15 Game Edukasi Anak Android Terbaik yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak

3/18/2018
Tidak bisa dipungkiri saat ini bukan hanya orang-orang dewasa saja yang sering menggunakan smartphone akan tetapi sekarang anak-anak yang belum masuk sekolah saja sudah terbiasa menggunakannya.

Biasanya si anak menggunakan smartphone hanya untuk bermain game favoritnya. Meskipun demikian orang tua tentu memegang kendali terhadap apa yang dilakukan anak ketika menggunakan smartphone karena tidak semua game yang dimainkan di smartphone baik untuk anak.

Anda sebagai orang tua tentunya harus pintar dalam memilih game untuk anak daripada si anak memainkan game yang tidak ada manfaatnya mending Anda unduh game edukasi yang tentunya dapat membuat si anak mempelajari banyak hal.

Terkadang orang tua juga ingin si anak bermain game yang mengedukasi, akan tetapi Anda sebagai orang tua mungkin tidak tahu game apa saja sih yang bisa mengedukasi si anak.

Oleh karena itu kali ini Sipitek telah mengumpulkan beberapa game edukasi anak Android terbaik yang bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store.

Mulai dari game yang dapat meningkatkan kecerdasan anak hingga game yang dapat melatih anak untuk mempelajari pelajaran-pelajaran yang akan didapatkan nanti pada saat memasuki masa sekolah seperti mengenal alfabet, angka dan lainnya.

Tentunya game seperti ini sangat cocok untuk anak Paud dan TK yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah dasar (SD) sehingga nantinya si anak tidak merasa terlalu asing dengan pelajaran tersebut karena sebelumnya sudah mereka pelajari melalui game edukasi yang akan Sipitek ulas ini.

Dengan melalui game, anak juga akan lebih mudah memahami karena mereka akan lebih menikmati sensasi belajar sambil bermain yang sangat menyenangkan.

15 Game Edukasi Anak Android terbaik

Sekarang Anda tidak perlu susah payah mencari game-game yang dapat mengedukasi anak karena di sini Sipitek telah mengumpulkannya 15 game edukasi terbaik beserta ulasannya untuk Anda.

1. Marbel Belajar Huruf

marbel belajar huruf

Membaca merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki si buah hati, hal yang pertama yang dipelajari tentu ia harus mengetahui terlebih dahulu huruf-huruf alfabet dari A sampai Z.

Nah dengan game Marbel Belajar Huruf ini anak akan mempelajari huruf-huruf alfabet huruf kecil maupun huruf besar.

Si kecil akan ditemani dengan dua tokoh kartun kucing dan buku yang menggemaskan, satu per satu huruf akan muncul di layar disertai dengan suara merdu yang menyebutkan huruf tersebut.

Selain itu di game ini juga tersedia lagu dengan lirik alfabet sehingga si anak bisa menghafal alfabet dengan mudah melalui nada yang indah.

Untuk mengetes sejauh mana kemampuan si buah hati bunda dalam mempelajari huruf-huruf alfabet, game ini menyediakan soal-soal dengan metode yang berbeda-beda di antaranya yaitu tebak huruf, pecahkan balon huruf, gelembung huruf, tebak bayangan, kuis tebak gambar, tangkap huruf, dan puzzle jigsaw.

Yang paling menarik dari beberapa metode di atas yaitu pecahkan balon huruf, di mana si buah hati akan dihadapkan dengan tiga balon berisi huruf yang berbeda-beda lalu ia akan di suruh untuk memilih huruf tertentu dengan cara memecahkan balon tersebut.

Selain memiliki tampilan animasi yang cukup menarik game ini juga disertai dengan suara latar yang membuat nyaman.

Bagi bunda yang ingin si buah hatinya mahir dalam mengenal huruf alfabet, bunda bisa menggunakan game ini untuk mengajarkan si kecil.

Download : Marbel Belajar Huruf di Play Store

2. Marbel Belajar Angka

marbel belajar angka

Hampir sama seperti game sebelumnya akan tetapi di game Marbel Belajar Angka ini si buah hati akan belajar mengenal angka mulai dari angka 0 sampai 50 saja.

Metode belajar di bagi menjadi 6 level pada level pertama ia akan mempelajari angka 0 - 10, level kedua mempelajari angka dari 11 - 20, dan seterusnya sampai dengan level 5.

Jadi setiap level ia akan berkenalan dengan 10 angka, sedangkan jika si anak sudah hafal ia bisa lanjut ke level enam di mana pada level ini anak akan mempelajari dari angka 0 hingga 50 secara langsung.

Satu per satu angka akan tampil di layar dengan iringan suara yang menyebutkan angka tersebut pada masing-masing level-nya.

Selain itu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang telah didapatkan si buah hati, Anda bisa mengetahuinya lewat fitur kuis yang telah di sediakan dalam berbagai macam metode kuis yaitu kuis cepat tepat, pecah balon, tebak gambar, pecah gelembung, cari bayangan, dan ketangkasan.

Meskipun hanya sampai angka 50 saja game ini tentu sudah cukup untuk mengasah kemampuan anak dalam mengenal angka terutama anak usia 2 sampai 6 tahun.

Download : Marbel Belajar Angka di Play Store

3. Marbel Belajar Membaca

marbel belajar membaca

Setelah si buah hati mampu mengenali semua huruf alfabet yang bisa dipelajari melalui game pertama di atas selanjutnya bunda bisa menggunakan game Marbel Belajar Membaca yang satu ini untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membaca.

Di game ini anak akan mempelajari dan membedakan antara huruf konsonan dan huruf vokal, selain itu ia juga akan belajar mengeja dua hingga tiga suku kata.

Untuk mengasah kemampuan membacanya ia juga akan belajar mengeja kata-kata umum seperti nama buah, sayur, hewan, dan warna.

Game ini juga menyediakan kuis untuk mengukur kemampuan anak dalam membaca seperti menebak jumlah suku kata, memisahkan suku kata, dan menebak suku kata.

Download : Marbel Belajar Membaca di Play Store

4. Marbel Belajar Menulis

marbel belajar menulis

Pada game Marbel Belajar Menulis anak akan belajar menulis huruf besar/kecil dan angka 0 sampai 9.

Masing-masing huruf dan angka akan tampil di layar smartphone sesuai dengan pola masing-masing huruf atau angka kemudian anak Anda harus mengikuti pola huruf atau angka tersebut seperti yang tampak pada layar.

Meskipun terbilang cukup sederhana akan tetapi game ini akan membuat si buah hati mengenal setiap bentuk dan masing-masing angka beserta cara menulisnya. Ia juga akan belajar menulis satu per satu huruf dari nama-nama hewan dan buah.

Download : Marbel Belajar Menulis di Play Store

5. Marbel Belajar Berhitung

marbel belajar berhitung

Marbel Belajar Menghitung merupakan aplikasi game pendidikan untuk mempelajari kemampuan berhitung si buah hati.

Berhitung memang aktivitas yang cukup membosankan tidak hanya untuk anak-anak saja namun orang dewasapun seringkali mengalami masalah yang sama.

Akan tetapi dengan bantuan game yang satu ini si buah hati akan belajar menghitung dengan cara yang menyenangkan karena ia akan ditemani dengan tokoh kartun yang cukup menggemaskan disertai dengan alunan musik santai.

Di game ini si buah hati bunda akan belajar perhitungan dasar yaitu penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar kita. Ia juga akan akan belajar membedakan besar kecil angka melalui animasi timbangan yang cukup menarik.

Download : Marbel Belajar Berhitung di Play Store

6. Marbel Belajar Hewan

marbel belajar hewan

Game Marbel Belajar Hewan merupakan permainan yang membantu si buah hati untuk berkenalan dengan berbagai macam jenis hewan yang ada di dunia entah itu hewan ternak, buas, maupun hewan peliharaan.

Dengan game ini si buah hati tidak hanya bisa mengenal bentuk hewan saja namun ia juga akan berkenalan dengan suara hewan yang sesuai dengan hewan yang muncul pada layar.

Karena banyaknya permintaan dari pengguna untuk ditambahkan lagi berbagai macam jenis hewan, baru-baru ini game ini telah menambahkan hewan langka, hewan liar, dan ikan hias sebagai tambahannya.

Game ini juga dilengkapi dengan berbagai macam kuis untuk mengasah kemampuan ingatan si buah hati seperti tebak gambar, cepat tepat, dan empat kuis baru yang lainnya.

Kuis yang cukup menarik adalah Save Orang Utan di mana si buah hati akan memainkan kartun orang utan yang berlari untuk mendapatkan koin-koin sebanyak mungkin.

Download : Marbel Belajar Hewan di Play Store

7. Marbel Belajar Buah

marbel belajar buah

Ingin memperkenalkan si buah hati ke berbagai macam jenis buah-buahan? Game yang satu ini merupakan pilihan yang tepat.

Di Game ini anak akan berkenalan dengan 33 macam jenis buah yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu di Game ini juga tersedia permainan yang dapat mengasah kemampuan membaca anak yaitu mengeja nama buah sesuai dengan yang tampil pada layar.

Game dengan gambar dan animasi yang cukup menarik ini juga menyediakan beberapa macam kuis yang berkaitan dengan buah-buahan diantaranya yaitu tebak gambar, tepat cepat, belanja buah, membuat jus, dan ayo berkebun.

Kuis yang paling menarik di antara yang lainnya adalah ayo berkebun, pada kuis ini anak akan belajar menanam tanaman buah dan ia harus menyiram tanaman hingga berbuah dan siap di panen.

Download : Marbel Belajar Buah di Play Store

8. Marbel Belajar Warna

marbel belajar warna

Kenalkan si buah hati dengan berbagai macam warna yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari lewat game Marbel Belajar Warna.

Dengan game ini ia akan mampu mengenali berbagai macam warna mulai dari warna dasar, warna pelangi, sampai dengan warna campuran.

Tersedia juga beberapa macam kuis untuk mengasah kemampuan anak dalam mengenal warna diantaranya kuis cepat tepat, mencocokkan warna, tebak warna benda, ketangkasan warna, dan tebak gambar.

Yang menarik dari game ini adalah permainan mencampur warna, dalam permainan ini anak akan mengetahui hasil campuran dari dua warna yang berbeda hingga menghasilkan warna yang lain.

Download : Marbel Belajar Warna di Play Store

9. Marbel Belajar Shalat

marbel belajar shalat

Shalat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim dan harus dipelajari sejak dini agar pada saat anak tumbuh dewasa ia sudah terbiasa melaksanakan shalat sehingga ia akan tumbuh menjadi anak yang sholeh.

Salah satu cara mengajarkan anak shalat adalah dengan game Marbel Belajar Shalat yang satu ini, karena di dalam game ini anak akan belajar shalat 5 waktu mulai dari gerakan hingga doa yang perlu dibacakan pada setiap gerakan.

Ada juga beberapa kuis yang tersedia di game ini yaitu kuis menebak nama gerakan shalat dan permainan membersihkan masjid.

Ayo bunda ajarkan anak shalat sejak dini supaya ia terbiasa melaksanakan shalat dan menjadi anak yang sholeh lewat game Marbel Belajar Shalat.

Download : Marbel Belajar Shalat di Play Store

10. Marbel Belajar Hijaiyah

marbel belajar hijaiyah

Apakah bunda ingin si buah hati pintar mengaji? Hal pertama yang harus di pelajari adalah mengenalkan si buah hati dengan huruf-huruf hijaiyah.

Dengan Marbel Belajar Hijaiyah si buah hati akan belajar bentuk dan sebutan setiap huruf hijaiyah melalui suara sesuai dengan huruf yang tampil pada layar sehingga ia akan lebih mudah memahami setiap huruf hijaiyah.

Selain berkenalan dengan huruf-huruf hijaiyah di game ini juga tersedia kuis untuk mengasah kemampuan menulis maupun untuk mengingat huruf-huruf hijaiyah yang telah dipelajari diantaranya kuis pasang hijaiyah, tebak gambar, tulis huruf dan puzzle hijaiyah.

Game ini dilengkapi dengan animasi kartun yang cukup menarik dan interaktif sehingga bisa membuat si kecil ketagihan untuk mempelajari huruf-huruf hijaiyah.


11. Marbel Doa Anak Muslim

marbel doa anak muslim

Dalam melakukan berbagai pekerjaan sehari-hari tentu saja kita perlu membaca doa terlebih dahulu agar pekerjaan yang kita lakukan menjadi berkah dan menjadi amalan yang baik.

Tentunya kebiasaan ini harus dibiasakan sejak dini agar ketika anak tumbuh dewasa nanti ia akan terbiasa membaca doa terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai pekerjaan.

Untuk mengajarkan anak mempelajari doa sehari-hari, bunda bisa menggunakan game Marbel Doa Anak Muslim ini karena di game ini tersedia sekitar 36 doa sehari-hari mulai dari doa bangun tidur hingga doa mohon ampunan dosa.

Setiap doa yang tersedia di game ini dilengkapi dengan huruf Arab, Latin, beserta artinya. Selain itu dilengkapi juga dengan suara lantunan doa yang bisa diputar berulang-ulang agar si kecil bisa menghafal melalui suara.


12. Marbel Belajar Bentuk

marbel belajar bentuk

Marbel Belajar Bentuk merupakan game yang bisa bunda gunakan untuk mengajarkan anak berbagai macam bentuk benda yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti segi tiga, persegi, oval dan bentuk lainnya.

Bentuk-bentuk yang ditampilkan juga di desain dengan animasi yang cukup menarik sehingga si kecil bisa mempelajarinya dengan nyaman.

Di game ini ia tidak hanya di perkenalkan dengan berbagai macam bentuk saja namun ia juga bisa belajar menggambar bentuk melalui pola yang telah di sediakan pada game ini.

Selain itu tersedia kuis untuk mengasah kemampuan si kecil dalam menghafal bentuk diantaranya kuis cepat tepat, hitung benda, pecah bentuk dan lainnya.


13. Marbel Mengenal Benda Sekitar

marbel mengenal benda sekitar

Game ini bisa Anda gunakan untuk mengenalkan si kecil dengan benda-benda yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti tas, lemari, lampu dan benda lainnya.

Benda-benda yang disajikan dalam game ini juga dikemas dengan animasi yang cukup menarik dan interaktif. 

Selain itu tersedia juga beberapa macam kuis yang bisa dimainkan, salah satunya adalah kuis mencari benda dimana nantinya si kecil di suruh untuk menemukan benda yang disebutkan melalui suara.

Dan satu lagi adalah kuis pasang benda, dalam kuis ini tugas si kecil adalah menempatkan benda ke tempat yang seharusnya.

Download : Marbel Mengenal Benda Sekitar di Play Store

14. Marbel Mewarnai Hewan Darat

marbel mewarnai hewan darat

Salah satu cara untuk mengasah kecerdasan motorik anak adalah dengan cara melakukan aktivitas menggambar dan mewarnai.

Saat ini si kecil tidak hanya bisa menggambar di buku saja, akan tetapi ia juga bisa belajar menggambar melalui game Marbel Mewarnai yang satu ini.

Selain bisa menghemat kertas dan alat tulis dengan belajar mewarnai di smarpthone si kecil juga bisa merasakan sensasi belajar sambil bermain yang lebih menyenangkan.

Di game ini si kecil bertugas untuk mewarnai berbagai macam jenis hewan darat mulai dari jenis hewan reptil, unggas, buas maupun hewan ternak. Ada dua metode yang bisa digunakan untuk mempermudah pewarnaan yaitu mode brush dan block.

Sebetulnya ada juga game yang dikhususkan untuk mewarnai hewan udara dan air, akan tetapi Sipitek lebih memilih hewan darat terlebih dahulu karena lebih umum dan paling sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.


15. Marbel Tangram - Puzzle Asah Otak

Marbel Tangram Puzzle Asah Otak

Berbeda dengan game yang telah di bahas di atas, game Marbel Tangram merupakan game asah otak yang dikhususkan untuk anak-anak.

Dari game ini mereka tidak akan mempelajari pelajaran yang berkaitan dengan pendidikan formal namun si buah hati akan belajar berfikir teliti untuk menyusun kepingan-kepingan tangram hingga tersusun rapi tanpa tersisa, game ini hampir mirip dengan puzzle.

Ada lebih dari 186 tangram dengan warna dan bentuk yang berbeda-beda. Selain menyusun tangram si kecil juga bisa menghias tangram dengan stiker dan warna sesuka hati.


Penutup

Itulah 15 game edukasi Android terbaik yang berhasil kami kumpulkan. Sebetulnya masih banyak game edukasi lain yang bisa membantu anak mempelajari berbagai hal, akan tetapi kami hanya memasukkan game-game terbaik saja.

Semua game di atas merupakan hasil karya dari Educa Studio yang pernah mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi berkat game edukasi yang telah mereka buat.

Meskipun game-game yang telah Kami ulas dapat memberikan efek positif terhadap anak tentu saja bunda juga harus membatasi anak untuk tidak bermain game dalam waktu yang terlalu lama karena ini bisa jadi malah berdampak buruk.

Itu saja game edukasi yang berhasil Kami kumpulkan

...dari ke lima belas game di atas yang mana nih yang akan bunda pasang untuk si kecil?

Jika bunda berniat mengunduh satu per satu game di atas bunda perlu menyimpan artikel ini dengan cara di bookmark atau di bagikan ke sosial media agar ketika bunda berniat untuk mengunduh game yang lain bunda bisa menemukan artikel ini dengan mudah.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.