11 Aplikasi Desain Rumah Terbaik untuk Android, iOS, PC, dan MAC

2/17/2018
Sebelum membangun rumah biasanya kita akan memikirkan terlebih dahulu posisi yang pas agar rumah bisa ditempati dengan nyaman, nah kebanyakan dari mereka mungkin masih menggunakan metode manual yaitu dengan menggambar terlebih dahulu menggunakan pensil di kertas untuk menentukan posisi masing-masing ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, atau bahkan jendela.

Bagi orang yang terbiasa menggambar mungkin tidak akan menjadi masalah, namun bagaimana jadinya jika Anda kurang mahir dalam menggambar terutama menggambar desain rumah yang akan segera dibangun? Tentu akan menjadi ribet bukan?

Akan tetapi Anda sekarang tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak sekali aplikasi desain rumah yang bisa Anda pasang di smartphone Android, komputer PC dengan sistem operasi Windows, atau bahkan di iOS.

Dengan menggunakan aplikasi desain rumah Anda tidak perlu mahir menggambar karena ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan dengan mudah, tugas Anda hanya menempelkan struktur rumah saja misalnya dinding tidak perlu menggambar dinding secara manual karena bisa langsung di tempelkan ke bagian rumah sesuai keinginan.

Dengan bantuan aplikasi ini tentu saja Anda akan bisa mendesain rumah idaman Anda dengan mudah tanpa perlu keahlian menggambar.

Jika Anda berencana ingin membangun rumah tentu perencanaan desain rumah harus direncanakan secara matang terlebih dahulu agar rumah bisa tampak lebih cantik.

Aplikasi Desain Rumah Terbaik

Seperti yang telah Sipitek sebutkan di atas ada banyak sekali jenis aplikasi desain rumah yang bisa Anda gunakan, akan tetapi kali ini Sipitek hanya akan mengulas beberapa aplikasi yang cukup bagus saja.

Karena setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, ada baiknya sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi yang telah Anda tentukan baca terlebih dahulu ulasan semua aplikasi yang Sipitek sajikan agar Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Oh iya, sebagian besar aplikasi yang Sipitek ulas juga bisa Anda gunakan secara gratis, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba satu per satu aplikasi yang menurut Anda nyaman untuk digunakan.

Yuk! mari kita mulai...

1. Home Design 3D - FREEMIUM

Aplikasi Desain Rumah
 
Aplikasi desain rumah pertama yang akan Sipitek bahas adalah bernama Home Design 3D - FREEMIUM.

Aplikasi ini cocok sekali buat Kamu yang kurang mahir dalam hal menggambar bagian-bagian rumah secara rinci karena dengan menggunakan aplikasi ini Kamu hanya perlu drag & drop bagian-bagian rumah kemudian menempelkannya ke bagian rumah sesuai keinginan.

Misalnya Kamu ingin menambahkan pintu di bagian depan rumah, nah di aplikasi ini Kamu tidak perlu membuat pintu dari awal Kamu hanya perlu memilih desain pintu yang cocok yang telah tersedia kemudian tinggal menempelkannya ke bagian depan desain rumah yang sedang dibuat.

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang telah digunakan oleh lebih dari 30 juta orang di dunia ini juga bisa Kamu gunakan dalam mode tiga dimensi (3D) dan dua dimensi (2D) sehingga bisa membuat Kamu lebih mudah untuk menata rumah impian.

Home Design 3D juga dilengkapi dengan fitur untuk mempercantik rumah, mengubah ukuran, warna, ketinggian, dan posisi komponen rumah yang lainnya.

Tertarik untuk mencobanya? Aplikasi ini bisa Kamu gunakan secara gratis untuk ponsel Android dan iOS.

Download: Android, iOS

2. Houzz Interior Design Ideas

Aplikasi Desain Rumah

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tidak bisa mendekorasi rumah dengan lebih mendalam karena sesuai dengan namanya Houzz Interior Design Ideas ini lebih cocok untuk Anda yang kehabisan ide untuk menentukan desain rumah idaman Anda.

Akan tetapi jika Anda hanya ingin menambahkan kursi atau lampu Anda masih bisa menggunakan aplikasi ini.

Meskipun demikian aplikasi ini menyediakan lebih dari 14 juta foto interior dan eksterior rumah dengan resolusi tinggi yang bisa Anda jadikan ide untuk mendekorasi rumah idaman Anda, jadi Anda tidak perlu susah payah membuat sketsa rumah dari awal.

Tidak hanya itu saja Anda juga bisa berdiskusi dengan 1,5 juta pengguna aplikasi ini di seluruh dunia di sana Anda akan menemukan orang-orang profesional yang berpengalaman dalam merancang rumah. Anda bisa meminta pendapat mereka tentang desain rumah yang akan Anda buat.

Tidak heran jika situs terkenal The New York Time memasukkan aplikasi ini ke dalam daftar aplikasi terbaik untuk perbaikan rumah karena memang fitur yang disediakan sangat membantu orang-orang yang kebingungan untuk menentukan desain rumah.

Download: Android, iOS, PC (Windows)

3. Planner 5D - Home & Interior Design

Aplikasi Desain Rumah

Salah satu keunggulan yang bisa Anda nikmati di aplikasi Planner 5D - Home & Interior Design adalah mode 2D dan 3D. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk mempermudah merancang interior maupun eksterior rumah Anda, ditambah aplikasi ini juga punya tampilan antarmuka yang lebih sederhana sehingga Anda bisa lebih cepat mempelajari fitur yang disediakan.

Akan tetapi apabila Anda malas untuk merancangnya dari awal, tenang saja aplikasi ini sudah dilengkapi dengan katalog yang sudah siap Anda gunakan untuk mempercantik rumah impian Anda, sayangnya untuk versi gratis hanya tersedia 150 katalog saja sedangkan untuk versi yang berbayar Anda bisa menggunakan lebih dari 300 katalog.

Apakah Anda pernah melihat desain rumah jika digambar tampak indah namun nyatanya tidak demikian?

Nah dengan aplikasi ini Anda tidak perlu khawatir mengalami kejadian yang seperti itu karena Planner 5D - Home & Interior Design ini punya mode Virtual Reality yang dapat menampilkan desain rumah yang telah Anda buat menjadi tampak lebih nyata.

Aplikasi ini juga bisa Anda gunakan secara online maupun offline lho.

Download: Android, iOS, Mac, Windows

4. Design Home

Aplikasi Desain Rumah

Aplikasi desain rumah terbaik yang Sipitek rekomendasikan selanjutnya adalah bernama Design Home, aplikasi ini menawarkan kemudahan untuk merancang maupun mendekorasi rumah idaman Anda karena memiliki antarmuka yang lebih sederhana dan fitur-fitur yang mudah digunakan.

Design Home bisa Anda gunakan dalam mode 3D, Anda bisa dengan mudah menempatkan furnitur untuk mempercantik desain rumah Anda hanya dengan drag drop saja.

Selain itu di aplikasi ini Anda juga berdiskusi dan melihat karya desain rumah dari pengguna lain yang telah menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa saling memberikan masukan untuk memaksimalkan desain yang telah mereka buat.

Sayangnya bagi Anda pengguna iOS ataupun PC Anda tidak bisa menggunakan aplikasi Design Home ini, karena aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna Android saja.

Download: Android

5. Room Creator Interior Design

Aplikasi Desain Rumah

Sesuai namanya aplikasi Room Creator Interior Design ini hanya bisa Kamu gunakan untuk mendesain bagian interior rumah saja tidak bisa Kamu gunakan untuk mendesain bagian eksterior rumah.

Akan tetapi antarmuka yang lebih sederhana dan cara penggunaannya yang lebih mudah mungkin akan membuat Kamu lebih cepat untuk belajar mendesain bagian interior dengan aplikasi ini. Tidak heran jika aplikasi ini menjanjikan penggunanya bisa mendesain bagian interior rumah dalam waktu kurang dari 10 menit saja.

Ya! aplikasi ini memang sangat mudah sekali digunakan, Kamu hanya tinggal drag dan drop barang-barang rumah yang sudah tersedia kemudian meletakkannya ke tempat yang sesuai dengan keinginan Kamu.

Untuk mendesain bagian interior rumah Kamu juga hanya bisa mendesain satu per satu ruangan seperti ruang makan, ruang tamu, kamar tidur, dan lainnya tidak bisa langsung mendesain semua ruangan.

Download: Android

6. Floor Plan Creator

Aplikasi Desain Rumah

Floor Plan Creator menyuguhkan fitur yang cukup lengkap bagi Anda yang ingin membangun rumah dari awal mulai dari perencanaan letak ruangan dan mengatur panjang tanah yang ingin dijadikan rumah aplikasi ini akan sangat membantu.

Karena memang Floor Plan Creator akan meminta Anda untuk mendesain rumah dari awal panjang dan lebar tanah yang akan dijadikan rumah, sehingga ketika Anda sudah puas dengan tata letak rumah yang ada pada aplikasi Floor Plan Creator Anda bisa menjadikannya secara nyata.

Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan mode 3D sehingga Anda bisa melihat lebih realistis keindahan rumah impian Anda.

Aplikasi Floor Plan Creator hanya tersedia untuk pengguna Android dan PC saja yang bisa di Anda download secara gratis, namun jika ingin menikmati lebih banyak fitur Anda bisa membeli yang berbayar.

Download: Android, PC

7. SketchUp

Aplikasi Desain Rumah

Bagi para perancang rumah profesional aplikasi ini mungkin sudah tidak asing lagi. SketchUp merupakan aplikasi desain grafis yang biasa digunakan untuk merancang rumah, hotel, apartemen, dan lainnya bahkan aplikasi ini juga kerap kali digunakan oleh perancang mesin untuk memaksimalkan kinerja mesin yang mereka buat.

Dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Trimble ini Anda bisa lebih leluasa untuk merancang rumah idaman dalam mode 3D karena antarmuka aplikasi terbilang cukup sederhana sehingga tidak membuat bingung para penggunannya.

Sketchup bisa Kamu download secara gratis, namun jika ingin mendapatkan fitur yang lengkap Kamu bisa membelinya SketchUp Pro yang versi berbayar. Akan tetapi jika Kamu hanya ingin menggunakannnya untuk keperluan mendesain rumah saja fitur yang disediakan dalam versi gratis saja sudah lebih dari cukup.

Download: PC

8. Home Design Architectural

Aplikasi Desain Rumah

Home Deisgn Architectural merupakan software yang dikembangkan oleh arsitek profesional sehingga fitur yang tersedia juga benar-benar sangat berguna untuk para arsitek ataupun pengguna pribadi yang berkeinginan untuk merancang rumah entah itu bagian interior maupun eksterior.

Dengan aplikasi ini Anda bisa merancang rumah dalam mode 3D sehingga dapat mempermudah Anda untuk mengalirkan ide-ide proyek rumah Anda.

Salah satu fitur terbaru dari Home Deisgn Architectural ini adalah Render 360° Panoramas, dimana dengan fitur ini Anda bisa melihat hasil desain dalam mode panorama 360° sehingga hasilnya bisa dilihat lebih nyata.

Aplikasi ini di bandrol dengan harga USD $199 atau jika di konversi ke dalam rupiah sekitar 2,6 juta rupiah. Akan tetapi jika Anda ingin mencobanya terlebih dahulu Anda bisa mengunduh versi trial terlebih dahulu, jika memang sudah nyaman baru beli versi berbayar.

Dowload: PC & MAC

9. Virtual Architect Ultimate

Aplikasi Desain Rumah

Awalnya software ini bernama HGTV Ultimate Design yang sudah lumayan cukup populer sebagai aplikasi desain rumah untuk perangkat PC dan MAC, akan tetapi HGTV Ultimate Design mengalami perubahan nama menjadi Virtual Architect Ultimate.

Perbuahan namanya tidak hanya sekedar merubah nama saja tetapi aplikasi ini juga banyak mengalami perubahan dari fitur-fitur yang telah dihadirkan menjadi jauh lebih baik dari versi yang sebelumnya yang memungkinkan Anda merancang rumah secara rinci karena kemampuannya tidak bisa diragukan lagi.

Akan tetapi untuk menguasai aplikasi ini Anda mungkin perlu banyak belajar lagi, bisa melihat tutorialnya di internet ataupun di tempat berbagi video seperti Youtube karena memang aplikasi ini lumayan sulit untuk dipelajari. Namun jika sudah mahir Anda akan bisa menuangkan ide desain rumah yang luar biasa.

Aplikasi ini dibandrol dengan harga USD $99.99, tidak menyediakan versi trial.

Download: PC

10. TurboFloorPlan Home & Landscape Pro

Aplikasi Desain Rumah

TurboFloorPlan Home & Landscape Pro adalah aplikasi desain rumah untuk PC yang cukup mudah digunakan dan memiliki beragam fitur. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda mungkin akan lebih cepat untuk merancang desain rumah Anda.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki kualitas rendering yang cukup bagus sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan gambar yang dihasilkan nantinya.

Aplikasi TurboFloorPlan Home & Landscape Pro ini dibandrol dengan harga USD $99.99, akan tetapi Anda bisa mencoba versi trial jika ingin ingin tahu lebih dalam mengenai aplikasi ini sebelum membelinya.

Download: PC

11. Sweet Home 3D

Aplikasi Desain Rumah

Sweet Home 3D merupakan software desain rumah terakhir yang Sipitek rekomendasikan, aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar mendesain rumah karena memiliki tampilan antarmuka yang lebih sederhana dan memiliki fitur-fitur dasar yang dibutuhkan untuk merancang rumah sederhana dan minimalis.

Akan tetapi Sipitek tidak menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasi ini jika memang desain yang ingin dibuat cukup kompleks karena Anda akan terkendala dengan keterbatasan fitur yang disediakan.

Meskipun demikian ada lebih dari 100 objek rumah yang bisa Anda gunakan seperti pohon, lampu, meja, dan lainnya.

Salah satu fitur yang cukup menonjol di Sweet Home 3D adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk memilih objek 2D namun secara bersamaan Anda bisa melihatnya dalam mode 3D.

Intinya aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang ingin mendesain rumah sederhana, karena Anda tidak perlu merancang rumah mulai dari awal.

Sweet Home 3D tersedia dalam dua versi yaitu berbayar dan gratis, untuk yang gratis hanya tersedia 100 furnitur sedangkan yang berbayar ada lebih dari 1200 furnitur yang siap digunakan.

Download: PC

Nah itulah beberapa aplikasi desain rumah terbaik untuk perangkat Android, iOS, PC, dan MAC menurut Sipitek. Anda hanya tinggal mempertimbangkan aplikasi mana yang ingin digunakan untuk mengerjakan proyek rumah Anda.

Masing-masing aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika Anda hanya ingin mendesain rumah pribadi saja saya rasa untuk menggunakan aplikasi versi gratis saja sudah cukup namun jika memang untuk membangun rumah yang lebih kompleks Anda bisa menggunakan yang versi berbayar karena fitur yang disediakan lebih lengkap daripada yang gratis.
Previous
Next Post »

Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis dikolom komentar. Jangan malu-malu :)

CATATAN: Centang Beri tahu saya atau Notify me (pojok kanan bawah kolom komentar) jika ingin pemberitahuan balasan komentar masuk ke email anda.