Cara Menyadap WhatsApp dalam 3 Langkah Praktis (untuk Pemula)

3/26/2018
Saya tahu, Anda yang sedang membaca artikel ini sudah pasti ingin mengetahui isi percakapan orang lain di WhatsApp yang mereka gunakan.

Entah itu WhatsApp pasangan Anda yang jauh di sana atau jika Anda orang tua dan sudah punya anak Anda ingin mengetahui isi percakapan anak Anda di WhatsApp, atau Anda cuma iseng aja punya keinginan buat kepoin WhatsApp teman Anda.

...Apapun alasannya, dengan cara yang akan saya bagikan ini Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Namun sebelum memulai saya akan memberikan sedikit fakta yang seringkali membuat orang lain keliru sekaligus bisa menambah sedikit pengetahuan Anda mengenai aplikasi pesan instan milik Facebook ini.

Ada beberapa orang yang bertanya kepada saya melalui Email, sebagian besar email yang mereka kirim berisi pertanyaan yang hampir sama.

Kurang lebih begini pertanyaannya:

Apakah bisa saya menyadap WhatsApp tanpa harus meminjam HP korban terlebih dahulu? Soalnya saya ingin mengetahui isi pesan pasangan saya yang jaraknya jauh. Kalau bisa bagaimana caranya?

Sampai sekarang Email yang mereka kirim belum saya balas karena sibuk dengan pekerjaan di dunia nyata, dan mungkin mereka akan mendapatkan jawabannya di artikel ini.

...lantas bagaimana apakah bisa?

..tidak!

Jika memang ada orang lain yang bisa melakukannya, beri tahu saya karena dia bisa kaya mendadak.

...kenapa kok bisa kaya mendadak?

Lewat program bernama Bug Bounty siapapun yang menemukan celah keamanan pada layanan Facebook, Instagram, WhatsApp dan layanan-layanan lain yang mereka sediakan orang yang menemukan celah keamanan akan mendapatkan hadiah uang tunai.

Pada tahun 2017 saja Facebook telah menerima sebanyak 12 ribu laporan dan hanya 400 laporan saja yang benar-benar valid, total hadiah yang telah di berikan kepada para penemu bug tahun lalu yaitu USD 880.000.

...rata-rata setiap orang menerima USD 1.900 atau sekitar Rp 26 jutaan, besar hadiah yang diberikan tergantung tingkat risiko, dampak, dan faktor lainnya terhadap layanan mereka.

Jadi apabila ada seseorang yang bisa menyadap WhatsApp dan mereka bisa membaca pesan orang lain bisa jadi mereka akan mendapatkan hadiah yang lebih besar.

...karena ini sangat fatal dan berkaitan dengan privasi tentu hadiahnya bisa lebih besar.

Mereka yang memang memiliki kemampuan seperti ini berarti bisa membaca pesan seluruh pengguna WhatsApp dan ini akan mengancam privasi 1,5 miliar orang di seluruh dunia yang menggunakan aplikasi WhatsApp.

Kalau saya tahu ada orang yang bisa melakukan hal ini, mulai saat itu juga akan saya hapus aplikasi WhatsApp di ponsel saya beserta layanan mereka yang lainnya seperti Facebook ataupun Instagram.

...karena saya sering menggunakan WhatsApp untuk mengirim data-data sensitif yang cukup penting ke teman saya.

Kalau saya mungkin hanya orang kecil saja, bagaimana dengan artis, pejabat atau pebisnis yang juga menggunakan WhatsApp.

Kalau memang terbukti ada orang yang bisa melakukannya saya rasa mereka tidak akan berfikir panjang untuk menghapus aplikasi WhatsApp karena privasi mereka terancam.

Meskipun ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan tetap saja jika Anda menyadap WhatsApp seseorang Anda harus meminjam atau mendapatkan akses terlebih dahulu ke ponsel mereka (korban).

Memang ada sih yang bisa dilakukan tanpa meminjam HP korban dulu tapi itu biasanya karena kesalahan penggunanya sendiri bukan dari WhatsApp-nya, misalnya saja Anda menginstal aplikasi yang berisi virus atau menggunakan Wi-Fi publik yang tidak aman.

...tapi itu sulit, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya.

Namun jika Anda menggunakan WhatsApp dengan baik, saya rasa hal itu mustahil untuk dilakukan meskipun orang tersebut memiliki kemampuan dalam bidang keamanan.

Sampai saat ini, saya rasa belum ada orang yang bisa melakukannya apalagi pesan instan milik Facebook ini sudah di lindungi oleh enkripsi end-to-end yang artinya pesan ini hanya bisa diketahui oleh si pengirim dan si penerima pesan.

...Sebetulnya pemerintah juga bisa melakukan penyadapan melalui WhatsApp misalnya untuk mengungkap kejahatan.

Tapi mereka harus menghubungi pihak WhatsApp terlebih dahulu untuk merekam aktivitas orang tersebut dan ini juga tidak bisa dilakukan dengan mudah harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah di tetapkan.

...pemerintah saja yang punya orang-orang terdidik dalam bidang keamanan tidak bisa melakukannya secara langsung selain menghubungi pihak WhatsApp. Apalagi kita?

Akan tetapi jika Anda benar-benar ingin menyadap seseorang dengan tujuan yang baik misalnya untuk mengontrol pasangan Anda apakah dia punya orang lain selain Anda atau hal lainnya.

Nah Anda bisa menggunakan cara yang akan saya bagikan ini.

...Meskipun Anda orang awam, setelah mengikuti panduan ini Anda pasti bisa melakukannya karena saya akan menjelaskannya secara lengkap.


Terus, Bagaimana sih Cara Menyadap WhatsApp ?

Sebetulnya cara-cara yang beredar di internet itu memanfaatkan situs WhatsApp Web, dimana situs ini memang disediakan oleh WhatsApp untuk mereka yang ingin menggunakan WhatsApp lewat perangkat komputer.

Sebetulnya dulu WhatsApp Web yang beralamat di web.whatsapp.com ini bisa Anda gunakan melalui browser smartphone tidak perlu melalui browser komputer.

Akan tetapi beberapa waktu yang lalu ketika saya coba buka menggunakan browser di smartphone sudah tidak bisa lagi, malah bar kode yang seharusnya muncul menjadi tidak muncul karena secara otomatis di arahkan ke halaman depan WhatsApp yaitu whatsapp.com meskipun menggunakan mode Situs Desktop di browser Anda.

Setelah saya cari tahu ternyata situs web.whatsapp.com yang biasa saya gunakan ini memang sekarang hanya bisa digunakan lewat browser komputer saja dan sudah tidak bisa dibuka melalui browser smartphone.

Mereka sudah mengkonfigurasi User Agent web.whatsapp.com agar hanya browser komputer saja yang bisa membukanya.

...kalau tidak percaya silahkan buka web.whatsapp.com di browser smartphone Anda bisa menggunakan Google Chrome atau yang lainnya nah secara otomatis Anda akan dialihkan ke alamat whatsapp.com.

Tapi kalau Anda membukanya di perangkat komputer Anda tidak akan dialihkan seperti di browser smartphone, Anda akan tetapi di arahkan ke halaman web.whatsapp.com.

Oleh karena itu untuk melakukan penyadapan WhatsApp kita butuh sebuah aplikasi yang mampu mengubah User Agent browser smartphone menjadi browser komputer.

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan, akan tetapi setelah saya coba beberapa aplikasi saya lebih memilih menggunakan aplikasi WhatsScan.

...karena memang aplikasi ini bisa berjalan di smartphone saya dengan baik.

Silahkan download terlebih dahulu aplikasi WhatsCan App for WhatsWeb di ApkPure karena aplikasi ini tidak ada di Play Store namun Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi ini aman dan saya juga sudah memasangnya.

Kalau filenya sudah di download silahkan buka kemudian lakukan instalasi seperti biasa sampai aplikasi berhasil di pasang.

Oh iya, aplikasi ini di instal di smartphone yang Anda gunakan untuk menyadap bukan di HP korban ya.

...sebelum memulai.

Pastikan ponsel Anda dan ponsel yang akan di sadap terhubung ke internet, karena semua ini tidak akan berjalan tanpa koneksi internet.

Sudah siap?

...mari kita mulai!

1. Buka Whatscan di HP Anda

Silahkan buka aplikasi Whatscan di ponsel Anda, pada saat pertama kali di buka Anda akan diarahkan terlebih dahulu ke halaman untuk mengatur bahasa aplikasi, pilih saja Indonesian.

Selanjutnya akan muncul notifikasi Password Security pilih saja TIDAK, supaya ketika Anda membuka aplikasi Whatscan Anda tidak perlu ribet memasukkan password terlebih dahulu.

Jika sudah maka akan tampak seperti gambar di bawah ini tampilannya, namun apabila muncul iklan tutup saya melalui tombol di bagian bawah layar.

barcode pada whatscan

Jangan lupa untuk mencentang bagian Tetap masuk seperti gambar di atas, supaya ketika Anda membuka lagi aplikasi ini Anda tidak perlu melakukan scan bar code lagi dan Anda akan langsung diarahkan ke halaman yang berisi pesan chat WhatsApp orang yang di sadap.

Biarkan ponsel Anda seperti ini.

Sekarang kita kita akan beralih ke ponsel korban yang akan di sadap.

2. Buka Aplikasi WhatsApp di HP Korban

Silahkan pinjam HP korban yang ingin di sadap.

Bisa teman, pacar, atau jika Anda orang tua bisa menggunakan ponsel anak Anda untuk untuk memata-matai aktivitas percakapan mereka di WhatsApp.

Apabila WhatsApp sudah di buka silahkan pilih ikon titik tiga ( ፧ ) di bagian pojok kanan atas layar kemudian pilih opsi WhatsApp Web.

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman Pindai kode seperti pada gambar di bawah sebelah kanan.

opsi WhatsApp Web

Selanjutnya coba lihat tampilan HP Anda dan HP yang akan di sadap.

...maka Tampilan Kedua HP, jadi seperti ini:

scan barcode whatsapp

...langkah selanjutnya.

Silahkan scan barcode yang ada di ponsel Anda menggunakan Pemindai Kode WhatsApp Web yang ada di HP korban.

Jika berhasil Anda akan otomatis di arahkan ke halaman yang berisi pesan WhatsApp di HP korban, seperti pada gambar di bawah:

tampilan whatsapp di whatscan

Jika sudah seperti ini berarti sudah berhasil.

Lihat saja semua pesan percakapan di HP yang Anda sadap akan otomatis juga tampil di HP Anda melalui aplikasi Whatscan, untuk melihat isi pesan di setiap percakapan Anda hanya tinggal pilih saja seperti biasa nanti isi percakapan akan muncul di sebelah kanan layar.

...selesai.

Penutup

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk menyadap WhatsApp seseorang dengan mudah. Selama kedua ponsel terhubung ke internet Anda bisa terus memantau aktivitas dia secara real time.

Dengan menggunakan cara ini Anda juga tidak perlu melakukan scan barcode lagi ketika ingin menyadap kembali WhatsApp yang telah Anda sadap asalkan Anda mencentang opsi Tetap Masuk pada tampilan barcode di aplikasi Whatscan sebelumnya.

...Gunakan cara ini dengan bijak dengan tujuan yang positif.

Apabila Anda mengalami masalah atau punya pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar.

Akan tetapi supaya artikel ini tidak hilang silahkan bagikan ke sosial media Anda melalui tombol di bawah atau bookmark, agar Anda bisa menemukannya kembali dengan mudah.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.