imageCLASS MF8580Cdw

Canon imageCLASS MF8580Cdw

Sejumlah teknologi telah ditanamkan di printer Canon imageCLASS MF8580Cdw ini.

Printer besutan Canon ini mampu melakukan pencetakan dokumen ataupun gambar melalui perangkat smartphone maupun tablet, sehingga Anda dapat melakukan pencetakan di mana saja dan kapan saja tanpa harus menggunakan perangkat komputer.

Teknologi ini dapat bekerja dengan bantuan aplikasi yang harus Anda pasang terlebih dahulu di perangkat smartphone yang digunakan, bisa menggunakan aplikasi pencetakan resmi dari Canon atau bisa juga menggunakan Google Cloud Print.

Berkat teknologi On Demand Fixing Anda tidak perlu khawatir ketika melakukan percetakan pertama yang seringkali hasilnya tidak sempurna pada kebanyakan printer pada umumnya.

Karena berkat teknologi ini printer dapat mengirim panas ke elemen pemanas sehingga cetakan pertama memiliki hasil yang sempurna.

Printer all in one yang bisa Anda gunakan untuk copy, scan, print, dan fax yang satu ini juga dilengkapi dengan LCD yang menampilkan menu secara informatif berukuran 4,5 inci.

Printer ini menggunakan sinar laser untuk mencetak sebuah dokumen sehingga tidak heran jika ia mampu mencetak dokumen penuh dengan ukuran A4 sebanyak 20 halaman per menit.

Anda juga dapat menghemat waktu, biaya, dan kertas karena Canon ImageCLASS MF8580Cdw ini mampu mencetak halaman secara dupleks atau bolak-balik secara otomatis.

Selain itu teknologi terkini juga tersemat di mesin Fax, dimana printer ini mampu mencari dan mengambil informasi email penerima, nomor fax, dan informasi lainnya dari buku alamat pusat yang berisi informasi yang tersimpan di server LDP.

2. Canon ImageCLASS MF4890dw

Canon ImageCLASS MF4890dw

Printer Canon ImageClass MF4890dw ini sangat cocok digunakan untuk mengerjakan tugas berat di lingkungan kantor maupun untuk usaha pencetakan dengan banyak pengguna karena memiliki kecepatan cetak yang cukup cepat.

Ia mampu mencetak halaman simpleks A4 sebanyak 26 halaman per menit sedangkan untuk halaman dupleks A4 bisa mencetak hingga 16 halaman per menit dengan resolusi cetak 600 x 600 dpi.

Printer ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi On Demand Fixing yang mampu menghasilkan cetakan pertama dengan sempurna.

Jika Anda sering merasa bising ketika printer melakukan pencetakan dengan printer ini Anda tidak akan merasa bising lagi karena ia sudah dilengkapi dengan tombol Mode Quiet yang dapat mengurangi kebisingan mesin printer seminimal mungkin.

Tidak hanya tersedia tombol Mode Quiet saja, printer ini juga menyediakan tombol One-Touch Solution Key terdapat tiga tombol yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah aktivitas umum pada saat melakukan pencetakan.

Printer dengan teknologi cetak laserjet ini bisa Anda gunakan untuk print, copy, scan, dan fax.

3. Puji Xerox DocuPrint CM305 df

Puji Xerox DocuPrint CM305 df

Printer all in one dengan teknologi cetak laserjet ini lebih cocok digunakan untuk keperluan dokumentasi usaha kecil hingga menengah karena memiliki kemudahan dan kinerja yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Printer Puji Xerox DocuPrint CM305 df ini bisa Anda gunakan untuk melakukan scan, copy, print, dan fak.

Printer ini memiliki kecepatan cetak hingga 23 lembar per menit untuk halaman hitam putih maupun berwarna dengan resolusi cetak 600 x 600 dpi.

Untuk menunjang performanya printer ini memiliki memori sebesar 256MB dan processor dengan kecepatan 400MHz.

Selain itu printer besutan Puji Xerox ini juga memiliki fitur unggulan terutama dalam hal keamanan, untuk melindungi dokumen penting yang dikirim melalui jaringan ia menggunakan enkripsi data ipsec dan SSL.

Anda juga tidak perlu khawatir printer digunakan oleh orang lain yang ada dalam satu jaringan karena Anda bisa memanfaatkan fitur IP Filter untuk mencatat semua IP yang hanya bisa melakukan pencetakan saja sehingga jika IP mereka tidak Anda masukkan maka mereka tidak akan bisa menggunakan printer tersebut.

Fitur keamanan lainnya yaitu Secure Print dan Secure Fax Receive fitur ini bisa Anda gunakan untuk mengamankan printer agar tidak ada orang lain yang bisa mencetak dokumen yang telah dilindungi dengan password.

4. Epson WorkForce WF-7611 A3

Epson WorkForce WF-7611 A3

Jika Anda sedang mencari printer multifungsi dengan kecepatan cetak yang tinggi mungkin printer Epson WorkForce WF-7611 ini mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

Karena printer besutan Epson ini mampu mencetak gambar hingga 18ipm untuk hitam putih dan untuk yang berwarna bisa sampai 10ipm, sedangkan untuk dokumen ia bisa mencetak 32 halaman hitam putih per menit dan 20 halaman berwarna per menit dengan resolusi copy 600 x 600 dpi.

Teknologi cetak yang digunakan adalah inkjet, meskipun demikian hasil cetak printer ini hampir menyamai printer dengan teknologi laserjet. Karena tinta yang digunakan cepat mengering sehingga menghasilkan cetakan yang lebih tahan lama entah itu di kertas dokumen maupun kertas foto.

Bahkan hasil cetak foto yang dihasilkan printer ini juga lebih tahan air.

Printer berukuran 22,3 inci x 19,1 inci ini juga dilengkapi dengan LCD Screen berwarna berukuran 3,4 inci untuk mempermudah mengoperasikan printer.

Anda bisa terhubung dengan printer ini melalui beberapa cara yaitu melaui USB 2.0, Wi-Fi, Wi-Fi Direct dan Ethernet.

Yang paling menarik adalah Wi-Fi Direct, dimana dengan menggunakan fitur ini Anda bisa terhubung langsung ke printer menggunakan Wi-Fi yang telah ditanam di dalam printer sampai dengan 4 perangkat sekaligus entah itu melalui perangkat komputer maupun smartphone Anda untuk melakukan pencetakan.

5. HP OfficeJet 250

HP OfficeJet 250 Mobile All-in-One Printer

Jika Anda ingin memilih printer yang bisa dibawa ke mana saja mungkin printer besutan HP ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda karena printer HP OfficeJet 250 ini sudah dilengkapi dengan battery yang mampu di isi ulang layaknya smartphone.

Printer multifungsi ini bisa Anda gunakan untuk melakukan print, copy, dan scan.

HP OfficeJet memiliki ukuran yang cukup mungil yaitu hanya 14,96 x 7,8 x 3,6 inci dengan berat sekitar 3kg saja sehingga Anda tidak perlu khawatir beratnya membebani Anda apalagi jika berniat membawanya ke mana saja.

Teknologi cetak yang digunakan adalah Inkjet yang mampu mencetak hingga 20 halaman per menit untuk dokumen hitam putih dan untuk berwarna bisa sampai 19 halaman per menit.

Kualitas cetak yang dihasilkan terbilang cukup baik, untuk dokumen warna bisa sampai 4800 x 1200 dpi sedangkan untuk hitam putih 1200 x 1200 dpi.

Printer ini juga mendukung beberapa macam konektifitas yaitu Bluetooth, Wirelles, dan Wi-Fi Direct yang memungkinkan pengguna untuk mencetak dokumen dari perangkat smartphone maupun perangkat lainnya tanpa kabel.

Tidak hanya itu saja printer ini juga memiliki LCD layar sentuh berukuran 2,65 inci untuk mempermudah pekerjaan penggunanya, terlepas dari fungsinya layar tersebut juga membuat desainnya tampak lebih modern.

6. Epson L605

Epson L605

Ini merupakan printer yang bisa Anda pilih jika Anda menginginkan printer all in one murah yang dapat mencetak secara dulpeks atau bolak-balik dalam sekali cetak karena harganya yang cukup murah jika dibandingkan dengan printer di kelasnya, yakni dibanderol dengan harga sekitar Rp 4 jutaan saja.

Sesuai namanya Printer all in one ini memiliki tiga fungsi yaitu untuk scan, copy, dan print berbagai dokumen.

Printer ini juga memiliki kecepatan cetak yang cukup cepat, ia mampu mencetak dokumen berwarna ukuran A4 hingga 20 halaman per menit dan untuk dokumen hitam putih bisa sampai 33 halaman per menit dengan resolusi cetak maksimal 4800 x 1200 dpi.

Ada tiga konektifitas yang telah tertanam di printer besutan Epson ini yakni Ethernet, Wi-Fi, dan Wi-Fi Direct yang memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen dari perangkat lain tanpa terbatas dengan kabel.

Printer dengan teknologi cetak Inkjet ini juga memiliki desain yang cukup rapi di mana pada bagian sampinya terdapat tanki tinta yang bisa Anda isi ulang kapan saja dengan mudah.

Di bagian depan printer terdapat LCD hitam putih berukuran 2,2 inci untuk memudahkan pengoperasian printer.

7. Epson L485

Epson L485

Epson L485 ini memiliki kemampuan dalam jumlah cetak, printer ini mampu mencetak 7500 untuk halaman berwarna sedangkan untuk hitam putih bisa sampai 4500 halaman jika tinta yang berada di tempat penampungan penuh.

Printer ini sangat cocok bagi Anda cukup produktif menggunakan printer karena Anda bisa menghemat biaya pembelian tinta, selain itu tabung tempat penampung tinta juga di desain lebih sederhana sehingga bisa Anda bisa mengisi ulang dengan mudah.

Printer dengan teknologi cetak Inkjet ini mampu mencetak halaman A4 hitam putih sebanyak 33 halaman per menit sedangkan yang untuk halaman berwarna bisa sampai 15 halaman dengan resolusi cetak maksimal 5760 x 1440 dpi.

Sayangnya printer ini tidak bisa Anda gunakan untuk mencetak dokumen secara dupleks atau bolak-balik secara otomatis, sehingga mungkin akan sedikit menyita waktu Anda. Epson L485 juga hanya menyediakan konektifitas Wi-Fi, Wi-Fi Direct, dan USB saja.

Untuk bagian desain printer ini tampak sederhana dimana pada bagian depan printer terdapat LCD berwarna berukuran 1,4 inci yang berfungsi untuk membantu pengguna memilih file yang akan di print dari memory card.

8. Canon Pixma MG7170

Canon Pixma MG7170

Printer dengan teknologi cetak menggunakan Inkjet ini bisa Anda gunakan untuk copy, scan, dan print.

Printer besutan Canon ini punya tampilan yang terbilang cukup unik dan terkesan modern, ia memiliki empat varian warna yang bisa Anda pilih yaitu putih, hitam, coklat, dan merah.

Di bagian depan printer terdapat LCD layar sentuh berwarna berukuran 3,5 inci yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah penggunaan printer ini.

Canon Pixma MG7170 juga sudah tertanam dengan berbagai teknologi canggih yang dapat mengoptimalkan hasil cetak.

Diantaranya yaitu teknologi Auto Photo Fix II, fitur ini dapat mengoptimalkan warna foto yang akan dicetak sehingga warna foto yang dihasilkan menjadi lebih tajam dan jernih.

Jika Anda pernah mengambil foto di malam hari mungkin pernah mendapatkan hasil foto di mana pada bagian mata tampak titik merah, nah pada saat dicetak menggunakan Canon Pixma MG7170 ini titik merah tersebut akan otomatis hilang berkat teknologi yang mampu menyesuaikan foto secara optimal.

Selain itu ia juga dilengkapi dengan teknologi ChromaLife100+ dan Full-Photolithography Inkjet Nozzle Engineering yang membuat hasil cetak foto tampak profesional hingga mencapai resolusi 9600 x 2600 dpi.

Yang membedakannya dengan printer all in one yang lainnya printer ini bisa Anda gunakan untuk mencetak label CD.

Untuk kecepatan cetak printer ini mampu mencetak halaman A4 hitam putih sebanyak 15ipm sedangkan yang berwarna 10ipm. Ia juga mampu mencetak halaman secara dupleks atau bolak-balik secara otomatis.

Untuk urusan konektifitas printer berukuran 466 x 369 x 148 mm dengan bobot 8,2kg ini mendukung USB2.0, Wi-Fi, dan Ethernet.

9. HP LaserJet Pro MFP M130fw

HP LaserJet Pro MFP M130fw

Printer yang satu ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 2 jutaan namun bisa Anda gunakan untuk scan, copy, print, dan fax.

Tidak hanya itu saja teknologi cetak yang digunakan juga menggunakan teknologi cetak laserjet sehingga hasil cetak terlihat cukup tajam jika dibandingkan dengan printer sekelasnya, ia juga sudah dilengkapi dengan teknologi Katrida Toner JetIntelligence yang dapat mencetak secara konsisten pada suhu tertentu maupun kertas yang digunakan.

Akan tetapi jika Anda menginginkan printer yang dapat mencetak secara dupleks atau bolak-balik printer ini bukanlah pilihan yang tepat karena memang tidak mendukung, namun Anda bisa melakukannya secara manual.

Meskipun demikian printer ini mampu menyalin (copy) halaman sebanyak 22 lembar per menit dengan resolusi copy mencapai 600 x 400 dpi sedangkan resolusi cetak (print) yang dihasilkan bisa mencapai 600 x 600 dpi.

Untuk urrusan scan atau memindai ia memiliki kecepatan hingga 11 halaman per menit dengan resolusi 300 x 300 dpi.

Dengan printer ini Anda juga tidak perlu khawair dengan konsumsi listrik karena printer ini sudah dilengkapi dengan teknologi Auto on/of yang mampu menghemat listrik rumah Anda, pada waktu tertentu ia bisa menyala maupun mati sendiri tanpa harus dilakukan secara manual.

10. HP DeskJet Ink Advantage 2520hc

HP DeskJet Ink Advantage 2520hc

Printer all in one terbaik yang terakhir yang perlu disandingkan dengan printer all in one yang lainnya adalah HP DeskJet 2520hc.

Printer seharga Rp 1 jutaan ini bisa Anda gunakan untuk copy, scan, dan print. Meskipun harganya terbilang cukup murah akan tetapi printer ini memiliki kualitas cetak yang cukup mumpuni.

Printer dengan teknologi cetak Inkjet ini mampu mencetak halaman hitam putih ISO hingga 7 halaman per menit sedangkan draft bisa mencapai 20 halaman per menit.

Sedangkan untuk kecepatan cetak berwarna ia bisa mencetak halaman ISO 4 halaman per menit sedangkan draft bisa sampai 16 halaman.

Printer dengan ukuran 431,4 x 438,9 x 251,6 mm dengan berat 3,9 kg ini punya desain yang cukup sederhana sehingga bisa Anda tempatkan di mana saja atau bahkan satu meja dengan perangkat komputer Anda.

Tidak ada teknologi khusus yang tertanam pada printer ini, meskipun demikian jika Anda berencana untuk membeli printer all in one dengan harga murah mungkin printer yang satu ini perlu Anda pertimbangkan.

Penutup

Itulah sepuluh printer all in one terbaik yang berhasil kami kumpul.

Jika Anda berniat untuk membeli printer all in one tentu saja Anda harus mempertimbangkan berbagai hal seperti harga, tujuan, dan hal yang lainnya supaya printer bisa Anda manfaatkan sebagaimana mestinya.

Dari sepuluh printer multifungsi di atas kira-kira printer mana yang cukup menarik perhatian Anda atau bahkan berniat untuk membelinya? 

Tidak ada salahnya untuk berbagi pendapat melalui kolom komentar di bawah.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.