3 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara tanpa Mematikan Data Internet

3/17/2018
Zaman sekarang siapa sih yang tidak pakai aplikasi pesan instan WhatsApp? Hampir sebagian besar pengguna smartphone terutama untuk ponsel Android mungkin aplikasi ini sudah menjadi aplikasi penting yang perlu dipasang.

Karena beragam fitur yang dihadirkan aplikasi pesan instan yang satu ini cukup membantu pengguna untuk melakukan percakapan jarak jauh, tidak hanya bisa untuk mengirim pesan teks saja namun Anda juga bisa melakukan Voice Call dan Video Call dengan teman sebaya yang terhalang oleh jarak.

Tidak hanya itu saja, jika kita bandingkan biaya untuk melakukan percakapan melalui SMS dengan menggunakan aplikasi WhatsApp tentu jauh lebih murah begitu juga jika kita melakukan panggilan suara ataupun video.

Akan tetapi adakalanya Anda berada di posisi yang mengharuskan Anda untuk menonaktifkan aplikasi WhatsApp untuk sementara waktu, misalnya saja ketika Anda tidak ingin menerima pesan dari seseorang.

Sebetulnya Anda bisa mengabaikan pesan tersebut tanpa melakukan apa-apa, akan tetapi tentu saja jika pesan sudah diterima mereka akan tau bahwa Anda tidak membaca pesan tersebut bahkan bisa jadi Anda ketahuan sengaja tidak membaca pesan yang telah mereka kirim.

Karena di ponsel si pengirim pesan akan muncul ikon centang dua berwarna abu-abu yang menandakan pesan tersebut sudah di sampai namun belum dibaca.

Berbeda jika WA kita dinonaktifkan, dengan menonaktifkan WhatsApp kita seperti orang yang tidak menggunakan aplikasi WA karena meskipun ada seseorang yang mengirim pesan kepada Anda pesan tersebut tidak akan sampai dan si pengirim akan melihat ikon centang satu berwarna abu-abu.

Sebetulnya jika Anda tidak mau ribet Anda bisa mematikan data internet untuk sementara waktu selama Anda tidak ingin mengaktifkan WhatsApp, akan tetapi tentu saja cara ini juga akan membuat aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet tidak berjalan normal seperti Instagram, Facebook, Twitter atau yang lainnya.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menonaktifkan aplikasi WhatsApp untuk sementara waktu tanpa mematikan data atau jaringan internet.

...dan tentunya Anda masih bisa berselancar di internet seperti biasa karena dengan menggunakan cara ini kita hanya mematikan koneksi internet yang di alirkan ke WhatsApp saja.

Cara Menonaktifkan Whatsapp

Bagaimana Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara? 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, akan tetapi di sini Sipiteka hanya akan menjelaskan cara yang paling mudah saja bahkan bisa Anda terapkan sekarang tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, tentunya semua cara yang Sipitek ulas ini bisa dilakukan tanpa mematikan koneksi internet di ponsel Anda.

Ada baiknya pelajari terlebih dahulu semua cara yang Sipitek ulas ini supaya Kamu bisa menentukan cara yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Sekilas, ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan:

1. Menggunakan Aplikasi Mobiwol

Mobiwol merupakan aplikasi yang mampu menghentikan aplikasi tertentu yang ada di ponsel Android Kamu, selain itu ia juga mampu membatasi koneksi internet yang diperlukan oleh sebuah aplikasi.

Aplikasi ini juga tidak hanya bisa Kamu gunakan untuk menonaktifkan WhatsApp saja akan tetapi bisa juga digunakan untuk menonaktifkan aplikasi lain seperti BBM, LINE, Facebook, Instagram dan aplikasi lainnya.

Silahkan download terlebih dahulu aplikasi Mobiwol di Play Store ikuti langkah-langkahnya seperti memasang aplikasi biasa, jika sudah terpasang dengan baik silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

Cara Menonaktifkan Whatsapp

1. Buka aplikasi Mobiwol tampilan awalnya akan tampak seperti pada gambar di atas paling kiri, pada bagian Firewall Status pilih On untuk memulai menjalankan aplikasi ini.

2. Selanjutnya pilih opsi Firewall Rules kemudian cari aplikasi WhatsApp bisa melalui kolom pencarian yang telah disediakan.

3. Apabila aplikasi WhatsApp sudah ditemukan pilih ikon wifi dan sinyal yang berwarna biru yang ada di sampingnya hingga ikon tersebut berubah menjadi gelap.

Sampai di sini Anda sudah berhasil menonaktifkan WhatsApp, akan tetapi apabila Anda di arahkan ke halaman Mobiwol Data Usage centang saja pada bagian Restrict Background agar WhatsApp tidak berjalan di latar belakang.

Apabila Anda ingin mengaktifkan kembali WhatsApp Anda hanya tinggal menekan tombol OFF pada Firewall Status yang ada di aplikasi Mobiwol.

2. Menonaktifkan WhatsApp Tanpa Aplikasi

Bagi Kamu yang tidak mau ribet menggunakan aplikasi pihak ketiga, Kamu bisa menggunakan cara ini karena dengan menggunakan cara yang kedua ini Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan karena di sini kita akan menghentikan WhatsApp secara manual.

Pada tutorial kali ini Sipitek menggunakan ponsel Xiaomi, apabila Kamu menggunakan ponsel yang berbeda seperti Samsung, Vivo, Oppo atau yang lainnya silahkan menyesuaikan saja.

Karena di sini kita perlu menyesuaikan beberapa pengaturan melalui pengaturan yang ada di HP Android agar WhatsApp bisa berhenti untuk sementara waktu.

Tentunya masing-masing smartphone punya tampilan pengaturan tersendiri jadi silahkan menyesuaikan saja karena semua ponsel Android pasti bisa menggunakan cara ini.

Mari kita mulai!

1. Silahkan buka Setelan kemudian masuk ke bagian Aplikasi terinstal, selanjutnya cari aplikasi WhatApp jika sudah ditemukan silahkan pilih.

Cara Menonaktifkan Whatsapp

2. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman yang tampak seperti pada gambar di bawah sebelah kiri silahkan pilih tombol Paksa henti apabila muncul pemberitahuan seperti pada gambar di bawah sebelah kanan pilih saja Oke.

Cara Menonaktifkan Whatsapp

Sampai di sini Anda sudah berhasil menonaktifkan WhatsApp, akan tetapi cara di atas saya menggunakan ponsel Xiaomi jika Anda menggunakan ponsel yang berbeda mungkin akan berbeda langkah-langkahnya.

Namun jika Anda menggunakan ponsel Android Samsung, saya akan jelaskan langkah-langkahnya secara singkat.

...Caranya:

1. Masuk ke menu Pengaturan kemudian gulir ke bawah pilih Manajer Aplikasi.
2. Setelah masuk ke Manajer Aplikasi pilih bagian aplikasi yang Berjalan atau Running.
3. Selanjutnya silahkan cari dan pilih Aplikasi WhatsApp.
4. Setelah memilih aplikasi WhatsApp pilih tombol Stop atau Force Stop, apabila muncul pemberitahuan pilih saja Oke.

Selesai.

Apabila Anda menggunakan ponsel yang lainnya selain Xiaomi dan Samsung silahkan menyesuaikan saja.

...Bagaimana jika saya ingin mengaktifkannya kembali?

Anda hanya tinggal membuka aplikasi WhatsApp seperti biasa nantinya WhatsApp akan otomatis aktif kembali. Jadi jika Anda belum siap untuk mengaktifkan kembali WhatsApp jangan dulu membukanya meskipun hanya sekedar membaca percakapan.

3. Menonaktifkan WhatsApp di HP Xiaomi

Khusus untuk pengguna Xiaomi Ada bisa menonaktifkan WhatsApp dengan mudah, berbeda dengan cara yang kedua dengan menggunakan cara ini WhatsApp akan tetapi nonaktif meskipun Anda membuka aplikasinya.

Cara ini juga bisa Anda lakukan tanpa aplikasi karena kita akan menonaktifkan langsung melalui pengaturan ponsel. Cara kerjanya di sini kita akan menghentikan aliran data internet dari data seluler maupun wifi hanya ke aplikasi WhatsApp saja.

Sehingga aplikasi WhatsApp akan berhenti seperti Anda menonaktifkan data internet, namun aliran data internet ke aplikasi lain selain WhatsApp akan berjalan normal.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan MIUI 9 terbaru apabila Anda menggunakan versi MIUI yang lama silahkan menyesuaikan saja.

Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Silahkan masuk ke bagian Keamanan, setelah masuk ke keamanan di sana terdapat beberapa menu yang bisa Anda gunakan. Gulir ke bagian bawah halaman lalu pilih opsi Penggunaan data, selanjutnya pilih Batasi penggunaan data.

Cara Menonaktifkan Whatsapp

2. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi aplikasi yang telah terpasang di ponsel, silahkan cari dan pilih aplikasi WhatsApp.

Setelah di pilih Anda akan diarahkan ke halaman Rincian WhatsApp seperti pada gambar di bawah sebelah kanan, pada bagian seluler dan Wi-Fi silahkan dimatikan hingga tombol menjadi berwarna gelap seperti pada gambar di bawah.

Cara Menonaktifkan Whatsapp

Sampai di sini Anda sudah berhasil menonaktifkan WhatsApp.

Apabila Kamu ingin mengaktifkan kembali, Kamu hanya tinggal mengaktifkan kembali melalui tombol on/off pada bagian Seluler dan Wi-Fi.

Penutup

Silahkan pilih salah satu cara dari ketiga cara di atas yang menurut Kamu sesuai dengan kebutuhan Kamu, karena semuanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika Kamu sudah mengikuti salah satu cara di atas orang lain yang mengirim pesan ke WhatsApp Kamu mereka akan melihat tanda centang satu abu-abu, yang berarti pesan belum sampai ke WhatsApp Kamu.

Selain untuk menonaktifkan WhatsApp, Kamu juga bisa menggunakan cara di atas untuk menonaktifkan sementara aplikasi lain seperti LINE, BBM, Telegram dan aplikasi lainnya.

Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom kometar.

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.